You are on page 1of 5

TATA TERTIB PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI LANJUT

1. Praktikum dimulai tepat waktu sesuai jadwal dan berlangsung selama maksimal 2.5 jam penuh. 2. Bila praktikan terlambat dalam waktu 15 menit, maka dinyatakan tidak mengikuti praktikum dan yang bersangkutan tidak mendapatkan nilai praktikum, walaupun ia tidak dilarang untuk mengikuti praktikum 3. Praktikan harus mengenakan jas laboratorium selama mengikuti praktikum. Jas Lab dipakai sebelum masuk laboratorium . !as dirapikan pada tempatnya. "ang dibawa ke meja praktikum hanya alat tulis dan jurnal. 5. Peserta praktikum akan dibagi ke dalam kelompok#kelompok ke$il %& ' ( orang), Peralatan standar per kelompok * sabun $u$i, sikat botol ke$il dan lap tangan &. +etiap anggota kelompok bertanggung jawab terhadap kerusakan, kebersihan, dan kelengkapan alat#alat yang digunakan selama praktikum berlangsung (. +etiap kali selesai praktikum, semua peralatan yang telah dipakai harus dikembalikan dalam kondisi bersih, kering, lengkap, dan tetap ber,ungsi seperti semula. -. +etiap kerusakan dan ketidaklengkapan alat akibat pe$ah atau hilang karena kelalaian peserta, maka alat tersebut harus diganti dengan alat yang sama %tipe, merk, jenis, dsb). .leh sebab itu alat yang rusak, tidak dapat ber,ungsi, atau yang pe$ah harus segera dilaporkan. /. +etiap peserta praktikum harus sudah mempelajari penuntun praktikum dan membuat jurnal praktikum, dikumpulkan maksimal 1 jam sebelum dimulai praktikum. 10.1ilakukan tes awal sebelum dimulai praktikum, dengan bahan soal dari modul praktikum 11.+etiap kali praktikum, setiap peserta diharuskan membuat laporan praktikum %lihat $ara pembuatan laporan)

30#1-. 15.PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI LANJUT TUJUAN :  2emberikan keterampilan dan pengalaman kepada mahasiswa dalam menerapkan metode dan teori yang diperoleh sehingga mahasiswa dapat memahami tentang mikrobiologi WAKTU :  3elas 4 * +enin. 12. dan kerja sama antara anggota dalam satu kelompok.00 TEMPAT :  Laboratorium Biologi +ains dan !eknologi 567#+81 PENILAIAN 7ilai akhir praktikum diberikan berdasarkan atas ujian praktikum %5!+.30#15. Persentase :  5!+ 9 35:  54+ 9 35:  Laporan 9 20:  Jurnal. inisiati. laporan. !es ke$il). 9 tugas mandiri. ketidakhadiran ≥ 2. 9 mengulang) Referensi : <Jurnal#Jurnal 6lmiah * Mikrobiologi * Buku#buku yang berkaitan dan berhubungan dengan mikrobiologi . jurnal. kehadiran dan inisiati. tes awal. 9 10: • • Kehadiran 9 100: %ketidakhadiran 1.00  3elas B * +enin. gairah kerja. peserta %ketelitian bekerja. 54+.

& P"m$a)a0an %. minimal 3 sumber literatur.tar semua sumber ba$aan yang digunakan sebagai bahan pembanding atau re.ormasi>data yang diperoleh dari sumber lain %te. baik yang memuaskan maupun yang tidak memuaskan. 1 2a3tar Pu0taka %&' Buatlah da. =asil pengamatan akan lebih sempurna jika dilengkapi dengan tampilan gambar pengamatan.-' +emua hasil per$obaan di bahas dan diuraikan dengan singkat dan tepat.ram alir' %1-' +emua langkah pekerjaan dalam per$obaan harus diuraikan dengan lengkap dan benar. Lalu hal#hal penting lainnya selama per$obaan berlangsung harus dilaporkan dengan singkat dan tepat. jurnal ilmiah. * Ba)an !an +ara k"rja %!ia. dsb). dilengkapi dengan teori yang berhubungan dengan per$obaan.. • Laporan !ikumpulkan pa!a praktikum min. Bahaslah perbedaan#perbedaan yang dijumpai dengan alasan#alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Lakukanlah studi perbandingan dengan in. 2inimal 3 halaman . • Nilai Mak0imum Laporan 4 1-• 5t6n!ar p"nuli0an : !ik"tik 7ont 1(8 Tim"0 N"9 Roman8 !iprint !i A.erensi terhadap hal#hal yang berhubungan dengan per$obaan yang dilakukan.t book.u $"rikutn:a • 1. termasuk hal#hal yang mungkin saja tidak ter$antum dalam modul praktikum . 0u!a) 0iap !ari jurnal ..LAPORAN PRAKTIKUM +etiap laporan dari satu ma$am per$obaan harus memuat hal#hal berikut* 1 Ju!ul p"r#o$aan %&' Peserta harus men$antumkan judul yang singkat dan jelas mengenai per$obaan yang dilakukan serta men$antumkan pula tanggal per$obaan tersebut dilakukan ( P"n!a)uluan %1&' 1alam pendahuluan harus dijelaskan tujuan per$obaan yang dilakukan. /a0il %(&' +emua hasil pengamatan dalam per$obaan harus dituliskan.

3 . 14 0pl 14 Senin. 31 . 24 . 24 Feb 14 Senin. % 0pl 14 Senin.ei 14 Senin.ar 14 Senin. : ………. 1% Feb 14 Senin. 1! Feb 14 Senin. p( lingkungan Serial pengen*eran : teknik pen*awanan untuk sel hidup &ur'a pertumbuhan "iskusi #presentasi hasil praktikum tiap kelompok$ UJIAN TENGAH SEMESTER /ji fermentasi karbohidrat /ji katalase "iskusi #presentasi hasil praktikum tiap kelompok$ . 2.enghitung jumlah bakteri #mikroorganisme$ dari produk pangan "iskusi #presentasi hasil praktikum tiap kelompok$ UJIAN AKHIR SEMESTER • • Senin. 1% .ar 14 Senin. kesepakatan forum perwakilan kelmpk diluar jam praktikum Sterilisasi. 1 2 3 4 ) + % .t' K"l & %+$iru' K"l 1 %oran."' Lambang UIN Untuk jurnal CATATAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI / BIOLOGI SAINS FAK. . lain nilain:a NOL %ma0in.enghitung populasi mikroba tanah .an oran. teknik pemindahan kultur. Peraturan Praktikum.ei 14 No 1 ( * . SAINSTEKNOLOGI – UIN SGD Nama NIM Kelompok : ………. 21 0pl 14 Senin.ar 14 Senin. i0in:a < p"m$a)a0ann:a 0ama !"n.0pl 14 Materi PENDAHULUAN : Penjelasan silabus.ar 14 Senin. 1 ! 1 1 1 2 1 3 1 4 1 ) 1 + Tanggal Senin. : ……….(' === REN+ANA MATERI PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI LANJUT 5"m"0t"r I> (-1*<(-1. & 1 ? K"l 1 %)ijau' K"l ( %)itam' K"l * %m"ra)' K"l . %kunin.etode pengendalian mikroba dengan sarana: panas dan radiansi /ji antagonis *endawan terhadap kapang . isolasi membuat kultur murni "iskusi #presentasi hasil praktikum tiap kelompok$ &ulti'asi mikroba sarana: suhu. 3 Feb 14 Senin.• 5"tiap laporan :an. 3 Feb 14 Senin. 12 . 1! .ar 14 Senin. ) . Pembagian kelompok.