You are on page 1of 5

MAKALAH BAHAN KONSTRUKSI DAN KOROSI

DISUSUN OLEH :

Tatoriansyah Baso Ahmad Mulyadi Nofi Ayu Sari Ari Nofendy Fany Ristianingsih Kurniawan Faizal Fajrin

10090550 1009055036 1009055037 1009055041 1009055054 1009055049 1009055059

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA 2 0 13

Korosi ini. . Korosi adalah perusakan material tanpa perusakan material 2. air. Korosi adalah system thermodinamika logam dengan lingkungan ( udara. Biasanya ini terjadi pada pelat baja atau profil. Korosi adalah kebalikan dari metalurgi ekstraktif 3. stress corrosion cracking dan lain-lain.KOROSI LOGAM Korosi adalah proses degradasi / deteorisasi / perusakan material yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan dan sekitarnya. Fenomena ini dapat terjadi dengan cepat atau lambat. sumuran (pitting). Jenis korosi ini merupakan bentuk korosi yang paling umum terjadi pada peristiwa korosi. logam homogen. tanah ). yaitu : 1. Korosi seragam dapat dilihat dengan menghitung weight loss dari ketebalan yang terdegradasi. larutan. Tapi produk korosi ini bisa menjadi pelindung terhadap serangan korosi selanjutnya atau bisa juga larut seperti pada reaksi kimia langsung dan mengikis permukaan logam.sehingga makin lama logam makin menipis. KOROSI SERAGAM (UNIFORM) Korosi uniform merupakan kerusakan logam dari permukaannya karena korosi secara merata. Bentuk-bentuk korosi antara lain korosi seragam (uniform). kontak dengan asam. Agar terjadi korosi yang seragam. Korosi merupakan proses merusak yang disebabkan oleh reaksi kimia antara logam atau paduannya dengan lingkungannya. korosi yang terjadi pada permukaan logam akibat reaksi kimia karena pH air yang rendah. yang berusaha mencapai kesetimbangan. oksidasi pada temperature tinggi dan udara yang lembab. lingkungan harus sejenis dari segi metalurugi dan komposisi. Ada pengertian dari pakar lain. Pada setiap material memiliki bentuk korosi yang berbeda-beda untuk aplikaso yang berbeda pula. intergranular. dengan adanya keseragaman maka pelepasan electron akan merata pada seluruh permukaan.

Pemeliharaan material yang tepat c. Klorida merupakan sebuah anion dari asam kuat. ion klorida yang agresif. a. Korosi pitting merupakan bentuk korosi yang paling berbahaya karena dapat menyebabkan kegagalan pada suatu material hanya dengan kehilangan sedikit persen berat. dan relative kecil dengan tingkat difusi yang tinggi dan dapat bercampur dengan pasivasi dan dimanamana merupakan contaminant. Untuk lambung kapal diberi proteksi katodik b.4% KOROSI SUMUR (PITTING CORROSION) Pitting corrosion disebabkan adanya lapisan film yan pecah/ hancur dan hanya dapat terjadi dengan adanya anionic. Sangat sulit untuk mendeteksi korosi pitting karena ukurannya yang kecil dan sering tertutupoleh produk korosinya. . Untuk jangka pemakain yang lebih panjang diberi logam berpaduan tembaga 0. Kedalam pitting sering disimbolkan dengan pitting factor yaitu perbandingan dari penetrasi pada logam yang terdalam terhadap penetrasi logam rata-rata yang ditentukan oleh kehilangan berat specimen.Korosi jenis ini bisa dicegah dengan cara Diberi lapis lindung yang mengandung inhibitor seperti gemuk.

sedangkan bagian yang tidak rusak akan menjadi katoda.Ptting tidak dapat diprediksi. Diberikan inhibitor c. Atau di sebabkan oleh tergenangnya air pada permukaan sehingga dapat menyebabkan terbentuknya dua bagian anoda dan katoda. Berdasarkan bahan penyusun logam dan kondisi kimia lingkungan. Korosi jenis ini dapat dicegah dengan cara : a. Pilih bahan yang homogen b. tapi pada kondisi tertentu lapisan pelindung tersebut terjadi kerusakan atau terkelupas. dimana bagian yang rusak akan menjadi anoda (bagian yang terkorosi). maka akan terbentuk dua bagian. morfologi pitting akan bermacam-macam seperti gambar ini : Diawali dengan korosi setempat dan korosi ini terus menjalar menembus kedalam (kebawah permukaan) membentuk lubang atau sumuran. Permukaan pitting biasanya tertutup oleh deposit dari aliran proses dan endapan produk korosi. khususnya pada kondisi pembentukan pitting yang dalam. Korosi ini terjadi bila suatu logam di lapisi dengan niat sebagai pelindung (di cat atau di coating).. Diberikan coating dari zat agresif .

undip.id http://mechanicalvian.com/2011/02/korosi.html .com/2010/08/korosi.blogspot.ac.DAFTAR PUSTAKA ejournal.html http://ratihkumalachachae.blogspot.html http://yusrilirwan.html http://putrasugito90.blogspot.com/2011/12/mengenal-korosi-dan-akibatnya-serta.com/2013/04/korosi-dan-pencegahannya.blogspot.