You are on page 1of 10

Manfaat Keberagaman Budaya

1. Pengertian Budaya Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia. Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain. 2. Pengertian Kebudayaan Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti budi atau akal. Kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa dan karsa manusia. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lainlain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat. Kebudayan menurut wujudnya digolongkan menjadi tiga macam yaitu : 1. kebudayaan berwujud abstrak 2. kebudayaan berwujud konkret; dan 3. kebudayaan berwujud benda (fisik). Unsur-unsur pokok kebudayaan yang sama dapat dijumpai pada setiap kebudayaan di dunia dinamakan kebudayaan universal (cultural universal) Tujuh unsur pokok kebudayaaan universal : 1. sistem religi dan upacara keagamaan 2. sistem dan organisasi kemasyarakatan 3. sistem pengetahuan 4. bahasa 5. sistem kesenian

Keanekaragaman kebudayaan sangat menarik dan dapat dijadikan objek pariwisata. Unsur-Unsur Kebudayaan menurut para ahli Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan. keguncangan budaya 5. Kecurigaan antarsuku 2. Banyaknya suku bangsa yang ingin menerapkan hukum adatnya. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok. Keanekaragaman budaya daerah dapat membantu meningkatkan pengembangan kebudayaan nasional 3. memperkaya keberagaman budaya 3. Tertanamnya sikap untuk saling menghormati dan menghargai antar suku yang berbeda.6. 7. modernisasi 4. pembauran kebudayaan 3. · · · · · · 5. yaitu: alat-alat teknologi sistem ekonomi keluarga kekuasaan politik Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi: sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya organisasi ekonomi alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama) organisasi kekuatan (politik) 4. Faktor-faktor yang mempengaruhi Suku bangsa Bahasa Aliran politik Agama Masalah kaya dan miskin Intergrasi nasional Pengaruh Keberagaman Budaya di Indonesia Pengaruh Positif : 1. Adanya pontensi konflik antarsuku dan hambatan pergaulan antarsuku karena perbedaan bahasa dan budaya 3. antara lain sebagai berikut: Melville J. 2. . penetrasi budaya 6. sistem mata pencaharian hidup dan sistem teknologi dan peralatan Dampak masuknya budaya asing antara lain : 1. Pengaruh Negatif : 1. terjadi perubahan kebudayaan 2.

tidak mementingkan kelompok. Ketika organisasi berinvestasi dalam keragaman. 2.Promotes nilai-nilai kemanusiaan. Ada peningkatan produktivitas pekerjadan profitabilitas bagi organisasi. Persuasi aktif keragaman di tempat kerja langsung dampak produktivitas dan profitabilitas organisasi serta karyawan. 3. Pertukaran ompetensi. 6) Mengembangkan kesadaran sosial.PERAN MASYARAKAT DALAM MENJAGA KERAGAMAN BUDAYA Peran masyarakat dalam menjaga keragaman dan keselaran budaya antara lain sebagai berikut: 1) Mengembangkan sikap saling menghargai terhadap nilai-nilai dan norma sosial yang berbeda-beda dari anggota masyarakat. 4) Mengembangkan rasa nasionalisme terutama melalui penghayatan wawasan berbangsa dan bernegara namun menghindari sikap chauvimisme yang akan mengarah pada sikap ekstrim dan menutup diri akan perbedaan yang ada dalam masyarakat. etnik atau kelompok agamanya. Ketika suatu organisasi memiliki sekelompok karyawan milik beragam budaya. yang membantu untuk kemajuan dalam lingkungan yang besar dan kompetitif. hasil dalam penciptaan kolam bakat yang lebih besar. 5) Menyelesaikan semua konflik dengan cara yang akomodatif melalui mediasi. Ini membuat orang-orang organisasi berpikir bahwa nilai mereka dan kontribusi layak sedang direalisasikan oleh organisasi dan manajemen. Seperti kolam bakat menyediakan organisasidengan keunggulan kompetitif. 2) Meninggalkan sikap primodialisme terutama yang menjurus pada sikap etnosentrisme dan ekstrimisme(berlebih-lebihan) 3) Menegakan supremasi hukun yang artinya sutau peraturan formal harus berlaku pada semua warga negara tanpa memandang kedudukan sosial. ras. Manfaat Keberagaman Budaya 1. Terlepas dari nilai-nilai kemanusiaan. ras. . Ini adalah situasi win-win baik bagi karyawan dan organisasi.Improves produktivitas dan profitabilitas. kompromi dan ajudikasi. hal ini menunjukkan bahwa organisasi mengakui dan merayakan dan memperingati keragaman yang ada pada orang dari latar belakang yang berbeda. Program ini ditujukan agar para penerus (generasi muda) tidak melupakan kebudayaannya selain itu agar masyarakat tau bagaimana cara hidup berdampingan dengan orang yang berbeda keyakinan dan budaya berdasarkan asas Ajeg Bali itu sendiri. Contoh kongkritnya adalah di Bali sedang digalakkannya program Ajeg Bali guna mempertahankan kebudayaan di dalam kehidupan masyarakat Bali yang makin lama terlihat makin memudar karena budaya asing yang masuk begitu saja dalam kehidupan masyarakat. etnik dan agama yang mereka anut.Helps untuk membuat kolam bakat. keragaman budaya juga membawa beberapa manfaat nyata kepada bisnis di seluruh dunia.

yaitu: a.) Surakarta dan Yogyakarta t.) Aceh b.) Sumatra Selatan e. Pertukaran dinamis seperti yang terjadi antara orang yang memiliki persepsi yang berbeda menghasilkan hasil yang kreatif.) Ambon Kepulauan Barat Daya n. Situasi seperti ini pernah dibuat dalamkelompok orang yang berpikir sama dan milik budaya serupa.) Jawa Barat .) Bangka dan Belitung g.) Ternate m. ide-ide kreatif dan inovatif baru menopang dalam pikiran orang yang berbeda.) Sulawesi Selatan l.000 – 500 SM Indonesia telah dihuni oleh penduduk migran submongoloid dari Asia yang kemudian bercampur dengan penduduk indigenous/ pribumi dan indo-arian dari Asia Selatan.) Kalimantan h. Keragaman suku bangsa Dari ilmu antropologi diketahui bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan.) Minahasa .Mentawai d. Antara tahun 3.mengurangi biaya yang berkaitan dengan perekrutan karyawan baru dan mengurangi tanggung jawab hukum dalam gugatan diskriminasi.) Irian p.) Jawa Tengah dan Jawa Timur s.) Gorontalo j. Sangir-Talaud i.Other manfaat keanekaragaman. di mana keragaman budaya memiliki begitu banyak manfaat. Ini adalah nilai besar untuk keduaorganisasi dan karyawan.Exchange ide-ide inovatif. Ciri keragaman kebudayaan lokal di Indonesia dapat dilihat dari hal-hal sebagai berikut: 1.) Gayo-alas dan Batak Nias dan Batu c. Ketika sebuah organisasi terdiri dari orang dengan berbagai latar belakang. Banyak studi yang berkaitan dengan perilaku organisasi menyimpulkan bahwa mempromosikankeragaman budaya mengurangi tingkat ketidakhadiran.) Minangkabau. Klasifikasi suku di Indonesia menurut Van Vollenhoven yang membagi Indonesia ke dalam 19 daerah suku bangsan.) Melayu f.4.) Bali dan Lombok r. 5.Dalam dunia persaingan. budaya dan pengalaman.) Toraja k.) Timor q. Ituwajar bahwa orang-orang dengan berbagai pengalaman dan perspektif dalam hidup akan mampumenghasilkan ide-ide unik dan solusi untuk masalah. Cina Selatan. perputaran karyawan yang lebih rendah.

seni musik. 4. Dayak. Keberagaman bahasa Indonesia termasuk dalam rumpun bahasa Austronesia (Australia-Asia). Melayu. Protestan. Pemikiran yang timbul dari sumber daya manusia di masing-masing daerah dapat pula dijadikan acuan bagi pembangunan nasional. Bugis-Makasar. ataupun kebijakan kebudayaan yang menekankan tentang penerimaan terhadap realitas keragaman. Toraja. 2) Bahasa-bahasa Austronesia Timur atau Polinesia yang meliputi: § Bahasa-bahasa Melanesia (Melanesia dan Pantai Timur Irian) Melanesia (dari bahasa Yunani "pulau hitam") adalah sebuah wilayah yang memanjang dari Pasifik barat sampai ke Laut Arafura. Gorontalo. sistem. multikulturalisme juga mengajak masyarakat untuk melihat keragaman budaya dalam kacamata kesederajatan maksudnya tidak ada budaya yang lebih tinggi daripada budaya lain. Manfaat Keberagaman Budaya Keberagaman budaya memberikan manfaat bagi bangsa kita. Salah satu wujud itu adalah kesenian. Mentawai. seni drama. dalam bidang pariwisata. utara dan timur laut Australia. Bali Sasak. gayo. Sementara itu. Nias. kebiasaan. Madura. Masalah Akibat Keberagaman Budaya Mengatur dan mengurus sejumlah orang yang sama ciri-ciri. Jawa. Lampung. Aceh. Melayu Tengah. Minangkabau. seni rupa dan sebagainya. Halmahera Selatan-Irian Barat. Batak. kebudayaan daerah yang berwujud dalam bahasa daerah dapat memperkaya perbedaharaan istilah dalam bahasa Indonesia. seni tari. Sabu. dan politik yang mereka anut. Katolik. Gagasan yang menarik untuk diangkat mengatasi/ mengikis kesalahpahaman dan membangun benteng saling pengertian adalah dengan multikulturalisme dan sikap toleransi serta empati. Sumba. Dalam bidang bahasa. Sula Bacan. Buddha dan Konghucu. Keberagaman religi Indonesia memiliki keberagaman agama atau kepercayaan. § Bahasa-bahasa Indonesia Timur yang meliputi: bahasa Timor-Ambon. . Keberagaman seni dan budaya Suku bangsa yang beragam di Indonesia tentu menghasilkan kebudayaan yang beragam pula. Sunda. Gorys Keraf membagi rumpun bahasa ini ke dalam subrumpun: 1) Bahasa-bahasa Austronesia Barat atau Bahasa-bahasa Indonesia/ Melayu yang meliputi: § Bahasa-bahasa Hesperonesia (Indonesia Barat) yang meliputi: bahasa Minahasa. Manggarai. budaya.2. 1) Multikulturalisme Multikulturalisme adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan pandangan seseorang tentang ragam kehidupan di dunia. dan berbagai macam budaya (multikultural) yang ada dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai. Bima. § Bahasa-bahasa Heonesia (Bahasa Polinesia dan Mokronesia) 3. Didalam multikulturalisme masyarakat diminta untuk melihat dan menyikapi perbedaan. potensi keberagaman budaya dapat dijadikan objek dan tujuan pariwisata di Indonesia yang bisa mendatangkan devisa. Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui secara resmi oleh negara yaitu: Islam. Selain itu berkembang pula kepercayaan-kepercayaan lain di massyarakat. baik seni sastra. dan adat istiadatnya tentunya lebih mudah daripada mengurus sejumlah orang yang semuanya berbeda-beda mengenai hal-hal tersebut. Hindu. kehendak.

bahasa. . Semboyan ini bertujuan untuk menjaga kerukunan. dan ika artinya itu. adat-istiadat. Berdasarkan arti yang kaku. persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. budaya dan sebagainya namun tetap berada dalam satu wadah yaitu bangsa Indonesia. hukum. BHINEKA TUNGGAL IKA. Semboyan Bhineka Tunggal Ika ini selalu ditanamkan ke dalam jiwa seluruh bangsa Indonesia sejak mereka masuk di sekolah dasar. politik.Didalam multikulturalisme juga tidak boleh ada diskriminasi terhadap suatu komunitas suku bangsa tertentu karena hal itu akan menjadi benih perpecahan dan konflik.. Bhineka tunggal ika ini terkait erat dengan pancasila dan tidak bisa dipisahkan. Semboyan ini bermakna bahwa bangsa Indonesia terdiri dari bermacammacam suku bangsa. Bhineka Tunggal Ika adalah semboyan negara Indonesia yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Semoyan bhineka tunggal ika ini diletakkan di kaki burung garuda pancasila. Yaitu berupa pita bertuliskan Bhineka Tunggal Ika yang selalu dicengkeram dengan kuat oleh kaki burung garuda yang merupakan lambang negara Indonesia. kepercayaan. 2) Toleransi dan empati Sikap toleransi berarti sikap yang rela menerima dan menghargai perbedaan dengan orang atau kelompok lain.kebutuhan mereka. tunggal artinya satu. menurut pendapat saya manfaat keberagaman budaya adalah banyaknya suku dan adatistiadat yang ada di INDONESIA yang menunjukan kebersamaan dan sikap saling tolong-menolong yang terjadi pada masyarakat indonesia. Di dalam pancasila terkandung makna bhineka tunggal ika dan demikian pula sebaliknya. Semua suku bangsa harus diperlakukan sama dan dilibatkan dalam berbagai aspek kebangsaan baik sosial. maupun pertahanan dan keamanan. agama. bhineka tunggal ika berarti beraneka macam tetapi hanya satu itu saja. Hanya dengan cara demikian seluruh potensi suku bangsa akan bahu-membahu membangun perdapan bangsanya yang lebih baik. Kata "bhineka tunggal ika" berasal dari bahasa sansekerta yang terdapat dalam kitab sutasoma karangan Empu Tantular pada masa kerajaan Majapahit. Bhineka artinya beraneka. Ada beberapa saran untuk memperlakukan orang yang berbudaya lain dengan kepekaan. Besikap peka terhadap pertanyaan-pertanyaan. kesimpulannya manfaat dari keberagaman budaya ini dapat dilihat dari banyaknya budaya yang ada diindonesia yang menunjukan dengan banyaknya budaya di indonesia dapat mempererat bangsa INDONESIA. dan kebutuhan. serta membawa perisai bergambar pancasila yang merupakan dasar negara yang tidak bisa dirubah maupun diganti oleh siapapun. Ini hanyalah arti kiasan saja namun memiliki makna yang sangat luas dan berperan sebagai pemersatu bangsa. a. masalah.

Beripertanyaan untuk meyakinkan situasi mereka yang sebenarnya.b. Jangan mengalihkan perhatian d. Karena kejadian-kejadian lain e. . Jangan menghakimi mereka misalnya melihat penampilan yang berbeda atau tata cra yang berbeda . Berikan perhatian penuh kepada mereka. Tunjukan sikap empati dan pengertian c.

2 PEMASARANNNN DISUSUN OLEH : KELOMPOK IV (EMPAT) SMK AL_MASTHURIYAH Jl. NPSN: 20246633.MAKALAHINI DISELESAIKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS DASAR KOMPETENSI KEJURUAN (DKK) KELAS X. Sukabumi. Raya Tipar Cibolang Kaler Cisaat. .

11 februari 2014 Kelompok 2: 1. anisa luthfiani 5. kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. mimi hilmiati 2. M 3. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu. siti sarah saputri 4. Sukabumi. Dalam makalah ini kami membahas mengenai menjalani kehidupan dalam keberagaman budaya. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian.KATA PENGANTAR Puji dan Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa. karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. siti nurhanifah . Makalah ini dibuat dengan berbagai observasi dan beberapa bantuan dari berbagai pihak untuk membantu menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan makalah ini. syifa karomatul. Oleh karena itu kami mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun kami.

Mimi. Syifa. Dkk. Unsur kebudayaan . Siti. Karomatul masna. 2014. Sarah saputri.DAFTAR PUSTAKA    Hilmiati. 36 bhineka tunggal ika . 2014.2014 . keberagaman budaya.