You are on page 1of 10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

SMA Mata Pelajaran Kelas/Semester Topik Waktu

: SMAN 1 TUMPANG : Geografi : X (Sepuluh)/1 (Satu) : Terbentuknya Bumi : 1 X 45 menit

A. KompetensiInti SMA kelas X 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive proaktif, dan menunjukan sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dengan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia 3. Memahami, menerapkan, menganalisis, penetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan , teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, atau pun mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. B. Kompetensi Dasar 3.3 Menganalisis dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan C. Indikator  Menjelaskan teori pembentukan tata surya  Menjelaskan sejarah muka bumi pada zaman prakambium  Menjelaskan sejarah muka bumi pada zaman Paleozoikum  Menjelaskan sejarah muka bumi pada zaman Mesozoikum  Menjelaskan karakteristik perlapisan bumi  Menjelaskan Teori terbentuknya kerak bumi D. TujuanPembelajaran   Siswa dapat menjelaskan teori pembentukan tata surya Siswa dapat menjelaskan sejarah muka bumi pada zaman prakambium

MateriPembelajaran a. Materi Pokok . Kerak Bumi b. kerja kelompok G. tanya jawab. Inti bumi 2.Teori pembentukan tata surya .Salam . Metode Pembelajaran . Langkah kegiatan 1 PraKegiatan . Era Mesozoikum .Presensi AlokasiWaktu 2 menit .Lapisan Bumi 1. Kegiatan Pembelajaran No. Era Prakambim 2.Doa . Era Paleozoikum 3.Ceramah.Sejarah terbentukanya muka bumi 1. Organisasi Materi Era Prakambium Sejarah terbentuknya Era Paleozoikum Era Mesozoikum Inti Bumi Terbentuknya Muksa Bumi Lapisan Bumi Mantel Kerak bumi F. Mantel 3.   Siswa dapat menjelaskan sejarah muka bumi pada zaman Paleozoikum Siswa dapat menjelaskan sejarah muka bumi pada zaman Mesozoikum Siswa dapat menjelaskan karakteristik perlapisan bumi E.

Guru menjelaskan Sejarah terbentuknya muka bumi ( Era Prakambium.Teman kelompok lainnya membuat catatancatatan penting dibuku masing masing KegiatanPenutup . CV.Guru menceritakan sekilas tentang sejarah terbentuknya tata surya Eksplorasi .2 3 4 KegiatanAwal Apersepsi . Geografi 1. paleozoikum. 2007. Geografi untuk SMA/MA kelas 10. Menjelajahi Tata Surya.Salah seorang siswa diminta membacakan materi yang diberikan oleh guru kepada teman satu kelompok .Guru menceritakan sekilas tentang sejarah terbentuknya jagad raya .Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa mengenai teori pembentukan muka bumi 20 menit 20 menit 3 menit H. Media/AlatPembelajaran . HaKa Mj:Solo .Hand Out I.Fitriana.Hand Out . Yudhistira:Bogor . dan mesozoikum ) KegiatanInti Elaborasi . Gunawan. 2013.Admiranto.Samadi. Anisyah.Siswa diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 4 – 5 orang . Kanisius: Yoyakarta J. SumberPembelajaran . Lampiran .

Tumpang. 1954082119800311011 . 100721404482 Kepala Sekolah SMAN 1 TUMPANG Agus Sarsilo.Pd NIP. 196404121987032010 Mengetahui Ni’matur Rosifa NIM. S. Oktober 2013 Guru Geografi Guru PPL Dwi Wijayanti NIP.

Awal Terbentuknya Bumi Bumi mulai terbentuk saat butiran debu dan gas yang berada di sekitar Matahari saling melekat membentuk partikel. B. Teori – teori pembentukan jagad raya yang dimaksud yaitu. sering menyebut alam semesta sebagai kosmos. bahan yang berat seperti besi akan tertekan dan tenggelam ke dalam Bumi. Sistem Tata Surya merupakan suatu keluarga yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya. Jagad Raya Jagad raya adalah ruang dunia beserta segala isinya yan sangat luas. awan debu. sedangkan bahan yang ringan akan muncul dan mengapung ke permukaan membentuk kerak Bumi. komet. Salah satu benda tersebut diperkirakan sebagai bumi dalam bentuk massa batuan yang dikelilingi gas dan tidak mengandung air. teori big bang (Dentuman Besar) dan keadaan tetap. pasang surut. dan amonia. Teori nebula. meteor. 1. Partikel-partikel tersebut selanjutnya menggumpal menjadi lebih besar dan saling bertabrakan hingga membentuk benda-benda berukuran planet. Tata Surya Tata Surya merupakan salah satu sistem bintang yang terdapat di galaksi Bimasakti. planetesimal. Susunan unsur seperti itu sama dengan susunan unsur pada atmosfer planet Yupiter. Diperkirakan unsur-unsur yang terkandung dalam atmosfer pada saat itu adalah hidrogen. . Para ahli astronomi. Banyak ahli menyatakan bagaimana jagad raya terbentuk dalam beberapa teori. yaitu oran yang ahli dalam perbintangan. bulan. Sejarah Pembentukan Bumi Proses terbentuknya Bumi sendiri tidak dapat dipisahkan dari kelahiran alam semesta dan proses terbentuknya tata surya. Unsur oksigen belum banyak terkandung dalam atmosfer. dan anggota-anggota lain yang bergerak mengelilinginya. Gaya berat yang dimiliki bumi meningkatkan tekanan sehingga bagian dalam Bumi akan mencair. helium. Adanya pemanasan di dalam Bumi menyebabkan terbentuknya uap air dan gas-gas lainnya hingga membentuk atmosfer. Ilmu yang mempelajari sejarah dan struktur alam semesta adalah kosmologi. Teori – teori yang menjelaskan terbentuknys tata surya yaitu.Lampiran A. metana. Hal itu karena Bumi merupakan bagian dari alam semesta dan tata surya. Bertambah banyaknya kadar oksigen terjadi pada saat batuan yang leleh secara terus-menerus terurai hingga cukup untuk mendukung kehidupan tumbuhan dan hewan. C. dan bintang kembar. Sementara itu. planetplanet.

dan Perm. merupakan awal pembentukan kerak bumi yang terus berkembang. 2. Sejarah Bumi Sejarah terbentuknya bumi dapat diketahui melalui batuan pembentuk kerak bumi. koral. Banyak batuan yang menyimpan berbagai fosil sehingga dapat mengungkap sejarah kehidupan di bumi. Namun. Fosil-fosil tersebut kadang hanya berupa tanda bekas tumbuhan atau hewan yang terukir pada batuan. pada saat itu samudra belum terasa sangat asin.Seiring dengan terbentuknya atmosfer tersebut. Bumi menjadi dingin dan uap air membentuk awan tebal di atmosfer. Hujan yang turun terus-menerus melarutkan garam dari tanah dan batuan dan dialirkan oleh sungai hingga ke laut. Banyak hewan invertebrata mulai muncul pada periode ini dan hampir seluruh kehidupan berlangsung lautan. dan pembentukan hidrosfer. Periode Ordovisium (45 Juta Tahun) . Karbon. Mesozoik dan Senozoik. Limpahan air hujan tersebut pada akhirnya berkumpul pada tempat yang rendah di bumi hingga terbentuk samudra.5 milyar tahun yang lalu. selanjutnya menjadi hujan yang sangat lebat hingga membanjiri bumi dan mendinginkan batuan di permukaan bumi. Periode Kambrium (120 Juta Tahun) Periode ini dimulai 600 juta tahun yang lalu. Paleozoik. 2. cacing. yaitu periode Kambrium. Fosil yang banyak dijumpai dengan persebaran yang luas antara alga. Era Paleozoik Era ini dibagi ke dalam enam periode. Era Pra-Kambium (4. dan periode dibagi ke dalam epok. era dibagi ke dalam periode. 1.5 milyar tahun. Terdapat empat era dalam sejarah bumi. awan yang telah ada sejak awal tersapu oleh angin matahari. moluska. Devon. yaitu era Pra-Kambrium. Atmosfer pun mengurangi pancaran langsung matahari ke bumi. Perlahan-lahan dan dalam kurun waktu jutaan tahun awan tersebut mendingin. Silur. Fosil tertua yang berhasil ditemukan adalah Stromatolit dan Cyanobacteria yang umurnya sekitar 3. Kehidupan yang paling awal muncul adalah mikroorganisme (bakteri dan ganggang) di dalam samudra. Ordovisium. Hewan pada periode ini selalu memiliki kerangka luar dan cangkang sebagai pelindung. pembentukan atmosfer. dan artropoda (trilobit). Kehidupan pada era ini mulai berkembang dari tunggal menjadi organiame bersel banyak. uap air mengembun.5 milyar tahun) Era ini berawal 4. Sejarah bumi dibagi ke dalam kurun waktu yang disebut era.

serta melelehnya lapisan glasler di belahan bumi selatan yang meninggalkan bahan-bahan sedimen. Sementara Itu. Periode Devon (60 Juta tahun). Periode ini merupakan periode perkembangan besar-besaran Jenis Ikan dan tumbuhan darat. Periode Karbon (70 Juta tahun). terutama tumbuhan paku (Pteridopita) Selain itu mulai muncul juga binatang yang bernafas dengan menghirup udara secara langsung (disebut eur epterid). bintang laut (asteroid). Periode Silur (30 juta tahun). Daratan Gondwana dan benua-benua lainnya celah samudra yang berada di sekitarnya 3. Era Mesozoik Era ini dibagi ke dalam tiga periode. . dan lili laut (krinoid). 4. Periode ini dicirikan munculnya ikan tanpa rahang yang merupakan hewan bertulang belakang paling tua. Periode lnl dimulai 345 Juta tahun yang lalu. Sementara itu. Benua Pengea bergerak ke arah utara dan mulai terbentuk daerah gurun. antara lain landak laut (ekinoid). yaitu periode Trias. Jura. Periode Trias (45 Juta tahun). Periode Ini peralihan kehidupan dari air ke darat. dan pantai Amerika Utara. Skotlandia. 4. Periode Perm (50 Juta tahun). Benua Pangea bergerak sebagal satu masa daratan.hewan amfibi pada periode lnl mulai berkembang dan beranjak menuju daratan. Periode lnl ditandai oleh menyatunya benua-benua membentuk masa daratan yang disebut Pangea. Selama periode ini mulai terbentuk deretan pegunungan yang melintasi Skandinavia. 1. Periode Ini dimulai 435 juta tahun yang lalu. Periode lnl ditandai dengan melimpahnya ganggang dan reptil. Ikan yang memiliki rahang dan Ikan hiu makin aktif menjadi pemangsa dl lautan. Pohon-pohon tumbuh dari butiran yang mirip biji-bijian. Periode ini dimulai 405 juta tahun yang lalu. Pada pertode ini tumbuhan darat muncul untuk pertama kalinya. Hewan.Periode ini dimulai 480 juta tahun yang lalu. Periode Ini dimulai 275 juta tahun yang lalu. Meluapnya samudra dari zaman es merupakan bagian peristiwa yang terjadi pada periode ini. tumbuhan darat untuk pertama kali muncul dl daerah rawa. Sementara itu. 3. Periode ini ditandai oleh munculnya Dinosaurus dan reptilia yang berukuran sangat besar untuk pertama kalinya. dan Kreta. Periode ini dimulai 225 Juta tahun yang lalu. Pada periode lnl ganggang melimpah dan saat pertama kalinya tumbuhan lumut muncul.

munculnya burung yang pertama kali. d. Epok ini ditandai dengan kemunculan kera di Asia dan Eropa. e. amfibi. dan Pliosen. Pada akhir epok inilah manusia mulai muncul. Era Senozoik Era ini terbagi ke dalam dua periode. Sementara itu laut mulai menggenangi daratan. Eosen. Epok Miosen (12 juta tahun). Sementara itu. dan ikan. Epok ini dimulai 65 juta tahun yang lalu. Periode Kreta atau Zaman Kapur (85 Juta tahun). Periode Ini ditandai antara lain oleh adanya kekuasaan Dinosaurus terhadap dunia. Epok ini dimulai pada 26 juta tahun yanj lalu.5 juta tahun). dan binatang kecil yang menyusui. Epok ini ditandai antara lain dengan melimpahnya tumbuhan berbunga serta mulai lazimnya binatang tak bertulang belakang. Periode Tersier Periode tersier dibagi ke dalam lima epok. Periode ini dimulai 130 Juta tahun yang lalu. Epok ini dimulai 55 juta tahun yang lalu. yaitu Periode Tersier dan Periodr Kuarter 1. daratan India mulai terlepas jauh dari Afrika dan bergerak menuju Asia.2. monyet dan beruang primitif. Burung dan binatang menyusui mirip dengan burung pada zaman modern dan menyebar ke seluruh penjuru dunia. reptil kecil. dan makin banyaknya tumbuhan konifer. Epok ini dimulai 40 juta tahun yang lalu. Periode ini ditandai oleh munculnya tumbuhan berbunga serta makin melimpahnya hewan tak bertulang belakang. monyet. Epok ini ditandai dengan munculnya kera primitif dan berkembangnya berbagai binatang pengerat. yaitu Epok Paleosen. amfibi. Epok Pliosen (12. Selain itu juga muncul jenis-jenis binatang yang lain. serta mulai munculnya kelelawar. Pada akhir epok ini hewan raksasa yang mirip badak mulai musnah. Epok Eosen (15 juta tahun). Akhir dari periode ini ditandai oleh musnahnya Dinosaurus dan tergenangnya daratan oleh samudra. biji-bijian. c. melimpahnya burung. a. ikan. Oligosen. kuda. Miosen. sedangkan Amerika Selatan terpisah dengan Antartika dan Australia 3. khususnya di daerah hujan dan panas. Epok Oligosen (14 juta tahun). dan binatang amfibi. unta. dan badak. Sementara itu di daratan terbentuk tanah. Epok ini dimulai 14 juta tahun yang lalu Epok ini ditandai oleh kemiripan kehidupan laut dengan yang ada pada saat sekarang. misalnya kelelawar. Pada periode ini Benua Pangea terpecah dengan pergerakan Amerika Utara yang terpisah dengan Afrika. reptil. ikan. Epok Paleosen (10 juta tahun). dan rerumputan. . sedangkan gunung masih menjulang tinggi karena belum tererosi. Epok ini ditandai dengan mulai berkembangnya buah. Periode Jura (50 juta tahun) Periode Ini dimulai 180 juta tahun yang lalu. b.

Selimut Bumi (Mantle) Merupakan lapisan yang letaknya dibawah lapisan lapisan kerak bumi.100 derajat celcius. sedangkan di dasar laut mencapai sekitar 7km. yaitu kerak bmi (crush). yaitu Epok Pleistosen dan Holosen a. andesit. Epok Pleistosen dimulai 1. a. dan banyak binatang lain berkembang. Suhu dibagian bawah selimut mencapai 3. putihnya sebagai selimut. Manusia mulai memanfaatkan tenaga angin dan air. Lapisan ini sebagian besar berupa silikat besi dan magnesium. Litosfer tersusun atas dua lapisan utama yaitu lapisan sial ( terdiri dari silisium dan alumunium) dan lapisan sima (terdiri dari silisium dan magnesium). Pantai dan delta mulai terbentuk. astenosfer dan mesosfer. lapisan ini berfungsi untuk melindungi bagian dalam bumi. Manusia mulai memiliki peradaban. Struktur bumi seperti ini mirip dengan telur. Cherpatia. lapisan ini menjadi tempat tinggal seluruh makhluk hidup. yaitu litosfer.75 juta tahun yang lalu. Lapisan ini sebagian besar beripa silikat. Sesuai dengan namanya. Epok ini ditandai dengan munculnya manusia purba (Homo erectus atau Pithecanthropus ercetus). Lapisan kerak bmi tebalnya mencapai 70 km dan tersusun atas batuan – batuan basa dan asam. 1. dan Himalaya. granit.2. Selimut bumi tebalnya mencapai 2. Bersama-sama dengan karak bumi. Amerika Utara. . Kekuatan sungai. D. 2. b. Selimut bumi dibagi menjadi tiga bagian. badak berbulu. Mamoot. Epok Holosen dimulai 10 ribu tahun yang lalu. Batuan yang berada di lapisan sial yaitu batuan sedimen. dan inti (core). tetapi musnah menjelang akhir epok ini karena kedinginan. dan ombak mulai mengikis daratan. kalsium dan natrium. Namun tebal lapisan ini berbeda antara daratan dan di dasar laut. gletser. dan metamorf. Lapisan litosfer tebalnya mencapai 50-100 km. selimut (mantle).900 km dan merupakan lapisan batuan yang padat yan mengandung silikat dan magnesium. alumunium. Namun. Epok ini ditandai dengan berkembangnya manusia modern dari bentuk primitifnya. Gletser zaman es meleleh dan membentuk danau-danau. Kerak bumi (crush) Kerak bumi merupakan lapisan kulit bumi paling luar (permukaan bumi). Kerak bumi terdiri dari dua jenis. Lapisan Bumi Secara struktur.000 derajat celcius. dan kuningnya sebagai inti bumi. kedua lapisan ini disebut lempeng litosfer. Litosfer merupakan lapisan terluar dari selimut bumi dan tersusun atas materi – materi padat terutama batuan. bumi dibagi menjadi 3 lapisan utama. yaitu cangkangnya sebagai kerak bumi. dan Asia bagian utara tertutup es. Pada epok ini sebagian besar Eropa. Di daratan tebal lapisan kerak bumi mencapai 35-40 km. meskipun tertutup es masih banyak gunung berapi yang meletus. tidak terkecuali Pegunungan Alpen. Periode Kuarter Periode kuater dibagi ke dalam dua epok. Suhu dibagian bawah kerak bumi mencapai 1. yaitu kerak benua dan kerak samudra.

700 km dan tersusun dari campuran batan basa dan besi. Inti Bumi (core) Inti merupakan lapisan paling dalam dari struktur bumi.700 km. 3.000 km terdiri atas besi cair yang suhunya mencapai 2. Astenosfer merupakan lapisan yan terletak dibawah lapisan litosfer.400-2.500 derajat celcius.200 derajat celcius.b. Lapisan yang tebalnya 100-400 km ini diduga sebagai tempat formasi magma (magma induk). Outercore tebalnya sekitar 2. Lapisan inti dibedakan menjadi 2 yaitu inti luar (outer core) dan inti dalam (inner core). inti ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai 4. c. Inner core merupakan pusat bumi berbentuk bola dengan diameter sekitar 2. Mesosfer merupakan lapisan yang teletak dibawah lapisan astenosfer. . Lapisan ini tebalnya 2.