You are on page 1of 2

1. Sebutkan dan jelaskan pemakaian gas hidrogen ! Pemakaian gas hidrogen meliputi : a.

Pembuatan amoniak dengan proses Haber. Amoniak banyak diperlukan untuk membuat asam nitrat, yang seterusnya dapat dikonversi menjadi zat-zat yang mudah meledak, zat warna ataupun menjadi pupuk bernitrogen. 3H2 (g) + N2 (tanda panah bolak- balik) 2 NH3. b. Pembuatan hidrogen klorida dan asam klorida. c. Pembuatan bahan kimia organik (metanol). Campuran dihidrogen dan karbon monoksida dipanaskan hingga 400o Cdi bawah tekanan 300 atm dan oleh adanya katalisator zink oksida dan kromium (III) oksida menghasilkan metanol. d. Pembuatan margarin. Minyak kacang tanah direaksikan dengan dihidrogen dengan adanya suatu katalisator nikel dapat menghasilkan suatu lemak padat. e. Ekstraksi beberapa logam dari oksidanya. Molibden dan wolfram diekstrak dari oksidanya dengan menggunakan dihidrogen. f. Dihidrogen cair telah dipakai sebagai bahan bakar roket.

g. Gas hidrogen sebagai bahan bakar ramah lingkungan karena tidak mengandung polutan dan hidrogen menghasilkan air. 2. Ada tiga penggolongan senyawa hidrida : a. Sebutkan ketiganya ! b. Jelaskan perbedaan ketiga senyawa hidrida tersebut disertai contohnya (buat dalam tabel) ! a. Senyawa hidrida digolongkan menjadi : 1. Hidrida ionik. 2. Hidrida kovalen. 3. Hidrida interstitial. b. Perbedaan senyawa hidrida adalah : Unsur pembentuk Hidrida ionik Logam-logam elektropositif kuat yaitu logam alkali dan alkali tanah. Hidrida kovalen Hampir semua unsur bukan logam (kecuali gas mulia) dan dengan logam elektropositif lemah seperti galium dan timah. Hidrida interstitial Sebagian unsur peralihan

02 4. jumlah neutron. cara sintesis / terbentuknya dan penggunaannya ! deterium 2.9 25.6 23. kelimpahan di alam.0141 1 0. Isotop ini disimbolkan sebagai H. tidak mempunyai netron. tritium 3. Tritium mempunyai dua netron.2 Energi ikat (kJ per mol) 436 443 447 Buatlah tabel perbedaan antara deterium dan tritium yang meliputi massa atom relatif. Protium atau hidrogen biasa. Deterium mengandung satu netron. 2.03 6.Cara terbentuk Memanaskan logam dalam gas dihidrogen pada suhu sekitar 700o C Memanaskan logam dalam gas hidrogen di bawah tekanan tinggi.0156% 2Na(s)+2D2O 2NaOD (aq) + D2 (g) Sebagai suatu perunut guna menjelaskan berbagai mekanisme reaksi. NaH 4.0160 1/2 <1 in1017 atoms + + Sebagai suatu perunut untuk tujuan kesehatan. SnH4. 3. PH3 Sifat-sifat contoh LiH. Massa atom relatif Jumlah neutron Kelimpahan di alam Cara sintesis Penggunaannya . Bandingkan sifat fisika dari isotop-isotop hidrogen ! Isotop H2 D2 T2 Massa molar (g per mol) 2.03 Suhu didih (K) 20. Apa saja isotop hidrogen ? sebutkan ! Ada 3 isotop hidrogen yaitu : 1. dan demikian juga senyawanya.