LAPORAN OBSERVASI VEGETASI DAN EKOLOGI GUMUK PASIR

DI KABUPATEN BANTUL

DISUSUN OLEH     Henrich Fergian L Rofiq Zain Afnizar I Gede Agni M.A Kagunan Tridia Atmamiki

............ ................................................ Latar Belakang 2. Objek / Sasaran BAB II PEMBAHASAN .............. Museum Geospasial C. .............. Tujuan 3................Daftar Isi BAB I PENDAHULUAN 1.. Saran . Kesimpulan 2................................................................ Museum Budaya Tembi ............ Tempat dan Waktu 4................. ................ ...... Pantai Parangtritis BAB III PENUTUP 1............... ............................... ............... 1 1 1 1 1 2 2 3 6 7 8 8 A............................... .................. .............. B........................ .................. .........................

Tempat dan Waktu Observasi dilakukan pada : Hari Tanggal Tempat : Rabu : 18 juni 2013 : a.Pantai Parangtritis . b. Penyebab terjadinya gumuk pasir d. 2. Jenis hewan avertebrata yang khas di pantai parangtritis 3. para siswa-siswi kelas ekstra biologi melaksanakan kegiatan diluar sekolah untuk menambah wawasan dan pengalaman. Mengetahui asal pasir putih dan perbedaan teksturnya c.Museum Geospasial .BAB I PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Dalam rangka kegiatan studi lapangan kelas ekstra biologi. Untuk mengetahui pentingya pelestarian budaya. Pantai Parangtritis 4. Museum Budaya Tembi b. MuseumGeospasial c. Obyek / Sasaran Obyek lokasi / sasaran pelaksanaan observasi dilaksanakan ditiga tempat yaitu : . Tujuan Tujuan disusunnya laporan ini antara lain sebagai berikut : a.Museum Budaya Tembi .

dan topeng wayang.wayang kulit.suwantoro sejak 20 Mei 2000. b. wayang kulit. Kegiatan seni yang sering diadakan di Rumah Budaya Tembi yaitu : tari.wayang golek. rumah inap. Sedangkan fasilitas yang dimiliki oleh rumah budaya tembi adalah perpustakaan. Museum Budaya Tembi Museum Budaya Tembi adalah sebuah museum yang bergerak dibidang budaya. wayang purwa. Peralatan tradisional masyarakat Jawa. ketoprak. Bermacam-macam benda warisan yang disimpan di museum tersebut diantaranya : a. peralatan seni. dan kolam renang. khususnya budaya jawa. kejawen. canting. tombak. karawitan. . gamelan.4. sedangkan bangunanya berdiri sejak tahun 1995. Pentingnya pelestarian budaya masyarakat diperlukan agar budaya tersebut tidak dikikis oleh budaya bangsa lain. manuskrip jawa.BAB II PEMBAHASAN A. dll Contoh : keris. Didirikan oleh Bapak Drs. Beralamatkan di Jalan parangtritis km 8. P. Benda-benda seni Contoh : lukisan.

Museum Geospasial museum geospasial Gumuk pasir parangtritis Gumuk pasir di parangtritis adalah satu-satunya gumuk pasir di Asia Tenggara.B. Proses terbentuknya gumuk berawal dari erupsi .

e. progo dan sungai lainnya. Sampai di muara material vulkanik tersebut dihantam ombak yang menggerus pasir menjadi butiran-butiran yang sangat halus. Koral b. . Galaxea sp. Batu andesit c. Galaxea sp. Antipathes sp.endapan semakin banyak sehingga terbentuklah gundukan-gundukan pasir. Berbagai barang / koleksi di museum geospasial antara lain : a. antipathes sp. Batu apung f. Pasir yang telah kering terbawa oleh tiupan angin dan mengendap di daratan secara terus-menerus. Kemudian pasir tersebut diendapkan dan dikeringkan di tepi pantai. Kristal laut d.gunung Merapi yang menyebabkan material vulkanik masuk ke aliran sungai opak.

Material pembentuk kulit kerang tersebut b. spinifex .Pasir putih berasal dari pengeroposan kulit kerang yang mengandung kapur. Fauna Kami tidak menemukan seekorpun fauna di gumuk pasir tersebut. Faktor faktor yang mempengaruhi perbedaan tekstur pasir pitih yaitu : a. Daerah c. Iklim d. Flora      Spinifex (rumput lari) Pohon widuri Pohon pandan Pohon lontar Legundi b. Dan umur material Jenis flora dan fauna yang ada di gumuk pasir a.

C.Vegetasi yang terjadi di gumuk pasir disebabkan oleh anggapan sebagian ahli bahwa daerah gumuk pasir merupakan daerah tandus yang memerlukan penghijauan. Jenis hewan avertebrata yang khas di pantai parangtritis Kami tidak menemukan hewan avertebrata di pantai parangtritis. Pantai Parangtritis a. namun kami menemukan hewan invertebrata berupa jingking. .

SARAN .BAB III PENUTUP 1. KESIMPULAN 2.