III.

METODE PENELITIAN

A. Materi dan Bahan Materi yang diamati adalah feses (tinja) murid-murid Sekolah Dasar Negeri 1 Ciberem, Kembaran, anyumas! "lat yang digunakan dalam #enelitian ini adalah #ot #lastik, lidi, gelas beker $% ml, saringan teh, tabung reaksi, gelas objek, gelas #enutu#, mikrosko# &ahaya, dan timbangan! ahan yang digunakan adalah laruan NaCl jenuh, #irantel #amoat,

ba'ang #utih (Allium sativum (!) dan jus buah!

B. Populasi dan Sampel 1! )o#ulasi a! )o#ulasi target Semua #enderita infeksi S*+ di Kabu#aten anyumas b! )o#ulasi terjangkau Semua #enderita infeksi S*+ di SDN 1 Ciberem tahun ajaran ,%1%-,%11 ,! Sam#el Sam#el #enelitian di#eroleh dengan menggunakan consequtive sampling. Sam#el yang diteliti meru#akan #o#ulasi terjangkau yang memenuhi kriteria inklusi! a! Kriteria inklusi 1) Murid SDN 1 Ciberem kelas -, ., dan $ ,) Murid SDN 1 Ciberem yang bersedia menda#atkan #engobatan ba'ang #utih (Allium sativum (!) atau #irantel #amoat! b! Kriteria eksklusi

0. .) Murid SDN 1 Ciberem yang sedang mengonsumsi obat lain! -) Murid SDN 1 Ciberem yang mengonsumsi #irantel #amoat dalam kurun 'aktu dua minggu terakhir! -! esar sam#el esar sam#el ditentukan berdasarkan jumlah sam#el minimal.1) Murid SDN 1 Ciberem yang memiliki gangguan he#ar . :.%%$/ Madiyono dkk!. yaitu melalui #erhitungan di ba'ah ini (Dahlan. 3 $4.78 3 .%%0)1 )enelitian ini menggunakan hi#otesis dua arah. 3 angka kesembuhan #ada #irantel #amoat terhada# infeksi S*+ 3 1-)1 3 angka kesembuhan #ada Allium sativum terhada# infeksi S*+ 3 1-). maka 59 3 %. maka 56 3 1. Metode Penelitian )enelitian ini menggunakan metode eks#erimen murni (True experiment)! )enelitian ini menggunakan pre-test and post-test with control group design! Murid yang memenuhi . 31 3 % 3 %. :. . untuk1 Kesalahan ti#e 2 Kesalahan ti#e 22 )1 :1 ).-.83 %. Keterangan1 )1 :1 ). C.%4.

"aria!el #an Diu$ur 1! >ariabel bebas adalah ba'ang #utih (Allium sativum (!) dan #irantel #amoat .kriteria inklusi dibagi menjadi dua kelom#ok.! )irantel #amoat 1 Nominal 1 obat anti&a&ing standar dengan dosis 11 mg=kg .! >ariabel tergantung adalah infeksi S*+! %. yaitu kelom#ok yang diberikan #irantel #amoat dengan dosis 11 mg=kg dosis tunggal! E. kemudian dimasukkan ke dalam jus buah Skala . De&inisi Operasional "aria!el 1! a'ang #utih 1 ba'ang #utih (Allium sativum (!) 0 g #er hari selama lima hari dengan &ara dihaluskan hingga lembut. Rancan an Perco!aan <an&angan #er&obaan yang digunakan adalah <an&angan "&ak (engka# (<"() dengan dua kelom#ok! Murid yang terbukti mengalami infeksi S*+ dilakukan randomisasi a&ak sederhana! )emberian tera#i dilakukan dengan single blinded. yaitu subjek #enelitian tidak mengetahui jenis tera#i yang diberikan! Kelom#ok " 1 kelom#ok yang diberi ba'ang #utih (Allium sativum (!) dengan dosis 0 g #er hari selama lima hari! Kelom#ok 1 kelom#ok kontrol #ositif. yaitu kelom#ok #erlakuan dan kelom#ok kontrol! D.

Skala 1 Nominal -! 2nfeksi S*+ ditentukan dengan ditemukannya telur S*+ dari feses dengan #emeriksaan mikrosko#is metode a#ung! 2nfeksi S*+ dikelom#okkan menjadi 1 a! )ositif b! Negatif Skala 1 Nominal '. Cara Men u$ur "aria!el "danya infeksi S*+ diketahui melalui #emeriksaan feses menggunakan Metode "#ung yang dilakukan di (aboratorium )arasitologi ?urusan Kedokteran @akultas Kedokteran dan 2lmu-2lmu Kesehatan AniBersitas ?enderal Soedirman! (. kemudian orang tua atau 'ali subjek #enelitian menandatangani informed consent (IC) yang telah disediakan karena #ada #enelitian ini akan diambil feses subjek #enelitian sebagai sam#el! b! Disia#kan alat dan bahan #emeriksaan telur S*+! . Tata )rutan *er+a 1! *aha# )ersia#an a! Diambil kelom#ok subjek #enelitian yang telah memenuhi kriteria inklusi.! *aha# )elaksanaan a! )engambilan sam#el Sam#el di#eroleh dari feses dan ditem#atkan di #ot #lastik! .

b! )emeriksaan mikrosko#ik feses menggunakan Metode "#ung *an#a disentrifugasi (<usmartini.) tia# sam#el tersebut dengan mikrosko# &ahaya #erbesaran 1%% D! &! Subjek #enelitian yang menunjukkan hasil #ositif #ada saat #emeriksaan feses dibagi se&ara a&ak menjadi dua kelom#ok! d! Kelom#ok " diberi ba'ang #utih (Allium sativum (!) dengan dosis 0 g #er hari selama lima hari! e! Kelom#ok diberi #irantel #amoat 11 mg=kg dosis tunggal f! Ebat diberikan dengan #enga'asan! g! Ffek sam#ing obat di#antau dengan mengajukan ke#ada subjek #enelitian setelah minum #emberian ba'ang #utih (Allium sativum (!) dan #irantel #amoat. kemudian didiamkan selama $-1% menit! $) Celas #enutu# diletakkan=ditutu#kan #ada #ermukaan tabung hingga menyentuh larutan dan segera diangkat! 8) Selanjutnya gelas #enutu# diletakkan di atas gelas #re#arat dengan &airan berada di antara gelas #re#arat dan gelas #enutu# kemudian dilakukan #emeriksaan mikrosko#ik dengan membuat sebanyak .) (arutan dituangkan ke dalam tabung reaksi sam#ai #enuh.%%7) ! 1) @eses sebanyak 1% gram di&am#ur dengan . sakit #erut. se#erti rasa mual. muntah. dan diare! . #re#arat (re#likasi .%% ml larutan NaCl jenuh (--4)! . sakit ke#ala.) Cam#uran diaduk sam#ai larut! -) (arutan disaring #enyaring teh a#abila terda#at serat-serat selulosa! . . yaitu rata dengan #ermukaan tabung.

#erbaikan la#oran #enelitian dan #engesahan la#oran hasil #enelitian! I.%11! .! *aha# )enyusunan (a#oran +asil )enelitian )ada taha# #enyusunan la#oran dilakukan bebera#a kegiatan yaitu konsultasi #enyusunan la#oran #enelitian. -a$tu dan Tempat 1! Gaktu )enelitian )enelitian akan dilakukan #ada bulan ?anuari .! "nalisis iBariat "nalisis biBariat bertujuan untuk melihat ada tidaknya #erbedaan efektiBitas ba'ang #utih (Allium sativum (!) dan #irantel #amoat terhada# infeksi S*+ dengan menggunakan uji Chi FBaluation >ersion! quare! "nalisis dibantu dengan S)SS 1$!% for Gindo's .h! )emeriksaan feses dengan Metode "#ung dilakukan lagi setelah satu minggu #erlakuan untuk menentukan angka kesembuhan infeksi S*+! Kriteria sembuh adalah tidak ditemukan lagi telur S*+! -! *aha# )engolahan dan "nalisis Data Data yang telah di#eroleh kemudian dikum#ulkan lalu di analisis! .. Analisis Data 1! "nalisis AniBariat "nalisis uniBariat bertujuan untuk melihat data deskri#tif beru#a frekuensi dari t Bariabel yang diukur dengan menggunakan #ersentase! . seminar hasil #enelitian.

. .! *em#at )enelitian )enelitian akan dilakukan di SDN 1 Ciberem dan (aboratorium )arasitologi ?urusan Kedokteran @akultas Kedokteran dan 2lmu-2lmu Kesehatan AniBersitas ?enderal Soedirman! *.al Penelitian )enelitian dilakukan #ada bulan NoBember .%1% sam#ai ?anuari .%11! -a$tu *e iatan *aha# )ersia#an )enyusunan )ro#osal Seminar )ro#osal *aha# )elaksanaan )enelitian dan )engambilan Data )engolahan dan "nalisis Data *aha# "khir )enelitian )enyusunan +asil Seminar +asil I H H II H H H H H H H III .ad.