You are on page 1of 1

MELAKUKAN SOSIALISASI KE KELOMPOK TANI II

A. MASALAH

Desa karang endah merupakan salah satu desa di ke amatan gelum!ang" ka!upaten muara enim"sumatera selatan" #ang $%& 'arga desan#a !ermata pen aharian se!agai petani karet dengan t(tal luas daerah tanam karetn#a men apai $$% Ha. Akan tetapi !an#ak petani karet masih menggunakan k(agulan #ang tidak ramah lingkungan seperti uka parah"pupuk TSP" dll. Kurangn#a s(sialisasi tentang penggunaan k(agulan #ang ramah lingkungan adalah pen#e!a! petani karet di desa karang endah masih enggan menggunakan k(agulan #ang ramah lingkungan terse!#ut.

). PEME*AHAN

Untuk meme ahkan masalah itu" kami melakukan s(sialisasi tentang penggunaan k(agulan #ang ramah lingkungan #aitu penggunaan asap air #ang meman+aatkan angkang dari !i,i karet itu sendiri. )ahkan" Kami !ukan han#a men,elaskan !agaimana penggunaan k(agulan #ang ramah lingkungan terse!ut" melainkan ara pem!uatan" pr(ses dan !ahan !aku #ang mudah ditemukan. Selain itu kami ,uga men,elaskan tentang !aha#a k(agulan #ang sering mereka gunakan selama ini terhadap lingkungan.

*. HASIL

Petani dapat mengetahui !ah'a selama ini mereka telah !an#ak menggunakan k(agulan #ang dapat merusak lingkungan serta mau menggunakan k(agulan lateks #ang telah di setu,ui (leh pemerintah #aitu asap air.