You are on page 1of 4

BAB I PENDAHULUAN Saat ini komputer telah banyak membantu tugas manusia.

Dalam banyak kasus, komputer terlihat pintar bahkan lebih pintar dari manusia, sehingga sering muncul anggapan bahwa komputer bisa mengerjakan apa pun untuk memberikan hasil yang diinginkan manusia. Komputer tidak begitu saja bisa menyelesaikan masalah yang disodorkan. Orang harus merumuskan langkah-langkah penyelesaian masalah itu dalam bentuk urutan instruksi yang disebut dengan program. Tanpa program, komputer tetaplah sebuah perangkat keras yang tidak bisa melakukan apa-apa. Dengan semakin banyaknya bahasa pemrograman, pemecahan masalah tidak dilakukan dengan langsung menulis programnya. Perlu dibangun sebuah rancangan pemecahan masalah yang berisi urutan langkah-langkah untuk mencapai solusi dengan bahasa yang tidak tergantung pada bahasa pemrograman tertentu. rutan langkah-langkah sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah dinamakan algoritma. Setelah melakukan suatu perancangan maka diperlukan untuk membuat sebuah diagram alir atau yang lebih sering disebut dengan !lowchart dan mengimplementasikannya ke dalam berbagai bahasa pemrograman salah satunya yang terkenal di dunia adalah bahasa pemrograman Pascal. 1.1 Latar Belakang Komputer adalah alat bantu untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam menyelesaikan banyak hal. "anyak orang mengatakan komputer adalah mesin yang pintar yang dapat menyelesaikan segala hal yang diinginkan manusia. #nekdot diatas tidak seluruhnya salah, bahwa memang benar komputer mampu menyelesaikan banyak hal. Tapi permasalahannya adalah $ "agaimana komputer bisa mengerjakannya % $. Persoalannya, komputer dalam mengerjakan banyak hal tidak begitu saja dapat menyelesaikan masalah yang disodorkan. Orang harus merumuskan langkah-langkah penyelesaian masalah itu dalam suatu runtunan

instruksi. Komputerlah yang nantinya mengerjakan runtunan instruksi itu, karena kompouter dapat mengerjakan dengan cepat, akurat dan bahkan berulang-ulang tanpa kenal lelah dan bosan. Sekumpulan instruksi yang merupakan penyelesaian masalah ini dinamakan program. Program dimasukkan ke dalam komputer, komputer mengerjakan instruksiinstruksi didalam program tersebut,. &alu memberikan hasil atau keluaran sesuai dengan keinginan. 'al inilah yang menyebabkan komputer seolah tampak sebagai mesin pintar. #gar program dapat dilaksanakan oleh komputer, program tersebut harus ditulis dalam suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer. Sebagaimana dalam kehidupan, kita hanya dapat mengerti perintah kepada orang lain dalam bahasa yang ia mengerti. Karena komputer adalah mesin, maka program harus ditulis dalam bahasa yang khusus dibuat utnuk berkomunikasi dengan komputer. "ahasa komputer yang yang digunakan dalam menulis program dinamakan bahasa pemrograman. #gar runtunan perintah dalam program dapat memenuhi kebutuhan dengan baik, maka setiap pembuat program hendaknya tidak lagi memecah masalah dengan langsung menulis programnya dalam bahasa pemrograman melainkan terlebih dahulu memikirkan design penyelesaian masalah yang akan diprogram. Dalam design itu akan ada uturan langkah sistemeatis dan logis untuk menyelesaikan masalah yang disebut dengan algoritma. Sedangkan ketika dituliskan dalam bahasa pemrograman disebut dengan Pascal. "ahasa pemrograman dalam ilmu komputer atau bahasa buatan digunakan untuk menulis rangkaian dari instruksi (program komputer) yang biasa dijalankan dengan komputer. Serupa dengan bahasa alami, seperti bahasa *nggris, bahasa pemrograman memiliki tata bahasa dan kalimat. "agaimanapun bahasa alami tidak cocok untuk pemrograman komputer karena sering memiliki arti ganda, artinya tata bahasa dan kosakata dapat diimplementasikan dalam arti yang berbeda. "ahasa yang digunakan dalam program komputer harus memiliki struktur logika yang sederhana, aturan dari tata bahasa, ejaan, dan pemberian tanda baca harus tepat.

1.2 Rumusan Masalah #dapun rumusan masalah yang didapatkan dalam praktikum ini adalah+ ,. "agaimana membuat sebuah program dan !lowchart program menghitung gaji karyawan dan menghitung luas serta -olume suatu &imas Segi .mpat dan Kerucut. /. "agaimana membuat sebuah program dan !lowchart program mengkon-ersikan nilai cek ke dalam bentuk terbilang dalam bahasa indonesia serta program mengkon-ersikan nilai dari satu satuan suhu ke satuan suhu yang lain. 0. "agaimana membuat sebuah program dan !lowchart program untuk membangkitkan bilangan !ibbonacci dari , sampai 1 serta pembuatan program menampilkan tangga bilangan prima 4. "agaimana membuat program untuk melakukan sorting dan searching dengan salah satu dari metode+ *nsertion Sort, Shell Sort, "ubble Sort, 2erge Sort, 3uick Sort, Se4uential Search, dan "inary Search. 1.3 Tujuan Prakt kum #dapun tujuan praktikum yang didapatkan dari rumusan masalah di atas adalah+ ,. ntuk mengetahui proses perhitungan gaji karyawan perbulan suatu perusahaan /. serta mempercepat dan mempermudah proses perhitungan luas serta -olume suatu &imas Segi .mpat dan Kerucut. ntuk mengetahui proses pengkon-ersian nilai angka cek ke dalam sebuah nilai terbilang dalam bahasa indonesia serta mempermudah proses pengkon-ersian nilai suhu awal ke dalam nilai suhu yang lain. 0. ntuk mengetahui serta mempermudah proses perhitungan bilangan !ibbonacci dari , sampai 1, serta pembuatan pembuatan program menampilkan tangga bilangan prima. 5. ntuk mengetahui serta mempermudah proses pengurutan data serta proses pencarian data dengan beberapa metode yang dilakukan serta mengetahui metode pengurutan yang paling e!isien.

1.! Man"aat Prakt kum #dapun man!aat praktikum yang didapatkan dari tujuan praktikum di atas adalah+ ,. Dapat mengetahui proses perhitungan gaji karyawan perbulan suatu perusahaan serta mempercepat dan mempermudah proses perhitungan luas serta -olume suatu &imas Segi .mpat dan Kerucut kerucut. /. Dapat mengetahui proses pengkon-ersian nilai angka cek ke dalam sebuah nilai terbilang dalam bahasa indonesia serta mempermudah proses pengkon-ersian nilai suhu awal ke dalam nilai suhu yang lain. 0. Dapat mengetahui serta mempermudah proses perhitungan bilangan !ibbonacci dari , sampai 1 serta pembuatan program menampilkan tangga bilangan prima. 5. Dapat mengetahui serta mempermudah proses pengurutan data serta proses pencarian data dengan beberapa metode yang dilakukan serta mengetahui metode pengurutan yang paling e!isien.