You are on page 1of 7

METAKOGNITIF DAN TRANSFER PENGETAHUAN

KELOMPOK 7

TRANSFER ILMU PENGETAHUAN


Proses menghubungkan jenis pemikiran yang diperoleh dari kurikulum dengan dunia nyata (dunia yang lebih luas). Tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak siswa untuk melampaui tugas langsung yang diberikan dikelas, yaitu lebih dari sebuah tugas berpikir.

MENTRANSFER PROSES BERPIKIR


Menciptakan suatu kondisi yang dapat mengarahkan siswa secara spontan dan mandiri untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya. Langkah-langkahnya

1.
2. 3.

Guru mengajukan kembali konsep yang telah dipelajari yang ada hubungannya dengan materi baru yang akan dipelajari
Mengajukan perbedaan Mengajukan bagian yang dapat membantu pada materi yang akan dipelajari

Kemampuan generalisasi siswa sangat diperlukan dalam kegiatan ini.

HASIL PENCAPAIAN
Siswa dapat menggambarkan sebuah pola pikir yang dapat dijelaskan secara fisiologis sebagai hasil koneksi pemikiran yang saling berhubungan satu sama lain. Pada tahap ini, siswa diharapkan sudah mampu melihat kesamaan antara prinsip-prinsip, selanjutnya mereka mampu mentranslokasikan pemahaman mereka tentang satu ide kedalam konteks yang lebih baru.

PEMBAHASAN
Setelah siswa menemukan pengetahuan yang baru secara mandiri, siswa kemudian diajak untuk mengeksplorasi/mengembangkan pemahamannya melalui dialog reflektif. Tujuan dari kegiatan ini mengarahkan kepengolahan kognitif yang lebih dalam. Sebagaimana menurut Bruer (1997) dalam mengembangkan kognitif, biasanya akan lebih berhasil jika dilakukan dalam diskusi kelompok karena mampu memanfaatkan memori kolektif yang besar dan memiliki akses keberbagai strategi untuk memecahkan masalah.

PENGEMBANGAN METAKOGNITIF
Dari hasil diskusi keolmpok tadi, siswa dapat merefleksi dimana letak kekurangan mereka dan berusaha melakukan modifikasi. Pada tahap ini guru dapat terlibat dalam mengenali hasil refleksi siswa tersebut.

TRANSFER DEKAT DAN TRANSFER JAUH


Transfer dekat adalah transfer yang terjadi pada saat situasi yang sama. Transfer jauh adalah transfer pembelajaran ke situasi yang sangat berbeda dari situasi pembelajaran sebelumnya.