You are on page 1of 2

Perlukan Bayi dan Balita Berenang?

August 8, 2010 Tumbuh Kembang Manfaat berenang dalam proses tumbuh kembang bayi dan balita

Ketakutan orang tua untuk mengajak bayi dan balita bermain di kolam renang mungkin suatu yang berlebihan. Selama 9 bulan di kandungan, bayi sudah terbiasa cairan di sekeliling tubuhnya. Karena itulah sejak lahir bayi telah mem unyai kemam uan instingti! untuk bergerak diba"ah air dan tidak takut saat berada di dalam air. Akti!itas berenang diajarkan ada bayi sejak dini ternyata memberikan banyak man!aat bagi bayi dan balita dalam bebera a as ek, diantaranya# Manfaat untuk perkembangan fisik $engan bermain di air, otot%otot bayi berkembang dan ersendiannya tumbuh secara o timal, sehingga tubuh bayi bertumbuh dengan baik dan menjadi lebih lentur. Semua kom onen tubuh akan terlatih saat berenang karena seluruh anggota tubuh digerakkan "alau un belum dengan teknik yang sem urna. Manfaat bagi kecerdasan $i &erman ernah dilakukan enelitian yang hasilnya menyatakan bah"a bayi yang dilatih berenang sejak dini mem unyai kemam uan berkonsentrasi yang tinggi, serta memiliki kecerdasan dan erilaku sosial yang baik, yang terlihat ada saat usia taman kanak%kanak. 'enelitian tersebut juga menyatakan bah"a anak yang dilatih berenang ada masa tiga bulan ertama usianya tidak hanya ber otensi menjadi anak berbakat ta i juga menam akan kecerdasan intelektual yang lebih tinggi dari ada rata%rata anak seusianya. (asil enelitian di )elbourne, Australia menunjukan secara statistic *+ anak%ank yang diajarkan berenang sejak masih bayi lebih tinggi dibanding rata%rata anak seusianya yang tidak diajar berenang atau baru diajarkan berenang setelah berusia , tahun. Anak%anak tersebut diukur *+nya saat berusia 10 tahun.

Manfaat bagi kecerdasan sosial Anak%anak yang berlatih renang sejak dini akan lebih mudah bergaul dan berada tasi dengan lingkungan baru. (asil tersebut meru akan engaruh dari roses belajar berenang dimana si kecil mem eroleh berbagai engalaman baru dengan mudah. 'engalaman engalaman inilah yang meningkatkan ke ercayaan diri dan kemandiriannya. $engan semua man!aat di atas, masih kan anda merasa tidak erlu mengajak si kecil ergi berenangSumber: Majalah Bebi, edisi 6 .kontributor# muti de"o/ You might also like:
Manfaat Alpukat untuk Bayi Bayi Alergi Susu Sapi Aneka Resep dari Alpukat Tips Menerapkan Pola Makan Sehat Sejak Bayi Mitos Seputar Menyusui