You are on page 1of 3

SILABUS KESEHATAN REPRODUKSI TAHUN AJARAN 2013-2014 PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN

Nama Lembaga Mata kuliah Kode Mata Kuliah Beban Studi Prodi/Semester

: STIKes Mahardika : Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana : BD 307 : 3 SKS (T:2, P:1) : DIII/ II

A. Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memahami kesehatan reproduksi, dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksi kesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembangan wanita dalam aspek biologis, psikologis dan social spiritual, kesehatan reproduksi dalam aspek gender, permasalahannya serta indicator status kesehatan wanita.

B. Kompetensi lulusan yang akan ditunjang 1. Mengembangkan praktik kebidanan dengan berpedoman pada standar profesi. 2. Menghargai perempuan dan keluarganya tanpa membedakan status sosial, budaya, dan tradisi yang diyakininya 3. Berperilaku sebagai agen pembaharu bagi perempuan dan masyarakat, terutama dalam lingkup praktik kebidanan 4. Menjalin kerjasama sebagai tim kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan perempuan dan masyarakat, khusunya pelayanan kebidanan 5. Menghargai keputusan perempuan terkait dengan kesehatan reproduksinya. 6. Menjaga kerahasiaan perempuan terkait dengan kehidupan dan kesehatan reproduksinya

3. Tujuan Mata Kuliah Setelah mengikuti perkuliahan. Menerapkan peran dan tugas bidan dalam PHC untuk kesehatan wanita yang menekankan pada: aspek pencegahan penyakit dan promosi kesehatan. Memberi pelayanan kebidanan yang aman berpusat pada kebutuhan kesehatan perempuan 10. 9. mahasiswi mampu: 1. Melakukan pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya serta gangguan permasalahannya 5. Materi 1. Kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan . Menjelaskan konsep reproduksi.7. Menjelaskan dimensi sosial wanita dan permasalahannya 6. Menghormati martabat perempuan dan keluarganya 8. Peran dan tugas bidan dalam PHC untuk kesehatan wanita yang menekankan pada: aspek pencegahan penyakit dan promosi kesehatan 3. Menguraikan kesehatan reproduksi dalam prespektif gender 7. Memberdayakan keluarga dan masyarakat dalam mendukung kesehatan reproduksi perempuan C. Menjalin kemitraan dengan perempuan dan keluarganya dalam pengambilan keputusan terhadap kepentingan kesehatan reproduksinya. Membantu perempuan dalam mengambil keputusan mengenai kesehatan reproduksinya 11. Konsep Kesehatan reproduksi 2. Menjelaskan kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan 4. 2. Melaksanakan promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark 8. Mengidentifikasi indikator status kesehatan wanita D.

Psikologi remaja. Kesehatan masyarakat ilmu dan seni. Promotif dan preventif menurut Leavel dan Clark 8. Metode Pembelajaran Menggunakan Ceramah. Tanya Jawab F. diskusi. Penilaian Penilaian dapat dilakukan dalam bentuk penugasan. Referensi 1. Tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. Jakarta : PT. Indikator status kesehatan wanita E. 2007 2. ujian tulis. Rajagrafindo Persada. lisan. Kesehatan Reproduksi. 71-6. Depkes RI. G. Sarwono SW. 4.4. 2006 . Pemantauan tumbuh kembang wanita sepanjang daur kehidupannya serta gangguan permasalahannya 5. Kesehatan reproduksi dalam prespektif gender 7. 2007: 261-74. 3. Notoatmojo S. Jakarta : Rineka Cipta. dan penampilan keterampilan. 2008: 514. Soetjiningsih. Dimensi sosial wanita dan permasalahannya 6. Jakarta : Sadung Seto.