30 Pemutakhiran Rona Lingkungan Pusat Penelitian Tenaga Nuklir (PPTN) Serpong .

TATA GUNA AIR Pemutakhiran Rona Lingkungan Pusat Penelitian Tenaga Nuklir (PPTN) Serpong 2007 31 .

Bahkan di desa Keranggan. Rawa Buntu. Presentase penduduk menurut sumber air minum dan desa/kelurahan P Air Mandi enggunaan air sumur untuk mandi lebih tinggi (91. Babakan. sekitar 27 persen di Muncul. dan Sampora. dan Cisauk yang menggunakan air kemasan ternyata kurang dari 10 persen. Muncul.9 %). Presentase penduduk menurut sumber air mandi dan desa/kelurahan. 32 Pemutakhiran Rona Lingkungan Pusat Penelitian Tenaga Nuklir (PPTN) Serpong 2007 . Cibogo.8 %) Tabel 16. Di Suradita. Di desa Gunung Sindur terdapat sekitar 12 persen penduduk yang menggunakan air sungai. dan mata air untuk mandi sedangkan di desa Suradita persentase ini mencapai 5 persen. dan sekitar 37 persen di Pabuaran. persentase penduduk pengguna air kemasan hampir 50 persen. Kondisi ini sangat khas mengingat di desa/kelurahan lain persentase pengguna air kemasan diatas 10 Tabel 15. Di desa babakan masih ditemukan penduduk yang menggunakan air sungai sebagai sumber air minumnya. air hujan.9 %) lebih tinggi dibanding penggunaan air ledeng untuk minum (6. demikian halnya dengan penggunaan air ledeng untuk mandi (7. Keranggan.1 %) dibanding penggunaan air sumur untuk minum (88. ebagian besar (88.TATA GUNA AIR SUMBER DAN PENGGUNAAN AIR RUMAH TANGGA Air Minum S persen bahkan di Ciater. danPabuaran seluruh penduduk menggunakan air sumur/pompa sebagai sumber air minum meskipun dikombinasi dengan air kemasan sekitar 19 persen di Keranggan. Penduduk desa Dangdang. Cibogo.9 persen) penduduk di kawasan dalam radius 5 km dari Kawasan Nuk-lir Serpong menggunakan air sumur/ pompa sebagai bahan baku air minum.dan Gunung Sindur masih ditemukan penduduk yang memanfaatkan air sungai untuk keperluan mandi.

5 persen penduduk menggunakan air sungai untuk mandi tetapi tidak menggunakannya untuk keperluan cuci dan kakus. Presentase penduduk menurut sumber air cuci dan desa/kelurahan arakteristik penggunaan air untuk cuci mirip dengan penggunaan air untuk mandi dan hampir mirip dengan karakteristik penggunaan air untuk kekeprluan kakus.8 persen penduduk menggunakan air sungai untuk mandi tetapi hanya 2.5 persen penduduk yang menggunakannya untuk mencuci dan hanya 0. Meskipun demikian ada sedikit pergeseran pola penggunaan air sungai di desa Gunung Sindur seperti 3.4 persen penduduk yang memanfaat-kanya untuk cuci dan yang memanfaatkanya untuk keperluan kakus lebis sedikit lagi yaitu sekitar 4. mandi. dan kakus merupakan satu kesatuan.Demikian halnya penggunaan air dari mata air. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan cuci.TATA G U N A A I R Air Cuci K Tabel 17.9 persen yang menggunakannya untuk keperluan kakus. sekitar 8 persen penduduk Gunung Sindur yang memanfaatkan mata air untuk keperluan mandi tetapi hanya 7. Presentase penduduk menurut penggunaan air kali Pemutakhiran Rona Lingkungan Pusat Penelitian Tenaga Nuklir (PPTN) Serpong 2007 33 .1 persen. Tabel 18. Sedangkan di Keranggan sekitar 0.

4 %). Sedangkan penduduk di desa-desa lainnya menggunakan air sumur. Gunung Sindur 5. Tabel 20.4 % dari total penduduk) yaitu di desa Cibogo. Presentase penduduk menurut sumber air peternakan dan desa/kelurahan. Hal ini kemungkinan terkait dengan kondisi alamnya.500.5 %) Dangdang (1 %).5 persen.3 persen. Di desa ini dijumpai sekitar1. misalnya di desa Keranggan 5. Tabel 19. 34 Pemutakhiran Rona Lingkungan Pusat Penelitian Tenaga Nuklir (PPTN) Serpong 2007 .Untuk keperluan peternak-an pada umumnya penduduk di sekitar Pusat Penelitian Tenaga Nuklir (PPTN) Serpong menggunakan air hujan terutama mereka yang tinggal di desa Cibogo (19. Pengasinan 6.1 %) . Pengasinan (6. Namun demikian usaha perikanan paling banyak menggunakan air hujan (19.5 persen penduduk.4 persen. Pabuaran dan Sukamulya masing-masing 2 % dan 1. Berbeda sedikit dengan pola penggunaan air untuk peternakan.8 persen penduduknya mengguna-kan air kemasan untuk keperluan peternakan. Pemanfatan mata air untuk peternakan hanya ditemukan di desa Pabuaran yaitu oleh sekitar 0.8 %..3 % penduduk). Sedang kan usaha perikanan yang memanfaatkan air sumur diantaranya ditemukan di Keranggan (6. Gunung Sindur (4. Penduduk desa Suradita mempunyai kebiasaan yang agak berbeda dengan penduduk desa lainnya. Air ini harganya Rp 1. usaha perikanan menggunakan air sungai terutama di Keranggan (2.TATA GUNA AIR SUMBER DAN PENGGUNAAN AIR PETERNAKAN & PERIKANAN T idak semua desa/kelurahan memiliki usaha peternakan.7 %) dan di Gunung Sindur (0.5 %).per ember ukuran 20 liter. Presentase penduduk menurut sumber air perikanan dan desa/kelurahan.

dan lainnya. air sungai (1.3 %) dan sumber air lainnya(1 %). air hujan. SEdangkan di Cibogo 20. Di Suradita kebutuhan irigasi dipenuhi dari air kemasan ( 1.8 %) yang dibeli.TATA G U N A A I R SUMBER DAN PENGGUNAAN AIR IRIGASI U ntuk keperluan irigasi umumnya penduduk menggunakan air tanah/ sumur. kecuali di desa Suradita. dan Cibogo. Penduduk Dangdang. dan Pabuaran hanya menggunakan satu sumber untuk irigasi yaitu air tanah sumur sedangkan desa-desa lain selain menggunakan air tanah/sumur juga memanfaatkan sumber lain seperti air sungai.3 %). Setu. Penduduk di desa Setu hanya menggunakan air sungai untuk keperluan irigasi. Pemutakhiran Rona Lingkungan Pusat Penelitian Tenaga Nuklir (PPTN) Serpong 2007 35 . Cisauk.5 persen penduduknya menggunakan air hujan untuk keperluan irigasi mereka. Presentase penduduk menurut sumber air Irigasi dan desa/kelurahan.75 persen dari jumlah penduduk. Tabel 21. Jumlah penggunanya sekitar 0. air hujan(1.

dalam seminggu menurut desa/kelurahan tempat tinggal dan kelompok pendapatan tahun 2005 132 Pemutakhiran Rona Lingkungan Pusat Penelitian Tenaga Nuklir (PPTN) Serpong 2007 .LAMPIRAN POLA MAKAN & MINUM Tabel 197. Konsumsi daging ternak lainnya (kg). lokasi produksi tidak diketahui. Konsumsi daging ternak lainnya (kg) bukan hasil produksi setempat dalam seminggu menurut desa/kelurahan tempat tinggal dan kelompok pendapatan tahun 2005 Tabel 199. Konsumsi daging ternak lainnya (kg) hasil produksi setempat dalam seminggu menurut desa/ kelurahan tempat tinggal dan kelompok pendapatan tahun 2005 Tabel 198.

Konsumsi daging ternak lainnya (kg) diluar desa tempat tinggal dalam seminggu menurut desa/ kelurahan tempat tinggal dan kelompok pendapatan tahun 2005 Tabel 201.LAMPIRAN POLA MAKAN & MINUM Tabel 200. Konsumsi daging ternak lainnya (kg) dalam seminggu menurut desa/kelurahan tempat tinggal dan kelompok pendapatan tahun 2005 Pemutakhiran Rona Lingkungan Pusat Penelitian Tenaga Nuklir (PPTN) Serpong 2007 133 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful