BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Indonesia adalah negara kepulauan dari ujung barat dan ujung timur.

Indonesia memiliki keanekaragaman penduduk, keindahan alam dan kaya akan budaya. Indonesia memiliki keanekaragaman suku dan keindahan alam yang tak ternilai bagaikan batu zamrud nan indah di khatulistiwa. Di Aceh katanya kita bisa menikmati tari seudati yang terkenal. Lalu di sepanjang Bukit Barisan, banyak bisa kita jumpai ngarai, danau dan pantai yang indah. Salah satu yang terkenal adalah Tanjung Tinggi di pulau Belitung yang indahnya serupa lukisan. Di Jawa, yang terkenal adalah pantai Bayah yang dipenuhi batu-batu alam yang sangat elok. Disamping itu terdapat juga suku tradisional Baduy yang masih erat menjaga tradisi nenek moyang kita hingga saat ini. Di tataran Pasundan, terkenal dengan angklungnya. Bukalah mata, telinga dan hati, untuk menikmati bunyi angklung, degung, dan lekuk-liku suara penyanyinya yang penuh ketentraman. Apabila kita terus berjalan ke timur, maka akan kita jumpai borobudur, prambanan, suara gamelan dan sejumlah tari-tarian yang penuh kelembutan. Romantika pegunungan di malam hari dengan munculnya satwa hutan, dapat kita nikmati apabila kita berkunjung di Situ Gunung. Di Kecamatan Sukolilo, di sana ada saudara-sadara kita warga Sedulur Sikep yang lebih dikenal sebagai “orang Samin”, dengan baju hitam-hitamnya, bersifat sangat jujur dan sangat mematuhi ajaran agama nenek moyang mereka. Terus berjalan ke timur, akan kita jumpai gunung gunung nan cantik, ada gunung Semeru dengan puncak mahamerunya, Dieng, Bromo, Arjuna-Welirang dll. Disana terkenal dengan reog ponorogo, karapan sapi, dan tentu saja ludruk yang sarat ujar-ujarnya. Jika ke utara, di bumi borneo akan kita temui hutan raya yang harus kita lindungi dari pembabatan hutan para investor. Terdapat juga upacara suku dayak, orang utan, dan anggrek aneka rupa. Di pulau Bali terdapat pantai Kuta, Sanur, Tanah Lot, Bedugul, tari janger, trunyan, dan tentu pula tari legong yang sudah menyebar sampai ke manca negara. Di bagian timur negeri adalah potensi dan keindahan Indonesia yang sering kali terlupakan. Terdapat Wayang sasak, komodo, upacara nyalamak di laut, perburuan paus, upacara nyale, adalah keindahan yang ditawarkan oleh tanah ini. Di Sulawesi terdapat pantai bira, bulukumba tempat para petualang membangun kapal-kapal phinisi. Sedangkan di papua terdapat keindahan raja ampat, hutan-hutan yang asri, serta aneka tumbuhan berkhasiat. Budaya bukan hanya berarti berbicara tentang seni, adat istiadat namun juga kuliner. Kuliner indonesia telah dikenal hingga mancanegara mulai dari jajanan, makanan khas. Salah satu jajanan tradisional khas indonesia adalah cilok. Cilok adalah jajanan asli dari bandung, jawa barat yang terbuat dati tepung Kanji (aci dalam bahasa sunda) yang kenyal dengan di tambahkan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, Kecap,dan Saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti

tetapi ironisnya penggunaan boraks dalam dosis berlebihan sebagai komponen dalam makanan sudah meluas di seluruh dunia. udang atau yang lainnya. Dengan dampak tersebut kami melakukan percobaan dengan membuat alat untuk mendeteksi adanya boraks dengan memanfaatkan kunyit sebagai pendeteksi adanya boraks yang terdapat pada cilok atau pentol bakso B. pingsan. koma. dan ginjal. boraks menyebabkan demam. Dalam jumlah banyak. seperti karak dan gendar. sementara asam borat murni buatan industri farmasi lebih dikenal dengan nama boraks. Untuk mengetahui kandungan dalam kunyit untuk mendeteksi boraks . mulai dari bahan dasar yang diubah seperti daging sapi. sianosis. anuria (tidak terbentuknya urin). karena terbuat dari bahan dasar tepung kanji maka cilok jika dimakan rasanya kenyal. merangsang sistem saraf pusat. Dewasa ini cilok dibuat dari bahan dasar yang beragam untuk menciptakan sensasi rasa kenyal. Bleng biasanya dihasilkan dari ladang garam atau kawah lumpur. natrium tetraborat. Dalam dunia industri. Untuk membuat alat sederhana yang dapat dipakai dalam hal mendeteksi boraks dalam makanan cilok atau pentol 3. sebenarnya boraks sudah diproduksi sejak tahun 1700 di Indonesia. hanya saja berbeda bahan dasarnya. Bagaimana cara membuat alat pendeteksi sederhana dengan kunyit ? 3. menimbulkan depresi. tekanan darah turun. pengawet kayu. kerusakan ginjal. Dalam bentuk tidak murni. Sinonimnya natrium biborat. antiseptik kayu. apatis. hingga kematian. Batas aman/legal penggunaan boraks dalam makanan adalah 1 gram / 1 kg pangan. Boraks adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang dipakai dalam pembuatan beberapa makanan tradisional. hati. dan pengontrol kecoak. natrium piroborat. Mengkonsumsi makanan berboraks dalam jumlah berlebihan akan menyebabkan gangguan otak. dalam bentuk air bleng. Namun tidak sedikit yang mencurangi rasa kenyal dengan menambahkan sesuatu zat yang berbahaya didalamnya. Terdapat Telur atau cincang daging di dalamnya. Bleng adalah bentuk tidak murni dari boraks. Untuk mendeteksi boraks secara sederhana menggunakan ekstak kunyit 2. Bagaimana cara mendeteksi boraks dengan kunyit ? 2. boraks menjadi bahan solder. Rumusan Masalah 1. bahan pembersih. Boraks maupun bleng tidak aman untuk dikonsumsi sebagai makanan dalam dosis berlebihan. ikan. Tujuan Penelitian 1.bakso. Apa yang membuat ekstrak kunyit dapat dijadikan sebagai pendeteksi boraks ? C.

Mendeteksi boraks dengan alat sederhana dan dapat dibuat di rumah 2. memberikan peringatan kepada konsumen yang hendak membeli cilok atau pentol 3. Manfaat Penelitian 1.D. memberikan edukasi manfaat kunyit untuk mendeteksi boraks .

Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Kunyit atau kunir.). Mg-stearat. dan fenil butason dengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul. B12. B6. mampu bersaing dengan berbagai obat paten. Suplemen makanan dibuat dari bahan baku ekstrak kunyit dengan bahan tambahan Vitamin B1.php?plant=424(Diakses. Australia bahkan Afrika. Curcuma domestica Val. Produk farmasi berbahan baku kunyit. Nepagin dan Kolidon 90. Indonesia. piroksikam. syn. atau sebagai pengawet. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia. Vitamin E. Amprotab. Kunyit Klasifikasi : Kingdom : Plantae(Tumbuhan) Subkingdom : Tracheobionta(Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas : Liliopsida (berkeping satu / monokotil) Sub Kelas : Commelinidae Ordo : Zingiberales Famili : Zingiberaceae (suku jahe-jahean) Genus : Curcuma Spesies : Curcuma longa L. B2. adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai. misalnya untuk peradangan sendi (arthritisrheumatoid) atau osteo-arthritis berbahan aktif natrium deklofenak. Produk bahan jadi dari ekstrak kunyit berupa suplemen makanan dalam bentuk kapsul (Vitaminplus) pasar dan industrinya sudah berkembang. (Curcuma longa Linn. . Lesitin.plantamor. jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini. baik sebagai pelengkap bumbu masakan.com/index.BAB II KAJIAN PUSTAKA A. http://www.

wikipedia. Morbili. gangguan pencernaan. keramik dan pengontrol kecoa. menghambat perkembangan sel tumor payudara. menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar. desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zatzat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen. menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah. tumeon 60%. turmeron. otak dan testis. anti mikroba.Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal. serta sangat sedikit melalui keringat. anti invasi. anti rheumatoid arthritis (rematik). ketupat. kejang perut. lontong. Disentri. atau krupuk puli yang secara tradisional di jawa disebut “Karak” atau “Lempeng”. Protein 30%. Boraks tidak hanya diserap melalui pencernaan namun juga diserap melalui kulit. antioksidan. Vitamin C 45-55%. melepaskan lebihan gas di usus. Boraks Boraks berasal dari bahasa Arab yaitu Bouraq.Umbi (rimpang) / kunyit yang berumur lebih dari satu tahun dapat dipakai sebagai obat. Usus buntu. Sakit keputihan. Boraks banyak digunakan dalam berbagai industri non pangan khususnya industri keras. anti HIV. Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat. Tifus. Memperlancar ASI. Boraks sejak lama telah digunakan masyarakat untuk pembuatan gendar nasi. anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. krupuk gendar. membersihkan. fosfor. berwarna putih. anti septik kayu. Cangkrang (Waterproken).org/wiki/Kunyit B. pengawet kayu. mudah larut dalam air. umbi (rimpang) kunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan. borneol dan sineil. muntah. kerusakan ginjal. Karbohidrat sebanyak 3%. PH: 9. 5. Berak lendir. Haid tidak lancar. gelas. Boraks yang dikonsumsi cukup tinggi dapat menyebabkan gejala pusing. Boraks tidak hanya mengganggu enzim-enzim metabolisme tetapi juga mengganggu alat reproduksi pria. Boraks yang terserap dalam tubuh dalam jumlah kecil akan dikeluarkan melalui air kemih dan tinja. Kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat. bakso bahkan dalam pembuatan kecap. Pati 8%. sabinen . tidak berbau. juga diminum sebagai ekstrak atau digunakan sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Perut mulas saat haid. . yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin . Amandel. merangsang. hilang nafsu makan. felandren . Zingiberen 25%. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%. mencret. Boraks merupakan srebuk kristal lunak yang mengandung unsur boron. yaitu zat besi. anti kolesterol. tidak larut dalam alkohol. dan garam-garam mineral.Diabetes melitus. Kandungan utama kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi untuk pengobatan hepatitis. dan kalsium. Mengkonsumsi boraks dalam makanan tidak secara langsung berakibat buruk. mempengaruhi bagian perut Khususnya pada lambung . anti tumor (menginduksi apostosis). namun sifatnya terakumulasi sedikit-sedikit dalam organ hati. http://id. Disamping itu boraks digunakan untuk industri makanan seperti dalam pembuatan mie basah. selain dari itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan.

C. warna tusuk gigi akan bewarna kuning tua . Hipotesis Cilok atau pentol yang mengandung boraks akan lebih terasa kenyal dan saat ditusuk dengan tusuk gigi yang telah diberi kunyit.

pisau. Bahan dan Alat 1. Jika terjadi perubahan warna maka diduga makanan tersebut mengandung boraks . Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Anindhaa Hatma Eka pada tanggal 10 Februari 2014 B. tusuk gigi 2. Alat Alat yang diperlukan dalam penelitian ini adalah blender. Tusuk gigi ditusukkan untuk menguji cilok atau pentol mana yang mengandung boraks. piring kecil C. D. Tusuk gigi dikeringkan dibah terik matahari. Setelah itu dituang ke piring kecil dan tusuk gigi direndam dalam larutan kunyit tadi selama 24 jam. pentol. Bahan Bahan yang diperlukan untuk penelitian ini adalah kunyit. Prosedur Penelitian Kunyit dipotong – potong menjadi kecil. air biasa.BAB III METODE PENELITIAN A. Kunyit dimasukkan dalam blender dan dicampur dengan air. bleng atau boraks. Parameter Pengamatan Pengamatan dilakukan dengan mengamati perubahan warna pada tusuk gigi.

Penggunaan Kunyit Sebagai Indikator Kunyit yang digunakan dalam penelitian ini adalah kunyit lokal yang biasa digunakan sebagai bumbu masak dan pewarna alami makanan. Secara umum kunyit memberi warna kuning pada makanan. Penelitian yang dilakukan di University of California menunjukkan bahwa kurkumin dapat menguraikan plak-plak senyawa beta amiloid .BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Senyawa kimia yang terkandung dalam kunyit adalah kurkumin dan minyak astiri. Bagian kunyit yang digunakan adalah rimpangnya.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan kajian pustaka yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. . hendaklah siswa dan guru di lingkungan MI Majasem 1 dapat memilih makanan yang sehat dan memberikan sosialisasi bagi para pedagang agar menjajakan makanan yang tidak membahayakan tubuh manusia. yaitu kentukcy (ayam tepung) dan krupuk tahu. Ada dua jenis makanan yang diuji yang diduga mengandung boraks. B. 2. Bagi masyarakat umum semoga penelitian ini bisa digunakan untuk mengidentifikasi makanan yang dicurigai mengandung boraks. Kunyit dapat dijadikan sebagai bahan penguji kandungan boraks dalam makanan. Saran Mengingat sangat berbahayanya boraks bagi kesehatan manusia.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.