You are on page 1of 15

LAPORAN PENDAHULUAN GANGGUAN PEMENUHAN KEBUTUHAN PERSONAL HYGIENE

Disusun oleh : RUKAMAH (13 ! 1"#$

PROGRAM STUDI PRO%ESI NERS STIKES AN NUR PUR&ODADI " 113'" 1!

BAB I LAPORAN PENDAHULUAN A( KONSEP DASAR PEMENUHAN KEBUTUHAN PERSONAL HYGIENE 1. Pengertian Personal Hygiene berasal dari bahasa Yunani yaitu personal yang artinya perorangan dan hygiene berarti sehat. Kebersihan seseorang adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis (Tarwoto, 2 !". Personal hygiene adalah #ara perawatan diri seseorang untuk memelihara kesehatannya. $eseorang tidak dapat melakukan perawatan diri sendiri dipengaruhi kondisi fisik atau keadaan emosional klien (%limul, 2 &". !") 2. 'enis(jenis Personal Hygiene 'enis(jenis Personal Hygiene adalah sebagai berikut (Tarwoto, 2 a. Perawatan kulit kepala dan rambut b. Perawatan mata #. Perawatan hidung d. Perawatan telingga e. Perawatan kuku kaki dan tangan f. Perawatan genetalia g. Perawatan kulit seruruh tubuh h. Perawatan tubuh se#ara keseluruhan *. Tujuan Personal Hygiene Tujuan Personal Hygiene adalah sebagai berikut (Tarwoto, 2 a. +eningkatkan derajat kesehatan seseorang b. +emelihara kebersihan diri seseorang #. +emperbaiki personal hyiene yang kurang d. +en#agah penyakit e. +en#iptakan keindahan f. +eningkatkan rasa per#aya diri !")

!. ,ungsi fisiologis a. %natomi

-ambar $truktur Kulit b. ,isiologis 1" Kulit

-ambar $truktur +ata

Kulit adalah organ aktif yang berfungsi sebagai pelindung, ekskresi, regulasi temperature, dan sensasi. Kulit mempunyai tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan hypodermis (%smadi, 2 a" /pidermis %dalah lapisan terluar terdiri dari berbagai sel lapis yang tipis dimana ada perbedaan dalam berbagai tingkat kematangan. 0apisan paling dalam dari sel ini berfungsi untuk mengganti sel yang mati. b" 1ermis %dalah lapisan yang lebih tebal yang terdiri dari sekelompok kolagen dan fiber 2 fiber yang elastis untuk mendukung epidermis. ,iber syaraf, pembuluh darah, kelenjar keringat, kelenjar sebasea, dan folikel rambut melewati lapisan dermal. Kelenjar sebasea mensekresi sebum, minyak, #airan odorous, hingga folikel rambut. #" Hypodermis atau subkutan 0apisan subkutan terdiri dari pembuluh darah, syaraf, limpa, dan jaringan pengikatyang berisi sel lemak. 'aringan lemak adalah insulator panas bagi tubuh. $ubkutan juga menjadi .".

pendukung lapisan kulit atas yang menahan stressor dan tekanantanpa injury. 2" Kuku kaki dan tangan Kaki, tangan, dan kuku selalu diperuntukkan untuk memberi perhatian yang khusus untuk men#egah infeksi. %pakah ada luka pada kaki termasuk adakah pertumbuhan atau luka pada kulit bagian atas, bisa nyeri dan pada pasien normal kemampuan berjalan. Kuku adalah jaringan epitel yang tumbuh dari akar nail bed, yang terletak di kulit pada nail groo3e, yang disembunyikan oleh fold kulit, disebut cuticle, kuku juga memilki body nail, itu berbentuk area putih, disebut lunula. 1ibawah kuku terdapat lapisan epiteldisebut nail bed. Kuku yang normal dan sehat transparan, lembut, dan kon3eks, dengan warna nail bed merah jambu. Penyakit dapat memengaruhi bentuk, ketebalan, dan curvature dari kulit (%limul, 2 *" 4ongga +ulut 4ongga mulut dibatasi oleh membrane mukosa yang berhubungan dengan kulit. 4ongga mulut terdiri dari bibir yang disekitarnya mulut yang terbuka, pipi berada disepanjang rongga, lidah dan ototnya, hard dan soft palate. +ukosa mulut normalnya berwarna merah jambu terang (light pink" dan lembab. Pada dasar mulut dan area bawah lidah kaya akan pembuluh darah.tipe dari ul#er atau trauma dapat mengakibatkan perdarahan. %da * kelenjar sali3a yang mensekresikan 1 liter sali3a per hari. Kelenjar bu##al ditemukan pada mukosa yang membatasi pipi dan mulut yang men#egah hygiene dan kenyamanan pada jaringan oral (%limul, 2 &". -igi adalah organ mengunyah, atau masti#ation. +ereka didesain untuk memotong, menyobek, dan mematahkan makanan sehingga dapat di#ampur dengan sali3a dan ditelan. -igi yang normal terdiri dari kepala, leher, dan akar. -igi yang sehat terlihat putih, bersinar, dan berdiri sendiri. Kesulitan mengunyah dapat berkembang sewaktu sekeliling gusi menjadi inflamasi atau infeksi atau ketika &".

gigi tanggal. 5ral hygiene yang teratur dibutuhkan untuk menjaga integritas area gigi dan untuk men#egah gingi3itis, atau inflamasi gusi (%limul, 2 !" 4ambut Pertumbuhan rambut, distribusi, dan pola dapat mengindikasikan status kesehatan orang se#ara umum. Perubahan hormone, emosional, dan stress fisik, umur, infeksi, dan penyakit tertentu dapat memengaruhi karakteristik rambut ($yaifuddin, 2 6" +ata, Telinga, dan Hidung 6. ,aktor(faktor yang +empengaruhi Personal Hygiene ,aktor(faktor yang +empengaruhi Personal Hygiene adalah sebagai berikut (Perry dan Potter, 2 a. 7ody image -ambaran indi3idu terhadap dirinya sangat mempengaruhi kebersihan diri misalnya karena adanya perubahan fisik sehingga indi3idu tidak peduli terhadap kebersihannya. b. Praktik sosial Pada anak(anak selalu dimanja dalam kebersihan diri, maka kemungkinan akan terjadi perubahan pola Personal Hygiene #. $tatus sosial(ekonomi Personal Hygiene memerlukan alat dan bahan seperti sabun, pasta gigi, sikat gigi, sampo, alat mandi yang semuanya memerlukan uang untuk menyediakannya d. Pengetahuan Pengetahuan Personal Hygiene sangat penting karena pengetahuan yang baik dapat meningkatkan kesehatan. +isalnya pada pasien penderita 1+ ia harus menjaga kebersihan kakinya. e. 7udaya 1i sebagian masyarakat jika indi3idu sakit tertentu maka tidak boleh dimandikan. 6") !". &".

f. Kebiasaan seseorang %da kebiasaan seseorang yang menggunakan produk tertentu dalam perawatan dirinya seperti penggunaan sabun, sampo, dan lain(lain. g. Kondisi fisik Pada keadaan sakit tertentu kemampuan untuk merawat diri berkurang dan perlu bantuan untuk melakukannya. &. -angguan pemenuhan kebutuhan Personal Hygiene -angguan pemenuhan kebutuhan personal hygiene se#ara garis besar terjadi 2 gangguan yaitu sebagai berikut (%smadi, 2 a. -angguan se#ara fisik 7anyak gangguan kesehatan yang diderita seseorang karena tidak terpeliharanya kebersihan perorangan dengan baik. -angguan fisik yang sering terjadi adalah gangguan integritas kulit, gangguan membrane mukosa mulut, infeksi pada mata dan telinga, dan gangguan fisik pada kuku. b. -angguan se#ara psikososial +asalah so#ial yang berhubungan dengan Personal Hygiene adalah gangguan kebutuhan rasa nyaman, kebutuhan di#intai dan men#intai, kebutuhan harga diri, aktualisasi diri dan gangguan interaksi sosial. 8. Tanda dan gejala Personal Hygiene Tanda dan gejala Personal Hygiene adalah sebagai berikut (Perry dan Potter, 2 6") a. Kepala dan rambut 1" 4ambut berketombe 2" 4ambut berkutu *" Kulit kepala kotor !" 4ambut yang mudah rontok 6" 4ambut yang kusam b. Perawatan mata 1" Penglihatan menjadi ganda .")

2" 7intik hitam atau ada daerah yang gelap *" $akit pada mata !" Terlihat ada warna atau terang di sekitar ujung(ujung objek 6" +ata yang kemerahan &" Tiba(tiba kehilangan kemampuan melihat dengan jelas #. Perawatan hidung 1" Terjadi flu9pilek 2" Terjadi perubahan pen#iuman *" Hidung kotor !" Terjadi alergi d. Perawatan telingga 1" Telinga kotor 2" Terjadi infeksi e. Perawatan kuku kaki dan tangan 1" Kuku kotor9hitam f. Perawatan genetalia 1" -enetalia kotor 2" Terjadi penyakit genetalia .. Penatalaksanaan Personal Hygiene Penatalaksanaan Personal Hygiene adalah sebagai berikut (Perry dan Potter, 2 6" a. Kebersihan mulut dan gigi dijaga dengan ) 1" :ntuk yang masih mempunyai gigi ) +enyikat gigi se#ara teratur sekurang(kurangnya dua kali dalam sehari, pagi hari dan malam sebelum tidur, termasuk bagian gusi dan lidah. 7ila ada gigi berlubang, sebaiknya segera ke Puskesmas. 7ila tetap ada endapan warna kuning sampai #okelat, kirim ke Puskesmas9dokter gigi. 2" 7agi yang menggunakan gigi palsu )

-igi dibersihkan dengan sikat gigi perlahan(lahan di bawah air yang mengalir. 7ila perlu dapat digunakan pasta gigi. Pada waktu tidur, gigi tiruan9palsu tidak dipakai dan direndam dalam air bersih. *" 7agi mereka yang tidak mempunyai gigi sama sekali ) $etiap habis makan juga harus menyikat bagian gusi dan lidah untuk membersihkan sisa makanan yang melekat. b. Kebersihan kepala, rambut dan kuku ) 1" ;u#i rambut se#ara teratur paling sedikit dua kali seminggu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang melekat di rambut dan kulit kepala. 2" Potong kuku se#ra teratur. #. Kebersihan kulit (mandi" ) :saha untuk membersihkan kulit dapat dengan #ara mandi setiap hari se#ara teratur, paling sedikit dua kali sehari. Pada saat mandi lansia sebaiknya mempergunakan air hangat untuk merangsang peredaran darah dan men#egah kedinginan, menggunakan d. Kebersihan mata, hidung, dan telinga ) +engkonsultasikan diri ke dokter. $etiap dua tahun mata harus dikontrol, bila tidak ada kelainan. e. Perawatan genitalia perawatan genitalia merupakan bagian dari mandi lengkap. Pasien yang paling butuh perawatan genitalia yang teliti adalah pasien yang beresiko terbesar memperoleh infeksi. Pasien yang mampu melakukan perawatan diri dapat dii<inkan untuk melakukannya sendiri. Perawat mungkin menjadi malu untuk memberikan perawatan genitalia, terutama pada pasien yang berlainan jenis kelamin. 1apat membantu jika memiliki perawat yang sama jenis kelamin dengan pasien dalam ruangan pada saat memberikan perawatan genitalia. Tujuan perawatan genitalia adalah untuk higiene. men#egah terjadinya infeksi, mempertahankan kebersihan genitalia, meningkatkan kenyamanan serta mempertahankanpersonal

B( KONSEP ASUHAN KEPERA&ATAN 1. Pengkajian Keperawatan. a. 4iwayat keperawatan 1" Keluhan utama 2" 4iwayat kesehatan sekarang %pa yang dirasakan sekarang *" 4iwayat penyakit dahulu %pakah Kemungkinan pasien belum pernah sakit seperti ini atau sudah pernah !" 4iwayat kesehatan keluarga +eliputi penyakit yang turun temurun atau penyakit tidak menular b. Pola pemenuhan K1+ menurut 1" Pola oksigenasi ) pola nafas,bersihkan jalan nafas,keluhan sesak 2" Pola nutrisi *" Pola ) %supan nutrisi,pola makan,ke#ukupan gi<i Pola 7%K dan 7%7,konsistensi feses,warna eliminasi)

urine,3olume output !" Pola akti3itas ) +eliputi gerakan ( mobilitas " pasien,akti3itas9 pekerjaan pasien yang dapat mengendorkan otot. 6" Pola akti3itas ) +eliputi kebiasaan tidur 9 istirahat pasien kebiasaan dalam istirahat,waktu istirahat. &" Pola pakaian ) +eliputi memilih baju yang sesuai,berpakaian dan melepas pakaian 8" Pola lingkungan dan mempertahankan temperatur tubuh ) +eliputi suhu tubuh,kaji akral ( dingin 9 hangat ",warna ( kaji adanya sianosis,kemerahan " ." Pola personal hygiene ) +eliputi kebiasaan menjaga kebersihan tubuh dari penampilan yang baik serta melindungi kulit,kebiasaan mandi,gosok gigi,membersihkan genetalia.dll untuk menjaga kesehatan.

#. Keadaan umum 1" Kesadaran 2" T1 *" = !" $ 6" 44 d. Pemeriksaan ,isik Kategori a. 4ambut 1" %pakah rambut pasien subur @ 2" %pakah rambut pasien mudah rontok @ *" %pakah rambut pasien kusam @ !" %pakah tekstur rambut pasien kering @ b. Kepala 1" %pakah kulit kepala pasien berketombe @ 2" %pakah terdapat kutu pada rambut pasien @ *" %pakah pasien@ #. +ata 1" %pakah s#lera pasien ikterik @ 2" %pakah konjungti3a pasien anemis @ *" %pakah pasien mengalami mata merah @ d. Hidung 1" %pakah pasien mengalami flu@ 2" %pakah pasien mengalami alergi@ *" %pakah pasien mengalami perubahan pen#iuman @ e. +ulut 1" %pakah keadaan mukosa mulut pasien kering @ terjadi eritema pada rambut >% T?1%K

2" %pakah terdapat lesi pada rongga mulut pasien @ f. -igi 1" %pakah terdapat karang gigi pada gigi pasien @ 2" %pakah terdapat karies pada gigi pasien @ *" %pakah gigi pasien lengkap @ g. Telinga 1" %pakah telinga pasien kotor @ 2" %pakah telinga pasien mengalami lesi @ *" %pakah telinga pasien mengalami infeksi @ h. Kulit 1" %pakah kulit pasien terdapat lesi @ 2" %pakah turgor kulit pasien jelek @ *" %pakah suhu kulit pasien panas @ i. Kuku tangan dan kaki 1" %pakah warna kuku tangan dan kaki pasien hitam9kotor @ j. -enetalia 1" %pakah genetalia pasien kotor @ 2" %pakah terjadi penyakit genetalia pada pasien @ (1ongoes, 2 2. 1iagnosa keperawatan. a" -angguan integritas kulit 1efinisi ) keadaan dimana kulit seseorang tidak utuh. Kemungkinan berhubungan dengan ) 1" 7agian tubuh yang terlalu lama tertekan 2" ?mobilisasi *" Terpapar <at kimia Kemungkinan data yang ditemukan ) &"

- Kerusakan jaringan - -angrene - 1ekubitus - Kelemahan fisik Kondisi klinis kemungkinan terjadi pada ) - $troke - ,raktur femur - Koma - Trauma medulla spinalis. Tujuan yang diharapkan ) - Pola kebersihan diri pasien optimal - Keadaan kulit, rambut kepala bersih - Klien dapat mendiri dalam kebersihan diri sendiri. b" -angguan membrane mukosa mulut. 1efinisi ) kondisi dimana mukosa mulut pasien mengalami luka. Kemungkinan berhubungan dengan ) 1" Trauma oral 2" Pembatasan intake #airan *" Pemberian kemoterapi dan radiasi pada kepala dan leher Kemungkinan yang ditemukan ) 1" ?ritasi9luka pada mukosa mulut 2" Peradangan9infeksi *" Kesulitan dalam makan dan menelan !" Keadaan mulut yang kotor Kondisi klinis kemungkinan terjadi pada ) 1" $troke 2" $tomatitis *" Koma Tujuan yang diharapkan ) 1" Keadaan mukosa mulut, lidah dalam keadaann utuh, warna merah ,muda

2" ?nflamasi tidak terjadi *" Klien mengatakan rasa nyaman !" Keadaan mulut bersih. #" Kurangnya perawatan diri9kebersihan diri 1efinisi ) kondisi dimana seseorang tidak mampu melakukan perawatan kebersihan untuk dirinya. Kemungkinan berhubungan dengan ) 1" Kelemahan fisik 2" Penurunan kesadaran Kemungkinan data yang ditemukan ) 1" 7adan kotor dan bau 2" 4ambut kotor *" Kuku panjang dan kotor !" 7au mulut dan kotor Tujuan yang diharapkan ) 1" Kebersihan diri sesiuai pola 2" Keadaan badan, mulut, rambut, dan kuku bersih *" Pasien merasa nyaman. *. ?nter3ensi Keperawatan a. 1iagnosa ? a" Kaji kembali pola kebutuhan 1ata dasar dalam melakukan inter3ensi personal hygiene pasien b" Kaji keadaan luka pasien +enentukan inter3ensi #" 'aga kulit agar tetap utuh dan +enghindari resiko infeksi kulit kebersihan kulit pasien dengan #ara membantu mandi pasien d" 'aga kebersihan tempat tidur, selimut, bersih e" 0akukan perawatan program +engurangi tekanan dan menghindari

luka dekubitus luka Penyembuhan luka

dengan teknik steril sesuai

f" 5bser3asi tanda(tanda infeksi Pen#egahan infeksi se#ara dini g" 0akukan pijat pada kulit dan +en#egah 1e#ubitus lakukan perubahn posisi setiap 2 jam b. 1iagnosa 2 a" Kaji kemabali kebersihan 1ata dasar dalam melakukan mulut inter3ensi b" 0akukan keberdihan mulut, +embersihkan kotoran dan men#egah sesudah makan dan sebelum karang gigi tidur #" -unakan lembut d" -unakan garam9baking bersih e" 0akukan soda siakt gigi yang +en#egah pendarahan larutan 0arutan garam9baking soda membantu dan melembankan mukosa, meningkatkan

kemudian bilas dengan air granulasi dan mmenekan bakteri pendidikan +en#egah gangguan mukosa

kesehatan tentang kebersihan mulut f" 0aksanakan program terapi +embantu medis luka9infeksi menyembuhkan

#. 1iagnosa * 1" Kaji kemabli pola kebesihan diri 1ata dasar dalam melakukan inter3ensi 2" 7antu pasien dalam kebersihan +empertahankan rasa nyaman badan, mulut, mulut dan rambut *" 0akukan pendidikan kesehatan ) +eningkatkan kebersihan diri, #ara kebersihan pengetahuan dan

petingnya kebersihan diri, pola membuat klien lebihnkooperatif

DA%TAR PUSTAKA %limul, % %<is. 2 +edika Tarwoto dan Aartonah. 2 %smadi. 2 !. Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan . 'akarta) $alemba +edika .. Konsep dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. 'akarta) $alemba 6. Buku Ajar Funda ental +edika Potter, patri#ia %. dan %nne -riffin Perry. 2 $yaifuddin. 2 Keperawatan !konsep" proses" dan praktik. 'akarta ) /-; !. Anato i dan Fisiologi. 'akarta ) /-; &, #encana Asuhan Keperawatan, /-;, 'akarta 1ongoes, +arlyn. 2 &. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. 'akarta) $alemba