You are on page 1of 4

TUGAS (Mata Kuliah Metodik Khusus Kejuruan

)

19 Desember 2013

Oleh : MUHAMMAD WAHYU RIZAL NIM : 13005098016 Program Studi : Nautika Kapal Niaga

PENDIDIKAN PROFESI GURU PRODUKTIF SMK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2013

Terdapat dua jenis model pendekatan pembelajaran yaitu : a. Problem solving dan Reflektif Thinking. Taktik Pembelajaran 6. Pendekatan Pembelajaran Sebagai titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada guru Selain itu terdapat juga a. Semua istilah ini sama dalam penerapannya yaitu berusaha untuk memberikan kesempatan kepada warga belajar untuk dapat belajar melalui kegiatan pengajuan berbagai permasalahan secara sistimatis. Teknik Pembelajaran 5. menginsiprasi. menguatkan.1 TUGAS : Jelaskan Pengertian dari : 1. dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Pendekatan Inquiry Istilah Inquiry mempunyai kesamaan konsep dengan istilah lain seperti Discovery. Dalam Pengertian sempit : merupakan cara dalam rangka pencapaian tujuan belajar b. sehingga dalam pembelajaran lebih berpusat pada keaktifan warga belajar. . Melalui pendekatan ini sumber belajar dapat menyampaikan materi sampai tuntas. Strategi Pembelajaran a. Dalam Pengertian Luas pembelajaran mencakup unsur berikut : 1) Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik. Pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa b. Pendekatan Pembelajaran 2. di dalamnya mewadahi. Metode Pembelajaran 4. Strategi Pembelajaran 3. Pendekatan Expository lebih tepat digunakan apabila jenis bahan belajar yang bersifat informatif yaitu berupa konsep-konsep dan prinsip dasar yang perlu difahami warga belajar secara pasti. Pendekatan Pendekatan Expository menekankan pada penyampaian informasi yang disampaikan sumber belajar kepada warga belajar. b. Model Pembelajaran JAWAB : 1. Pendekatan ini juga tepat digunakan apabila jumlah warga belajar dalam kegiatan belajar itu relatif banyak. 2. yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum.

4) Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan. yaitu cara dalam menumbuhkan rangsangan untuk tumbuhnya minat belajar warga belajar yang didasarkan pada kebutuhannya 3) Penyampaian bahan belajar. 3) Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur. f. yaitu: (1) exposition-discovery learning dan (2) group-individual learning. ceramah. debat. yaitu cara yang digunakan sumber belajar dalam menyampaikan bahan dalam kegiatan pembelajaran 4) Pencipta iklim belajar yang kondusif. diantaranya: a. d. pengalaman lapangan. Berdasarkan hal tersebut maka kedudukan metode dalam pembelajaran mempunyai ruang lingkup sebagai cara dalam: 1) Pemberian dorongan. yaitu cara yang digunakan sumber belajar dalam rangka memberikan dorongan kepada warga belajar untuk terus mau belajar 2) Pengungkap tumbuhnya minat belajar. laboratorium. simulasi. b. Dilihat dari strateginya. dan sebagainya. Metode Pembelajaran Metode Pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. yaitu cara untuk menumbuhkan kreativitas warga belajar sesuai dengan potensi yang dimilikinya . yaitu cara untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi warga abelajar untuk belajar 5) Tenaga untuk melahirkan kreativitas. metode dan teknik pembelajaran. 3. simposium. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran. c. Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya. diskusi. g. demonstrasi. h. brainstorming.2 2) Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif. i. strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif. pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian pula. e.

Demikian pula. 6. dengan penggunaan metode diskusi. yaitu cara untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran 7) Pendorong dalam melengkapi kelemahan hasil belajar. Taktik Pembelajaran Taktik Pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual. yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas.3 6) Pendorong untuk penilaian diri dalam proses dan hasil belajar. metode. model interaksi sosial. Dengan kata lain. dan teknik pembelajaran. model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan. pembelajaran akan menjadi sebuah ilmu sekaligus juga seni. Dalam taktik ini. model pengolahan informasi. penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri. dan d. perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. model pembelajaran diidentikkan dengan strategi pembelajaran. model modifikasi tingkah laku . Bentuk Model Pembelajaran a. model personal-humanistik. Teknik Pembelajaran teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Model Pembelajaran Model Pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. b. Misalkan. 5. cara untuk untuk mencari pemecahan masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran 4. c.