P. 1
DOKGIKEL KBK

DOKGIKEL KBK

|Views: 3|Likes:
Published by Aulia Mursyida

More info:

Published by: Aulia Mursyida on Mar 05, 2014
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/29/2015

pdf

text

original

Kedokteran gigi keluarga drg.

Sri Lestari, MKes

MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

NOMOR 1415/MENKES/SK/X/2005 TENTANG KEBIJAKAN PELAYANAN KEDOKTERAN GIGI KELUARGA
Penyusunan kebijakan ini dimaksudkan sebagai pengembangan pelayanan kedokteran gigi keluarga untuk mewujudkan Indonesia Sehat 2010. Kebijakan ini dipergunakan sebagai landasan, arah dan pedoman penyelenggaraan pelayanan kesehatan gigi dan mulut baik oleh masyarakat, swasta maupun pemerintah (pusat, provinsi,Kabupaten kota), serta pihak-pihak terkait lainnya.

Upaya Kesehatan Masyarakat (UPM) Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) KEBIJAKAN PELAYANAN KEDOKTERAN GIGI KELUARGA INDONESIA SEHAT 2010 l .l Pemeliharaan. SKN -------. peningkatan dan perlindungan Drg keluarga ------kontak pertama --------proaktif dalam pemecahan masalah kesgilut keluarga sesuai pola asuhan pelayanan kedokteran gigi dasar. Prinsip dasar pelayanan kedokteran gigi keluarga : pendekatan pencegahan primer terutama pada kesgilut didukung deteksi dini. pelayanan medik prima.menjaga mutu dgn pendekatan promotif dan preventif serta menerapkan ilmu pengetahuan kedokteran gigi mutakhir secara rasional dengan memperhatikan sistem rujukan. l Layanan drg keluarga -------.

dan memandang individu baik yang sakit maupun sehat sebagai bagian dari keluarga dan komunitasnya .DoKter Gigi Keluarga l Adalah dokter yang mampu menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi yang berorientasi pada komunitas dengan keluarga sebagai sasaran utama.

VISI l Kemandirian keluarga dalam upaya pemeliharaan kesehatan gigi dan tercapainya derajat kesehatan gigi dan mulut setinggi-tingginya.adil. aman dan bermutu. melalui pelayanan dokter gigi keluarga secara efisien. merata. .

institusi pendidikan dan pihak-pihak yang terkait .MISI l l l l l Mendorong kemandirian keluarga dalam menjaga dan memelihara kesgilut Mengusahakan tersedianya pelayanan dokter gigi keluarga yang merata. bermutu dan terjangkau Memberikan pelayanan. memelihara dan meningkatkan kesgi perorangan serta masyarakat (keluarga binaan) sehingga tercapai derajat kesgilut yang diharapkan Meningkatkan profesionalisme dokgikel dalam mengemban peran.tugas dan fungsinya Meningkatkan kemitraan dgn profesi.

bermutu. 4. dan berkesinambunnan 3. . Terbinanya profesionalisme dokter gigi keluarga secara . Tertatanya pembiayaan dalam pelayanan kedokteran gigi keluarga. Terpenuhinya kebutuhan keluarga untuk memperoleh pelayanan kesehatan gigi yang optimal.TUJUAN 1. 2. Tercapainya kemandirian keluarga dalam menjaga dan memelihara kesehatan gigi dan mulut. terstruktur. berkesinambungan.

4. 6. 2.Prinsip Pelayanan Kedokteran Gigi Keluarga 1. 3. 7. 5. Dokter Gigi kontak pertama (first contact) Layanan bersifat pribadi (personal Care) Pelayanan Paripurna (Comprehensive) Paradigma sehat Pelayanan Berkesinambungan (continuous care) Koordinasi dan Kolaborasi Family and Community Oriented .

Dokter Gigi Kontak Pertama (early contact) - Dokgikel adl pemberi layanan kesehatan (provider) yg pertama ditemui pasien/klien dalam menyelesaikan masalah kesgilut Dokgikel berfungsi sbg kontak pertama dan penapis rujukan ke strata selanjutnya - .

budaya dan ekonomi pasien dan keluarganya .Hubungan baik dg pasien memberi peluang dokgikel untuk lebih memahami masalah pasien secara lebih luas .Keputusan medis tidak hanya dari aspek medis tetapi juga mempertimbangkan aspek sosial.Dokgikel memberikan layanan kepada perorangan dg memperhatikan setiap orang merupakan bagian dari keluarga .Layanan bersifat pribadi (personal Care) .

pencegahan penyakit (preventif). peningkatan kesehatan (promotif).Dalam pelayanan Dokgikel lebih menekankan pada upaya promotif.Pelayanan kesgikel berorientasi pada paradigma sehat. .Pelayanan Paripurna (Comprehensive) .perlindungan khusus (spesific protection) deteksi dan tindakan penanganan dini (early diagnostic and promp treatment) . penyembuhan (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) sesuai kebutuhan .Dokgikel memberikan pelayanan menyeluruh dg pendekatan pemeliharaan.

Paradigma sehat l Dokgikel mampu mendorong masyarakat untuk bersikap mandiri dalam menjaga kesehatan sendiri melalui kesadaran yang tinggi pada pentingnya pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif .

Pelayanan Berkesinambungan (continuous care) l l Pelayanan Dokgikel berpusat pada pasien (patient oriented) Prinsip ini melandasi hubungan jangka panjang antara Dokgikel dan pasien dg pelayanan kesgilut yg berkesinambungan dalam beberapa tahap kehidupan pasien .

Dokgikel bertindak sbg koordinator segala hal yg terkait dg kesgilut. . dokgikel harus bekerjasama dan mendelegasikan pengelolaan pasien pada pihak lain yg lbh kompeten.merujuk ke spesialis dan memberikan informasi yg sejelasnya. Bila pelayanan di luar kompetensinya.Koordinasi dan Kolaborasi l l l Dokgikel perlu berkonsultasi dg disiplin lain.

. Dalam menangani masalah. dokgikel harus tetap memperhatikan dampak kondisi pasien thd komunitas dan sebaliknya.Family and Community Oriented l l Dokgikel mempertimbangkan kondisi pasien thd keluarga tanpa mengesampingkan pengaruh lingkungan sosial budaya tempat tinggal dan pekerjaan.

Mempunyai kemampuan dan ketrampilan diagnosa serta kemampuan merujuk yang handal disertai pengetahuan epidemiologi dan dapat mengelola berbagai penyakit mulut secara komprehensif. sosial dan emosional dg penyakit serta menguasai teknik pemecahan masalah untuk mengatasi penyakit mulut .berorientasi pd pasien dan keluarga.Karakteristik Dokter Gigi Keluarga l l l l Berorientasi pada pencegahan penyakit serta pemeliharaan kesehatan Memanfaatkan pendekatan menyeluruh. Dokgikel memiliki pengetahuan ttg hubungan timbal balik faktor biologis.

. Dokgikel merupakan alternatif lahan praktek dan penghasilan.Ada kepastian biaya pelayanan kesgi hingga dokgikel dapat merencanakan pelayanan kesehatan pesertanya.Metode Pelayanan Kedokteran Gigi Keluarga l l l l l Terpenuhinya berbagai kebutuhan dan tuntutan layanan kesehatan gigi Memudahkan pemanfaatan pelayanan kesehatan Biaya kesehatan akan lebih terkendali Mutu pelayanan akan lebih meningkat Bagi penyelenggara pelayanan.

Manajemen D. Pelayanan darurat/Basic Emergency Care B. Pelayanan Darurat B. Pelayanan Medik Gigi Dasar/Simple Care D. Pelayanan Pencegahan C.Dokgikel Praktek Perorangan .Dokgikel Praktek Berkelompok Ruang Lingkup Pelayanan . Sterilisasi . Dental Assistant E. Pelayanan Medik Khusus/Moderate Care .Ruang lingkup kerja perawat gigi : A. Pelayanan Pencegahan/Preventive Care C.Penyelenggaraan Pelayanan l l Model Pelayanan Kedokteran Gigi Keluarga : .Ruang Lingkup kerja dokter gigi A.

l l Peningkatan SDM . Keluarga oleh Depkes RI . Institusi Pendidikan dan PDGI Sistem Pembiayaan 1. UKP Individu dalam kesatuan Keluarga melalui JPK wajib dan sukarela 2.Pelatihan dan pendidikan drg. UKP masy. Rentan dan Keluarga miskin dari pemerintah melalui JPK wajib 3. Dana dari masyarakat (dana sehat dan dana sosial keagamaan) .Rasio drg : kelg binaan = 1 : 500 kk/2500 org .

l Perijinan Praktek Pelayanan Kedokteran Gigi Keluarga . .Kewenangan Perijinan : Pemerintah kabupaten.Syarat : Tenaga pelaksana – standar Sarana dan Prasarana memadahi Manajemen praktek .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->