You are on page 1of 12

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah untuk mata kuliah Kewarganegaraan yang berjudul “Permasalahan Lingkungan di Indonesia” ini dengan tepat waktu. Diharapkan makalah ini dapat membantu penulis maupun pembaca agar menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab, karena materi ini disajikan mengarah pada terbentuknya masyarakat Indonesia yang menghargai dan menjaga lingkungan di Indonesia. Penulis mengucapkan terima kasih atas segala bimbingan, bantuan, dukungan dan pengarahan yang telah diberikan berbagai pihak dalam proses penulisan makalah ini, terutama pada Bu Niken Prasetyawati selaku dosen mata kuliah Kewarganegaraan. Tak ada gading yang tak retak. Begitu pula dengan makalah ini yang masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran agar makalah ini menjadi lebih baik serta berdaya guna dimasa yang akan datang.

Surabaya, 30 Desember 2013

Penulis

\

Permasalahan Lingkungan di Indonesia - Kewarganegaraan - 1

3 Rumusan Masalah BAB II PEMBAHASAN 2.2 Saran Daftar Pustaka 1 2 3 3 3 4 5 9 11 11 12 Permasalahan Lingkungan di Indonesia .1 Penyebab terjadinya permasalahan lingkungan di Indonesia 2.1 Kesimpulan 3.2 Tujuan 1.3 Cara menanggulangi permasalahan lingkungan di Indonesia BAB III PENUTUP 3.DAFTAR ISI Kata Pengantar Daftar Isi BAB I PENDAHULUAN 1.2 Macam-macam permasalahan lingkungan di Indonesia 2.2 .Kewarganegaraan .1 Latar Belakang 1.

dan perilakunya.3 . yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.Kewarganegaraan . energi surya.2 Tujuan Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut : 1.BAB I PENDAHULUAN 1. daya. berikut upaya penanggulangannya. Mengidentifikasi penyebab terjadinya permasalahan lingkungan di Indonesia 2. serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan. Misalnya dalam Undang-Undang no. Apa saja permasalahan lingkungan yang terjadi di Indonesia? 3. Sudah seharusnya lingkungan hidup selalu dijaga dari kerusakan. keadaan. baik yang terjadi secara alami maupun karena ulah manusia. di Indonesia sering juga disebut "lingkungan hidup". termasuk manusia.1 Latar Belakang Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah. Dalam makalah ini akan membahas tentang masalah kerusakan lingkungan hidup di bumi. air. Mengidentifikasi macam-macam permasalahan lingkungan di Indonesia 3. Mengidentifikasi cara-cara untuk menanggulangi permasalahan lingkungan di Indonesia 1. mineral. dan makhluk hidup. dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Bagaimana cara untuk menanggulangi permasalahan lingkungan di Indonesia Permasalahan Lingkungan di Indonesia . khususnya di Indonesia. 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. definisi Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda.3 Rumusan masalah Adapun rumusan masalah dari makalah ini adalah sebagai berikut : 1. 1. Lingkungan. namun dewasa ini banyak terjadi permasalahan-permasalahan atau kerusakan lingkungan hidup. Apa penyebab terjadinya permasalahan lingkungan di Indonesia ? 2.

4 . Faktor alami yaitu.1 Permasalahan Air Air merupakan salah satu unsur yang sangat penting untuk kehidupan baik bagi manusia.2 Macam-macam Permasalahan Lingkungan di Indonesia 2.2. Pentingnya lingkungan hidup yang terawat terkadang dilupakan oleh manusia. Berikut beberapa faktor secara mendalam yang menjadikan kerusakan lingkungan hidup. angin topan. manusia sebagai makhluk berakal dan memiliki kemampuan tinggi dibandingkan dengan makhluk lain akan terus berkembang dari pola hidup sederhana menuju ke kehidupan yang modern. fauna dan makhluk hidup lainnya. ataupun gempa bumi. Permasalahan Lingkungan di Indonesia . Faktor buatan (tangan jahil manusia) yaitu. flora. a. Kerusakan lingkungan karena faktor manusia bisa berupa adanya penenbangan secara liar yang menyebabkan banjir ataupun tanah longsor. dan hal ini bisa menjadikan ekosistem serta kehidupan yang tidak maksimal pada lingkungan tersebut. banyaknya bencana alam dan cuaca yang tidak menentu menjadi penyebab terjadinya kerusakan lingkungan hidup. tentunya kebutuhannya juga akan sangat berkembang termasuk kebutuhan eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan. tsunami. dan pembuangan sampah di sembarang tempat terlebih aliran sungai dan laut akan membuat pencemaran 2. bencana ini akan membuat rusaknya lingkungan. Bencana alam tersebut bisa berupa banjir.Kewarganegaraan . Indonesia memiliki permasalahan air yang seringkali diakibatkan oleh penduduknya sendiri. tanah longsor.BAB II PEMBAHASAN 2. b. gunung meletus. Dengan adanya perkembangan kehidupan. Selain berbahaya bagi keselamatan manusia maupun mahkluk lainnya. angin puting beliung.1 Penyebab Terjadinya Permasalahan Lingkungan di Indonesia Kerusakan pada lingkungan hidup terjadi karena dua faktor baik fator alami ataupun karena tangan-tangan jahil manusia.

Dampak lebih lanjut yang terjadi adalah terganggunya ekosistem yang pada saatnya pasti akan merugikan manusia sendiri. pembuangan limbah industri yang berdekatan dengan sumur penduduk juga menyebabkan air tanah tercemar. Karena air tanah sudah banyak tersedot. kualitas air telah mengalami penurunan.5 . air tanah dari sumur-sumur tersebut mengandung bakteri Fecal coli. Sumber pencemaran tersebut berasal dari tempat penampungan tinja penduduk (septic tank). Air tanah di kota-kota besar yang dekat pantai (seperti Jakarta) juga tercemar oleh air asin (air laut) karena penyedotan air tanah secara besar-besaran oleh industri dan berbagai bangunan besar. 1.Berikut ini adalah beberapa permasalahan air yang banyak terjadi di Indonesia. Selain itu. Tapi karena kota merupakan kawasan padat. Permasalahan Lingkungan di Indonesia . Akan tetapi. yaitu sebagai sarana irigasi. Akibatnya. tinja. hal ini menjadi sulit diimplementasikan dan terjadilah pencemaran air tanah.  Permasalahan Sungai Sungai-sungai di Indonesia memiliki peranan penting bagi kehidupan. sungai di Indonesia banyak yang tercemar oleh berbagai limbah di antaranya:  Limbah domestik. dan sampah yang sengaja dibuang ke sungai. yaitu limbah rumah tangga berupa detergen. Pencemaran Air Tanah Perumahan di kota-kota padat di Indonesia banyak yang menggunakan sumur tanah sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari.    Limbah pertanian seperti sisa pestisida dan pupuk. coliform. Tetapi dalam kurun waktu lima tahun ini.  Limbah Industri berupa berbagai zat kimia dan logam berat yang berbahaya dan beracun. menggantikan peran PAM. Pencemaran air memberikan dampak sebagai berikut. keperluan industri. Musnahnya berbagai jenis ikan dan terjadi kerusakan pada tumbuhan air. serta mineral-mineral seperti besi yang melebihi baku mutu. Racun dari kegiatan penangkapan ikan yang terlarang. dan lain-lain. Hal itu disebabkan sebanyak 64 dari 470 Daerah Aliran Sungai (DAS) di Indonesia dalam keadaan kritis. Selain itu. Hal ini bisa saja tidak terjadi jika jarak antara septic tank dengan sumur lebih dari 10 meter. akhirnya di rongga bekas air tanah tadi air laut merembes dan mengurangi kualitas air tanah yang disedot oleh kota. sumber air minum.Kewarganegaraan . Pendangkalan sungai terjadi di mana-mana. kondisi air berwarna kuning dan berbau.

Dengan dominan sampah tersebut berada di Pulau Jawa (21. Terjadinya blooming algae. Bau menyengat dari limbah pabrik. 7. Terjadinya kelangkaan air bersih. sampah yang tidak diangkut setiap harinya sekitar 348.2. Volume sampah di Indonesia sekitar 1 juta meter kubik setiap hari. Banyak tempat pembuangan akhir yang jumlah sampahnya melebihi batas kuota sampahnya. 6.2 Permasalahan Sampah Pertumbuhan penduduk yang sangat pesat di Indonesia mengakibatkan tingkat konsumsi masyarakat juga bertambah banyak. sehingga turut membawa petaka bagi manusia yang mengonsumsinya.Kewarganegaraan . Blooming algae disebabkan oleh banyaknya pupuk yang terlarut dalam air. Air sungai yang terkontaminasi mengancam kesehatan penduduk di sepanjang DAS karena menjadi sumber berbagai penyakit. namun baru 42% di antaranya yang terangkut dan diolah dengan baik. 3.2.2 juta ton per tahun) yang merupakan pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia.000 meter titik atau sekitar 300. 2. Berikut ini merupakan statistik sampah di Indonesia yang bersumber dari buku Statistik Persampahan Indonesia Tahun 2008 yang diterbitkan oleh Kementrian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia.5 juta ton per tahun. Jadi. Sebgai contoh penyakit Minamata di Jepang. Hal tersebut memberi kontribusi langsung pada meningkatnya diimbangi volume upaya sampah yang tidak oleh penanggulangannya.6 . 5.000 ton (Direktur Perumahan dan Pemukiman Bappenas Permasalahan Lingkungan di Indonesia . suatu keadaan ketika air sungai dan danau ditutupi oleh ganggang yang menyebabkan matinya biota bawah air. suatu penyakit yang terjadi di daerah Minamata yang disebabkan oleh menumpuknya logam berat dalam tubuh ikan laut yang dikonsumsi orang-orang. Limbah dari sungai yang terbawa ke laut akan mencemari biota laut. 4. Jumlah sampah yang muncul di seluruh Indonesia mencapai 38. Terjadinya banjir di musim hujan.

pencemaran udara lebih banyak diakibatkan oleh kegiatan manusia yang terjadi secara terus-menerus. banjir. Contoh lebih lanjut adalah gejala keracunan dan merebaknya penyakit yang ditimbulkan dari sampah itu sendiri. Bayangkan bagaimana kondisi hutan Indonesia 10 tahun ke depan.2. 2012). pemanasan global. Sebenarnya kita pun sering merusak hutan. 2. Kegiatan transportasi.3 Permasalahan Hutan Pola konsumsi masyarakat kian meningkat terutama yang berhubungan dengan hasil hutan. Perubahan konsentrasi gas-gas di atmosfer dari komposisi alamiahnya dapat dinyatakan sebagai pencemaran udara. Manakala peristiwa alam yang luar biasa seperti letusan gunung berapi yang dapat menyebabkan pencemaran udara secara mendadak merupakan hal yang tidak dapat dihindari. dan bahan bangunan telah meningkat tajam. komersial. 2. mebel.Nugroho.6 juta hektar per tahun. kekeringan. domestik (termasuk pembakaran sampah).2. luas hutan yang telah rusak maupun kritis telah mencapai 59 juta hektar.Kewarganegaraan . industri. Kebutuhan akan kertas. jorok. Kerusakan hutan telah berakibat buruk pada kehidupan. hilangnya banyak spesies hewan dan tumbuhan. tanah tandus dan tidak produktif.4 Permasalahan Udara Udara adalah sumber daya yang sangat penting bagi kehidupan.7 . Rata-rata terjadi pengurangan luas hutan 1. Berdasarkan data BPS tahun 2004. dll. seperti tanah longsor. Atmosfer merupakan yang memungkinkan sumber oksigen utama mahluk di muka Bumi untuk bernafas dan hidup. Hal ini menyebabkan banyak terjadi permasalahan dalam lingkungan sekitar seperti kotor. Hal ini dapat menguras keberadaan hutan produksi. bau. Pencemaran udara dapat terjadi karena berbagai peristiwa alam maupun kegiatan manusia yang melepaskan emisi gas dan partikel ke atmosfer. kita turut andil dalam mendorong para penebang hutan liar melaksanakan aksinya. terutama yang melibatkan pembakaran bahan bakar fosil untuk mendapatkan energi Permasalahan Lingkungan di Indonesia . sehingga terjadi perubahan (peningkatan) konsentrasi. Dengan membuang-buang kertas atau memakainya secara berlebihan.

Punahnya keanekaragaman hayati adalah suatu peristiwa alami. Ancaman utama yang mengakibatkan punahnya keaneka ragaman hayati di Indonesia umumnya disebabkan oleh kerusakan dan fragmentasi habitat serta pemanfaatan yang berlebihan. Berbagai jenis makhluk hidup dapat ditemukan di pantai. sumber daya genetik berikut keragaman ekosistemnya adalah salah satu aset dan modal dasar bagi pembangunan yang tak terhitung nilainya. Berbagai kegiatan tersebut diperlukan bagi kelangsungan kehidupan manusia tetapi di lain pihak juga dapat menjadi tekanan bagi lingkungan dan kehidupan itu sendiri. sehingga terjadi perubahan iklim (efek rumah kaca). Di samping itu. dan tentu saja pasir pantai. Keunggulan komparatif yang dimiliki bangsa Indonesia ini harus dilestarikan dan dilindungi keberadaan serta dioptimalkan pemanfaatannya secara berkesinambungan untuk menunjang pembangunan di Indonesia.adalah kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan konsentrasi berbagai gas di atmosfer yang menimbulkan pencemaran udara. Permasalahan Lingkungan di Indonesia . terumbu karang.8 .Saat ini kekhawatiran banyak pihak akan dampak dari pembangunan jalan di kawasan lindung akan terulang kembali karena adanya rencana pembangunan jalan. 2. Selain itu.Kewarganegaraan .2.6 Permasalahan Ekosistem Pantai Ekosistem pantai merupakan ekosistem yang memiliki kekayaan alam beragam karena merupakan pertemuan antara wilayah darat dan wilayah laut. Faktor lain penyebab kepunahan keanekaragaman hayati adalah fenomena perubahan iklim.2.5 Permasalahan Keanekaragaman hayati Keanekaragaman hayati Indonesia yang kaya akan berbagai jenis flora dan fauna. faktor lain yang dapat menjadi penyebab kepunahan keanekaragaman hayati adalah fenomena perubahan iklim. kegiatan manusia tersebut juga dapat meningkatkan gas-gas yang seperti CO2 dan CH4 yang berperanan dalam menentukan temperatur Bumi. namun proses terjadinya laju kepunahan seringkali dipercepat oleh adanya pemanfaatan berlebihan yang dilakukan oleh manusia. 2. Di daerah pantai dapat ditemukan hutan bakau.

namun sayang sering ada tangan-tangan jahil yang mencopoti terumbu karang untuk dijual.3. dan recycle (mendaur ulang). Pembuatan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) untuk mengelola sampah.1 Upaya penganggulangan pencemaran air dapat dilakukan dengan langkah berikut. Jika ingin menebang kayu. 1. Lokasinya harus jauh dari permukiman penduduk.3 Upaya penganggulangan permasalahan hutan dapat dilakukan dengan langkah berikut.Kewarganegaraan . 2. Jika tidak bisa didaur ulang. Memproduksi dan memasyarakatkan peralatan untuk mendaur ulang sampah. 2. lakukan sistem tebang pilih.2 Upaya penganggulangan permasalahan sampah dapat dilakukan dengan langkah berikut. Masyarakat dan lembaga-lembaga swadaya harus turut mengawasi dan menjaga pelestarian air. 2. reuse (menggunakan kembali). para pelanggar harus diganjar dengan sanksi yang sesuai. Adapun pasir pantai dapat dijadikan bahan bangunan. Mengawasi. 2.3. 4. Mengadakan kerja bakti secara berkala. Penempatan bak sampah yang terpisah antara oraganik dan anorganik sehingga mempermudah pengelolaannya. 1. 5.9 . Penerapan prinsip 4R: replace (mengganti).3 Cara Menanggulangi Permasalahan Lingkungan di Indonesia 2. 3. 3.3. Mengendalikan. Pengerukan sumber daya alam pantai secara berlebihan dapat membuat pantai menjadi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Ekosistem pantai akan hancur. 1. limbah harus dinetralisir agar tidak mencemari lingkungan. Limbah harus diminimalisir dan kalau bisa didaur ulang. 2. Membatasi. Permasalahan Lingkungan di Indonesia . reduce (mengurangi). Melakukan reboisasi.Hutan bakau dapat dijadikan bahan baku pembuatan mebel. Pelaksanaan undang-undang lingkungan hidup harus tegas. Terumbu karang merupakan kawasan yang indah. 2.

4. 4.5 Upaya penganggulangan permasalahan keanekaragaman hayati dapat dilakukan dengan langkah berikut. Memberikan sanksi berat bagi penebang hutan liar 2. Memperbaiki habitat dari flora dan fauna agar kepunahan akibat habitat yang mulai rusak dapat dicegah. Masyarakat. Sebisa mungkin mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. 2.4 Upaya penganggulangan permasalahan udara dapat dilakukan dengan langkah berikut. 2. 1. Menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan. Mempertegas peraturan tentang satwa dan tumbuhan yang dilindungi. Dibuat peraturan yang membatasi penambangan pasir.6 Upaya penganggulangan permasalahan ekosistem pantai dapat dilakukan dengan langkah berikut. Pemberian tanggung jawab untuk konservasi hutan di sepanjang pantai bagi pengusaha yang bergerak di bidang wisata bahari. Mengurangi penggunaan peralatan yang menimbulkan pencemaran udara.3.3. 1. Reboisasi hutan bakau. 2.3. 1. 2. misalnya Air Conditioner dan kulkas. Memberikan sanksi berat bagi Industri yang melanggar peraturan tentang gas pembuangan Industri. 3. Masyarakat terutama nelayan ikut berperan aktif dalam menjaga daerah pesisir pantai. 2.10 . 3. dan pemerintah harus mengawasi dan menjaga hutan.3. lembaga swadaya. Permasalahan Lingkungan di Indonesia . 3. 4. Mebatasi kegiatan ekspor flora dan fauna milik Indonesia.Kewarganegaraan .

antara lain yaitu permasalahan air. termasuk manusia. tetapi semua masyarakat Indonesia juga harus memiliki peran besar dalam menjaga lingkungan di Indonesia. Bukan hanya pemerintah dengan kebijakannya saja yang harus berperan aktif dalam menjaga lingkungan di Indonesia. permasalahan hutan. Permasalahan Lingkungan di Indonesia . dan makhluk hidup. daya. permasalahan sampah. permasalahan udara.dan permasalahan ekosistem pantai. keadaan. tetapi kita perlu untuk tetap melakukan upaya-upaya agar lingkungan tidak semakin mengalami kerusakan. Perlu adanya suatu usaha untuk menanggulangi permasalahanpermasalahan tersebut.2 Saran Menurut saya.Perkembangan jaman yang akan mempengaruhi lingkungan tidak bisa kita hindari. dan perilakunya.Kewarganegaraan . Banyak sekali unsur dari lingkungan yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Banyak permasalahan lingkungan yang timbul di Indonesia. masih banyak hal-hal terkait lingkungan di Indonesia yang perlu diperbaiki. Namun sayangnya. permasalahan keanekaragaman hayatai.11 . permasalahan lingkungan akan selalu timbul dan tidak dapat dihindari.1 Kesimpulan Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda.BAB III PENUTUP 3. 3. baik yang timbul karena faktor alami maupun faktor buatan (ulah manusia). sehingga tentu saja lingkungan harus senantiasa dijaga dan dilestarikan.

Beberapa Permasalahan Lingkungan Hidup di Indonesia.go.menlh.com/2011/10/isu-sampah-dan-lingkungan-diindonesia_16.blogspot.id/DATA/SLHI_2010.DAFTAR PUSTAKA Suara Pembaruan. 2012.volume-sampah-diindonesia-setara-dengan-122-gelora-bung.wikipedia. 2011. Jakarta.com/home/setahun. <http://www. <http://hedisasrawan.karno/21707> Sasrawan Hedi. <http://alamhayati.org/wiki/Lingkungan> Permasalahan Lingkungan di Indonesia . Statistik Sampah Indonesia.12 . Isu sampah dan lingkungan di Indonesia.html> Kambuaya Balthasar.suarapembaruan. Status Lingkungan Hidup Indonesia 2010. 2012.Kewarganegaraan . 2013.com/2012/12/statistik-sampahindonesia. <http://arisudev.pdf> <http://id.html> Sudewa Ari. Setahun Volume Sampah di Indonesia Setara Dengan 122 Gelora Bung Karno.wordpress. Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.blogspot. 2011. Jakarta. <http://www.com/2013/04/24/beberapa-permasalahanlingkungan-hidup-di-indonesia/> Natan.