You are on page 1of 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu Tema : SMPN 1 Kuningan : Bahasa

Inggris : VIII (Delapan)/1 : 2 x 40 menit : Simple Past

A. Standar Kompetensi 2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. B. Kompetensi Dasar 2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. C. Tujuan Pembelajaran Di akhir pembelajaran, siswa mampu mengidentifikasi informasi, ciri kebahasaan dalam teks (simple past) dalam bentuk postcard. D. Indikator 1. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa postcard. 2. Mengidentifikasi ciri kebahasaan (simple past) dalam teks fungsional pendek berupa postcard. E. Materi Pembelajaran 1. Simple past The simple past tense usually means that this action ended in the past. Simple past can be used for most past actions; we can use it for actions that happened quickly, actions that happened over time, or actions that were habits in the past.

1

2. Simple pat form FORMULA + ? S + V2 S + did not + V1 Did + S + V1 ? Yes, ….. did No, ….. did not.

EXAMPLE Amira studied in UNIKU last year. Amira did not study in UNIKU last year. Did Amira study in UNIKU last year? Yes, she did. No, she did not.

3. Postcard

F. Teknik / Metode Pembelajaran Metode Audio Lingual Games G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Keterangan

Alokasi Waktu

Pendahuluan Apersepsi       Motivasi Inti Eksplorasi 

Siswa disapa oleh guru. Siswa ditanya mengenai kondisi Siswa berdoa menurut agama masing-masing. Siswa merapikan meja belajar dan posisi duduk. Siswa di absen oleh guru. Siswa mereview pelajaran sebelumnya.

10 menit

Siswa memahami tentang pentingnya materi yang akan dipelajari serta 10 menit kompetensi yang harus dikuasai siswa.

 Siswa mendengarkan lagu.  Siswa mengisi jawaban dari lagu yang dimainkan.  Siswa mendiskusikan jawaban.

15 menit

2

Elaborasi

Siswa mempelajari rumus past tense dan penggunaannya. Siswa melafalkan kata kerja dalam bentuk past tense. Siswa menjawab beberapa pertanyaan mengenai past tense Siswa mempelajari secara singkat mengenai postcard  Siswa memperoleh umpan balik positif dan apresiasi.

30 menit

Konfirmasi Penutup

5 menit

 Siswa menyimpulkan mengenai simple past berdasarkan pemahaman 10 menit mereka.  Siswa bertanya hal-hal terkait materi pembelajaran ataupun diluar materi.  Siswa menceritakan kendala dan kesulitan yang dihadapi selama kegiatan pembelajaran.  Siswa yang belum dan kurang aktif diberikan motivasi oleh guru.  Siswa memperoleh pengetahuan tentang materi pada pertemuan mendatang.

H. Sumber Belajar Real Time I. Penilaian A. Teknik dan Bentuk Mengidentifikasi ciri kebahasaan (simple past) B. Instrumen Penilaian (terlampir)

C. Kunci Jawaban Depend on students’ products

D. Pedoman Penilaian Uraian Setiap jawaban yang benar Setiap jawaban yang salah/tidak di jawab Skor 5 0

3

Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut : Skor maksimal 5 x 20 = 100 Penentuan nilai : Nilai siswa = Skor diperoleh X 100 Skor maksimal

Kuningan, 13 November 2013 Mengetahui, Guru Bidang Studi, Praktikan PPL,

Hj. Neni Triana, S.Pd. NIP. 19780809 200312 2 00

Sinta Hoerun Nisa NIM. 2010041206

4