You are on page 1of 4

PERBEDAAN TRANSUDAT DAN EKSUDAT Transudat Faktor Penyebab 1. Peningkatan tekanan Hidrostatik 2.

Menurunya tekanan osmotik Rasio Proein caira pleura dan plasma Rasio antara Protein cairan pleura dengan plasma < 0,50 Rasio LDH cairan pleura Rasio LDH ( Lacate dengan plasma Dehydrogenase ) cairan pleuran dengan LDH plasma < 0,60 Perbedaan protein plasma dan serum Perbedaan protein plasma cairan pleura dan serum kurang dari 1.2 g % Protein Kurang dari 3 gr/ dl Lebih dari 3 gr/dll Rasio antara Protein cairan pleura dengan plasma > 0,50 Rasio LDH ( Lacate Dehydrogenase ) cairan pleuran denganLDH plasma > 0,60 Perbedaan protein plasma cairan pleura dan serum lebih dari 1.2 g % Eksudat 1. Kasus keganasan 2. Ineksi 3. Inflamasi

Sehingga pada saat ekspirasi dapat dilakukan secara maksimal. RIWAYAT PENGOBATAN TB No 1 Kriteria Kasus Baru Riwayat pengobatan Pasien yang belum pernah mendapatkan pengobatan TB sebelumnya atau sudah mengkonsumsi OAT kurang dari 1 bulan 2 Kasus Kambuh Pasien yang sudah mendapatkan OAT dan dinyatakan sembuh atau pengobatan lengkap.PERUBAHAN POSISI PADA EFUSI PLEURA Perubahan posisi pada efusi pleura Miring kearah yang sakit pada penyakit efusi pleura dapat menghindari efek penekanan gravitasi cairan. 3 Kasus Drop out Pasien yang tidak mengkonsumsi OAT selam 2 bulan berturt turut atau lebih sebelum masa pengobatanya selesai . kemudian kembali lagi berobat dengan hasil pemeriksaan BTA positif atau Biakan positif.

4 Kasus Gagal Pasien yang hasil BTA masih positif atau kembali menjadi positif pada akhir bulan ke 5 5 Kasus Kronik Pasien dengan hasil pemeriksaan BTA masih positif setelah selesai pengobatan ulang katagori 2 dengan pengawasan yang baik PENGOBATAN TB Katagori I Kasus TB Paru BTA + Panduan Obat yang dianjurkan 2 RHZE / 4 RH Atau 2RHZE/ 6 HE II a. Kambuh b. 2 RHZES lalu sesuai dengan hasil uji rsistensi atau 2RHZES/1RHZE/5R3H3 E3 Bila streptomisin alergi dapat digani dengan kanamisin Keterangan . Gagal pengobatan a. 2 RHZES / 1 RHZE/5RHE b.

Atau 2 RHZES / 1 RHZE / 5 R3H3E3 III TB paru BTA (-) lesi minimal 2 RHZ/ 4 RH atau 6RHE atau 2RHZ/4 R3H3 Sesuai uji resisensi ( Minimal 3 obat sensitive IV Kronik V MDR TB Sesuai uji resistensi + kuinolon atau INH seumur hidup . Bakeriologik dan radiologic saat ini. lama berhenti minum obat dan keadaan klinik.II TB paru lalai berobat Sesuai lama pengobaan sebelumnya.