You are on page 1of 11

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Kertas merupakan barang yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia di belahan bumi manapun. Seiring dengan laju perkembangan teknologi yang serba instan mulai dari teknologi elektronik sampai teknologi gadget yang kini sedang digandrungi masyarakat, kertas tetap menjadi alternatif utama sebagai media informasi. Selain itu, pertambahan penduduk dunia berimbas pada peningkatan jumlah produksi kertas tiap tahunnya. Produksi kertas yang banyak ini tentu saja sebagai akibat dari konsumsi kertas dunia yang juga meningkat. Penggunaan kertas yang banyak akan menyebabkan peningkatan jumlah limbah kertas. Limbah kertas, meskipun mudah hancur namun sampah-sampah tersebut akan menimbulkan masalah yang dapat mengganggu kebersihan dan keindahan lingkungan. Limbah kertas yang ada sekarang sudah banyak dimanfaatkan kembali dengan cara didaur ulang sehingga dapat dihasilkan kertas yang baru. Namun dalam proses daur ulang seringkali digunakan campuran bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan sehingga berdampak pada timbulnya kerusakan lingkungan. Daur ulang ini dilakukan untuk memperoleh kertas daur ulang dengan bahan-bahan pencampur yang alami sehingga tidak menyebabkan kerusakan lingkungan. Melihat kenyataan sebagaimana yang telah diuraikan, perlu kiranya penulis melakukan hal-hal yang lebih positif, inovatif, dan kreatif untuk menghadapi permasalahan tersebut melalui tulisan ini yang berjudul

”REINKARNASI KERTAS”.

B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana membuat kertas yang sudah tidak terpakai menjadi kertas yang bisa dimanfaatkan kembali sebagaimana mestinya melalui daur ulang? 2. Apa manfaat daur ulang terhadap kertas bekas?

1

Selain itu kertas daur ulang nampak alami dengan teksturnya yang berbeda sehingga terlihat lebih artistik dari kertas biasa. 2. Mengidentifikasi manfaat daur ulang terhadap kertas bekas. Mengidentifikasi cara membuat kertas yang sudah tidak terpakai menjadi kertas yang bisa dimanfaatkan kembali sebagaimana mestinya melalui daur ulang. Tujuan dan Manfaat a. dan secara tidak langsung akan mengurangi angka penebangan hutan. b. Dengan daur ulang berarti kita ikut serta dalam usaha penyelamatan lingkungan khususnya hutan Indonesia. Tujuan daur ulang ini adalah: 1. Dan secara tidak langsung ikut melatih kewirausahaan siswa. Karena dengan mendaur ulang kertas berarti kita mengurangi produksi kertas baru. Karena pembuatan kertas daur ulang tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal. 2 . 2.C. Daur ulang kertas dengan kreatifitas dapat meningkatkan kembali nilai ekonomi kertas yang sudah menjadi sampah. Manfaat Program daur ulang kertas akan memberikan pemahaman kepada siswa bahwa: 1. Hal ini yang membuat harga kertas daur ulang lebih mahal dari pada kertas biasa.

Alat dan Bahan Alat :  Screen sablon  Rakel  Blender  Baskom  Kain katun  Papan kayu/ triplek Bahan :  Kertas bekas  Air  Lem Fox  Pewangi pakaian  Pewarna B. 3 . Cara Kerja 1 Robek kecil kertas bekas kemudian rendam dalam air selama kurang lebih 2 hari hingga menjadi bubur kertas kasar.BAB II METODOLOGI CARA KERJA A.

daun jati. pandan. 4 . dan air secukupnya hingga benarbenar halus. anda bisa menambahkan pewarna alami seperti sari kunyit. basahi kain dengan air terlebih dahulu. Saring campuran (ketebalan bisa disesuaikan) dalam baskom memakai screen sablon hingga mendapatkan hasil saringan yang rata. Bila ingin menghasilkan kertas berwarna. Agar kain tidak bergeser saat proses pencetakan. gambir dll Tuangkan campuran lem ke dalam baskom tersebut dan tambahkan pewangi pakaian kemudian aduk hingga tercampur. 4 5 6 7 Blender Lem Fox kurang lebih dua sendok teh.2 Blender bubur kertas kasar dan air hingga halus dengan perbandingan 3 : 1 (misal = bubur kertas 3 gelas dan air 1 gelas) 3 Tuangkan adonan ke dalam baskom yang berisi air kemudian aduk hingga tercampur. Siapkan papan kayu yang bagian atasnya telah ditutup dengan kain katun.

lepas kertas dari kain secara perlahan. Setelah cukup kering. Kemudian gosok screen menggunakan rakel agar kadar airnya berkurang sehingga adonan kertas dapat menempel pada kain. angkat sedikit demi sedikit screen hingga menghasilkan cetakan kertas basah yang rata. Dan yang terakhir setrika kertas satu persatu. 9 Setelah adonan dirasa telah menempel sempurna. 5 . Kertas daur ulang pun siap digunakan. 10 Jemur kertas di bawah terik matahari.8 Letakkan screen di atas papan yang telah dilapisi kain basah dengan posisi terbalik.

kertas bekas dapat dimanfaatkan kembali menjadi kertas yang layak pakai. Kesimpulan 1. Kegiatan daur ulang ini dapat melatih kesabaran. Saran Melihat kenyataan bahwa sampah kertas bisa diolah kembali menjadi kertas layak pakai. Berdasarkan metode sebagaimana penulis uraikan diatas. Dengan mendaur ulang kertas bekas berarti kita telah menyumbangkan sedikit upaya untuk membersihkan bumi dari limbah. keuletan. alangkah baiknya jika upaya daur ulang bukan hanya dilakukan oleh tiap individu namun juga diproduksi secara masal sehingga lebih efektif untuk mengurangi sampah kertas dalam skala besar. Kertas daur ulang yang dihasilkan lebih memiliki nilai estetika dibandingkan dengan kertas biasa baik dari segi variasi warna ataupun tekstur kertas.BAB III HASIL DAUR ULANG (Terlampir) BAB IV PENUTUP A. 6 . serta kreatifitas siswa. 3. 4. 2. B.

com http://riapramita. Biology 1 For Senior High School Year X. 2009. Ringkasan Materi Bahasa Indonesia. Drs. 2009. Arif Priadi.DAFTAR PUSTAKA SMP Islam YMI Wonopringgo. M.blogspot. Jakarta: Yudhistira.blogspot.com http://docstoc.com 7 . Ed. Pekalongan. http://e-di.

LAMPIRAN 8 .

1 :  Dwi Safitri  Nihlah Kamilah (03 / NIS: 5627) (24 / NIS: 5648) SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI 2010/ 2011 9 .LAPORAN HASIL DAUR ULANG “Reinkarnasi Kertas” Guru Pembimbing: Slamet Riyadi.Pd Disusun oleh X. S.

4. disusun untuk menjadi tugas tidak terstruktur akhir semester genap guna meningkatkan kreativitas siswa. Maka pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada: 1. Kedungwuni. Juni 2011 Penulis 10 i . Pd selaku guru Biologi sekaligus pembimbing yang telah memberikan saran pada masa penyusunan laporan ini. Bapak Sutjipto.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat yang diberikan. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari sempurna. S. Keluarga penulis yang telah banyak membantu. sehingga karena beliau pula manusia terangkat derajatnya. S. Semua pihak yang tidak dapat kami sebut satu per satu yang telah membantu penulis dalam penyelesaian laporan ini. Laporan dengan judul “REINKARNASI KERTAS” ini. Pd selaku Kepala SMAN 1 Kedungwuni. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya. Teman-teman oX1gen yang memotivasi penulis untuk segera menyelesaikan laporan ini. 3. Dalam penyusunan laporan ini. 2. Bapak Slamet Riyadi. penulis senantiasa mendapatkan bimbingan dan bantuan yang sangat berharga dari berbagai pihak baik moril dan materil. Untuk itu saran dan kritik sangat penulis harapkan dalam kesempurnaan penulis selanjutnya. penulis dapat menyelesaikan penulisan laporan ini dengan tidak ada hambatan yang berarti dan dapat selesai tepat pada waktunya. sehingga dengan bekal kemampuan yang sangat terbatas. 5. Sholawat serta salam penulis sanjungkan pada junjungan kia Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan risalah islam yang mampu membawa manusia dari kejahiliyyahan menuju manusia berakhlak dan berpengetahuan.

.......................................................................... 3 B................................... 6 Daftar Pustaka Lampiran 11 ii .................................................................... Rumusan masalah .............................. ii Bab I Pendahuluan A...............DAFTAR ISI Halaman Judul Kata Pengantar ............................ Saran ................................................................ Latar Belakang .................... Tujuan dan Manfaat .......................................... i Daftar isi ................................................. 1 C................................... 1 B........ Alat dan bahan .......................... Cara Kerja .. Kesimpulan ....................................................................................... 6 B....................... 3 Bab III Hasil Penelitian Bab IV Penutup A.......................................................................................................... 2 Bab II Metodologi Cara Kerja A........................