Eksternal 1.

Mons Pubis Mons pubis Mengandung banyak kelenjar sebasea (minyak) berfungsi sebagai bantal pada waktu melakukan hubungan seks. 2. Klitoris Organ ini mengandung banyak pembuluh darah dan serat saraf sensoris sehingga sangat sensitive analog dengan penis laki-laki. Fungsi utama klitoris adalah menstimulasi dan meningkatkan ketegangan seksual. 3. Vestibulum
Permukaan vestibulum yang tipis dan agak berlendir mudah teriritasi oleh bahan kimia, panas, dan friksi.

Internal 1. Vagina Fungsi utama vagina yaitu sebagai saluran untuk mengeluarkan lendir uterus dan darah menstruasi, alat hubungan seks dan jalan lahir pada waktu persalinan. 2. Uterus a. Menerima ovum yang telah dibuahi difertilisasi dan mempertahankan serta memberinya nutrisi sampai dilahirkan. b. Melindungi janin dari cedera c. Berkontraksi selama persalinan Buku Puyu d. Selama kehamilan berfungsi sebagai nutrisi konseptus, retensi dan implantasi. Buku Pala 3. Tuba Fallopii a. Sebagai jalan transportasi ovum dari ovarium sampai kavum uteri. b. Untuk menangkap ovum yang dilepaskan saat ovulasi. c. Sebagai saluran dari spermatozoa ovum dan hasil konsepsi. d. Tempat terjadinya konsepsi.

Hormon ini juga meningkatkan aktivitas kelenjar keringat dan kelenjar sebasea serta terlibat dalam pembentukan jerawat (pada laki-laki dan perempuan) (5) Testosteron meningkatkan masa otot dan tulang. dan sekresi hormon – hormon steroid. b. Testosteron a. 4. meningkatkan laju metabolik dasar. 2004. dan meningkatkan kapasitas pengikatan oksigen pada laki-laki.e. Lowdermik. sintesis. dan menstimulasi penurunan testis ke dalam skrotum selama dua bulan terakhir gestasi. Pada janin laki-laki Sekresi testosteron menyebabkan terjadinya diferensiasi duktus internal dan genitalia eksternal. meningkatkan sel darah merah. Daftar Pustaka 1. ovulasi. Ovarium Ovarium berfungsi dalam pembentukan dan pematangan folikel menjadi ovum. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Edisi 4. Saat pubertas dan setelahnya (1) Testosteron meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan genitalia laki-laki (2) Testosteron bertanggung jawab atas pendistribusian rambut yang menjadi ciri khas laki-laki (3) Testosteron menyebabkan pembesaran laring dan perpanjangan serta penebalan pita suara sehingga menghasilkan suara bernada rendah (4) Testosteron meningkatkan ketebalan dan tekstur kulit serta mengakibatkan permukaan kulit menjadi lebih gelap dan kasar. Tempat pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi sampai mencapai bentuk blastula yang siap mengadakan implantasi. Bobak. Jakarta: EGC TAMBAHAN HORMON PADA LAKI-LAKI 1. Jensen. Daftar Pustaka: .

2003. Ethel. Anatomi dan Fisiologi untuk Pemula. Jakarta: EGC .Sloane.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful