You are on page 1of 23

Complementary and Alternative Medicine : Healthy Lifestyle dr. Ekorini Listiowati - ekorini_santosa@yahoo.

com - 081548528523 mahasiswa diharapkan bisa:  Menjalaskan apa itu CAM  Menjelaskan bagaimana CAM untuk gaya hidup sehat  Menjelaskan mekanisme setiap CAM Kesehatan Holistic Makanan yang kita makan, udara yang dihirup, latihan yang dijalani, seberapa sering kita teratawa dan menangis, perasaan tentanng keluarga, teman dan kolega yang berhubungan langsung dengan kesehatan. Definisi:  Conventional medicine?  Traditional Medicine?  Complementary and Alternative Medicine?  Integrated medicine? Conventional, complementary, alternative medicine  Conventional medicine  pengobatan barat dengan dilakukan oleh dokter  Complementary medicine  bersama dengan pengobatan konvensional : akupuntur dan herbal.  Alternative medicine  pada tempat-tampat kedokteran konvensional  Integrated medicine  dimaksudkan pada praktik konvensional dan komplementer dimana ada EBM tentang keamanan dan keefektivannya Traditional Medicine or Complementary and Alternative Medicine  Pengobatan tradisional berkaitan dengan penggunaan istilah pada perkembangan negara itu sendiri

 CAM biasanya merupakan istilah pada negara berkembang. TUJUAN Untuk mempromosikan tentang:  Physical  berhubungan dengan poin biologis  Mental psikis yang tenang akan menghasilkan kesehatan yang baik pula  Emotional  berkaitan dengan psikis  Spiritual  bila spiritual baik, hati akan lebih tenang, behubungan dengan psikis yang nantinya akan memperkuat poin biologis kita Sehingga menjadi satu kesatuan utuh yang sehat dalam fisik maupun hal lainnya Type of CAM  Sistem kesehatan yang menyeluruh  massage, akupuntur  Mind-body medicine  komunikasi antara pikian dan tubuh. Biasanya kita mengenal dengan berdo‟a. Bisa juga dengan relaksasi, meditasi dan terapi art.  Biologically-based practices  diet suplemen dan herbal misalnya teh  Manipulative and body-based practice  menggunakan sentuhan manusia (massage)  Energy medicine  kekuatan energi tak terlihat dialirkan ke dalam tubuh Kind of CAM Taichi  Tai Chi Chuan diartikan sebagai 'Supreme Ultimate Force'  Sebagai sesuatu yang mengandung keseimbangan, yin dan yang, atau disiplin 'supreme-ultimate'.  Merupakan bentuk latihan bergerak dari yoga dan meditasi.  Slah satu tujuan yang diakui dari perkembangan sirkulasi „chi‟ pada tubuh  Sirkulasi „chi‟ ini berhubungan dengan kesimbangan syaraf dan vaskuler. Tai Chi adalah untuk membantu

Thornton1. tai chi for the prevention of falls: the Central Sydney tai chi trial. University of Liverpool. bisa mencegah jatuh pada kesehatan yang relatif pada orang tua community-dwelling.Salah satu gambaran tai chi. Jadi berupa latihan bergerak. Sydney South West Area Health Service.. Lord SR.  Health Promotion Service. Aug.  Kesimpulan: keikutsertaan sekali dalam seminggu untuk tai chi kelas 16 minggu. Pubmed. UK . Rissel C. Pada sebuah RCT. 2007 Health benefits of Tai Chi exercise: improved balance and blood pressure in middle-aged women  Everard W.  Untuk menentukan keefektivan dai latihan dasar tai chi selama 16 minggu. Sydney. UK and 2Centre for Exercise Nutrition Science. dalam upaya menurunkan tingkst kejatuhsn dan impoving keseimbangan pada orang-orang berumur 60 tahun dan lebih dari itu. Sykes2 and Wai K. Chester College. Tang2  1 Department of Psychology. Kevin S. Australia. Cumming RG.  Voukelatos A.

6. mean decrease = -7. mean decrease = -9. Liverpool L69 7ZA. balance and flexibility in community living elderly people. p < 0.0 mmHg). Qi : energi vital tubuh dan Gong kemampuan memanfaatkan Qi. Thornton. range = 7. . Dimana merupakan kombinasi. p < 0. range = -6.  Medical Qigong :  Internal (self healing)‫‏‬ manyembuhkan diri sendiri  Eksternal (healing another people)‫ ‏‬ ilmu yang digunakan untuk menyembuhkan orang lain.  Terdiri dai : meditasi.5 mmHg. No changes in blood pressure were evident for the control group.4 mmHg) and diastolic blood pressure (F = 65.  the beneficial effects of TC or RTE on musculoskeletal health are modest and may not translate into better clinical outcomes.0 to -9. E-mail: ewt1@liverpool. muscle strength and balance in community-living elderly people  to examine the effects of Tai Chi (TC) and resistance exercise (RTE) on bone mineral density (BMD).uk  Statistical analyses of blood pressure revealed that the Tai Chi group had a significant decrease in both systolic (F = 48. gerakan fisik dan latihan pernafasan. UK. A randomised controlled trial of Tai Chi and resistance exercise on bone health.7 mmHg. Qigong  sebuah latihan yang berasal dari Jepang. University of Liverpool. Department of Psychology.0 to -12.001.6. Address for correspondence: Dr E. muscle strength. W.ac.001.

Higucchi. No. pada artikelnya "Endocrine and Immune Response During Qigong meditation" (Journal of International Society of Life Information Scince Vol.2.Qigong and the immune system  Dr. .14.

Beberapa ahli menemukan bahwa beta-endorfin dapat mengaktifkan sel NK dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit dan sel kanker.  Instrumen kundalini yang asli adalah adi kundalini. Namun. melaporkan beberapa test yang dilakukan pada 2 kelompok. Chakras. mekanisme sebenarnya masih belum diketahui secara pasti.  Βeta-endorfin merupakan salah satu peptide yang terbentuk paling banyak dari tirosin (salah satu asam amino). Struktur molekulnya sangat mirip dengan morfin hanya saja reaksi kimianya berbeda. Chakras. Yoga  Berasal dari India. Setiap orang akan di cek kadar endorfinnya sebelum.62:2058-2064 © 2004 American Academy of Neurology . Nadis dan aspek-aspek dalam kejadian manusia dan Vitara. dan kelompok kontrol dengan tidak melakukan Qigong. selama dan setelah meditasi. Kelompok Qigong dengan latihan minimal 1 bulan. Nadis dan berhubungan dengan dewa-dewi di Vitara  Instrumen kundalini pada manusia adalah refleksi dari instrumen original Kundali di Vitara  Semua kejadian pada skala mikro yang dapat dipahami dengan baik melalui instrumen Kundalini seperti Kundalini. Randomized controlled trial of yoga and exercise in multiple sclerosis  NEUROLOGY 2004.1996).  Hasil dari penelitian ini menunjukan pada orang dengan latihan Qigong menunjukan adanya peningkatan kadar endorfin.

 Sebjek dengan MS yang mengikuti kelas yoga selama 6 bulan maupun kelas olahraga menunjukan perbaikan yang signifikan pada pengukuran kelelahan dibanding dengan kelompok kontrol. Karena otot cenderung berelaksasi ketika ekspirasi dan memperpanjang waktu ekspirasi bisa membantu relaksasi dan mengurangi ketegangan. Gerakan utamanya adalah mengalihkan pikian dari nyeri. 4387-4395 © 2007 American Society of Clinical Oncology  Pengaruh Yoga berbeda pada setiap pasien kanker payudara dengan tterapi medis berbeda. mengurangi ketegangan tubuh dalam bereaksi terhadap nyeri dan memberikan kesempatan untuk "bergerak melalui" rasa sakit bukan melawannya sehingga kehilangan dengan dampak penuh. yoga meningkatkan kesejahterraan emosional (emosi yang baik). . No 28 (October 1).  Latihan pernafasan pada yoga juga bisa memminimalisir nyeri. Vol 25. Dan mungkin sedikit menaham terjadinya deterioration baik dalam semua aspek maupun kualitas hidup tertentu.  Tidak ada perbaikan relatif terhadap fungsi kognitif pada dua kelompok. dan mood.  Dengan membantu pusat nyeri di otak untuk meregulasi mekanisme gate-control yang berada di medula spinalis dan mensekresi natural painkiller dalam tubuh. relaksasi dan meditasi. Pada pasien dengan kemo. Yoga for Pain Management  Teknik yang paling baik untuk managemen nyeri adalah sengan yoga pernafasan. Randomized Controlled Trial of Yoga Among a Multiethnic Sample of Breast Cancer Patients: Effects on Quality of Life  Journal of Clinical Oncology. 2007: pp.

 Otot berespon terhadap latihan fisik. misalnya untuk pemijatan. sebagai pengharum ruangan dan aroma makanan. .  Kadar hormon menunjukan perubahan  Kekentalan daran menuun karna efek drainase limfatik. The physical effects of massage has proven benefits:  Diketahui bisa merubah kadar endorfin dan natural painkiller. untuk obat luar.  Aliran energi tubuh bisa distimulai pijatan pada titik-titik yang sama dengan akupuntur. untuk mandi atau berendam. dan spasme otot bisa dicegah bahkan disembuhkan.  Sirkulasi perifer yang buruk bisa diperbaiki.  Sensor sentuhan dikulit bisa dipengaruhi dan akan diteruskan ke otak.  Substansi ini bisa digunakan dalam jumlah yang berbeda. obat dalam.Meditation Aromatherapy  Sebuah sistem yang membantu tubuh sembuh sendiri dengan memanfaatkan sifat fisik dan emosional dari ekstrak tumbuhan aromatik.

Mempraktekan Qigong mempunyai efek pelepasan beta-endorphins. kejadian ini disebut konsep biomedical messenger. .Music therapy Acupuncture  Nerve-Reflex Theory : "Viscera-Cutanous Refelx". seperti halnya akupuntur. Konsep biomolekular akupuntur:  Titik akupuntur merupakan tempat diberikan stimulus primer yang akan mengaktifkan sel-sel di daerah tersebut untuk melepaskan mediator kimia. "Cutanous -Viscera Reflex". Ini menjelaskan efektivitas Qigong pada terapi-terapi nyeri kronis.  Teori gate control nyeri  Endorphin : stimulasi pada akupuntur dapat memicu pengeluaran endorfin pada CNS  Implicit Order of "X-Signal System" : bio-informational system or "X-Signal System"  Penelitian terakhir menunjukan bahwa akupuntur menstimulasi hipotalamus pada otak manusia dan menginduksi beta-endorphins yang mempengaruhi jalur saraf dan kontrol nyeri.

Rangsangannya akan menimbulkan arus elektron yang akhirnya diteruskan ke organ target melalui sinyal intraselule. . Contoh akupuntur. Meridian merupakan jalur spesifik yang menghubungkan titik akupuntur dengan organ. dimana pada gambar kanan merupakan akupuntur modifikasi dengan aliran listrik. dinamakan konsep intercellular signaling. Ini disebut konsep stimulasi dan supresi. disebut juga elektropuntur.  Organ merupakan tempat terminal efek dari rangsangan terhadap titik akupuntur dimana jika fungsi organ turun maka akan terrjadi stimulasi sebaliknya jika fungsi organ berlebihan akan trjadi supesi.

Transmisi (transmission) : penjalaran impuls melalui syaraf sensoris menyusul proses transduksi .Nociceptive Pathway 1. termik atau kimiawi diubah menjadi suatu aktivitas listrik 2. Tranduksi (transduction) : stimuli kuat mekanik.

Efek ini dinetralkan dengan naloxone (zat yang menimbulkan nyeri) Mechanism of acupuncture . Modulasi (modulation) : interaksi antara sistem analgesik endogen dengan input nyeri yang masuk ke cornu posterior medulla spinalis 4. Di hipotalamus akan dilepaskan bersama beta-endorfin 3.Beyond neurohumoral theory        Karakteristik fisik dari titik akupunktur dan sistem meridian Pendekatan neurohumoral Teori singularitas morfogenetik Titik akupunktur poin tunggal dalam bidang bioelectric permukaan Peran medan listrik dalam pengendalian pertumbuhan dan morfogenesis Pengorganisasian pusat memiliki konduktansi listrik tinggi Titik akupunktur berasal dari pusat-pusat pengorganisasian .3. Persepsi (perception) : hasil akhir dari proses interaksi yang komplek dan unik Gambaran tersebut menjelaskan tentang bagaimana akupuntur menghambat penjalaran nyeri 1. Lamina I dan II akan menghasilkan enkefalin (salah satu opioid enddogen) yang berfungsi mengurangi nyeri 2.

Tidur: • • Tidak menyadari Tidak mendengar suara-suara disekitarnya Hipnotis: • Seperti tidur . Namun perlu dipahami bahwa kondisi hipnotis tidaklah sama dengan tidur. Jika orang yang sedang tidur tidak menyadari dan tidak bisa mendengar suara-suara disekitarnya. berkenaan dengan hipnosis”.Hipnoterapi Hipnotis berasal dari kata “hypnos” yang merupakan nama dewa tidur orang Yunani. sedangkan orang dalam kondisi hipnotis meskipun tubuhnya seperti sedang tidur. makna kata “hipnosis” adalah “keadaan seperti tidur karena sugesti. ia masih bisa mendengar dengan jelas dan merespon informasi yang diterimanya. Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008: 501). tetapi pada taraf berikutnya menjadi tidak sadar sama sekali” “hipnotis”adalah “membuat atau menyebabkan seseorang berada dalam keadaan hipnosis. yang pada taraf permulaan orang itu berada di bawah pengaruh orang yang memberikan sugestinya.

Tiap hari tanpa terasa kita mengalami kondisi hypnosis. Tidak berhubungan dengan kegelapan. takhayul. Miskonsepsi tentang hypnosis Teori pikiran . hipnotis:    Bisa dipelajari oleh siapa saja tanpa membedakan suku. 2008. ras dan agama. ilmu sesat atau supra natural.• • Bisa mendengar dengan jelas Bisa merespon informasi yang diterima Menurut gunawan.

FENOMENA HIPNOTIS RAS (Reticular Activating Sistem) Hypnosis State & Brainwave .

1999  Kondisi tidak tenang. Lynn&Brentar.  Mampu menginterprestasikan bahasa tubuh (Body Language) dari lawan komunikasi. Gelombang beta memungkinkan seseorang memikirkan sampai 9 obyek secara bersamaan. 2002  Memiliki kemampuan komunikasi verbal dan non verbal (Body Language) yang sangat baik. Kaplan. Alfa juga menandakan bahwa seseorang dalam kondisi light trance atau kondisi hipnotis yang ringan. Gelombang alpha berfungsi sebagai penghubung pikiran sadar dan bawah sadar. atau tidur disertai mimpi.  Theta. tidak takut gagal dan tega. Frekuensi ini menandakan aktivitas pikiran bawah sadar.12 Hz  Dominan pada saat tubuh dan pikiran rileks dan tetap waspada. frekuensi 8 . olah raga.8 Hz  Dominan saat kita dalam kondisi hipnotis. 1993:  Sindroma otak organik  Depresi yg cenderung bunuh diri  Skizophrenia paranoid • • .  Memiliki kreativitas tinggi dalam berkomunikasi. 2009)       Tidak retardasi mental Dalam keadaan sadar Tidak paranoid / Psikotik berat Memahami proses komunikasi (kooperatif) Mau mengikuti sesi hipnotis secara sadar / tdk menolak Memiliki konsentrasi dan imajinasi yang baik KONTRA INDIKASI • Erickson. 1976 . menjalani aktifitas sehari-hari yang menuntut logika atau analisa tinggi.  Alpha. 6 Syarat Seorang Obyek Bisa Dihipnotis: (Rusli & Wijaya.4 Hz  Dominan saat tidur lelap tanpa mimpi. 2008 : Tindakan aneh & tidak stabil. frekuensi 4 . Beta. misalnya mengerjakan soal matematika. psikotik Frauman.1 . dan memikirkan hal-hal yang rumit. gaduh gelisah  Tidak mengerti apa yg akan dilakukan & yg kita katakan  Kesulitan dengan kepercayaan dasar Kroger. frekuensi 12 .  Delta. Bagaimana supaya bisa Menjadi Seorang hipnoterapis yang handal? IBH. dan mampu untuk menyesuaikan diri dengan strata lawan komunikasi. meditasi dalam. berdebat. menulis.25 Hz  Dominan pada saat kita dalam kondisi terjaga. dan bersifat persuasif. frekuensi 0. berdoa dan ketika kita fokus pada suatu obyek.  Memiliki kepercayaan diri yang tinggi. hampir tidur. Misalnya ketika kita sedang membaca.

Mongan)  Forensik hypnosis : Hipnosis sbg alat bantu investigasi / penggalian informasi dari memori dalam kasus sso menjadi korban kejahatan. 2004)     Untuk Menyeleksi klien menentukan tehnik hipnotis yang akan digunakan Untuk memperkirakan jumlah sesiterapi yang akan di jalani Untuk memperkirakan prognosis terapi  Hypnotisability (Kemampuan Untuk Memasuki Hypnosis State) . Untuk membuat pasien rileks dan percaya diri. Tidak dapat digunakan sebagai bukti di pengadilan. (Grantly Dick-Read--Marie F. Program yang dimasukkan bersifat menghibur. 2002 Tes Sugestibilitas Manfaat: (Spiegel. lupa nama sendiri. subyek dihipnotis untuk diberi perintah yang lucu dan sementara. 2007)  Clinical hypnosis / hipnoterapi : Aplikasi hipnosis untuk menyembuhkan masalah mental.fisik. 2005)  Hypnobirthing : Proses hipnosis selama kehamilan-melahirkan. subjek masuk ke dalam kondisi trance yg berakibat pd kemampuan mengingat yg sangat tinggi disebut dengan Hypermnesia. Struktur ego rapuh Aplikasi hipnosis Stage Hipnosis : untuk pertunjukan hiburan dengan subyek dari penonton setelah dilakukan uji sugestibilitas. 2007)  Metaphysical hypnosis : Aplikasi hipnosis dalam meneliti berbagai fenomena metafisik. Dapat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit namun tidak dapat menyembuhkan semua masalah medis. IBH. Misalnya tidak bisa bangun dari tempat duduk. Bersifat eksperimental (Gunawan AW. (Kroger. (Kroger.

Dan tangan kiri anda tanpa terasa semakin naik keatas tertarik balon udara tersebut…. Bayangkan tangan kanan anda yang menggenggam ringan . Arm Rising Test 1. Bayangkan diujung tali ada sebuah balon udara warnanya merah….Suggestivity Test 1. Tetap fokuskan imajinasi anda semakin kuat 4. Sekarang bayangkan balon udaranya naik semakin tinggi…. Semakin tinggi… 2. dan tali itu anda pegang dengan tangan kanan anda 5. memegang seutas tali warnanya merah…. Bayangkan dengan mata tertutup hingga bisa melihat tangan kanan anda yang menggenggam ringan …. Rigid Catalepsy . Tetap fokuskan imajinasi anda 3. Semakin naik…. Tutup mata anda 2. Perkuat imajinasi anda pada balon udara yang diikat tali. Posisikan tangan kanan anda menggenggam ringan dan sedikit dinaikkan….

2.1. Bayangkan semakin anda berusaha untuk membengkokkan lengan anda maka lengan anda semakin kaku …. Bayangkan kedua lengan anda semakin lama semakin keras …. Pre-Induction merupakan tahapan yang bersifat kritis. Semakin kaku…. Semakin kaku …. Seperti baja…. Seringkali kegagalan proses Hypnosis diawali dari proses Pre-Induction yang tidak tepat. Induction . (bisa diulang-ulang sampai lengan klien benar-benar terasa keras dan kaku). 3. (bisa diulang –ulang) Induction Technique Tahapan hipnosis   Pre-induction Proses untuk mempersiapkan situasi & kondisi kondusif antara seorang Hypnosis & Client. Sekarang tutup mata…. Luruskan kedua lengan dan genggam tangan anda ….

Standard Deepening :  Teknik mengayun  Sugesti langsung  Schock Deepening Depth Level Test merupakan test dengan suatu sugesti tertentu untuk melihat seberapa jauh kesadaran seseorang sudah berpindah dari Conscious Mind ke SubConscious Mind. Tehnik Kombinasi Deepth level test Konsep dasar dari Deepening ini adalah membimbing Client untuk memasuki Trance Level lebih dalam. Test kedalaman : Somnabulisme/amnesia  . Jabat Tangan dan tarik 4. Teknik Melsen 2 in 1 2. Seorang Hypnotist yang baik harus terampil dalam memilih teknik induksi yang sesuai. Perhatian : Teknik & jenis Induksi menyesuaikan Tingkat Sugestivitas dari klien. Sarana utama untuk membawa seorang untuk berpindah dari Conscious Mind ke Sub Conscious Mind. tergantung dari maksud dan tujuan proses Hypnosis. Kebutuhan Depth Level juga berbeda-beda. Fiksasi dan sentuh dahi 3. Hypnotic Communication Technique  Permissive ( tehnik Progresif Relaksasi )  Bersifat ajakan atau pemberdayaan (empowerment)  Pada klien yg tingkat sugestibilitasnya kurang  Usia tua atau tidak bisa duduk lama  Authoritarian ( Rapid Hipnosis )  Bersifat perintah  Pada klien yg tingkat sugestibilitasnya baik  Usia anak atau dewasa muda Contoh 1.

  Faktor Yang Mempengaruhi Depth Trance Level  Kondisi Psikologis (Kejiwaan) Client  Tingkat Keaktifan Berpikir Client  Suasana & Kondisi Lingkungan  Ketrampilan Seorang Hypnotist  Waktu  Tingkat Kepercayaan Client Terhadap Seorang Hypnotist Suggestion Sugestion atau sugesti adalah suatu kalimat-kalimat saran yang disampaikan oleh Hypnotist ke bawah sadar client. Dalam Hypnotherapy. Termination Konsep dasar Termination adalah memberikan sugesti atau perintah agar seorang Client tidak mengalami kejutan psikilogis ketika terbangun dari “tidur Hypnosis”. . • Pada fase ini diharapkan apa yg menjadi tujuan awal dari hipnosis kedokteran yg bertujuan untuk terapi pd pasien tercapai setelah proses selesai. Post Hypnotic: • Keadaan setelah proses hipnosis selesai seperti pada awal sebelum dilakukan kegiatan hipnosis. ini merupakan bagian yang sangat penting. Standar dari proses Termination adalah membangun sugesti positif yang akan membuat tubuh seorang Client lebih segar dan relaks. karena merupakan inti dari tujuan Hypnotherapy. kemudian diikuti dengan regresi beberapa detik untuk membawa Client ke kondisi normal kembali.

Study Examines the Effects of Swedish Massage Therapy on Hormones.  However.  While the review found that serious adverse side effects of the three CAM therapies were rarely reported.Homeostasis Review of CAM Practices for Back and Neck Pain Shows Modest Result Acupuncture. massage. spinal manipulation  There is some evidence showing that acupuncture was more cost-effective compared with usual care for patients with chronic back pain. Immune Function  These preliminary data led the researchers to conclude that a single session of Swedish massage produces measurable biological effects and may have an effect on the immune system. the authors noted that definitive conclusions cannot be made. . more research is needed to determine the specific mechanisms and pathways behind these changes Study Finds Benefits of Therapeutic Massage for Chronic Neck Pain  The researchers concluded that therapeutic massage is safe and may have benefits for treating chronic neck pain. and chronic lowback pain (specific or nonspecific cause). as well as larger. The authors concluded that acupuncture is a viable option for the treatment of acute. more comprehensive studies to follow patients for at least 1 year. as information on side effects was not collected in a systematic manner. subacute.  They recommended studies to determine optimal massage treatment. at least in the short term. They noted that more well-designed studies are needed to draw more definitive conclusions regarding the benefits of CAM therapies for pain.

Palliative care  Merupakan pendekatan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluaga dalam menghadapi hidup dengan keadaan sakit pasien  Dengan meringankan gejala dan nyeri  Sukungan spirituak dan psikososial  Dimulai saat diagnosis ditegakan sampai akhir kehidupan dan kehilangan orang yang dikasihi. maaf untuk segala kekurangan  Referensi: Slide kuliah Stovamessis google . ALAM SEMESTA (Fisika Moderen)‫‏‬ Terimakasih.