You are on page 1of 13

TREND DAN ISSUE TERKAIT KESEHATAN REPRODUKSI “Corporate Lactation Program (CLP) Sebagai Upaya Intervensi Da a!

Pening"atan Asi E"s #si$ Pa%a Ib# &e"er'a(

O e)* S+D , I P#t# Ra!a Can%ra Ni P#t# Desy Trisnasari 2a%e 3i4in S#!a4i%ayanti Ni L#) Ani" Uta!i Ka%e" Lin%a D4i Savitri A A I Ag Para!ita Uta!i +#sti Ay# Rati) K#rniasari Ni P#t# Pan%e Satya Systa D A A Tri 3# an%ari P#tra I +#sti Ay# 9ran:is"a A P --./-.0..--./-.0..1 --./-.0.-/ --./-.0.-5 --./-.0.60 --./-.0.67 --./-.0.88 --./-.0.05 --./-.0.16 --./-.0.15

PRO+RA2 STUDI IL2U KEPERA3ATAN 9AKULTAS KEDOKTERAN UNI,ERSITAS UDA;ANA /.-8

Atas dasar tersebut #$% merekomendasikan untuk hanya memberikan ASI eksklusif sampai bayi berusia &'( bulan )Depkes. /ereka 1enderung men"adi gemuk dan memiliki tekanan darah tinggi di kemudian hari )2a3ren1e dalam Kosmala.Trend dan Issue Kesehatan Reproduksi 2 &A& PENDAHULUAN -<. ASI eksklusif terbukti dapat meningkatkan perlindungan terhadap infeksi sampai beberapa tahun setelah penghentian menyusui )$anson. #$% merekomendasi pemberian ASI eksklusif sebagai gold standart makanan bayi dari &'( bulan men"adi ( bulan tanpa tambahan apapun. 2**. Di negara berkembang. 2**2+. Peningkatan "umlah TPAK perempuan belum diimbangi oleh sebagaian perusahaan dalam mensukseskan . 2**-+. 2* *+. Dari pen"abaran di atas. 2***+. sehingga pre4alensi pemberian ASI eksklusif se1ara umum di Kota Depok hanya . dilan"utkan dengan penambahan makanan pendamping ASI sempai bayi berusia 2 tahun atau lebih )#$%. tidak tergantung pada latar belakang ekonomi )/ortensen. dimana salah satu alasannya adalah keadaan ibu yang beker"a.amun.Tidak berbeda dangan kondisi di tersebut. . menemukan pre4alensi pemberian ASI eksklusif ibu beker"a )&. Penelitian #ibo3o.69. 2**6+. pemberian ASI ekslusif berhasil menyelamatkan sekitar . 5eberapa negara ma"u 1ontohnya 0epang memiliki ngka ASI eksklusif terendah )$elda.( 9+. Demikian pula dengan pemerintahan Indonesia yang mengubah rekomendasi lamanya pemberian pada tahun 2**-. 7erbruhartanti. Risiko tidak memberikan ASI "uga dapat menurunkan ke1erdasan kognitif )Smith. pada tahun 2** melalui konsultasi pakar dan telaah penelitian yang sistematik. 2**2+. dari & bulan men"adi ( bulan )SDKI.! "uta bayi per tahun. 2**2+. 0ain. "auh lebih rendah dibandingkan ibu yang tidak beker"a ) (.+. Angka ASI eksklusif di dunia sangat ber4ariasi dan tidak berbanding lurus dengan kema"uan suatu negara. Studi kohort selama & tahun menun"ukkan semakin lama bayi menyusui.89+. semakin berkurang gangguan mental pada anak dan rema"a )#endy et al. 2**-. 7ahmida dan Roshita di Kota Depok tahun 2**8.Latar &e a"ang Pemberian ASI eksklusif merupakan hal yang sangat penting bgi tumbuh kembang bayi. terlihat gambaran bah3a angka ASI ekslusif masih rendah. ASI membuat anak lebih pandai. pada beberapa daerah di Indonesia pemberian ASI eksklusif pada ibu beker"a "uga belum begitu baik.. 2**(+.

2. peker"a perempuan tidak mempunyai kesempatan memerah maupun menyusui bayinya )Kemenkes. penulis membahas mengenai trend dan issue terkait dengan pemberian ASI ekslusif pada ibu yang beker"a dan mengka"i inter4ensi yang dapat diterapkan di Indonesia guna men1apai peningkatan pemberian ASI ekslusif bagi bayi. .2 Tu"uan Khusus .2.2 5agaimanakah ka"ian legal etik penerapan Corporate Lactation Program )<2P+ dalam meningkatkan pemberian ASI ekslusif pada ibu beker"a di Indonesia= . . . .tahun 2**tersebut dilaksanakan. Sebagian besar perusahaan belum menyediakan tempat menyusui bayinya.5agaimanakah penerapan Corporate Lactation Program )<2P+ dalam meningkatkan pemberian ASI ekslusif pada ibu beker"a di Indonesia= ..-.2. Tu"uan :mum :ntuk mengetahui inter4ensi untuk meningkatkan pemberian ASI ekslusif pada ibu beker"a di Indonesia .Trend dan Issue Kesehatan Reproduksi - pemberian ASI eksklusif. :ntuk mengetahui bahasan mengenai penerapan Corporate Lactation Program )<2P+ dalam meningkatkan pemberian ASI ekslusif pada ibu beker"a . 5erdasarkan latar belakang diatas.2.o. 2* *+.& Apakah keuntungan dan hambatan dari penerapan Corporate Lactation Program )<2P+ dalam meningkatkan pemberian ASI ekslusif pada ibu beker"a= . 5agaimana bahasan mengenai penerapan Corporate Lactation Program )<2P+ dalam meningkatkan pemberian ASI ekslusif pada ibu beker"a= .! 5agaimana implikasi kepera3atan dalam penerapan Corporate Lactation Program )<2P+ dalam meningkatkan pemberian ASI ekslusif pada ibu beker"a= -<6 T#'#an Pen# isan .-.-.2. Peker"a hanya diberi 3aktu istirahat selama setengah "am setelah & "am beker"a terus'menerus.2 :ntuk mengetahui ka"ian legal etik penerapan Corporate Lactation Program )<2P+ dalam meningkatkan pemberian ASI ekslusif pada ibu beker"a di Indonesia . -</ R#!#san 2asa a) Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penulisan ini adalah sebagai berikut.6 :: . Ini menandakan apabila pasal .-.

-.& :ntuk mengetahui keuntungan dan hambatan dari penerapan Corporate Lactation Program )<2P+ dalam meningkatkan pemberian ASI ekslusif pada ibu beker"a . . . ..&.:ntuk mengetahui penerapan Corporate Lactation Program )<2P+ dalam meningkatkan pemberian ASI ekslusif pada ibu beker"a di Indonesia . .2 Ilmu Pengetahuan /enambah perbendaharaan referensi mengenai pentingnya pemberian ASI se1ara eksklusif serta inter4ensi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahannya.-..&.Tenaga Kesehatan Tenaga kesehatan mengetahui mengenai inter4ensi dalam penerapan ASI eksklusif dan dapat ikut berperan dalam inter4ensi tersebut .Trend dan Issue Kesehatan Reproduksi & . . .-.! :ntuk mengetahui implikasi kepera3atan dalam penerapan Corporate Lactation Program )<2P+ dalam meningkatkan pemberian ASI ekslusif pada ibu beker"a.&. antara lain . mendukung program pemerintah dalam penerapan ASI ekslusif serta meningkatkan status kesehatan bayi.&. -<8 2an$aat Pen# isan $asil analisis ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi beberapa pihak.& Peneliti 2ain Sebagai bahan ka"ian pustaka bagi peneliti lain. Pemerintah Dengan adanya inter4ensi Corporate Lactation Program )<2P+ ini. terutama sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan penelitian lan"utan atau melakukan penelitian yang se"enis. .

!.> . member rasa aman dan nyaman pada bayi dan adanya ikatan antara ibu dan bayi. 686+ . ASI mengandung komposisi yang tepat. terhindar dari alergi . ASI meningkatkan ke1erdasan bayi . /embantu pembentukan rahang yang bagus.2 T#'#an dan Manfaat Pemberian ASI > Siregar. aspek kesehatan ibu. 2**. anti alergi serta anti inflamasi yang dihasilkan dari kelen"ar payudara ibu berupa 1airan putih yang merupakan suatu lemak dan larutan protein. )$ubertin. 5agi ibu sebagai kontrasepsi.2. 2.Trend dan Issue Kesehatan Reproduksi ! &A& / TIN=AUAN PUSTAKA /<.ugroho. aspek penurunan berat badan. Sebagai makanan tunggal untuk memenuhi semua kebutuhan pertumbuhan bayi sampai usia ( bulan. utama. hormone. /eningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung berbagai ?at kekebalan sehingga akan lebih "arang sakit. mengurangi ke"adian karies dentis. 2* 2. . . /elindungi anak dari serangan alergi. dan terbaik bagi bayi karena mengandung nutrisi. aspek psikologi. /eningkatkan daya penglihatan dan kepandaian bi1ara. 2**6> Suharyono. (. membantu perkembangan rahang dan merangsang pertumbuhan gigi karena gerakan mengisap mulut bayi pada payudara . 5agi bayi dapat membantu memulai kehidupannya dengan baik. 2. mengurangi men1ret.Pengertian ASI ASI )Air susu ibu+ merupakan makanan yang pertama.2. sakit telinga dan infeksi saluran pen1ernaan.2 /anfaat pemberian ASI bagi bayi /anfaat pemberian ASI antara lain )$egar. /engandung asamlemak yang diperlukan untuk pertumbuhan otak sehingga bayi ASI eksklusif potensial lebih pandai. 2. Tu"uan pemberian ASI ekslusif . 2**8> Saleha. 2**(+. -. &. mengandung antibody . 2.

2. kematangan spiritual dan hubungan sosial yang lebih baik. <2< menyediakan edukasi dan konsultasi terkait menyusui dengan pertemuan langsung dan melalui telepon.&. Selama sisa . ke1erdasan emosional. Kelas edukasi prenatal Selama masa prenatal. kegiatan'kegiatan apapun dapat dilakukan oleh ibu yang sedang menyusui asalkan bayi mendapatkan ASI yang sesuai dengan an"uran. 8. <2< dita3arkan pada setiap peker"a dengan "umlah pertemuan 2 kali "am kelas.2 Pelayanan konsultasi menyusi tersertifikasi )certified lactation consultant/CLC+ <2< didesain untuk menghindari terganggunya "am ker"a produktif melalui penggunaan konsultasi pada 3aktu istirahat regular dan 3aktu makan siang. )Ameri1an A1ademy of Pediatri1s+ /<8 C>rp>rate La:tati>n Pr>gra! (CLP) Progam <2P terdiri atas .&.. <2< menghubungi peker"a lagi pada periode kelahiran bayi seharusnya. 6.amun. 2.pilihan bagi peker"a yaitu sebagai berikut )%rti?. 2**&+. Selama masa prenatal sampai penyapihan. /engurangi resiko terkena penyakit ken1ing manis./emiliki daya kontrasepsi yang terbatas 2. disarankan pada saat masih menyusui mengurangi "ad3al kegiatan dan lebih memaksimalkan 3aktu untuk dapat memberikan ASI se1ara ekslusif kepada sang bayi. dan diduga mengurangi kemungkinan menderita penyakit "antung.3 A"tivitas I%ea &agi Ibu yang Menyusui :ntuk akti4itas pada ibu yang sedang menyusui tidak ada pembahasan yang spesifik tentang ini. dia dihubungi oleh <2< untuk perkenalan diri dan untuk menentukan kelas menyusi. biasanya pada 3aktu makan siang. /17illigan and Kelly. /enun"ang perkembangan motorik sehingga bayi ASI eksklusif akan lebih 1epat bisa "alan. .Trend dan Issue Kesehatan Reproduksi ( . /enun"ang perkembangan kepribadian. Sub"ek penelitian dihubungi tiap minggu pada bulan kelahiran bayi dan bulan pertama ibu kembali beker"a. Ketika sub"ek mengikuti program. *. :ntuk para ibu yang berprofesi sebagai 3anita karier. dilakukan pengaturan "ad3al ulang dengan tidak melibatkan 3aktu ker"a. kanker pada anak. "ika tidak dapat diberikan pada 3aktu makan siang./eningkatkan "alinan kasih saying antara ibu dan bayi .

masing'masing ibu disediakan pompa untuk 2 minggu sebelum mulai beker"a. . Dengan tu"uan membuat peker"a nyaman dengan alat proses memompa dan menyimpan ASI sampai peker"a kembali beker"a. hari seminggu. <2< dapat diakses melelaui telepon selama . botol untuk mengumpulkan dan mengirim ASI dan alat serta tabung pemompa.&..Trend dan Issue Kesehatan Reproduksi . Perlengkapan yang dimaksud termasuk sebuah tas dengan ice packs untuk mengirim ASI. sub"ek ditelepon tiap bulan oleh pihak <2< untuk memberi dukungan dan men"a3ab pertanyaan. program. 2& "am sehari selama sub"ek men"adi bagian dari program ini. 2.Ruang khusus di tempat ker"a dengan perlengkapan untuk memompa ASI Perusahaan menyediakan ruang khusus untuk memompa ASI se1ara efesien dimana progam ini menyediakan alat pemompa dengan perlengkapan yang membuat ASI terpompa se1ara simultan.

Kurangnya dukungan dan pengetahuan dalam mana"emen menyusui selama beker"a. kembali ke dunia ker"a. 5erbagai penelitian menun"ukkan berbagai dampak positif dalam hal kesehatan terkait dengan menyusui bagi bayi dan ibu. American Academy of "ediatrics )AAP+ menyatakan kebi"akan bah3a menyusui atau pemberian ASI disarankan diberikan selama ( bulan kelahiran bayi atau yang dikenal dengan ASI ekslusif. dilakukan suatu program yang disebut Corporate Lactation "rogram )<2P+ yang mendukung ibu untuk menyusui dengan memfasilitasi dan memberikan 3aktu yang 1ukup bagi Ibu dalam memompa air susunya di tempat ker"a.!9 pada tahun 2** . dan masalah dalam pemompaan air susu sering men"adi alasan bagi ibu beker"a untuk penyapihan lebih dini. yang dipublikasikan pada "urnal "ediactric $ursing @olume -* nomor 2 pada tahun 2**&. Penelitian ini diikuti oleh &(2 sub"ek yang merupakan 3anita yang beker"a dalam 3aktu penuh )full time+. Program <2P ini terdiri dari . %leh sebab itu. Kathryn /17illigan dan Patri1ia Kelly. oleh karena banyak ibu harus kembali beker"a setelah dia melahirkan anaknya. yang didapat dari ! perusahaan. 5erbagai data dalam "urnal ini menun"ukkan bah3a di Amerika Serikat. lingkungan ker"a yang tidak mendukung.Trend dan Issue Kesehatan Reproduksi 8 &A& 6 PE2&AHASAN 6<.&a)asan 2engenai Penerapan Corporate Lactation Program (CLP) %a a! 2ening"at"an Pe!berian ASI E"s #si$ pa%a Ib# &e"er'a Adapun bahasan mengenai Penerapan Corporate Lactation Program )<2P+ dalam meningkatkan pemberian ASI ekslusif pada ibu beker"a sesuai dengan "urnal utama yang ber"udul “Duration of Breast Milk Expression Among Working Mothers Enrolled in an Employer !ponsored Lactation "rogran# oleh 0oan %rti?. Data sensus di Amerika Serikat menun"ukkan bah3a !69 3anita yang telah menikah dan memiliki anak berusia tahun atau lebih muda. Alasan dari penyapihan dini adalah ibu beker"a di luar rumah. Ringkasan "urnal dapat dipaparkan sebagai berikut. bayi dalam umur ( bulan pertama yang mendapatkan ASI ekslusif atau kombinasi ASI dan susu formula masih 1ukup rendah yaitu sekitar -2. $al ini menggambarkan ibu yang beker"a adalah halangan dalam menyusui. melalui penelitian ini. dan dari ( bulan hingga tahun diberikan ASI ditambah dengan makanan padat yang diperkaya ?at besi. peker"aan bukan lagi men"adi halangan dalam memberikan ASI ekslusif bagi bayi. Dengan demikian.

. 6</ Ka'ian Lega Eti" Penerapan Corporate Lactation Program (CLP) %a a! 2ening"at"an Pe!berian ASI E"s #si$ pa%a Ib# &e"er'a %i In%>nesia Dari sisi legal etik. “$ursing Mothers at Work Corporate and Maternal !trategies to !upport Lactation in the Workplace# oleh 5ar'Aam tahun 2**&. dan Roshita. $asil penelitian ini menun"ukkan bah3a 3alaupun ibu beker"a full time dapat menyediakan kebutuhan ASI untuk bayinya melalui <2P. dimana hal ini merupakan salah satu aspek dari <2P yaitu edukasi. In1.Trend dan Issue Kesehatan Reproduksi 6 beberapa pilihan yaitu kelas yang memberi pendidikan mengenai keuntungan menyusui. b. 0urnal ini berupa laporan kasus yang menyatakan bah3a peningkatan tingkat pengetahuan mengenai menyusui adalah solusi potensial dalam mengatasi permasalahan dalam praktik menyusui. ASI eBpres itu sendiri belum memiliki undangCundang yang mengatur tentang hal tersebut. pelayanan oleh konsultan menyusui bersertifikat oleh 2imeri1k. #ibo3o. dukungan berkelan"utan dari <2< dan lingkungan ker"a pendukung yang memberikan pri4asi dan efisiensi pemompaan ASI. 7ahmida. dan ruang khusus di tempat ker"a dengan peralatan untuk memompa ASI. di Indonesia sudah ada peraturan terkait fasilitas khusus menyusui atau memerah air susu ibu yaitu Peraturan /enteri Kesehatan Republik Indonesia . 2**& men"elaskan bah3a peker"a 3anita yang beker"a pada situasi ker"a dengan dukungan terhadap proses menyusui meliputi akses pemompa ASI dan area khusus untuk memompa dapat mengatasi halangan dalam pemberian ASI pada kalangan ibu beker"a. “Breast Milk Expression in the Workplace% A Look at &re'uency and (ime# oleh Slusser et al. a. Terkait dengan penerapan <2P dalam meningkatkan pemberian ASI pada ibu beker"a. tetapi pemerintah kurang menyosialisasikannya di . Penelitian ini menyatakan dukungan terhadap Corporate Lactation "rogram atau penyedian ASI pada bayi oleh ibu peker"a demi ter1apainya program pemerintah terkait pemberian ASI eksklusif. 2* *. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bah3a program <2P memberikan kesempatan pada ibu'ibu peker"a untuk menyediakan ASI untuk bayinya. 1. Ketiga inter4ensi pilihan dalam <2P miningkatkan keberhasilan 3anita dalam program melalui edukasi prenatal. 0urnal utama ini memiliki beberapa "urnal pendukung diantaranya. “"rofiles of Eight Working Mothers Who "racticed Exclusi)e Breastfeeding in Depok* +ndonesia# oleh 7ebruhartanty.amun.omor ! Tahun 2* -.

studi ini mengatakan orang tua seharusnya mera3at anak mereka yang sedang sakit. namun perkembangannya belum luas karena ada beberapa fa1tor yang mempengaruhi yaitu masih minimnya perusahaan yang mendirikan usaha tersebut. 66. serta tingkat pendidikan ibu peker"a yang menyusui. Terdapat studi yang menemukan bah3a terdapat penurunan frekuensi hospitalisasi bayi dan dapat menghemat D-. Serta banyak ibu Cibu belum mengetahui informasi terkait dengan pengetahuan ibu beker"a tentang alat'alat pemompa ASl. yang tentunya dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.sampai D&. Di Indonesia sudah ada kebi"akan pemerintah untuk perusahaan yang mendirikan "asa pengantar asi.+. $ambatan yang ditemui selain kurangnya fasilitas perusahaan di Indonesia yang menyediakan tempat khusus menyusui. 1ara menghangatkan ASI yang telah disimpan dan 1ara pemberian ASI yang telah disimpan pada bayi.! per tahun "ika bayi diberi ASI eksklusif )5all E #right. 2* -+ 6<6 Penerapan Corporate Lactation Program (CLP) %a a! 2ening"at"an Pe!berian ASI E"s #si$ pa%a Ib# &e"er'a %i In%>nesia Di Indonesia. namun penerapan "asa pengantar asi untuk memenuhi kebutuhan asi pada bayi dengan ibu yang beker"a sudah mulai diterapkan. 1ara penyimpanan ASl. Dengan adanya "asa pengantar ASI ini ibu yang beker"a dapat memenuhi kebutuhan bayinya dengan memeras ASI menggunakan pump elektrik. 666> $oey E #are. persiapan yang harus dilakukan sebelum menyimpan ASl. Karena bayi yang diberi ASI eksklusif memiliki angka "atuh sakit yang lebih rendah dan biaya pemeliharan kesehatan yang lebih rendah. Studi dari Census Bureau menemukan bah3a 3anita dengan minimal . lamanya ASI bisa disimpan )ketahanan ASI yang disimpan+.Trend dan Issue Kesehatan Reproduksi * kalangan perusahaan sehingga banyak sekali 3anita yang tidak mampu memberikan ASI eksklusif selama beker"a )Depkes RI. Sehingga lbu yang sedang beker"a dapat tetap dapat memberikan ASl nya pada bayi dengan "alan menyimpan dan memberikan ASI kepada bayi dengan "asa pengantar asi. tempat penyimanan asi dengan temperature suhu yang ter"aga dan boBes tempat penyimpanan asi yang berkualitas. perusahaan yang menyediakan fasilitas menyusui bagi peker"anya masih belum berkembang. 6<8 Ke#nt#ngan %an Ha!batan Dari Penerapan Corporate Lactation Program (CLP) %a a! 2ening"at"an Pe!berian ASI E"s #si$ pa%a Ib# &e"er'a Keuntungan dalam memberikan ASI bagi ibu peker"a memungkinkan ibu untuk men"aga kesehatan bayinya 3alaupun beker"a diluar rumah.

2** +. . dan lain'lain )%rti?.Trend dan Issue Kesehatan Reproduksi mengenyam tahun pendidikan dari perguruan tinggi lebih mungkin untuk kembali beker"a sambil mengasuh bayi dibandingkan dengan ibu yang memiliki pendidikan lebih rendah. )5a1hu E %F<onnell. lamanya ASI bisa disimpan )ketahanan ASI yang disimpan+. /17illigan and Kelly. 1ara menghangatkan ASI yang telah disimpan dan 1ara pemberian ASI yang telah disimpan pada bayi. Pengetahuan yang diberikan dapat berupa 1ara penyimpanan ASl. Pera3at memberikan informasi kepada orang tua terkait tentang menyusui dan memberikan dukungan kepada mereka agar tetap menyusui. Pera3at berpengaruh besar dalam program menyusui. 2**&+. keharusan memerah susu di suatu ruangan yang asing menurut ibu "uga dapat mengganggu kenyamanan sang ibu sehingga memilih untuk memberikan susu formula. Selain itu. 6<0 I!p i"asi Kepera4atan %a a! Penerapan C>rp>rate La:tati>n Pr>gra! (CLP) %a a! 2ening"at"an Pe!berian ASI E"s #si$ pa%a Ib# &e"er'a %rang tua baru membutuhkan pengetahuan dan dukungan dalam memberikan ASI se1ara eksklusif.

. 5eker"a merupakan salah satu halangan bagi ibu yang beker"a untuk menyusui dan memberi ASI ekslusif. namun penerapan "asa pengantar asi untuk memenuhi kebutuhan asi pada bayi dengan ibu yang beker"a sudah mulai diterapkan &. &. &. &.Si!p# an 5erdasarkan pembahasan.amun terdapat beberapa hambatan seperti kurangnya fasilitas dan tingkt pengetahuan ibu beker"a. . diantaranya meningkatkan presenatse ASI ekslusif pada ibu beker"a. . $al ini tentu sa"a harus mendapat dukungan dari berbagai pihak diantaranya tenaga kesehatan. .Trend dan Issue Kesehatan Reproduksi 2 &A& 8 PENUTUP 8<.Di Indonesia. ..! Implikasi kepera3atan dalam <2P ini adalah sebagian besar sebagai educator )pemberi pendidikan kesehatan+ 8</ Re">!en%asi Diharapkan program <2P ini dapat dikembangkan lagi sehingga dapat diterapkan oleh perusahaan'perusahaan tempat ibu beker"a.& Terdapat beberapa keuntungan "ika <2P ini diterapkan di Indonesia. pemerintah. Corporate Lactation "rogram )<2P+ merupakan salah satu inter4ensi dalam mengatasi hal tersebut. maka dapat disimpulkan sebagai berikut.2 Sudah ada peraturan terkait fasilitas khusus menyusui atau memerah air susu ibu . perusahaan serta ibu'ibu yang memiliki bayi saat beker"a. 5erbagai "urnal mendukung terhadap inter4ensi tersebut. perusahaan yang menyediakan fasilitas menyusui bagi peker"anya masih belum berkembang. .tetapi pemerintah kurang menyosialisasikannya di perusahaan tempat ibu beker"a &. .

//451Bedah A!+1 DKI 0akarta. et al. P. )2**&+. K.. )2**&+.. A.5.go. S.) +. "ediatric $ursing.ursing /others at #ork <orporate and /aternal Strategies to Support 2a1tation in the #orkpla1e. #/.. A.depkes. Slusser. HI< . )2* 2+. 0. ) 666+. Indonesia.. 2*)2+. ' 6 Saleha.pdf 7ebruhartanty. . :. Indonesia 2u3ertin.)2**!+. Diunduh dari . Current "opulation 0eports1 #ashington. 0akarta . )2** +.. 7K:I. Arifin . A 2ook at 7reJuen1y and Time.. ). A./8851 Asi dan (umor "ayudara1 9ogyakarta% $uhaMedika %rti?. Breastfeeding Medicine. 0. and Roshita. 5reast /ilk HBpression in the #orkpla1e. . 2ealth care costs of formula feeding in the first year of life . /1Iilligan. /akasar .2um Lact.o.' !'th'2* -'ttg'7asilitas'Khusus' /enyusui'dan'/emerah'ASI. "em3erian A!+ Ekslusif dan &aktor yang mempengaruhinya. Profiles of Hight #orking /others #ho Pra1ti1ed HB1lusi4e 5reastfeeding in Depok. . . 3adriul et al.. #ibo3o.gi?ikia. Ikatan Dokter Anak. 2. 7ahmida.. :. -ournal ofthe Association for 0esearch on Mothering. "em3erian A!+ Eksklusif.)2**6+. T. A. (&' (6 Suharyono.omen% -une . D<. and Kelly. Duration of 5reast /ilk HBpression Among #orking /others Hnrolled in an Hmployer'Sponsored 2a1tation Program. 333.///. 2ibraryusu.idGdo3nloadGPermenkes'. 333. 0akarta $ugroho* (aufan1 7. E #right.S. Asuhan ke3idanan pada Masa $ifas.)2**(+ .Salemba /edika Siregar. )2**&+.!&'!6 $egar.1omGhtm. -* )2+. Diunduh dari . ) 686+.A!+ (in:auan Dari Ber3agai Aspek.' -8 Depkes 0+. 6onsep "enerapan A!+ Eksklusif. /. Pediatri1 5ar'Aam. Sri Pur3anti. )2**&+. ()2+. E %F<onnell.Trend dan Issue Kesehatan Reproduksi - DA9TAR PUSTAKA 5a1hu. &ertility of American . <ensus 5ureau 5all.