You are on page 1of 4

“RUMAH SEMANGAT” SENYUM COMMUNITY

Oleh: Adi Suyanto “Pejuang Senyum” Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, FE, UNY 2010

Senyum Community (SC) adalah komunitas muda yang berdiri sejak tahun 2010 yang di pelopori oleh Dwi Wahyu A.N lulusan psikologi UGM 2010, senyum community beranggotakan mahasiswa dan umum yang mempunyai visi dan misi mendidik, membina, memberdayakan anak-anak yatim dan dhuafa baik di panti asuhan maupun non panti asuhan. Panti asuhan yang kami bina yaitu panti asuhan di Magelang, Yogyakarta dan sekitarnya. Saat ini, anggota atau pengurus aktif senyum community berjumlah 10 orang dan jumlah volunteer baik yang tercatat maupun yang belum tercatat berjumlah sekitar 50 orang yang kesemuanya berasal dari kampus/

universitas yang berbeda-beda. Senyum community mempunyai cukup banyak program, seperti: Sehati,

SeMANGAT, Wisata Bisnis, Senyum Ceria Ramadhan, Senyum Youth Camp, Wisata Edukasi, Setia Fest, dan lain-lain. Senyum community juga sudah berhasil menerbitkan buku hasil rangkuman karya-karya anak panti asuhan, buku itu kami beri judul “Kipas, Kisah Inspiratif Anak Panti Asuhan”. SeMANGAT “Senyum Mengajar Anak Panti” merupakan salah satu program senyum community yang memberikan pendampingan belajar kepada adik-adik panti asuhan dan kelompok-kelompok binaan senyum community seperti Sehati Lempuyangan. Program ini sengaja saya (adi suyanto, koordinator program) konkretkan ke dalam sebuah kelompok kakak asuh (Volunteer pendamping belajar) bernama “Rumah Semangat” dengan harapan kelompok ini bisa menjadi rumah yang penuh dengan semangat untuk belajar bagi adik-adik panti asuhan dan membelajarkan ilmu bagi kakak asuhnya. Konteks belajar di sini bukan

jumlahnya menyesuaikan kebutuhan dari tiap-tiap Rumah Semangat/ panti asuhan. Di setiap Rumah Semangat terdapat kakak asuh yang di pimpin oleh satu koordinator. Fisika. Visi dan Misi program ini adalah mengabdi kepada agama dan Negara untuk menebarkan kemanfaatan ilmu untuk ummat dan mencerdasakan para generasi muda penerus bangsa. Akan tetapi. Berdasarkan uraian di atas. tahun ini Rumah Semangat PAY Putri Islam akan mendampingi 25 (23 anak SMA/SMK. dari kakak asuh yang sudah ada di Rumah Semangat PAY Putri Islam belum mecukupi dan saat ini sangat membutuhkan kakak asuh pendamping belajar untuk mata pelajaran UN IPA (Matematika. 1 Anak adm. Perkantoran. dan Kimia) kami masih sangat minim. meskipun mereka sudah dibebani dengan serangkaian agenda panti namun semangat belajar mereka selalu membara. untuk mata pelajaran UN IPS kecuali matematika . Fisika. Biologi). memang sudah ada beberapa tapi itu masih belum mengcover semuanya. dan Bahasa Indonesia sudah mencukupi akan tetapi untuk mata pelajaran UN IPA (Matematika. Dari 23 anak SMA/SMK lebih rinci ini terbagi menjadi SMK (1 anak Akuntansi. Itulah hajat besar Rumah Semangat PAY Putri Islam tahun ini. 1 anak SD) yang akan menghadapi UN.dalam arti sempit akan tetapi belajar dalam arti yang luas dalam segala hal dan aspek kehidupan. Sampai saat ini. Rumah Semangat PAY Al-Quddus dan Rumah Semangat Sehati Lempuyangan. Kimia. 1 anak seni). Kami sangat terpukau dengan semangat mereka dalam bercita-cita dan usaha dalam mewujudkannya. Dari jumlah kakak asuh yang ada saat ini. dan SNMPTN. Sampai saat ini terhitung sudah 3 Rumah Semangat yang sudah efektif berjalan yaitu Rumah Semangat PAY Putri Islam. PPDB. saya Adi suyanto selaku Koordinator program Rumah Semangat dan kakak asuh di PAY Putri Islam ingin memohon dukungan dari bapak/ ibu dosen untuk mensharing program Rumah Semangat PAY Putri Islam di kelas-kelas yang ibu atau bapak ampu. Biologi. 1 anak SMP. Rumah Semangat PAY Al-Quddus dan Rumah Semangat Sehati Lempuyangan jumlahnya sudah cukup dan berjalan cukup efektif mengingat jumlah anak yang tidak terlalu banyak. Semoga dari mahasiswa/i nantinya ada yang tergerak untuk menjadi kakak . SMA (11 anak IPA dan 9 anak IPS). Bahasa Inggris.

00. saya dan adik-adik PAY Putri Islam mengucapkan banyak terimakasih. Adapun jadwal pendampingan yaitu:   Hari Selasa dan Kamis pukul 20. Demikian yang dapat saya tuliskan apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan atas perhatiannya. dan SNMPTN.00-12. PPDB. mohon kerelaan hati nya belum ada uang fee atau gaji. dan VI pemantapan UN. IX. Dan tidak ada paksaan setiap jadwal harus hadir akan tetapi lebih baik jika di salah satu jadwal bisa hadir mendampingi adik-adik belajar khususnya di hari minggu yang mana jadwal adik-adik kelas XII. PPDB dan SNMPTN dan untuk kakak asuh yang tidak/belum bisa mendampingi mereka di jadwal malam hari selasa dan kamis. Giwangan. Februari 2014 Adi Suyanto Koordinator dan Kakak Asuh Rumah Semangat . Pendampingan umum dan semua mata pelajaran.asuh pendamping belajar adik-adik di panti asuhan yatim putri islam (PAY Putri Islam) yang beralamat di Jl.30. dan VI pemantapan UN. Pramuka No. Untuk lebih lanjutnya bisa menghubungi saya adi suyanto di 0896-8882-8823.00-22. Yogyakarta. Pendampingan khusus kelas XII. Dalam program ini murni volunteer jadi. Untuk konfirmasi kakak asuh dan keterangan lebih lanjut bisa menghubungi saya adi suyanto di 0896-8882-8823 dan follow @pantris @senyumkita atau joint di fb: senyumkita dan Rumah Semangat. Hari Minggu pukul 09. Kami juga selalu membuka kepada ibu/bapak yang berkenan untuk menjadi donatur program-program Senyum Community atau khususnya untuk program Rumah Semangat ini. IX. 68.

Suasana belajar di panti Gambar 5. Suasana belajar di panti Gambar 5.Berikut saya lampirkan foto-foto kegiatan Rumah Semangat PAY Putri Islam: Gambar 1. Suasana belajar di panti . Seribu Mimpi Anak Panti Gambar 4. Seribu Mimpi Anak Panti Gambar 2. Seribu Mimpi Anak Panti Gambar 3.