You are on page 1of 19

Tanaman ini cocok untuk menghias ruangan.Tanaman Schefflera Arboricola merupakan tanaman hias yang sangat mudah untuk dibudidayakan baik itu dari biji maupun dengan cara stek. .

1. 5. Untuk mengetahui pengaruh ektrak lidah buaya terhadap pertumbuhan vegtatif dan kandungan karbohidrat dan nitrogen dari tanamana schefflera arboricola Untuk mengetahui pengaruh ektrak bawang putih terhadap pertumbuhan vegtatif dan kandungan karbohidrat dan nitrogen dari tanamana schefflera 3. Untuk mengetahui pengaruh ektrak ragi kering terhadap pertumbuhan vegtatif dan kandungan karbohidrat dan nitrogen dari tanamana schefflera arboricola Untuk mengetahui pengaruh ektrak henna terhadap pertumbuhan vegtatif dan kandungan karbohidrat dan nitrogen dari tanamana schefflera arboricola Dibandingkan dengan kontrol . arboricola 4. 2.

Campuran tanah dan gambut Ektrak lidah buaya Ektrak bawang putih Ektrak henna Ektrak ragi kering . 3. 5.1. 4. 2.

Foliar Spray 2. Soil Drench Kandungan kimia: 1. Karbohidrat dengan metode AOAC 2. Kandungan Nitrogen dengan metode Jackson .Pertumbuhan Vegetatif 1.

Nitrogen . Tinggi tanaman (cm) 2.Pertumbuhan vegetatif yang diamati adalah: 1. Luas daun (cm2) Kandungan kimia : 1. Jumlah daun/tanaman 3. Berat daun segar (g per tanaman) 4. Berat daun kering (g per tanaman) 5. Karbohidrat 2.

Ektrak lidah buaya 1 kg daun lidah buaya Dibersihkan kedua sisi yang berdurinya Dipotong potong Digunakan dengan perbandingan 10% diblender .

250 gram bawang putih  Dimasukkan ke gelas kimia yang berisi air Dimasukkan kedalam frezzer selama 1 hari Ditambahkan air hingga volume 1 liter Pembekuan dan pencairan dilakukan selama 3 kali Dikeluarkan kesuhu ruangan Campuran tersebut disaring Diaplikasikan 1:1 .

Daun henna basah Dikeringkan ditempat teduh dan kering selama 1 minggu digiling Ditambahakan air dan dibiarkan selama 1 jam Dimasukkan kedalam labu ukur 1 liter Ditimbang kurang lebih 10 gram disaring Ditambahkan air hingga volume1 liter .

Ragi kering Ditimbang 10 gram Dimasukkan ke gelas kimia yang berisi 100 ml air Campuran tersebut disaring Ditempatkan pada tempat yang hangat dan gelap selam 30 menit Menambahkan 1 sendok teh gula Dimasukkan kedalam alabu ukur 1 liter Ditambahkan air sampi volume 1 liter .

.

.

.

.

.

.

.

kecuali parameter berat daun segar dimusim pertama. Nilai tertingggi diperoleh dengan menggunakan metode aplikasi soil drench dibandingkan dengan metode aplikasi foliar spray.     Penambahan ektrak bawang putih menghasilkan nilai tertinggi dari semua parameter yang tercatat sedangkan nilai terendah dari semua parameter tercatat diperoleh pada perlakuan kontrol dikedua musim. Nilai tertinggi dari semua karakter diperoleh dengan interaksi antara ektrak bawang putih dan metode aplikasi soil drench. Interaksi antara jenis ektrak dan metode aplikasi meningkatkan semua parameter yang dicatat sebagai perbandingan dengan interaksi antara perlakuan kontrol dan setiap metode aplikasi. .

Terimakasih .