You are on page 1of 10

UNIVERSITAS JAMBI

OLEH: NOVITA YASLIANA A1A108072

Proses Belajar
Belajar tanpa menggunakan Metode Belajar menggunakan Metode

Tujuan

Kurang Gairah Belajar

Semangat Belajar

Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi?

untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi.

Peneliti membatasi masalah mengenai penggunaan metode coopetative learning tipe team assisted individualization terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi, terdaftar pada tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas eksperimen (kelas VIIA) dan kelas kontrol (kelas VIIB).

Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dimiliki oleh siswa setelah menerima pengalaman belajar. Dalam penelitian ini, hasil belajar yang akan diteliti yaitu hasil belajar di bidang kognitif yakni nilai siswa setelah mengalami tindak belajar. Model cooperative learning adalah suatu metode pembelajaran dimana dalam sistem belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil yang berjumlah 4-6 orang secara kooperatif sehingga dapat merangsang siswa lebih bergairah dalam belajar. Model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) adalah model pembelajaran yang membentuk kelompok kecil yang heterogen dengan latar belakang cara berfikir yang berbeda untuk saling membantu terhadap siswa lain yang membutuhkan bantuan.

Jenis Penelitian = Eksperimen Semu Subjek Penelitian: Kelas A (kelas eksperimen) Kelas B (kelas kontrol) Instrumen Penelitian = Lembar Tes (Pre-test dan Post-test) Uji Instrumen Penelitian: Uji validitas = Korelasi Product Moment Uji Reliabelitas = Alpha Cronbach Uji Prasyarat Analisis: Uji Normalitas = Kolmogorov Smirnov Uji Homogenitas = Uji F Uji Hipotesis: Uji kesamaan dua rata-rata (Uji t)

Uji Hipotesis H1 Ho : A1 A2 : A1 = A2

One-Sample Test
Test Value = 0
95% Confidence Interval of the Difference Lower Upper 80.67

df

Sig. (2-tailed)

Mean Difference

Kelas_eksperimen

31.015

40

.000

75.732

70.80

Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi atau secara operasional terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan model cooperative learning tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Hal ini dapat dilihat dari hasil signifikan lebih kecil bila dibandingkan dengan alpha (sig. = 0,000 < = 0,050).