You are on page 1of 5

DIKSI

Pilihan kata
 Diksi

juga dapat diartikan kemampuan pembicara atau penulis dalam memilih kata-kata untuk menyusunnya menjadi rangkaian kalimat yang sesuai dan selaras dari segi konteks.

yaitu: 1.Pada dasarnya pendayagunaan kata berkisar pada tiga persoalan pokok. ketepatan memilih kata untuk mengungkapkan sebuah gagasan. Kesesuaian atau kecocokan dalam mempergunakan kata-kata yang disesuaikan dengan situasi atau konteks penggunaannya. 3. 2. Kebenaran dalam memilih kata-kata disesuaikan dengan aturan yang berlaku. hal atau barang yang akan disampaikan. .

. 4. Membedakan kata umum dan kata khusus. Memperhatikan katakata yang mengalami perubahan makna. 3. 7. Menggunakan katakata indria dengan memperhatikan persepsi yang khusus. 5. Membedakan secara cermat denotasi dan konotasi. Membedakan dengan cermat kata-kata yang bersinonim. Mewaspadai penggunaan imbuhan asing. 6. Membedakan katakata yang mirip dalam ejaannya. 2.Ketepatan pilihan kata mempersoalkan kesanggupan sebuah kata untuk menimbulkan gagasan-gagasan pada imajinasi pembaca atau pendengar. seperti apa yang dirasakan oleh penulis/pembicara 1.

yaitu: pokok persoalan yang dibawakan. Atau dengan kata lain apakah kita dapat mengungkapkan pikiran kita dengan cara yang sama dalam semua kesempatan dan lingkungan yang kita masuki? Ada tiga hal pokok yang mempengaruhi bahasa seseorang. dan diri kita sendiri. mempersoalkan apakah kata yang digunakan tidak merusak suasana atau menyinggung perasaan tiap-tiap orang yang hadir.2. . hadirin yang terlibat dalam komunikasi. Kesesuaian diksi persoalan kecocokan atau kesesuaian.

KEBENARAN DIKSI kebenaran diksi membahas tentang apakah kata yang digunakan sesuai atau tidak dengan Ejaan Yang Disempurnakan. .