You are on page 1of 4

Melestarikan Hutan

Leave a reply

Fungsi Hutan. Hutan merupakan sumber daya alam yang berperan penting dalam kehidupan manusia, hutan juga sangat besar sekali manfaatnya dalam lingkungan. Selain sebagai penyedia oksigen yang dibutuhkan oleh manusia hutan juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan sumber daya lainnya, seperti tanah yang membutuhkan hutan untuk menyerap dan mengurangi air yang berlebihan yang ada di dalamnya yang dapat mengikis tanah tersebut. Menjaga dan melestarikan hutan menjadi tugas wajib bagi kita semua, kelestarian yang terjaga akan memberikan manfaat besar dalam kehidupan kita. Udara yang bersih bisa dihasilkan oleh hutan yang ada di sekitar kita, penyerapan karbon dioksida yang dikeluarkan membantu kita untuk mengurangi kadar racun dalam kehidupan sehari-hari, dan dengan demikian sudah selayaknya kita menjaga dan melestarikan hutan di sekitar kita. Adapun beberapa fungsi dari hutan itu adalah !. Mencegah terjadinya erosi. "rosi biasanya disebabkan oleh aliran air yang lama-kelamaan bisa mengikis tanah dan bisa mengakibatkan longsor. #engan adanya hutan maka air yang mengalir dan mengikis tanah tersebut diserap oleh hutan yang menjadikan tanah akan lebih kuat dan subur. $. Mengurangi polusi untuk pencemaran udara. %encemaran udara yang kini sudah terjadi di lingkungan kita, itu disebabkan oleh kurang terjaganya kelestarian hutan, padahal hutan berfungsi menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. #an polusi itu sendiri disebabkan karena hilang atau kurangnya kadar oksigen dalam kehidupan kita. &. Sebagai sumber ekonomi. Selain sebagai pencegah erosi dan polusi ternyata hutan bisa digunakan sebagai sumber ekonomi bagi kehidupan kita, contohnya hutan bisa menghasilkan bahan mentah dari hasil kayu, rotan, karet dan lain sebagainya. Setelah kita tahu mengenai beberapa fungsi dari hutan itu maka kita seharusnya menyadari mengenai betapa pentingnya melestarikan hutan guna untuk keberlangsungan hidup dan lingkungan kita.

#engan menerapkan beberapa cara untuk melestarikan hutan ini. &. *ni juga sangat penting untuk diterapkan. )arangan penebangan hutan secara sewenang-wenang. Untuk melestarikan hutan bukan berarti kita tidak boleh mengambil manfaat dari hasil hutan tersebut seperti menebangnya sebagai bahan kayu yang bisa kita gunakan. Sistem ini bertujuan untuk menghindari penebangan secara liar yang berakibat pada kemusnahan hutan tersebut. Sistem tebang pilih. . 'ebang pilih di sini maksudnya menebang hutan hanya beberapa pohon yang memang sudah layak ditebang. Hutan yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita dengan hasil yang dimilikinya maka kita tidak boleh sembarang menebang dan mengambil hasil hutan tanpa menerapkan sistem tebang pilih ini. maka hutan kita akan terjaga dan tetap lestari. +arena melestarikan hutan merupakan kewajiban kita sebagai manusia yang selalu memanfaatkan fungsi yang diberikan oleh hutan demi sebuah lingkungan dan kehidupan yang jauh lebih baik. $. reboisasi yakni dengan menanam kembali hutan yang sudah ditebang atau yang sudah rusak agar hutan tetap terjaga kelestariannya. #engan fungsi yang dimiliki oleh hutan maka hendaknya kita tetap menjaga dan melestarikan hutan demi terciptanya lingkungan yang asri dan udara yang bersih pula. Melakukan reboisasi.Cara pelestarian hutan. karena banyak pihak yang hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja dengan menebang hutan secara sewenang-wenang tanpa menghiraukan dampak yang akan ia rasakan jika hutan ditebang secara terus-menerus. (eboisasi juga sangat perlu demi menjaga dan melestarikan hutan. melainkan untuk melestarikan hutan tersebut maka kita harus mencermati beberapa cara untuk pelestarian hutan tersebut. #an untuk menghindari hal itu maka seharusnya kita menerapkan larangan ini dan memberikan sanksi kepada pelaku penebang liar pada hutan kita. berikut caranya !.

hutan yang sudah rusak. !/ Melakukan Reboisasi. Sistem penebangan hutan yang kemudian diganti dengan menanam hutan yang telah ditebang agar hutan tetap terjaga keberadaannya. Melihat kondisi hutan indonesia sekarang masuk pada fase sangat menghawatirkan. System ini sangat berguna bagi pelestarian hutan. 0/ Melakuakan Penebangan secara onser!ati". paru dunia yang dapat menyerap karbondioksida dan menyediakan oksigen bagi kehidupan dimuka bumi ini.Upaya Melestarikan Hutan yang saya dapat dari bukan pelajaran semasa SMA. &/ Menerapkan Sistem Tebang – Tanam. Maka dari itu hutan harus terjaga keberadaannya. hari ini saya menyempatkan diri untuk memposting . %enebangan secara konser1atif adalah penebangan dengan cara menebang pohon yang sudah tidak berproduktif lagi. .erikut ini beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk melestarikan hutan. yaitu sebagai berikut. Hal ini dapat mengurangi penebangan hutan secara liar dan dalam jumlah besar . $/ Menerapkan Sistem Tebang Pilih.5 Upaya Melestarikan Hutan Hutan adalah paru . +ita dapat menanam kembali hutan . %emerintah harus menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon. 2angan sampai pohon yang masih muda dan produktif di tebang. Selain itu system ini juga berguna untuk masyarakat agar tidak sembarang dalam melakukan penebangan hutan. . sehingga hutan akan tetap terjaga keberadaannya. (eboisasi adalah salah satu alternatif untuk melestarikan hutan. besaran.

. yang bisa membuat mereka jera dan tidak melakukan kesalahan mereka lagi. Selain masyarakat yang harus menjaga kelestarian hutan. Sebaiknya.-/ Menerapkan #arangan Penebangan Hutan Secara Se$enang – $enang %an Memberikan Sanksi yang &erat &agi Pelakunya. pemerintah juga memberikan sanksi yang berat bagi para pelakunya. pemerintah juga harus ikut terlibat dalam pelestarian hutan. %emerintah harus ikut turun tangan dalam pelestarian hutan ini.