You are on page 1of 2

Unsur Hara Yang Diperlukan Tanaman

Dalam masa pertumbuhan tanaman banyak unsur hara yang sangat diperlukan baik itu untuk masa vegetatif ataupun masa generatif, unsur-unsur yang terdapat dialam melingkupi unsur hara yang didapat dialam bebas dan unsur hara yang terdapat di tanah, Adapun unsur yang berada dialam bebas adalah :
   

Matahari (berfungsi untuk fotosintesis) Air yang terkandung dalam udara (H2O) Karbon Monooksida (CO2) Oksigen (O2)

Unsur Hara Didalam Tanah yang dibutuhkan Tanaman :

Nitrogen

1. 2.

Pertumbuhan vegetatif (tinggi, anakan, dan hijau daun) Bahan penyusun klorofil dan daun Pospor (P)

1. 2. 3.

Pertumbuhan akar Pembungaan dan pemasakan buah dan biji Penyusunan inti sel, lemak dan protein. Kalium (K)

1. 2. 3.

Fotosintesis, pembentukan protein dan karbohidrat Mempengaruhi katalisator (warna dan rasa), bunga dan buah Daya tahan tanaman terhadap hama penyakit dan kekeringan Clorine (Cl)

1. 2.

Pertumbuhan akar tanaman Bahan yang diperlukan dalam fotosintesis Cobalt (Co)

 Merupakan enzim aktivator dalam pembentukan pigment Silicon (Si) 1.  Bahan penyusun klorofil Dibutuhkan untuk enzim pada metabolisme Magnesium (Mg) 1. 2. 2. tebu meningkatkan rendemen) Sulfur ( S) 1.  Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil sayur dan buah Meningkatkan produksi biji kacang kacangan Natrium (Na) 1.  Pengaturan sistem inzim dan zat pengatur tumbuh Borron (B) 1.  Memperlancar aliran air dalam fotosintesis Membantu meningkatkan ketahanan tanaman Cupper (Cu) 1. 2. kita bisa menentukan kebutuhan apa yang diperlukan tanaman pada masa nya.  Kandungan protein dan vitamin untuk tanaman Memperkuat akar dan membantu pigmen daun Kalsium (Ca) 1. Berperan pembentukan stomata dan dapat menggantikan unsur K 2. 2. Berperan pembentukan umbi dalam mencegah busuk.  Pembentukan bulu-bulu akar dan biji bijian Ferrum (Fe) 1. waktu pemberian dan tepat waktu . 2.  Pembentukan klorofil Zinc (Zn) 1. dengan acuan pada jenis pupuk.1.  Membantu faktor Vegetative sehingga jumlah biji akan lebih banyak (Sebagai contoh padi lebih banyak. dengan mengetahui unsur hara yang diperlukan.