Rachmi Santika,Skep Ners Unit Hemodialisa RSUD R Syamsudin SH

Akses vaskular Jalan untuk mengeluarkan darah dari tubuh pasien untuk dihubungkan dengan siklus ekstrakorporeal pada tindakan hemodialisis .

Subclavia 2. Femoralis  Dengan menggunakan kateter dengan dua lumen  . Jugular 3.Kateter dipasang pada vena besar 1.

3.Jenis akses vaskular     1. 2. Kateter : Alat berupa pipa yang dimasukkan ke dalam lumen pembuluh darah Langsung dari pembuluh darah dengan menggunakan jarum AV fistula Fistula ditusukkan langsung ke dalam pembuluh darah yang cukup besar: Vena femoralis untuk inlet Vena basilika untuk outlet Anastomosis arteri dan vena /AV shunt .

Komplikasi Pada saat pemasangan :  Pneumothorax  Perdarahan  Lebih lama :  Trombosis  Infeksi pada akses : bakteriemia  .

.

.

AV Shunt Dilakukan penyambungan /anastomosis arteri dengan vena  Tujuan : agar aliran darah vena lebih besar pada daerah yang mudah untuk dilakukan akses vaskular  Disebut AV Shunt  Dilakukan pada lengan yang tidak dominan biasanya kiri  .

.

.

pembuluh darah rusak karena sering ditusuk sebelumnya  . kegemukan. Bila pembuluh darah tidak cukup baik untuk dipakai sebagai AV shunt Dipasang pembuluh darah buatan atau graft dari bahan politetrafluoroetilen  Pada pasien : diabetes melitus.

.

.

Kapan dilakukan     Terbaik bila penderita sudah didiagnosa penyakit ginjal kronik tahap IV Indikasi terapi ginjal pengganti dan dipilih hemodialisis Pada tahap ini pembuluh darah masih relatif baik karena belum dipakai sebagai akses HD Pada saat PGK tahap V maka AV shunt sudah cukup baik untuk dipakai (> 4 minggu setelah pembedahan) .

sehingga menimbulkan trombosis .Komplikasi    Trombosis paska bedah Timbul sumbatan akibat trombus 1-2 hari paska operasi Penyebab :  Teknik operasi yang kurang baik : penjahitan yang menimbulkan penyempitan lumen  Pemilihan pembuluh darah yang terlalu kecil  Pembuluh darah tidak baik (DM)  Terjadi hipotensi pada pasien sendiri.

dapat terjadi ruptur  .Komplikasi Aneurisma vena  (pelebaran) vena akibat tekanan aliran darah yang tinggi  Tidak masalah asal kulit di atasnya cukup kuat  Bila tidak .

Komplikasi      Fenomena “arterial steal” Aliran darah arteri tercuri oleh vena Sehingga daerah distal dari AV shunt tidak mendapat aliran darah yang cukup sehingga terjadi iskemia jaringan Gejala : dingin. otot lemah. kesemutan. Bila terjadi AV shunt harus segera ditutup dan dipindahkan ke lengan lain atau daerah yang lebih proksimal . agak nyeri.

Komplikasi Hipertensi vena  Aliran darah vena terganggu sehingga menimbulkan pembengkakan jaringan di distal AV shunt  Edema jaringan  Bila sudah berat berarti terjadi gangguan drainase yang berat maka AV shunt harus ditutup  .

. .SEE YOU……….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful