You are on page 1of 9

CERPEN

BAHASA INDONESIA

KARYA
FEBYA EDYNA YUSUF

ROMBEL 6

SMAN 2 PALANGKARAYA
Diary Merah Muda

Sore itu, ketika bya sedang berada di ruang baca di lantai dua
rumahnya. Dia menemukan sebuah diary.
“Diary siapa, nih?” batin maya saat menemukan buku diary yang berwarna
merah muda ini di antara tumpukan buku-buku usang yang berada di rak
penyimpanan buku tidak jauh dari meja baca. Tak tertera nama sang
pemiliknya. Penasaran, dengan ragu-ragu dia mulai membacanya.

27 Mei 2004
What’s up dear diary!! Do you know? Hari ini aku chatting dengan
cowok yang amat menarik di ym. Itu loo..yahoo messanger. Namanya putra dan
dia dari bandung. Dia juga murid sma seperti aku dan dia kelas 2 ia b. Awalnya
dia ngeadd aku lewat friendster tapi ga begitu ku hiraukan tapi kemudian dia
ngeadd aku lagi di ym. Berhubung aku lagi kecanduan chatting di ym, jadinya
aku mulai chat sama dia. Sumpah!! Waktu ku lihat fotonya.. Oh my god!! Cute
abizz dech!! Ga rugi dech aku chat sama dia.Hahaha.. Anaknya juga easy going
and friendly banget. Gak ketinggalan nih dia itu selera humornya tinggi, wah
kocak abiz dear. Aku aja nih,dibuat ketawa ngakak sama dia. “Kapan ia bisa
chat sama putra lagi?”
Bya membuka lembar berikutnya. Ada tulisan “ I have a new friend dan
sketsa seorang cowok yang berambut lurus agak gondrong dengan poni
menutupi dahinya hingga ke mata seperti vokalis st.12 charlie dengan
memakai sweater kotak-kotak berwarna hitam putih.

3 Juni 2004
It’s my lucky day.
Gimana gak lucky coba!? Tadi, waktu aku lagi online di ym..Putra online
juga. Eitz,,ada lagi..Dia juga curhat tentang sohib-sohibnya yang lagi
berantem gara-gara ngerebutin cewek. Duh, kalau masalah keg gini mah udah
biasa banget. Btw, putra juga bilang kangen banget karna udah lama gak chat
sama aku. Hehehe.. Langsung melayang nih..

Bya mengerutkan dahinya, menautkan alis, sambil menahan tawa. Lalu dia
meneruskan membaca diary itu.
4 Juni 2004
Diary, hari ini aku baru tau kalau sekolah putra itu menggunakan sistem
nilai. Kata putra hanya anak yang punya nilai 100 di tiap mata pelajaran yang
boleh masuk kelas a. Sementara di kelas putra sendiri nilainya dari 80-90 keg
gitu. Duh, itu sekolah apa tempat perkumpulan orang pintar sih?? Sekalian aja
loncat kelas. Oiaa, aku lupa putra itu sekolah di al-azar international boarding
school bandung. Kali ini dia banyak cerita tentang sekolah, teman-teman dan
paling penting nih dia cerita kalau dia baru putus sama pacarnya. Aneh,
kenapa aku malah senang? Harusnya aku ngesuport dia, bukannya malah
bahagia di atas kesedihannya. Aku gak boleh punya pikiran seperti ini..Gak
boleh..

“Cewek ini sepertinya jatuh cinta” batin bya.

12 Juni 2004

A hundred days have made me older


Since the last time that I saw your pretty face
A thousand lies have made me colder
And I don’t think I can look at this the same
But all the miles that separate
Disappear now when I’m dreaming of your face

I’m here without you baby


But you’re still on my lonely mind
I think about you baby
And I dream about you all the time
I’m here without you baby

But you’re still with me in my dreams


And tonight it’s only you and me

The miles just keep rollin’


As the people leave their way to say hello
I’ve heard this life is overrated
But I hope that it gets better as we go

Oh my god..Apa maksud semua ini?? Apa maksud kutipan syair lagu di atas??
Apa cewek itu aku?? Atau mantan pacarnya atau hanya sekedar syair tanpa
makna yang tersirat?? Jangan buat ku bingung seperti ini.. Tidak,thinking
positive bee!! Ini hanya kutipan syair sebuah lagu..

Lagu ini?? “Sepertinya aku tau. ”Pikir bya. Tapi lagu siapa iaa?? Batin bya
bertanya-tanya. Astaga, ini kan lagu 3 doors down-without you kesekaan ku.
Tapi kenapa aku jadi teringat seseorang?? Pikir bya lagi.

13 Juni 2004
Persiapan ulangan umum..

14 Juni 2004
Putra aku kangen kamu..
Padahal kita belum pernah ketemu dan hanya saling mengenal lewat
chat dan cam saja..

15 Juni 2004
Hari ini aku harus mulai fokus belajar untuk ulangan umum….

25 Juni 2004
Aku online online….
Entah, mungkin apa atau bagaimana aku hanya terpikir putra, mungkin
online sehingga aku pun online. Ternyata benar, putra online juga. Ada kutipan
syair lagu lagi dan kali ini tak sekedar syair lagu saja tapi dia ingin minta
nomor hp ku. Semakin menggila saja pikiran dan perasaan yang ada pada
diriku. Akhirnya ku berikan juga nomor hp ku..Dan sepertinya akan dimulai
sesuatu hal yang tak kan ku lupakan….

I never felt nothing in the world like this before.


Now I’m missing you and I’m wishing you would come back through my
door.Why did you have to go?
You could have let me know so now I’m all alone.
Girl you could have stayed but you wouldn’t give me a chance.
With you not around it’s a little bit more than I can stand.
And all my tears they keep runnin’ down my face.
Why did you turn away?

To be continue…

Apa maksud to be continue ini??


Ahh…
Sudah lah…
Bukan waktunya memikirkan itu…
Oke,,aku tinggal dulu dunia maya..
Saatnya belajar dan belajar…

Bya menahan rasa ingin tahunya sambil membolak-balik lembar diary itu.
Beberapa halaman terisi dengan gambar sketsa cowok yang sama dengan
sketsa sebelumnya dengan berbagai style yang berbeda dan ekspresi yang
berbeda pula. Lalu kembali membaca tulisan selanjutnya.

7 Juli 2004
Hari ini aku ulangan semester.
Dan ada hal yang membuat aku tambah semangat. Ia, putra. Dia ngasi aku
suport dengan isi smsnya yg begini “ Hi bee, met pagi. Hari ini unlum kan??
Good luck ia!” Wow.. Kaget banget. Hanya sms singkat kaya gitu aja udah bikin
hati ku berbunga-bunga. Cayoo bee!!!!

14 Juli 2004
Finish the exam.
Welcome to my holiday.
Siap-siap planning untuk liburan.
Kemana iaa??

Ke bali aja atau ke jogja??


Asik juga tuh!
Bya berkomentar.
Bya kembali meneruskan ke halaman berikutnya. Namun hingga beberapa
lembar, diari itu kosong, seakan lama ditinggalkan. ‘Mungkin dia sedang
berlibur kali ia? Tanya bya pada dirinya sendiri. Merasa bosan, dia
menghempaskan diary itu ke tumpukan buku-buku yang berserakan tepat di
sampingnya. Sekilas tampak sehelai kertas terbang dari sela-sela diary itu.
Bya mengulurkan tangan untuk meraihnya. Ada beberapa kata tertera di sana.

7 Agustus 2004
Everything I know, and anywhere I go
It gets hard but it wont take away my love
And when the last one falls
When it’s all said and done
It gets hard but it wont take away my love

10 Agustus 2004

I hope you know, I hope you know


That this has nothing to do with you
It’s personal, myself and I
We’ve got some straightenin’ out to do
And I’m gonna miss you like a child misses their blanket
But I’ve got to get a move on with my life
It’s time to be a big girl now
And big girls don’t cry
Don’t cry
Don’t cry
Don’t cry

Lalu bya menyelipkan kembali kertas tadi ke tempatnya semula. Namun


matanya segera terpaku pada huruf-huruf yang tertulis kasar dengan
beberapa kata yang tampak luntur pada bagian yang sedikit berkerut. “ Bekas
air mata?” pikir bya mulai terusik kembali.

20 Agustus 2004

Diary, kesedihanku selama ini ternyata membawa ku kepada dia. Iya,


cowo manis yang ku kenal lewat chatting dan ternyata sekarang membuat ku
merasakan indahnya cinta. Cinta yang gak pernah ku sangka ada di hadapan ku
saat ini. Tadi pagi waktu di sekolah, teman-teman sekelasku sedang ribut
membicarakan ada murid baru yang pindah ke sekolah kami. Cowok manis dari
bandung itu kata mereka. Tapi buat ku sendiri itu bukan hal yang penting dan
menarik untuk diperbincangkan. Tapi anehnya pikiran ku mulai terusik saat
mereka mengatakan nama anak itu adalah putra. Hati ku langsung tidak
karuan. Apa itu putra cinta ku?? Putra yang ku kenal?? Atau putra yang lain??
Entah lah.. Sampai akhirnya aku bertemu anak itu di parkiran sekolah..Betapa
terkejutnya aku saat ku lihat sosoknya. Benar,benar dia putra. Putra yg q
cinta. Dia menhampiriku dan menyapaku.. Bee.. Bee_oNe teman chatting yang
ku cinta. Itu kalimat pertama yang dia ucapkan kepadaku. Seketika itu juga
dia memelukku. Aku menangis.. Menangis karena bahagia yang begitu tak
terungkapkan dan tak bisa di jelaskan dengan kata-kata.

Untuk pertama kalinya dia memanggilku dengan sebutan sayang. Banyak hal
yang ingin kami bicarakan, banyak hal yang ingin kami lakukan bersama dan
masih banyak pula waktu yang bisa membawa kami untuk lebih mengenal satu
sama lain.

Hal yang menambah kebahagiaanku adalah dia akan 1 kelas dengan ku. Betapa
bahagianya hatiku. Begitu banyak kebahagiaan yang di berikan ALLAH padaku.
Thanks to ALLAH the AL-Mighty. Memang tidak ada yang tidak mungkin di
dunia ini jika ALLAH sudah berkehendak.

Bya tersenyum setelah membaca kalimat terakhir itu. Bener banget tuh!
batin bya sependapat.

20 September 2004

Diary hari ini 1 bulan kami jadian.


Anniversary 1 bulanan nih. Hehe..
Semoga kami awet aja iaa.
Papa mama ngedukung hubungan kami. Duh senengnya dapet restu.Haha
Keg mo married aja..
I love him!! I love you so much fachreza abdillah putra dermawan!!
Nih lanjutan syair lagunya yang to be continue….

So why does your pride make you run and hide.


Are you that afraid of me?
But I know it’s a lie what you keep inside.
This is not how you want it to be.

So baby I will wait for you.


Cause I don’t know what else I can do.
Don’t tell me I ran out of time.
If it takes the rest of my life
Baby I will wait for you.
If you think I find it just ain’t true.
I really need you in my life.
No matter what I have to do.
I’ll wait for you.

Been a long time since you called me.


(How could you forget about me)
.You gotta be feeling crazy.
How can you walk away.(When)
Everything stays the same.I just can’t do it baby
What will it take to make you come back.
Girl I told you what it is and it just ain’t like that.
Why can’t you look at me?
You’re still in love with me. Don’t leave me crying.

Baby why can’t we just start all over again.


Get it back to the way it was.If you give me a chance I can love you
right.But you’re telling me it won’t be enough
So baby I will wait for you.
Cause I don’t know what else I can do.Don’t tell me I ran out of time.
If it takes the rest of my life.Baby I will wait for you.
If you think I find it just ain’t true.I really need you in my life
No matter what I have to do.I’ll wait for you.

So why does your pride make you run and hide.


Are you that afraid of me?
But I know it’s a lie what you’re keeping inside.
That is not how you want it to be.Baby I will wait for you.

Baby I will wait for you.


If it’s the last thing I do.Baby I will wait for you.
Cause I don’t know what else I can do.
Don’t tell me I ran out of time.
If it takes the rest of my life
Baby I will wait for you.
If you think I find it just ain’t true.
I really need you in my life.
No matter what I have to do.I’ll wait for you.I’ll be waiting …
Bya terpaku saat membaca nama lengkap kekasih pemilik buku diary itu. Dan
ditambah lagi saat melihat foto cowok itu tertempel di halaman belakang
tulisan itu. Reza?? Tanya bya dalam hati. Berarti ini milik kak feby!”
Bya kembali membuka lembaran-lembaran diary itu. Semuanya kosong hingga
halaman terakhir. ‘Untukku?’ batin bya bingung.
‘Buat bya, adikku yang suka iseng…
YA, KALO KAMU BACA BUKU INI, AWAS YA?
Tapi nggak papa, kok! Asal jangan kamu bilang ke reza ya. OK?! Bya tertawa
saat selesai membaca tulisan itu.’ Kak feby tau aja, kalau aku pasti penasaran,
terus iseng baca,’ batin bya sambil masih tertawa.
Selama ini bya gag begitu tau tentang bagaimana kak feby bisa jadian dengan
kak reza. Mereka berdua selalu merahasiakannya. Mungkin malu kali ya?
“Semoga kak feby dan kak reza bisa cepet married,punya anak dan menjadi
keluarga yang sakinah,mawadah dan warahmah…’batin bya berdoa dalam hati.