You are on page 1of 15

PAKET - 30

TES KENDALI MUTU (TKM) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BAHASA INDONESIA
Semua Kompetensi Keahlian
Hari/Tanggal Waktu : , Desember 2013

: 120 menit

Petunjuk Umum : 1. Isikan identitas Anda ke dalam lembar jawaban komputer (LJK) dengan pensil 2 B sesuai petunjuk pengisian LJK. 2. Periksa dan bacalah naskah soal dengan cermat dan teliti sebelum menjawab pertanyaan. 3. Laporkan kepada pengawas apabila terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang. 4. Mintalah kertas buram kepada pengawas jika diperlukan. 5. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu lainnya. 6. Periksa pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas.

Selamat Bekerja TINGKAT

1. Bacalah dengan cermat paragraf berikut! Polisi harus menindak tegas geng motor yang kerap berbuat onar. Namun, polisi pun perlu mengedepankan dialog dengan organisasi pegiat hak asasi dan perlindungan anak. Geng motor perlu diselesaikan bersama orang tua, sekolah, dan lembaga terkait, sebab anggotanya kebayakan remaja. Keluarga memegang peranan penting terhadap cara pandang anak dalam mengendarai sepeda motor. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah. A. Polisi harus tegas dalam menangani geng motor. B. Geng motor sering membuat onar di jalanan. C. Anggota geng motor sebagian besar remaja. D. Keluarga mempunyai peranan penting adanya geng motor. E. Polisi perlu berdialog dengan orang tua, sekolah, dan lembaga terkait. 2. Bacalah dengan cermat paragraf berikut! Keluarga Indonesia memiliki karakter tersendiri, saat bepergian salah satunya adalah membawa seluruh anggota keluarga dan bawaan dalam jumlah besar. Karena itulah mereka membutuhkan kendaraan serbaguna. Kendaraan yang mampu mengangkut penumpang dan barang bawaan dalam jumlah yang besar. Simpulan paragraf tersebut adalah A. Keluarga Indonesia mempunyai karakter tersendiri. B. Keluarga Indonesia menyukai mobil yang serbaguna. C. Kendaraan yang mampu membawa barang-barang dalam jumlah besar. D. Kendaraan yang nyaman dan mampu membawa keluarga dalam jumlah besar. E. Mobil yang nyaman dapat membawa keluarga dan barang-barang dalam jumlah yang besar. 3. Bacalah dengan cermat paragraf berikut! Kemacetan lalu lintas Jakarta yang parah tidak berdiri sendiri. Hal itu bertali-temali dengan persoalan perencanaan dan penataan kota Jakarta dan sekitarnya. Berdasarkan hasil pengamatan lapangan belum tampak pembangunan drainase kota secara komprehensif. Makna kata drainase dalam paragraf di atas adalah... A. Saluran air di bawah tanah atau di permukaan tanah. B. Saluran air yang berasal dari limbah rumah tangga. C. Saluran air dari hulu sampai hilir. D. Saluran air yang berfungsi mengalirkan berbagai limbah cair. E. Saluran yang berfungsi menampung air hujan. 4. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! (1) Indonesia mempunyai modal untuk menjadi bangsa yang maju. (2) Hal ini karena negeri kita mempunyai sumber daya alam. (3) Sumber daya manusia juga tidak kalah pentingnya. (4) Namun, yang tidak dapat disepelekan adalah bahasa persatuan. (5) Maka pemerintah tidak perlu memikirkan sumber daya manusia dan alam. Kalimat penjelas yang sumbang pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor A. (1) C. (3) E. (5) B. (2) D. (4)

Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan

5. Bacalah dengan cermat paragraf berikut! Dewi Lestari yang juga dikenal dengan nama pena Dee lahir di Bandung, 20 Januari 1967. Sepanjang kiprahnya menjadi penulis sejak tahun 2001, Dee telah mendapatkan berbagai penghargaan dan semua bukunya selalu menjadi Best Seller. Beberapa bukunya telah diterjemahkan ke dalam bahasa asing. Namun, baginya hadiah terbesar sebagai penulis ketika karyanya dapat menyentuh, bahkan mengubah hidup pembacanya. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut dalah A. Dee menulis berdasarkan keyakinan hatinya. B. Dee sebagai penulis membutuhkan konsentrasi. C. Dee selalu mendapat beberapa penghargaan. D. Dee bahagia jika karyanya diterima pembacanya. E. Bagi Dee hadiah yang terbesar apabila karyanya dapat mengubah hidup pembacanya. 6. Bacalah dengan cermat penggalan laporan berikut ini! Selama pembuatan minyak kelapa sedang berlangsung, aduk perlahan jangan sampai santan yang dimasak rusak. Tunggu sampai masak hingga minyak dan ampas santan terpisah. Penggalan laporan tersebut termasuk jenis laporan. A. wawancara C. peristiwa B. percobaan D. kegiatan 7. Cermati petunjuk kerja berikut! 1. Rendam ketan selama 5 jam. 2. Cuci sampai bersih, kemudian kukus selama 10 menit. 3. Angkat, cuci, dan kukus kembali selama 10 menit. 4. Masukkan ke dalam wadah, tutup sampai rapat. 5. Angkat, dinginkan kemudian ditaburkan ragi. Urutan petunjuk kerja yang tepat adalah. A. (1), (2), (3), (4), (5) C. (2), (1), (3), (4), (5) B. (1), (2), (3), (5), (4) D. (3), (4), (5), (1), (2) 8. Bacalah dengan cermat penggalan biografi berikut! Ahmad Fuadi adalah alumnus pondok modern Gontor dan penerima 8 beasiswa luar negeri serta penyuka fotografi ini pernah tinggal di Kanada, Singapura, Amerika, dan Inggris. Penghargaan yang diperolehnya untuk Negeri 5 Menara nominasi Khatulistiwa Literary Award dan lain-lain. Pernyataan yang tidak sesuai dengan penggalan biografi tersebut adalah... A. Ahmad Fuadi pernah tinggal di beberapa negara. B. Ahmad Fuadi adalah penerima beasiswa ke luar negeri. C. Judul buku Ahmad Fuadi yang terkenal adalah Negeri 5 Menara. D. Fotografi adalah kegiatan yang ia senangi. E. Novel Negeri 5 Menara masuk nominasi Literary Award. E. (4), (1), (2), (3), (5)

E. perjalanan

Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan

9. Cermati Grafik berikut! Grafik presentase Pengguna Facebook Penduduk Indonesia


40 35 30 25 20 15 10 5 0 15 34 24 14 9 4

Usia 13-17 Usia 18-25 Usia 26-34 Usia 35-44 Usia 45-54 Usia 55-65

Pernyataan yang sesuai dengan dengan grafik tersebut adalah A. Pengguna facebook usia 13-17 lebih banyak 10% daripada usia 35-44. B. Pengguna facebook usia 13-17 lebih sedikit daripada usia 35-44. C. Pengguna facebook usia 26-34 lebih sedikit daripada usia 35-44. D. Pengguna facebook usia 18-25 lebih banyak 20% daripada usia 35-44. E. Pengguna facebook usia 18-25 lebih banyak 20% daripada usia 26-34. 10. Cermati matriks berikut! No. Kategori 1 2 3 4 Kendaraan Terlibat Kecelakaan Selama Lebaran Tahun 2009 Sepeda motor 3.312 Mobil penumpang 435 Mobil bus 349 Mobil beban 373

2010 2.747 611 352 621

Pernyataan yang sesuai dengan matriks tersebut adalah A. Semua jenis kendaraan yang terlibat kecelakaan mengalami kenaikan. B. Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling tinggi kenaikan kecelakaannya. C. Mobil bus merupakan kendaraan yang kenaikan kecelakaan mobil penumpang lebih tinggi. D. Dibandingkan dengan mobil beban, kenaikan kecelakaan mobil penumpang lebih rendah. E. Kenaikan kecelakaan mobil penumpang lebih rendah daripada sepeda motor. 11. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Para mantan TNI AD yang masih menghuni rumah dinas diminta segera mengosongkan rumah dinasnya. Mereka dinilai tidak lagi memiliki hak untuk menempati rumah tersebut. Permintaan itu disampaikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat. Tanggapan logis terhadap isi paragraf tersebut adalah A. Para mantan TNI AD itu mungkin merasa sudah memiliki rumah itu. B. MantanTNI AD yang sudah pensiun memang seharusnya tidak lagi menempati rumah dinas. C. Tanpa diminta seharusnya mereka keluar sendiri sehingga akan diberikan santunan . D. Ternyata banyak mantan TNI AD yang tidak tahu diri dan bertindak tidak manusiawi. E. Mungkin mereka malu kalau harus keluar dari rumah dinas dengan tangan hampa.
Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan

12. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Kebiasaan begadang atau menunda waktu tidur hingga larut malam diduga kuat menjadi penyebab mengapa seseorang lebih sering mengalami mimpi buruk. Kesimpulan tersebut dihasilkan oleh para peneliti dari Turki yang melakukan survey terhadap 264 pria dan wanita mengenai kebiasaan tidur dan mimpi yang dialami. Hasilnya mereka yang sering terjaga sampai larut malam dan sulit bangun pagi hari memiliki frekuensi mimpi buruk 70% lebih tinggi dibanding dengan orang yang tidur cukup dan bangun pagi. Kata tidak baku yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah. A. survey C. persen B. frekuensi D. begadang 13. Bacalah paragraf berikut dengan cermat! (1) Pengajaran sains tak harus menegangkan dan menakutkan siswa. (2) Kreativitas guru bisa membuat pembelajaran sains menjadi menarik. (3) Tetapi nyatanya banyak guru sains kurang bisa mengembangkan kreativitasnya karena target kurikulum. (4) Selain itu pengajaran sains di sekolah saat ini dinilai mematikan kreativitas siswa karena sains dianggap sesuatu yang pasti. (5) Itu perlu diubah agar bangsa tidak terjebak dalam berbagai masalah akibat rendahnya kemampuan bernalar. Kalimat yang menggunakan kata bersinonim dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor.... A. ( 1 ) B. ( 2 ) C. (3) D. (4) E. (5)

E. larut

14. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Bahrain memerintahkan diplomat senior Iran meninggalkan negara kerajaan itu. Pengusiran diplomat Iran tersebut memperburuk hubungan negara kaya minyak yang bertetangga itu. Kata yang berkonotasi negatif dalam paragraf tersebut adalah. A. memerintahkan C. pengusiran B. meninggalkan D. meningkatkan 15. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! (1) Pemilihan bahan sangat berpengaruh pada hasil produksi. (2) Produk yang berkualitas tentunya akan memudahkan pemasaran. (3) Hal ini akan meningkatkan keuntungan perusahaan. (4) Bahan baku yang bermutu memang agak sulit diperoleh dan harganya cukup mahal. (5) Namun, bila kita ingin mempertahankan kualitas produk, bahan baku yang bermutu merupakan prioritas utama. Kata yang bermakna proses terdapat pada kalimat nomor. A. ( 1 ), ( 2 ) C. (1), (3) B. ( 2 ), ( 3 ) D. (2), (4) 16. Cermatilah kalimat berikut! Suaranya lembut sehingga memikat para undangan yang hadir di tempat itu Kata atau frasa yang mengalami perubahan makna sinestesia dalam kalimat tersebut adalah. A. suara lembut C. memikat E. hadir B. di tempat itu D. para undangan
Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

E. bertetangga

E. (1), (5)

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan

17. Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama! Susi sedang mewawancarai Ibu Ria, Kepala Personalia PT Sejahtera Sentosa .Pembicaraan berkisar pada lintas sumber daya manusia yang dinilai masih rendah . Kalimat tanya yang tepat diajukan Susi kepada narasumber berkaitan dengan pembicaraan tersebut adalah A. Apakah pemerintah sudah menyediakan lapangan kerja untuk lulusan SMA? B. Bagaimanakah pendapat Ibu tentang lulusan SMA dan SMK yang semakin meningkat jumlahnya? C. Apa yang dapat Ibu sarankan untuk meningkatkan sumber daya manusia di perusahaan ini? D. Berapakah jumlah tenaga kerja di perusahaan Ibu yang bekerja dengan baik saat ini? E. SDM lulusan SMK masih rendah menurut Ibu, siapakah yang mencetuskan pendapat itu? 18. Cermatilah ilustrasi berikut! Pak Kasim adalah seorang petugas kebersihan di sekolah. Tiap hari ia pulang paling akhir karena harus membersihkan tiap ruangan di sekolah. Pada suatu hari, sebuah komputer di ruang kepala sekolah hilang. Pak Kasim dimarahi dan dituduh bersekongkol dengan pencurinya. Ungkapan yang tepat sesuai dengan posisi Pak Kasim adalah. A. dikambinghitamkan C. tukang tadah B. meja hijau D. mata-mata 19. Bacalah ilustrasi berikut! Dibandingkan dengan teman-temannya, Panji dikenal kurang pandai. Menyadari hal itu, Panji berusaha lebih keras. Ia rajin bertanya pada guru bila ada hal-hal yang belum dipahaminya. Ia rajin membaca di perpustakaan. Ia menghindari teman-temannya yang banyak memengaruhi hal-hal negatif. Ia pun lebih banyak meluangkan waktu untuk belajar daripada bermain. Buah dari semua ini telah mengantarkan Panji menjadi anak yang pandai. Peribahasa yang tepat dan sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah A. Kalau tak ada api, masakan ada asap. B. Karena nila setitik rusak susu sebelanga. C. Kalau takut dilimbur pasang jangan berumah di tepi pantai D. Belakang parang sekalipun kalau diasah akan tajam juga. E. Lempar batu sembunyi tangan. 20.Bacalah penggalan teks berikut dengan saksama! (1) Pandu Dewanata menulis buku berjudul Seni dan Adat Komunikasi Tradisional. (2) Buku ini diharapkan menjadi acuan bagi peneliti yang akan mengkaji budaya lokal. (3) Buku ini patut diapresiasi karena berisi informasi langka dan detail tentang tradisi. (4) Buku setebal 235 halaman ini diterbitkan oleh Nigi Utama, Jakarta. (5) Peluncuran buku ini dilaksanakan bersamaan dengan ulang tahun penulisnya. Kalimat opini pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor A. (1) dan (2) C. (2) dan (4) B. (2) dan (3) D. (3) dan (4)

E. kaki tangan

E. (4) dan (5)

Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan

21. Cermatilah kalimat berikut! Setelah dua hari terjadi gempa bumi di Kota Padang, Sumatera Barat. Persediaan makanan dan obat-obatan di pos telah ..... diserbu pengungsi.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian kalimat yang rumpang adalah.... A. raib C. lenyap E. musnah B. ludes D. binasa 22. Cermatilah kalimat- kalimat topik berikut! (1) Olahraga dan jenis-jenisnya (2) Kegiatan setelah olahraga (3) Aktivitas olahraga (4) Manfaat olahraga

Topik-topik tersebut akan menjadi kerangka karangan deduktif yang tepat dengan urutan.... A. (1), (2), (3), (4) C. (2), (3), (4), (1) E. (4), (2), (1), (3) B. (1), (4), (3), (2) D. (3), (4), (1), (2) 23.Bacalah teks berikut dengan cermat! (1) Pemerintah akhirnya menuturkan batas toleransi kenaikan harga beras sebesar 15%. (2) Sebagai syarat pasar jika terjadi kenaikan harga di atas 15%. (3) Namun, dari dua hari pelaksanaannya masih salah sasaran. (4) Ternyata belum banyak berdampak menekan gejolak kenaikan harga beras di pasaran-pasaran . (5) Beras kualitas rendah jenis IR 64 masih pada naik dengan kisaran Rp5000,00 - Rp10.000,00 per kg. Kalimat tidak efektif pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor.... A. (1) dan (2) C. (2) dan (4) E. (4) dan (5) B. (2) dan (3) D. (3) dan (4) 24. Cermatilah paragraf berikut! Valentino Rossi mengakui kalau dirinya mengalami kesulitan dalam menjaga motivasinya. (1) Kegagalannya merebut podium di beberapa bagian terakhir membuat ia semakin terpukul. (2) Pembalap Fiat Yamaha ini dijuluki The Doctor karena ia lebih unggul daripada pembalap Casey Stoner. (3) Casey Stoner mengaku semakin sulit menghadapi pembalap-pembalap dunia. (4) Pembalap Ducati itu begitu yakin bisa menjuarai GP Portugal. (5) Kalimat yang berisi perbandingan ditandai dengan nomor.... A. (1) C. (3) B. (2) D. (4) 25. Cermatilah paragraf berikut! (1) Laut kita adalah sawah ladang yang sungguh tak terkira nilainya, karena banyak potensi yang harus digali. (2) Tanpa harus mencangkul dan membajaknya, kita bisa memanen hasilnya kapan kita suka. (3) Laut pun tak meminta pupuk atau hama. (4) Lain halnya dengan perikanan darat. (5) Seandainya kita punya teknologi dan modal, musim barat dan timur bukan halangan. E. (5)

Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan

Pernyataan yang merupakan argumentasi terdapat pada kalimat nomor .... A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) 26. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!

E. (5)

(1) Sungguh hal itu hanya dilakukan dalam batas-batas yang wajar. (2) Sebab teman adalah teman kita yang paling dekat. (3) Memilih teman perlu dilakukan dengan terencana, tidak spontan. (4) Jika salah memilih teman maka kita akan gagal dalam menjalin persahabatan. (5) Namun bukan berarti dalam memilah teman harus meragukan semua orang.

Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi sebuah paragraf deduktif dengan urutan .... A. (3), (2), (4), (5), (1) B. (3), (2), (5), (4), (1) C. (4), (5), (1), (2), (3) D. (4), (5), (1), (3), (2) E. (5), (4), (3), (2), (1)

27. Bacalah penggalan puisi berikut dengan cermat! Dengan kasih sayang Kita simpan bedil dan kelewang Punahlah gairah pada darah Jangan Jangan dibunuh para lintah darat Ciumlah mesra anak jadah tak berayah Oleh : W. S. Rendra

Tema puisi tersebut adalah ... A. kasih sayang untuk menghindari kekerasan. B. lintah darat dan anak jadah tidak perlu disayangi. C. kasih sayang punah oleh sifat anarkis. D. kearifan hendaknya dipahami. E. bedil dan kelewang bukan simbol kasih sayang. 28. Cermatilah penggalan puisi berikut! Di atas Meja Karya Tedi S Di atas meja cangkir kosong Gelisah mengingatkan Tentang hidup yang percuma Di atas meja bungkus-bungkus rokok mengeluh Dan debu pada kertas Tak ramah lagi bicara

Penggalan puisi di atas menggunakan majas.... A. litotes C. metafora B. paradok D. personifikasi

E. tautologi

Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan

29. Bacalah penggalan novel berikut dengan saksama!

Kakek dan nenek meskipun tidak bersamaan keduanya sepakat mengajarku untuk mengerti bahwa kita tidak bisa hidup bersendiri, karena seseorang memerlukan orang lain untuk merasakan gunanya kehadiran masing-masing. Kelakuan yang sama harus pula ditunjukkan kepada semua mahluk termasuk binatang dan tumbuhtumbuhan. (Sebuah Lorong di Kotaku, Karangan N.H. Dini)

Amanat yang terdapat dalam penggalan novel tersebut adalah... A. Kakek dan nenek mengajarkan hakikat hidup. B. Sikap dan perlakuan yang baik harus ditunjukkan kepada binatang. C. Sebagai makhluk sosial, memerlukan pertolongan orang lain. D. Manusia itu tidak bisa hidup berdiri sendiri. E. Kita harus menyayangi hewan dan tumbuh-tumbuhan. 30. Cermatilah penggalan novel berikut! Taman sepi, Burung-burungbersiap tidur. Sepuluh menit yang lalu, lampu-lampu taman menyala serentak, tepat ketika jam besi di puncak gedung balai kota berdetang enam kali. Pohonan meremang dan berbagai dan berbagai jenis binatang malam keluar sarang, mencari, makan, menyambung hidup. Nyamuk-nyamuk mendenging tak henti, bak musik malam yang mengancam. (Dua Cinta, Karangan Riantiano) Latar penggalan novel di atas adalah ..... A. taman yang dipenuhi kicau burung yang bersiap tidur. B. taman yang dilengkapi dengan jam tangan. C. taman yang pepohonannya meremang karena rimbun. D. taman yang sepi karena menjelang malam. E. taman yang menjadi tempat nyamuk mencari makan. 31. Bacalah dengan cermat penggalan novel berikut! Seluruh peserta upacara tertawa. Anak-anak kelas XI yang lugu itu akhirnya diam juga setelah dipelototi oleh wali kelasnya. Gadis itu tersenyum dan kembali menatap bendera. Masih dalam posisi hormat. Dia ingat saat menonton perayaan seabad Kebangkitan Nasional di televisi tetangga. Berbagai budaya daerah dari Sabang sampai Merauke yang luar bisa indah dipertontonkan dengan megahnya. Unsur ekstrinsik yang terdapat pada penggalan cerpen tersebut adalah. A. social C. moral E. pendidikan B. patriotism D. budaya 32. Bacalah penggalan novel berikut dengan cermat! Hampir setiap subuh untuk mengawali hari cerah atau tersaput mendung, yang dilakukan nenek pertama kali adalah menjerang air penyeduh teh. Sesudah itu baru dibukanya kandang ayam si Burik dan si Jago beserta anak-anaknya. Beberapa genggam jagung ditaburkan untuk sarapan ayam-ayam itu.

Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan

Tahapan alur yang digunakan dalam penggalan novel tersebut adalah. A. pengungkapan peristiwa B. pengenalan situasi C. menuju terjadinya konflik D. puncak konflik E. penyelesaian 33. Bacalah dengan saksama penggalan naskkah drama berikut! Bu Purwo Mina Bu Purwo Mina Bu Purwo Mina : Ada apa, Mbok Mina? : Anu Bu..Anu.., saya sedang bingung.. : Ada apa kok bingung..? : Anak saya belum melunasi uang sekolah, sedangkan saya tidak mempunyai uang yang cukup. : Berapa semua biaya uang sekolahnya..? Mbok tak perlu sedih nanti saya yang akan lunasi semua. : Terima kasih Bu, sebelumnya. Semoga kebaikan Ibu dibalas oleh Gusti Allah.

Isi penggalan naskah drama tersebut adalah. A. perbincangan antara majikan dengan pembantu B. pembantu yang sedih karena tidak mempunyai uang C. pembantu yang memikirkan pembayaran sekolah anaknya D. majikan yang tidak mau tahu kesusahan pembantunya E. majikan yang baik hati karena memikirkan kebutuhan pembantunya 34. Bacalah penggalan naskah drama berikut! OB Manajer OB Manajer OB Manajer OB Manajer OB : Selamat pagi, Pak! : Selamat pagi! : Bapak mau minum kopi atau teh? : Kopi. : Ini Pak, kopinya. Silakan diminum! : (dengan nada agak marah) Kenapa kopinya tidak enak? Jangan semaunya kalau bikin kopi untuk saya! : Maaf pak.., saya ganti kopinya.., Bapak tunggu sebentar! : tak perlu. Aku tidak mau minum. : Dengan mengelus dada, sambil bergumam sabar! Sabar! Sabar!

Watak tokoh manajer pada naskah drama tersebut adalah. A. baik hati C. bijaksana E. penyabar B. rendah hati D. pemarah 35. Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama! Di era pasar bebas, produk dalam negeri harus mampu bersaing dengan produk luar negeri. Banyak produk kita yang punya tempat di hati konsumen mancanegara. Sebagai warga negara yang baik, tentunya akan merasa bangga bila menggunakan karya anak bangsa . Kalimat poster yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah A. Produk dalam negeri tidak kalah dengan produk luar negeri. B. Gunakan produk dalam negeri sekarang juga! C. Bangsa yang mandiri menggunakan produk dalam negeri. D. Produk dalam negeri mampu bersaing. E. Kini sudah saatnya kita menghargai karya sendiri!
Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan

36. Bacalah dengan cermat latar belakang proposal berikut! Pengrajin di desa Bulan lesu dan kurang bergairah karena kekurangan modal usaha. Pengrajin enggan untuk meneruskan usahanya. Kondisi ini mengakibatkan bertambahnya pengangguran di desa Bulan. Tujuan proposal di atas adalah A. memperbaiki perekonomian di desa Bulan. B. memberi bantuan kepada pengrajin di desa Bulan. C. mencegah adanya pengangguran di desa Bulan. D. meminta kepada pemerintah agar memberi bantuan permodalan kepada pengrajin. E. memberikan bantuan modal kepada pengrajin agar tidak terjadi pengangguran di desa Bulan. 37. Cermatilah judul proposal berikut!

Judul proposal Jenis Kegiatan

: Kegiatan Bulan Buku Nasional : (1) Pameran buku (2) Lomba pentas tari trasional (3) Bedah buku (4) Lomba berbalas pantun (5) Lomba membuat resensi

Jenis kegiatan yang sesuai dengan judul proposal tersebut adalah A. (1), (2), (4) C. (2), (3), (5) E. (3), (4), (5) B. (1), (3), (5) D. (2), (4), (5) 38. Perhatikan sistematika proposal berikut! Topik proposal: Peningkatan Gizi Anak Usia Dini di Kecamatan Suka Maju Kerangka Proposal: (1) Sasaran kegiatan (2) Tujuan kegiatan (3) Jadwal kegiatan (4) Latar belakang (5) Susunan panitia (6) Anggaran kegiatan Urutan yang tepat untuk sistematika proposal tersebut adalah A. (1), (2), (3), (4), (5), (6) B. (1), (2), (3), (4), (6), (5) C. (2), (1), (4), (5), (3), (6) D. (4), (2), (1), (3), (5), (6) E. (4), (2), (5), (1), (3), (6) 39. Penulisan alamat surat yang tepat adalah A. yth: Maria Jalan Melati V / 1 Jakarta Pusat

Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

10

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan

B. Kepada Yth, bapak Direktur PT Sejahtera Jalan Patriot 5 Jakarta Barat C. Yth. Bapak Darmawan Kepala SMK Kesatuan Jalan Empang Bahagia 10 Jakarta Barat D. Yth. Bapak Drs. Sutrisno Guru SMK cahaya Jl. Merpati 5 Jakarta Selatan. E. Yth: Amir Yahya Ketua Paguyuban Tingtang Jalan gunung 4 Jakarta Selatan 40. Bacalah informasi di bawah ini dengan saksama!

Lowongan pekerjaan Perusahaan bersekala nasional, memerlukan front office untuk wilayah Jakarta. Syarat dan ketentuan: - Wanita - Pendidikan minimal SMA/SMK - Umur maksimal 25 tahun - Berpengalaman minimal 2 tahun - Penampilan menarik Kirim lamaran ke: Siti Fatimah ( 085272282245 ), Jalan Merdeka 50 Jakarta Jakarta Pos, Senin, 30 November 2012

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang paling tepat berdasarkan informasi di atas adalah A. Setelah membaca iklan di harian Jakarta Pos, Senin, 30 November 2012, dengan ini saya mengajukan lamaran sebagai front office. B. Sesuai iklan yang dimuat, perkenankanlah saya mengisi lowongan di Harian Jakarta Pos, Senin, 30 November 2012. C. Sehubungan dengan pengumuman yang dipasang di Surat Kabar, saya melamar pekerjaan di Jakarta Pos, senin, 30 november 2012. D. Melalui surat ini saya melamar pekerjaan yang dibutuhkan oleh Jakarta Pos, Senin , 30 November 2012. E. Pengumuman iklan yang dipasang sudah saya baca. 41. Cermati penggalan surat permohonan izin berikut ini! Hari ini saya mohon izin karena harus mengantar anak saya ke rumah sakit untuk operasi. Saya mohon Bapak memakluminya. Kalimat penutup surat izin yang sesuai dengan isi penggalan surat tersebut adalah A. Untuk perhatiannya, diucapkan terima kasih. B. Untuk perhatian Bapak, diucapkan terima kasih.
Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

11

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan

C. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih. D. Atas izin Bapak, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. E. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih. 42. Cermati penggalan surat balasan lamaran pekerjaan berikut! Karena berkas surat lamaran Saudara tidak lengkap, terpaksa kami tolak. Perbaikan kalimat surat balasan lamaran pekerjaan di atas yang santun adalah A. Berkas surat lamaran pekerjaan Saudara tidak lengkap, terpaksa berkas Saudara kami kembalikan. B. Silakan ambil berkas surat lamaran pekerjaan Saudara, kami tidak membutuhkannya. C. Berkas surat lamaran pekerjaan Saudara kami tolak karena tidak memenuhin kriteria kami. D. Berkas surat lamaran pekerjaan saudara sudah kami terima. Mohon maaf, masih belum sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. E. Atas nama perusahaan, kami mohon maaf karena berkas surat lamaran pekerjaan Saudara kami tolak. 43. Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama! PT Buana Sakti mendapat pesanan 10 unit mesin jahit dari Butik Cantik. Barang tersebut sudah dikirim, ternyata ada 2 unit yang rusak. Setelah menerima telepon dari pihak Butik Cantik, direktur pemasaran membuat memorandum kepada kepala bagian pemasaran untuk memerintahkan pegawai ke Butik Cantik guna memeriksa mesin jahit tersebut. Kalimat memorandum yang sesuai dengan ilustrasi adalah A. Karena mesin jahit ada yang rusak, segera kirim pegawai untuk memperbaikinya. B. Segera kirim pegawai ke Butik Cantik untuk memeriksa mesin jahit yang rusak. C. Tolong kirim pegawai ke Butik Cantik karena ada mesin jahit yang rusak. D. Dimohon untuk datang ke Butik Cantik dan periksalah mesin jahit yang rusak. E. Saya menunjuk Anda untuk mengirim pegawai ke Butik Cantik guna memeriksa mesin jahit yang rusak. 44. Bacalah dengan saksama penggalan surat keluarga berikut! Saya mohon maaf belum sempat mampir ke rumah paman untuk menyampaikan pesan Bunda. Hal ini dikarenakan jadwal kuliah yang sangat padat. Saya sudah menyampaikan hal ini kepada paman, dan paman sudah memakluminya. Isi surat berita keluarga tersebut adalah A. Permintaan maaf seorang anak kepada bundanya karena belum sempat menyampaikan pesannya. B. Pesan bunda yang belum tersampaikan karena kesibukan anaknya di kampus. C. Seorang panman yang baik hati karena memaklumi kesibukan ponakannya di kampus. D. Seorang ibu yang memaafkan dan memaklumi kesibukan anaknya. E. Permintaan maaf seorang anak kepada pamannya karena belum menyampaikan pesan ibunya.

Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

12

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan

45. Cermati penggalan surat kuasa berikut! SURAT KUASA memberi kuasa kepada : nama : Prabowo pekerjaan : pengusaha jasa boga alamat : Jalan Delman No. 30, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan untuk mengambil uang sejumlah Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) di Bank Sejahtera dari nomor rekening 37.510.145 atas nama Irfan. .

Kalimat penutup yang tepat untuk mengisi rumpang pada surat kuasa tersebut adalah A. Demikian surat kuasa ini saya buat untuk diperhatikan dan dimanfaatkan. B. Demikian surat kuasa ini saya buat untuk diperhatikan oleh kedua belah pihak. C. Surat kuasa ini saya buat dengan sesungguhnya dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. D. Saya ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah bekerja sama. E. Semoga surat kuasa ini bermanfaat untuk pihak-pihak yang telah membantu. 46. Bacalah teks surat perjanjian jual beli berikut dengan saksama! SURAT PERJANJIAN JUAL BELI Pasal 2 Rumah dan pekarangan yang di jual berlokasi di Jalan Teratai No. 21, Depok dengan luas 200 meter persegi. Pasal 3 Pembayaran dilakukan secara bertahap selama 6 bulan. Pembayaran tahap pertama 1 minggu setelah transaksi. Pembayaran tahap selanjutnya diserahkan kepada pihak pembeli Pernyataan yang sesuai dengan isi surat perjanjian jual beli tersebut adalah A. Rumah yang jual seluas 200 meter persegi. B. Pekarangan yang dijual seluas 200 meter persegi. C. Rumah dan pekarangan yang dijual berada di lokasi yang berbeda. D. Pembayaran sudah harus dilunasi paling lambat 6 bulan setelah transaksi. E. Pembayaran tahap terakhir tergantung kesediaan pihak pembeli. 47. Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama! SMK Anak Bangsa merayakan ulang tahun ke-25. Berbagai lomba digelar untuk memeriahkan ulang tahun perak tersebut. Setiap kelas wajib berpartisipasi dengan mendaftarkan wakilnya ke panitia 1 minggu sebelum lomba dilaksanakan. Kalimat pengumuman yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah A. Diumumkan bahwa setiap kelas wajib mendaftarkan wakilnya 1 minggu sebelum lomba dilaksanakan. B. Diumumkan kepada seluruh siswa anak SMK Anak Bangsa agar mendaftarkan wakil kelasnya ke panitia 1 minggu sebelum lomba dilaksanakan. C. Diberitahukan agar seluruh siswa SMK Anak Bangsa mengikuti berbagai macam lomba. D. Seluruh siswa SMK Anak Bangsa diharapkan berpartisipasi memeriahkan ulang tahun ke25 SMK Anak Bangsa. E. Dalam rangka ulang tahun SMK Anak Bangsa, seluruh siswa wajib berpartisipasi memeriahkannya.

Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

13

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan

48. Cermati sumber kutipan berikut! Judul buku Nama pengarang Nama penerbit Tempat dan tahun terbit Halaman yang dikutip : Pendidikan Karakter : Abdulah Munir : Pedagogia : Yogyakarta, 2010 : 17

Penulisan catatan kaki yang tepat berdasarkan sumber kutipan tersebut adalah A. Abdulah Munir, Pendidikan Karakter, Yogyakarta (Pedagogia:2010), hlm.17. B. Munir, Abdulah, Pendidikan Karakter (Yogyakarta;Pedagogia,2010), hlm.17. C. Abdulah Munir, Pendidikan Karakter (Yogyakarta:Pedagogia,2010), hlm.17. D. Abdulah Munir,Pendidikan Karakter (Yogyakarta: Pedagogia, 2010), hlm.17. E. Munir,Abdulah. 2010. Pendidikan karakter (Yogyakarta:Pedagogia).hlm.17. 49. Bacalah dengan saksama catatan hasil rapat berikut! Catatan hasil rapat kegiatan bakti sosial di daerah korban banjir: (1) Kegiatan akan dilaksanakan pada 30 Januari 2014 (2) Barang-barang yang akan disumbangkan dikumpulkan kepada panitia paling lambat tanggal 20 Januari 2014. (3) Transportasi disediakan oleh sekolah (4) Sebaiknya pengurus OSIS dilibatkan selain peserta ekskul PMR. (5) Laporan kegiatan dibuat sehari setelah pelaksanaan bakti sosial.

Kalimat yang berisi saran dalam catatan hasil rapat tersebut ditandai dengan nomor. A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5) 50. Bacalah penggalan kata pengantar berikut! Penulis panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan praktik kerja industri. Penulis juga menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi sehingga laporan ini dapat penulis selesaikan tepat waktu. Inti penggalan kata pengantar tersebut adalah. A. ungkapan terima kasih penulis B. ungkapan puji syukur penulis C. pemberitahuan penulis kepada pembaca D. ungkapan puji syukur dan terima kasih penulis E. harapan penulis kepada pembaca

Soal TKM Bhs.Indonesia Kelas XII Des 13

14

Sudin Dikmen Kota Administrasi Jakarta Selatan