You are on page 1of 8

STRATEGI PELAYANAN KEBIDANAN DI KOMUNITAS PENDEKATAN EDUKATIF DALAM PERAN SERTA MASYARAKAT

OLEH KELOMPOK 1 KELAS IIC 1. Anggi Yara Lestari 2. Ani Mariani 3. Bq. Dewi Fitriani 4. Desi Ariana 5. Dewi Wulandari 6. Diyana Yanti 7. Doria Nurmala 8. Fitri Dwi Kayanti 9. Fitria Hayunisak Oemar 10. Hilda Fartija

11. Ika Apriliana

YAYASAN RUMAH SAKIT ISLAM NUSA TENGGARA BARAT SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN YARSI MATARAM PROGRAM STUDI KEBIDANAN JENJANG D.III MATARAM 2014

1

Memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat. 2009 ). Selain itu tujuan dari pendekatan edukatif adalah memberikan informasi. kelompok. 2 . 2009 ). Sedangkan definisi pendekatan edukatif dalam peran serta masyarakat secara khusus merupakan model dari pelaksanaan organisasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat dengan pendekatan pokok yaitu pemecahan masalah dan proses pemecahan masalah tersebut ( Ambarwati. masyarakat secara keseluruhan untuk memecahkan masalah yang dirasakan masyarakat dengan mempertimbangkan factor social. ekonomi. 2012 ). Mengembangkan kemampuan masyarakat untuk dapat memecahkan masalahnya sendiri secara swadaya dan gontong royong ( Syarifudin.PENDEKATAN EDUKATIF DALAM PERAN SERTA MASYARAKAT A. Tujuan Tujuan pendekatan edukatif dalam peran serta masyarakat menurut yaitu : 1. B. Definisi Definisi pendekatan edukatif dalam peran serta masyarakat secara umum adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara sistematis. memastikan pengetahuan dan pemahaman tentang perihal kesehatan. dan budaya setempat ( Ambarwati. terencana dan terarah dengan partisipasi aktif individu. serta membuat keputusan yang ditetapkan berdasarkan informasi yang ada ( Yulifah. 2. 2012 ).

mengajak masyarakat berfikir rasional dan meninggalkan pemikiran-pemikiran yang tidak rasional. 2012 ). Pendekatan berorientasi kepada suatu pemikiran.Untuk mewujudkan tujuan pendekatan edukatif dalam peran serta masyarakat dibutuhkan provider atau pelaksana. Bidan membantu masyarakat untuk menggali nilai dan sikap. Formal dengan surat resmi. melakukan perubahan tingkah laku. Masyarakat dibantu dalam menjalankan keputusan yang ditetapkan dan mengadopsi praktik kesehatan baru. 2012 ). b. tidak hanya memperoleh pengetahuannya saja ( Yulifah. Pendekatan pada tokoh masyarakat. Masyarakat dibantu untuk menjalani proses pembelajaran melalui siklus atau spiral pemecahan masalah yang terorganisasi berdasarkan pemikiran yang logis. Provider adalah sektor yang bertanggung jawab secara tekhnis terhadap program-program yang dikembangkan dalam pengembangan kemampuan masyarakat untuk dapat memecahkan masalahnya sendiri secara swadaya dan gontong royong ( Syafrudin. kognitif. C. 2012 adalah sebagai berikut : 1. yaitu perubahan tingkah laku yang tidak rasional menjadi tingkah laku yang rasional. a. seperti pada pendidikan kesehatan sekolah yang memasukan prilaku hidup sehat dalam kurikulum sekolah mulai tingkat dasar dengan harapan murid-murid sekolah akan mempelajari keterampilan hidup sehat sejak dini. Bidan sebagai provider. 3 . serta membuat keputusan mereka sendiri berdasarkan informasi tentang kesehatan yang disajikan. Langkah-Langkah Pendekatan Edukatif Langkah-langkah yang digunakan untuk melakukan pendekatan edukatif dalam peran serta masyarakat menurut Syafrudin. Non formal untuk penjagaan lahan.

e. Penyajian data pada waktu MMD yang berisi analisis situasi secara singkat.c. kematian. perencanaan. data khusus hasil pengamatan. Pengumpulan data primer dan sekunder. penyebab terjadinya masalah. dan evaluasi. perencanaan pelaksanaan. 3. Kunjungan rumah untuk menjelaskan maksud dan tujuan pengumpulan data. data tekhnis dengan kepentingan masing-masing sektor. tingkat dusun/lingkungan. perkawinan. data orang lain. Menjalin hubungan sosial yang baik dengan menghadiri upacara agama. pemasalahan. pelaksanaan dan evaluasi. analisis data. Komitmen bersama dari hasil kesepakatan MMM dalam suatu kebijakan alternatif pemecahan untuk perencanaan kegiatan. d. tingkat desa/kelurahan. 4 . Pendekatan tingkat desa dilakukan dengan pertemuan tersendiri dengan tokoh masyarakat. 2. data umum. Pengumpulan data untuk mencari kebutuhan yang real dan kebutuhan yang diinginkan masyarakat dalam rangka servei mawas diri ( SMD) c. d. diadakan pada waktu pertemuan tingkat kecamatan. Tatap muka antara provider dan tokoh masyarakat. Pertemuan provider dan tokoh masyarakat untuk menetapkan suatu kebijakan alternatif pemecahan masalah dalam rangka perencanaan. b. f. menumpang pada pertemuan lain seperti musyawarah masyarakat desa ( MMD) maupun pertemuan tingkat dusun/lingkungan. dan sumber daya manusia/kader kesehatan agar mau tahu dan mampu mengatasi masalahnya sendiri secara swadaya dan gotong royong dengan menggunakan metode berikut: a. dsb. Pendekatan kepada provider. data prilaku sesuai dengan masalah yang ada. Pengembangan masyarakat perlu dilakukan baik sumber daya alam/ potensi desa.

Langkah-langkah pengembangan provider : a. seminar. Pengumpulan data oleh sector kecamatan atau desa. Strategi Pendekatan Edukatif dalam Peran Serta Masyarakat Strategi dasar pendekatan edukatif menurut Ambarwati. data khusus dan data prilaku. Merupakan pengenalan situasi dan masalah menurut pandangan petugas atau provider. Tindak lanjut program pembinaanya dapat dilakukan dengan pertemuan berkala.e. D. provider mengadakan pembinaan ke desa agar mengubah sikap diri. pernyataan beberapa pejabat yang berpengaruh. Mengembangkan provider Perlu adanya kesamaan persepsi dan sikap mental positif terhadap pendekatan yang ditempuh serta sepakat untuk mensukseskan. b. provider dan kader mengadakan study banding ke desa lain. Bentuknya pertemuan perorangan. Tujuan yang akan dicapai adalah adanya kesepahaman. raker. musyawarah. Bertujuan menentukan untuk kebijakan mendapat nasional dukungan atau sehingga dapat regional. 2009 antara lain : 1. sebaiknya diadakan lomba penampilan antar dusun atau desa. dalam kelompok kecil. Berbentuk lokakarya. Pendekatan terhadap pelaksana dari sector di berbagai tingkat administrasi sampai dengan tingkat desa. Pada peringatan hari besar. Macan data yang dikumpulkan meliputi data umum. c. 5 . member dukungan dan merumuskan kebijakan serta pola pelaksanaan secara makro. Pendekatan terhadap pemuka atau pejabat masyarakat.

merencanakan alternative. Harapan dari pendekatan ini maka masyarakat secara sadar tanpa paksa dan berprilaku meningkatkan dan menjaga kesehatan dengan baik. pemuka masyarakat. Upaya agar masyarakat dapat berprilaku dengan membudayakan kesehatan maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan persuasi. bujukan. 2013 ). melaksanakan dan menilai usaha pemecahan masalah yang dilaksanakan. surve mawas diri. RS. Upaya motivasi kader hendaknya dikembangkan secara rasional atas dasar pertimbangan guna memenuhi kebutuhan para kader.2. maupun pemerintah melalui instansi terkait. Demikian juga yang tidak kalah pentingnya adalah motivasi para kader yang erat kaitannya dengan keberlangsungan desa siaga. Betapapun kader adalah juga manusia. penggerak awa adalah para petugas di dinas kesehatan kabupaten/kota. Dalam pelayanan kebidanan. perencanaan. pendekatan ini memerlukan kesabaran dan ketangguhan dari para petugas (penggerak). Pengembangan masyarakat Pengembangan masyarakat adalah menghimpun tenaga masyarakat untuk mampu dan mau mengatasi masalahnya sendiri secara swadaya sebatas kemampuan denganmelibatkan partisipasi aktif masyarakat untuk menentukan masalah. himbauan. 2013 ). ajakan. Sehingga harapannya dapat menurunkan masalah-masalah kesehatan yang masih umum terjadi di masyarakat ( Niken. serta puskesmas dan jaringannya ( Niken. pelaksanaa dan penilaian serta pemantapan dan pembinaan. member kesadaran melalui yang disosialisasikan secara langsung pada acara-acara kemasyarakatan atau melalui pemuka agama. karena mereka harus mengawal proses secara berkelanjutan hingga tercapainya kemandirian masyarakat di jajaran kesehatan. Langkahlangkahnya meliputi pendekatan tingkat desa. member informasi. yang 6 .

Kader yang mampu berprilaku hidup sehat tentunya dapat menjadi role mode di masyarakat dan secara tidak langsung merupakan bentuk dari pendekatan edukatif dengan menghadirkan contoh nyata yang dapat dilihat dan diteladani bersama ( Niken. Banyak kader yang masih disibukkan oleh upaya memenuhi kebutuhan dasarnya berupa pangan. walaupun tidak sedikit juga yang masih mulai berorientasi pada kebutuhan-kebutuhan social dan psikologis.memiliki kebutuhan-kebutuhan dalam hidupnya. 7 . sandang dan papan. 2013 ).

Syafrudin. Yogyakarta : Fitramaya. 8 . R dan Tri Johan AY. (2012) Kebidanan Komunitas. Yogyakarta : Nuha Medika. dkk. Jakarta : Salemba Medika. (2013) Kebidanan Komunitas.DAFTAR PUSTAKA Ambarwani. Jakarta : EGC. dkk. (2012) Asuhan Kebidanan Komunitas. Yulifah. (2009) Asuhan Kebidanan Komunitas. ER. Niken Mailani.