You are on page 1of 6

Panduan

PENDAMPINGAN dan EVALUASI
SMP-RSBI

Tahun 2011

DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT
BANDUNG, NOVEMBER 2011

I.

INSTRUMEN, PEMBOBOTAN, PENSKORAN, DAN PENILAIAN KINERJA SEKOLAH 1

untuk membangun konstruk variabel yang akan diukur pada umumnya dijabarkan dalam komponen. demikian juga untuk pengembangan instrumen kinerja sekolah Dalam konteks kinerja sekolah yang tolok ukur pen!apaiannya adalah pengayaan. kebijakankebijakan lain yang relevan dari Departemen Pendidikan "asional Di samping itu. perluasan dari S"P sesuai dengan standar internasional Penilaian kinerja keseluruhan merupakan jumlah setiap indikator ataupun aspek atau komponen. maka dalam penyusunan instrumen ini di samping didasarkan semua regulasi di atas.()**. Dalam upaya menggali data dan in#ormasi yang komprehensi# dalam kerangka pengambilan kebijakan pemerintah untuk melakukan pembinaan sekolah se!ara tepat. %entang Penyelenggaraan SBI.A. sebagai suatu ukuran kinerja sekolah Dalam merumuskan indikator-indikator ini digunakan kriteria$ a b ! d e # %eramati.()**. dan indikator. juga didasarkan atas PP "o 1'()*1*. aspek. PP "o -. kriteria ini menunjukkan bah&a setiap indikator yang dikembangkan harus relevan dengan harapan pihak yang berkepentingan di sekolah Representati#. Permendiknas "o '. kriteria ini menunjukkan bah&a setiap indikator yang dikembangkan harus me&akili aspek-aspek tertentu dari komponen kualitas sekolah Pengembangan instrumen penilaian dalam rangka penilaian kinerja perlu memperhatikan kepentingan penilaian kinerja sekolah Instrumen monitoring dan evaluasi ini disusun berdasarkan indikator-indikator standar keinternasionalan sekolah. kriteria ini menunjukkan bah&a setiap indikator yang digunakan sebagai a!uan pengembangan butir-butir penilaian harus dapat diamati substansi dan keberadaanya %erukur. dan untuk lebih mudah penghitungannya menggunakan skor komulati# indikator Indikator-indikator penilaian kinerja sekolah RSBI merupakan a!uan untuk mengembangkan butir-butir penilaian kinerja sekolah Indikator ini dijabarkan dari aspekaspek penilaian dan aspek-aspek penilaian dijabarkan dari komponen serta komponenkomponen dijabarkan dari S"P merupakan #okus penilaian. Instru !n Dalam kerangka pengembangan instrumen. maka dalam kegiatan M0 ini dipergunakan beberapa instrument untuk sasaran(responden yang berbeda-beda Beberapa instrument M0 tersebut adalah sebagai berikut$ ) . yang selanjutnya juga dikembangkan menjadi butir-butir pernyataan(pernyataan. /ebijakan Mandikdasmen tentang Penjaminan Mutu Penyelenggaraan SBI. . pendalaman. kriteria ini menunjukkan bah&a setiap indikator dapat diukur dan ditujukkan Praktis.. juga dikembangkan atas dasar pemahaman konsep manajemen pendidikan dan mempertimbangkan kondisi lapangan dalam praktik persekolahan Instrument dimensi keinternasionalan juga memuat indikator-indikator keinternasionalan yang dikembangkan dari setiap aspek standar nasional pendidikan.()**'. PP "o +. kriteria ini menunjukan bah&a dari setiap indikator harus dapat diturunkan butir-butir penilaian yang akan digunakan sebagai alat untuk menilai kinerja sekolah Relevan.

di samping itu juga untuk melengkapi instrument kinerja sekolah. untuk mengetahui potret sekolah 1dilihat se!ara kuantitati#2 sebagai data pendukung penilaian kinerja sekolah B. keberadaan. / St$n%$r P!n%(%('$n Standar Isi Standar Proses Standar /ompetensi 5ulusan Standar Pendidik dan %endik Standar Sarana dan Prasarana Standar Pengelolaan Standar Pembiayaan Standar Penilaian Pendidikan B"#"t 1+ 14 1+ 14 1) 11 1* 11 1** 0. adalah sebagai berikut$ • Butir pertanyaan(pernyataan yang dija&ab a memperoleh skor 6 • Butir pertanyaan(pernyataan yang dija&ab b memperoleh skor 6 + • Butir pertanyaan(pernyataan yang dija&ab ! memperoleh skor 6 ) • Butir pertanyaan(pernyataan yang dija&ab d memperoleh skor 6 1 Petugas diminta melingkari atau memberikan tanda silang atau memberikan tanda 6 pada alternatif-alternatif jawaban dan pada huruf di depan kalimat pertanyaan atau + . As&!' %$n In%('$t"r K!(nt!rn$s("n$)$n 3dapun besarnya bobot tiap standar pendidikan adalah sebagai berikut$ %abel . !. B"#"t St$n%$r. b. yaitu untuk mengetahui kinerja sekolah. K" &"n!n.1 InInstrumen yang si#atnya tertutup 1dengan butir-butir pertanyaan(pernyataan yang diberikan alternatip ja&aban2. yaitu a. dengan ketentuan empat opsi ja&aban untuk skor setiap opsi minimal 1 dan maksimal -. . dan d. baik dokumen dalam kerangka pemenuhan I//% yang pertanyaannya dijadikan satu dalam instrumen kinerja sekolah + Instrumen yang bersi#at terbuka dan dipergunakan untuk mengungkap #akta se!ara kualitatif. butir-butir yang berupa pernyataan maupun pertanyaan yang si#atnya tertutup Masing-masing pertanyaan atau pernyataan diberikan empat 1-2 opsi ja&aban. P!ns'"r$n But(r P!rt$n1$$n2P!rn1$t$$n Instru !n K(n!r3$ S!'")$4 %$n D"'u !n P"rt"5")(" Instrumen kinerja sekolah ini terdiri dari sejumlah butir sebagaimana disebutkan sebelumnya. dan kelengkapan dokumen portofolio.Pembobotan unsure-unsur N" 1 2 * + . termasuk dokumen sekolah juga Profil sekolah. yaitu pemenuhan dimensi keinternasionalan 1Indikator /inerja /un!i %ambahan(I//%2 ) Instrumen lain untuk menilai kondisi.

%I/. Contoh pengisian instrument kinerja sekolah: INDIKATOR BERTARA7 INTERNASIONAL NO ITEM PERTAN8AAN2PERN8ATAAN RSBI2SBI 9IKKT: SKOR 1 Dasar-dasar peren!anaan pengembangan atau penyusunan silabus maple bertara# internasional 1 Dasar-dasar yang dipergunakan untuk membuat peren!anaan pengembangan atau penyusunan silabus untuk semua mapel bertara# internasional di sekolah adalah$ 6 112 pengayaan S/5 bertara# internasional.4 . 1 2 * + KRITERIA PENSKORAN 5engkap atau ada sebanyak antara 1'7-1**2 8 9ukup lengkap atau ada sebanyak antara 141-'42 8 /urang atau ada sebanyak antara 1)7-4*2 8 Sangat kurang atau ada sebanyak : )7 8 atau tidak ada SKOR + ) 1 Contoh-contoh pengisian instrumen 1. dan P%D.. tetapi sebatas ada atau tidak dan seberapa besar(banyak dokumen tersebut lengkap /riteria pemberian skore dokumen porto#olio se!ara rin!i adalah$ %abel 7 /riteria penilaian dokumen porto#olio NO.Dokumen Peren!anaan Proses Pembelajaran$ a . maka pemberian skorenya dengan rentangan minimal 1 dan maksimal .Makin lengkap dokumennya. dan 1+2 panduan penyusunan /%SP.*-. IP3. Contoh pengisian instrumen dokumen portofolio 7. maka makin besar skornya Penskoran dokumen tidak mempertimbangkan mutu atau kualitasnya. 8 d : '* 8 Dokumen Pelaksanaan Proses Pembelajaran$ 6 2 - . Bhs Inggris. untuk mata pelajaran Matematika. 6 1)2 pengayaan SI. 8 ! '*-'.pernyataan sesuai dengan kondisi(#akta yang ada. yaitu telah memenuhi$ a + unsur * b ! d 6 ) unsur 1 unsur %idak ada 2.*-1** 8 * b . DOKUMEN . selanjutnya memberikan skor dan memasukkan dalam kolom skor I//% Demikian juga untuk instrument dokumen porto#olio.

). dengan rumus$ "i 1..< 6 . P!r4(tun.*-1** 8 . P!r4(tun.a b . 6 1)2 pengayaan SI.). D. 8 : '* 8 Penjelasan: . 8 ! d 6'*-'. sehingga diperoleh nilai dokumen proto#olio keinternasionalan disingkat "DP/ 4 6 "S/ 1 > "S/ ) > "S/ + > "S/ - .umlah skor = Bobot tiap indikator D. sebagai bukti #isik dari setiap indikator yang ada dalam setiap standar keinternasionalan ) Pembobotan dokumen proto#olio dari setiap standar keinternasionalan yang terdiri dari beberapa indikator adalah S3M3 dengan instrument kinerja keinternasionalan + 9ara atau langkah-langkah dalam menghitung dan menentukan nilai dokumen dari masing-masing standar sama dengan ketika menghitung kinerja sekolah. mendukung.umlah "I 7.$n N()$( D"'u !n P"rt"5")(" 9ara atau langkah-langkah dalam perhitungan nilai dokumen porto#olio memenuhi ketentuan sebagai berikut$ 1 Indi!ator-indikator dari nilai kinerja dipergunakan sebagai dasar untuk melihat dokumen yang relevan. P!r4(tun. P!r4(tun.$n N()$( In%('$t"r ME "ilai indikator 1"i2 diperoleh dengan langkah-langkah sebagai berikut$ 1 %iap pernyataan(pertanyaan diberikan skor sesuai #akta di lapangan 1diperoleh skore(pertanyaan2 ) Menjumlahkan tiap penskoran dari tiap pertanyaan(pernyataan dari tiap indikator 1diperoleh jumlah skor(indikator2 + Menghitung "i tiap indikator.$n N()$( &!r St$n%$r K!(nt!rn$s("n$)$n "ilai &!r St$n%$r K!(nt!rn$s("n$)$n dapat diperoleh dengan menjumlahkan nilai tiap indikator.*-.< 6 .$n N()$( K(n!r3$ K!(nt!rn$s("n$)$n 9NKK: "ilai "// dapat diperoleh dengan rumus$ "// > "S/ 4 > "S/ 7 > "S/' > "S/ . dengan rumus$ "S/1. G.enis dokumen kelompok(gabungan$ "o 1  diberikan skor + berarti dokumen dasar-dasar yang dipergunakan untuk membuat peren!anaan pengembangan atau penyusunan silabus untuk semua mapel bertara# internasional di sekolah adalah memenuhi $ 6 112 pengayaan S/5 bertara# internasional. yang berarti cukup lengkap.

4* dibulatkan menjadi 1? b jika sama dengan *.*8 dan "DP/ sebesar )*8 Sehingga nilai RSBI adalah$ "ilai RSBI 6 1"// = .*82 > 1"DP/ = )*82 "ilai RSBI dituliskan dalam bentuk bilangan bulat tanpa koma pembulatan "ilai RSBI adalah sebagai berikut$ a jika lebih dari *.4* dibulatkan menjadi 1? dan ! jika kurang dari *. dimana masing-masing bobotnya adalah $ "// sebesar .$n N()$( RSBI 1 "ilai RSBI adalah merupakan nilai gabungan antara nilai kinerja sekolah keseluruhan dengan nilai dokumen proto#olio.4* dibulatkan menjadi * /etentuan ) 7 . P!r4(tun.B.