BAB I

ALGA
Pengertian
Algae merupakan sekelompok organisme autotrof yang tidak memiliki organ dengan perbedaan fungsi yang nyata. Alga bahkan dapat dianggap tidak memiliki "organ" seperti yang dimiliki tumbuhan (akar, batang, daun, dan sebagainya). Karena itu, alga pernah digolongkan pula sebagai tumbuhan bertalus.

Morfologi
Banyak spesies ganggang terdapat sebagai sel tunggal yang dapat berbentuk bola, batang, gada, atau kumparan. Dapat bergerak atau tidak. Beberapa koloni merupakan agregasi (kumpulan) sel-sel tunggal identik yang saling melekat setelah pembelahan; yang lainlain terdiri dari berbagai ma am sel yang berfungsi khusus. !ang lain lagi multiselular dan berukuran besar serta rumit morfologinya. Algae, sebagaimana protista eukariotik yang lain, mengandung nu leus yang dibatasi membran. Benda-benda lain yang ada di dalamnya ialah pati dan butir-butir seperti pati, tetesan minyak, dan "akuola. #etiap sel mengandung satu atau lebih kloroplast, yang dapat berbentuk pita atau seperti akram- akram diskrit )satuan-satuan tersendiri) sebagaimana yang terdapat pada tumbuhan hi$au. Di dalam matriks kloroplas terdapat gelembung-gelembung pipih bermembran yang dinamakan tilakoid. %embran tilakoid berisikan klorofil dan pigmen-pigmen pelengkap yang merupakan situs reaksi ahaya pada fotosintesis.

&

. Ada berma am-ma am tipe morfologi yang lain pada ganggang hi$au dari sel tunggal sampai kepada yang membentuk koloni. Chlorophycophyta (ganggang hijau) Kelompok organisme yang besar lagi beragam ini. *anggang hi$au berkembangbiak dengan membelah. Banyak ganggang hi$au uniseluler dapat bergerak-gerak karena adanya flagella. Beberapa spesies dilengkapi alat pelekap untuk men$angkarkannya pada benda-benda yang terendam air atau tumbuhan air. terutama terdiri dari spesies-spesies air ta'ar. dan beberapa lagi di darat. (alaupun demikian. .Klasifikasi Alga  Chlorophycophyta  Chrysophycophyta  Bacillariophycophyta  Euglenophycophyta  Cryptophycophyta  Pyrrophycophyta  Xanthophycophyta 1. beberapa spesies di$umpai dalam air laut. dengan pembentukan +oospora aseksual berflagela. atau se ara seksual yaitu isogami dan heterogami. disebut algae hi$au. #ebagian besar ganggang hi$au mengandung ) kloroplas per sel yang a ap kali berisikan pusat-pusat pembentukan pati yang dinamakan pirenoid.

eproduksi pada umumnya dengan ara pembelahan biner tetapi terkadang se ara seksual dengan isogami. Dalam di"isi ini $uga ter akup kokoid dan bentuk filamed yang non-motil. tetapi beberapa diantaranya ameboid oleh adanya perluasan pseudopodial protoplasmanya. Chrysophycophyta %erupakan kelompok ganggang oklat keemasan. . / .. (arna khas krisofit disebabkan karena klorofilnya tertutup pigmen-pigmen ber'arna oklat. #pesies-spesies -hrysophy ophyta sebagian besar berflagela. tetapi beberapa membentuk koloni. -hrysophy ophyta berbeda dengan ganggang hi$au karena seringnya ter$adi penggabunagn silika ke dalam dindingnya atau sebagai sisik. Bentuk ameboid yang bugil ini dapat menelan makanan berbentuk partikel dengan bantuan pseudopodia. Kebanyakan spesies adalah uniseluler.

Diatom dapat uniselular. Karena banyak sekali $umlahnya di perairan dingin. Beribu-ribu spesies diatom menyebabkan tersedianya bahan makanan yang selalu ada dan dalam $umlah sangat besar bagi he'an-he'an air. maka diatom merupakan bentuk plankton yang $umlahnya paling banyak di Arktik. Bacillariophycophyta Kelompok ini terdiri dari diatom-diatom yang terdapat baik dalam air ta'ar maupun air asin serta dalam tanah lembab. berkoloni.!.atau berbentuk filamen dan di$umpai dalam berbagai bentuk dan rupa. #etiap sel mengandung satu nukleus yang nyata serta plastid-plastid yang masih berbentuk pita atau seperti lensa yang lebih ke il. 0 .

#el Euglena tidak kaku. Euglena tersebar luas dan terdapat di tanah maupun air dan membentuk selaput seperti beludru. #ista Dorman terbentuk dari semua $enis. #el membelah se ara membu$ur. mempunyai dua flagela tak sama. #. #ebagian besar Euglena dapat mengasimilasi substansi organik selama fotosintesis.iri seperti he'an dan tumbuhan. Euglenophycophyta *anggang uni seluler ini bergerak se ara aktif dengan flagela.". Biasanya sel-selnya memipih. tidak mempunyai dinding sel yang berisikan selulose. beberapa berdinding dan yang lain bugil. Beberapa $enis bahkan dapat menelan makanan berbentuk partikel melalui lubang-lubang sementara yang berdekatan dengan kerongkongan tadi. . Cryptophycophyta Algae ini dinamakan kriptomonad. -adangan makanan disimpan sebagai pati. berbentuk sandal dan di$umpai sendiri-sendiri. bereproduksi dengan pembelahan biner membu$ur.eproduksi seksual belum diketahui. 3 . %embran luarnya lentur dan dapat direnggangkan. -iri. %empunyai 1kerongkongan2 anterior meskipun tidak digunakan untuk menelan makanan berbentuk partikel "akuola kontraktil melemparkan +at-+at buangan ke dalamnya.

umpamanya gym nodinium. dan fitodinad. . 5 . !ang lain-lain. yang motil. Beberapa dinoflagelata mempunyai dinding sel yang nyata yang terdiri atas lempengan-lempengan yang dapat mengandung selulose. tidak berdinding sel. yang non motil tetapi membentuk +oospora dengan flagela.eproduksi sebagian besar dengan pembelahan sel aseksual. #ebagai biakan pokok dari plankton. Pyrrophycophyta Di"isi ini meliputi dinoflagelata. Beberapa genus (umpamanya *onyaula4) dapat di$umpai sebaga pertumbuhan masif yamg dinamakan blooms atau red tides (pasang merah) di alam sekitar lautan. dinoflagela hidup dalam air ta'ar maupun air asin. Baik dinoflagelata maupun +oospora fitodinat mempunyai flagela yang keluar dari titik yang sama pada selnya.$.

dan diding selnya kerap kali berisikan silika. 6uga ada yang tidak motil. Xanthophycophyta rhysophy ophyta *anggang hi$au-kuning ini dapat menggambarkan keadaan diantara dan hlorophy ophyta se ara khas selnya yang motil mempunyai dua flagela tak sama pan$ang.%. 7roduk adangannya adalah minyak. *enus dalam defisi ini dapat uniseluler membentuk koloni. atau berbentuk tabung (tubular). 8 . berfilamen.

maka proses tersebut dinamakan isogami. : .eproduksi aseksual men akup pembelahan biner seperti pada bakteri.&iken (lu'ut kerak) 9umut kerak atau liken merupakan organisme komposit yang terdiri dari ganggang atau sianoba terium dan enda'an yang tumbuh bersama dalam simbiosis(hidup bersama antara dua atau lebih organisme). dan bila gamet-gamet tersebut berbeda morfologinya maka proses ini dinamakan heterogami. namun banyak pula spesies alga yang mempunyai daur hidup yang rumit men akup dua ma am reproduksi tersebut. . Beberapa spesies terbatas pada salah satu proses tersebut. 6ika gamet-gamet tersebut morfologinya serupa.eproduksi seksual pada alga men akup proses konyugasi gamet(sel seks) sehingga menghasilkan zigot. . BAB II Reproduksi Alga Algae berkembang biak se ara seksual atau aseksual.

om )@ . atau bentuk-bentuk multiselular lainnya. Bold< Algae and =ungi. '''. Klasifikasi algae didasarkan pada beberapa kriteria.Kesi'pulan( Algae adalah organisme prokariotik eukariotik fotosintetik aerobik. Be k. Diantaranya yang terpenting adalah ma am pigmen. #ebagai ontoh. yang lain adalah makroskopik.? Da"ies< %edi al 7arasitology. enda'an dan simbion BAB III DAFTAR PUSTAKA Ale4opoulos. Algae dapat uniselular atau multiselular dan dapat tertata dalam koloni.. meskipun $umlah ini ber"ariasi menurut ahli yang berbeda. 9ouis. %osby..(. ):53. filamen. dan pigmen-pigmen fotosintetik lain.. . #t.abitat algae dimana-dimana selama tersedia ahaya matahari bersama-sama dengan kelembapan dan nutrien sederhana.6. google. klorofil-klorofil lain. Beberapa algae hidup bersimbiosis dengan organisme hidup lainnya. Algae pada umumnya dibagi men$adi sembilan difinisi utama. -. liken adalah suatu organisme komposit yang terdiri dari fotosintetik. >e' !ork. %a millan. se$enis algae atau sianokbakterium.-. 7igmen-pigmen tersebut terletak di dalam kloropas. dan 6. dan sifat flagelasi. sifat produk adangan. ):35.. &d ed. 6. dan . %ereka mengandung klorofil a. Beberapa adalah mikroskopik.