RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata pelajaran Kelas/Semester Materi Pokok Alokasi Waktu : SMA

: Matematika : X/1 (satu) : Barisan dan Deret : 2 x 45 Menit

A. Kompetensi Inti 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,

prosedural berdasarkan rasa ingin tahuya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar 1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan, bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah. 2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berprilaku jujur tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika. 2.3 Menunjukkan sikap bertanggungjawab, rasa ingin tahu, jujur dan prilaku peduli lingkungan.

Barisan Aritmatika b. Mengidentifikasi pola barisan. Konsep Barisan dan Deret Aritmatika a. 2. dapat bekerjasama dan terlibat aktif. Pola Barisan dan Deret 2. Metode pembelajaran Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan scientific dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggabungkan metode ceramah. Tujuan pembelajaran Melalui kegiatan diskusi dan model discovery learning dalam pembelajaran Barisan dan Deret diharapkan siswa menjadi disiplin. deret aritmetika. 4.8 Memprediksi pola barisan dan deret aritmetika dan geometri atau barisan lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya. deret aritmetika. Menemukan pola barisan dari suatu barisan 2. Materi Pembelajaran (Terlampir) Barisan dan Deret 1. serta siswa dapat: 1. Indikator Pencapaian Kompetensi 1. tanya jawab dan diskusi. Mengidentifikasi barisan dan deret aritmetika serta menerapkannya dalam menyelesaikan permasalahan sederhana E. C. Induksi Matematika c. menemukan pola barisan dan deret dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.8 Menyajikan hasil. . deret geometri dan barisan lainnya dalam menyelesasikan masalah sederhana. D.3. Menerapkan konsep pola barisan. Deret Aritmatika F. deret geometri dan barisan lainnya berdasarkan ciri-cirinya.

12. Siswa mempresentasikan hasil diskusi kegiatan 2. Dengan diskusi siswa melakukan kegiatan 2 pada LAS-2 (Konsep Barisan dan Deret Aritmatika). Guru membagikan LAS-1 (Pola Barisan dan Deret) untuk didiskusikan oleh siswa. Dengan tanya jawab guru membahas hasil presentasi siswa. siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana mendapatkan penulisan pola Pendahuluan barisan dan deret 3. Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis. 5. 4. dan menemukan konsep barisan dan deret aritmatika. 2. Siswa bersama guru menyimpulkan pola barisan dan deret 13. Dengan aktif siswa mencermati dan mengamati Lembar Kerja Siswa yang telah dibagikan guru. Guru memberikan gambaran tentang pola barisan dan deret melalui contoh kontekstual. 6. 1. 10.G. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Alokasi Waktu : ke 1 : 2 x 45 menit Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu 1. 7. Siswa bersama sama dengan Guru menyimpulkan Pola Barisan dan Deret. 2. Siswa mengamati dan menganalisis fakta yang ada di kegiatan 2 dan menyelesaikannya. Guru memberikan contoh soal berkaitan dengan pola 10 menit 5 menit 25 menit Kegiatan Inti 30 menit . Dengan tanya jawab guru membahas hasil kegiatan 1 pada LAS. 11. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 anggota. Siswa bekerjasama dalam satu kelompok untuk menyelesaikan kegiatan 1 pada LAS. 8. 3. siswa menalar untuk menarik simpulan dari kegiatan tersebut. 9. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menemukan pola barisan dan deret. Dari data yang diperoleh dari kegiatan 1.

Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.Kegiatan Deskripsi Kegiatan barisan dan deret 14. siswa diminta menyimpulkan tentang pengertian bilangan bentuk akar 2. Sikap a. Buku Paket Matematika kelas X Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2013 b. Terlibat aktif dalam pembelajaran barisan dan deret b. Matematika Kelas X Penerbit Erlangga I. Siswa diingatkan untuk mempelajari materi konsep persamaan dan fungsi kuadrat yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. Lembar Penilaian 2. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. Guru memberikan 2 soal untuk dikerjakan siswa dan dikumpulkan 1. c. Sumber Belajar a. Teknik Penilaian Pengamatan Waktu Penilaian Selama pembelajaran dan saat diskusi . Prosedur Penilaian: No Aspek yang dinilai 1. Guru memberikan soal Uji Kompetensi 2 Buku Matematika X halaman 213 15. Dengan bimbingan guru. Lembar Kerja Siswa b. Alat/media Pembelajaran a. Alat/Media/Sumber Pembelajaran 1. tes tertulis 2. Alokasi Waktu 10 menit Penutup 10 menit H. Teknik Penilaian: pengamatan. Guru memberikan tugas PR halaman 220 3. Penilaian Hasil Belajar 1.

Teknik Penilaian Pengamatan dan tes Waktu Penilaian Penyelesaian tugas individu dan kelompok 3.No Aspek yang dinilai 2. S.Pd NIP 199308252013032006 Ivania Qanita Rahmah.Pd NIP 199310042015011008 . M. Pengetahuan a. Menjelaskan kembali pola barisan dan deret b. 10 Oktober 2013 Guru Mata pelajaran. Keterampilan a. M. Jakarta. Reyhan Mauluddi. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan barisan dan deret Pengamatan Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi (LAS/LKS dan Instrumen Penilaian Terlampir) Mengetahui Kepala Sekolah. Menemukan pola barisan dan deret secara tepat dan kreatif.

4. 25. 16. K1 K2 K3 K4 K5 1 4 9 16 25 Dapatkah kamu temukan bilangan berikutnya pada barisan tersebut? Dapatkah kamu temukan pola barisan tersebut? Tentukan banyak kelereng pada kelompok ke-15? .Lampiran 1 LEMBAR AKTIVITAS SISWA ( LAS-1) Pecahkan permasalahan berikut! Beberapa kelereng dikelompokkan dan disusun sehingga setiap kelompok tersusun dalam bentuk sebagai berikut: Kelereng dihitung pada setiap kelompok dan diperoleh barisan: 1. 9.

jumlah kain batik untuk bulan berikutnya akan 3 lebih banyak dari bulan sebelumnya. pada bulan berapakah Mbak Tini menyelesaikan 63 helai kain batik? . Mbak Tini. ia dapat menyelesaikan 6 helai kain batik berukuran 2.LEMBAR AKTIVITAS SISWA ( LAS-2 ) Pecahkan permasalahan berikut! 1. Permintaan kain batik terus bertambah sehingga Mbak Tini harus menyediakan 9 helai kain batik pada bulan kedua.5 m selama 1 bulan. Jika tinggi satu buah anak tangga adalah 20 cm. Dengan pola kerja tersebut. Dia menduga.4 m x 1. berapakah tinggi tangga jika terdapat 15 buah anak tangga? Tentukan pola barisan? 2. seorang pengrajin batik di Gunung Kidul. dan 12 helai pada bulan ketiga.

Sikap No Nama Siswa KB 1 2 3 4 Aktif B SB Bekerjasama KB B SB KB Toleran B SB . Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran 2. Penilaian sikap LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP Mata Pelajaran Kelas/Semester Tahun Pelajaran Waktu Pengamatan : Matematika : X/1 : 2013/2014 : 2 x 45 menit Indikator sikap aktif dalam pembelajaran Barisan dan Deret 1. 3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten 3. Indikator sikap disiplin dalam proses pembelajaran. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap disiplin 2. Sangat baik jika menunjukkan sikap disiplin secara terus menerus. 3. Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan. 1.Instrumen Penilaian Hasil belajar A. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap disiplin tetapi belum konsisten. 2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama tetapi belum konsisten. 1. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan konsisten Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok. Sangat baik jika menunjukkan ada usaha bekerjasama secara terus menerus dan konsisten.

Penilaian Pengetahuan Soal Tugas Mandiri Jawablah soal berikut dengan jelas dan benar! 1. Tentukan suku ke-8 5. Hitung jumlah tak berhingga suku deret konvergen Pedoman Penskoran: No 1 Uraian Langkah Jawaban Skor 1 1 1  1 1 Total (5) 2     1 1 1 1 1 Total (5) 3    1 1 1 1 1 . Pada deret aritmetika dengan suku pertama 4 dan beda 3 hitung jumlah sepuluh suku yang pertama 3.B. Diketahui barisan geometri 4. Hitung suku ke-17 pada barisan aritmetika dengan suku ke-5 dan ke-6 masing-masing 20 dan 24 2. Hitung .

Total (5) 4 1     1 1 1 1 Total (5) 5    Skor Maksimal Nilai = 1 1 1 1 Total (4) 24 .

jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan barisan geometri serta menyelesaikan dengan tepat.LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN Mata Pelajaran /Semester Tahun Pelajaran Waktu Pengamatan : Matematika : X/1 : 2013/2014 : 2 x 45 menit Indikator terampil menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmatika: 1. Terampil jika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan barisan geometri tetapi belum tepat. Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan barisan geometri 2. 3. Sangat terampill. Keterampilan No Nama Siswa Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah KT 1 2 3 4 5 6 T ST . Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

Pd NIP 199310042015011008 . S.Pd NIP 199308252013032006 Ivania Qanita Rahmah. M. 10 Oktober 2013 Guru Mata pelajaran. M. Jakarta.7 8 9 Mengetahui Kepala Sekolah. Reyhan Mauluddi.

Related Interests