Sebuah Tinjauan Integratif Efek Samping Terkait Dengan Penggunaan Magnesium Sulfat Untuk Manajemen Preeklampsia Dan Eklampsia

Abstrak Latar belakang Pre-eclampsia/eclampsia adalah salah satu penyebab paling umum dari morbiditas maternal dan perinatal dan kematian di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.Magnesium sulfat merupakan obat pilihan untuk pencegahan kejang sebagai bagian dari manajemen yang komprehensif dari penyakit.Meskipun bukti kuat untuk efektivitas magnesium sulfat, kekhawatiran sudah diungkapkan tentang keamanan dan potensi toksisitas, khususnya di kalangan penyedia layanan di negaranegara berpenghasilan rendah dan menengah.Tujuan dari kajian ini adalah untuk menentukan apakah literatur yang diterbitkan dalam pengaturan global ini mendukung kekhawatiran tentang keamanan penggunaan magnesium sulfat. Metode Sebuah kajian integratif literatur dilakukan untuk mendokumentasikan insiden diketahui reaksi dampak buruk terhadap magnesium sulfat, dan hasil tertentu yang menarik yang berhubungan dengan penggunaannya.Semua jenis studi klinis prospektif dimasukkan jika magnesium sulfat digunakan untuk mengelola preeklampsia atau eklampsia, studi ini dilakukan di negara berpenghasilan rendah dan menengah, dan studi termasuk rekaman dari kejadian efek samping yang merugikan akibat dari magnesium sulfat digunakan.

1

Hasil Sebanyak 24 studi yang membandingkan rejimen sulfat magnesium terhadap rejimen obat lain dan efek samping diperiksa antara 34 kelompok mata pelajaran yang disertakan.Tingkat keseluruhan patela refleks hadir di antara semua wanita 9556 agregat adalah 1,6%, dengan kisaran 0-57%.Tingkat keseluruhan dari depresi pernafasan dalam 25 kelompok mata pelajaran di mana hasil ini dilaporkan adalah 1,3%, dengan kisaran 0-8,2%.Keterlambatan dalam administrasi ulangi dari magnesium sulfat terjadi pada 3,6% kasus, dengan kisaran 0-65%.Kalsium glukonat diberikan pada tingkat keseluruhan kurang dari 0,2%.Hanya ada satu kematian ibu yang disebabkan oleh penulis penelitian penggunaan magnesium sulfat antara 9556 wanita di 24 studi. Kesimpulan Kekhawatiran tentang keselamatan dan toksisitas dari penggunaan magnesium sulfat harus diatasi dengan temuan dari tinjauan integratif ini, yang menunjukkan insiden rendah efek samping yang paling parah, didokumentasikan dalam studi yang menggunakan berbagai rejimen obat standar dan dimodifikasi.Efek samping perhatian penyedia jarang terjadi, dan ketika mereka terjadi, penundaan administrasi ulangi umumnya cukup untuk mengurangi efek.Skrining dini dan diagnosis penyakit, pengobatan yang tepat dengan obat terbukti, dan kewaspadaan yang wajar untuk wanita di bawah perawatan harus diadopsi sebagai kebijakan dan praktek global. Kata kunci: Pre-eklampsia, Eklampsia, Magnesium sulfat, Side efek

2

Secara global. Magnesium sulfat merupakan obat pilihan untuk pencegahan kejang pada wanita preeklampsia. dan pencegahan kejang berulang pada wanita dengan eklampsia. dan sebesar 67% bila dibandingkan dengan fenitoin[ 8 ].Pengobatan definitif PE / E adalah pengiriman janin.Latar belakang Pre-eclampsia/eclampsia (PE / E) adalah gangguan multisistem yang mengancam jiwa yang mempengaruhi 2 . Manifestasi berat pre-eklampsia harus diperlakukan sesuai dengan rekomendasi World Health Organization [ 7 ]. 2 ] yang memiliki pengaruh besar pada kesehatan ibu dan bayi baru lahir.6 ]. Eklampsia Percobaan Collaborative Group melaporkan bahwa ketika magnesium sulfat digunakan untuk pengobatan resiko kejang berulang pada wanita dengan eklampsia berkurang sebesar 52% bila dibandingkan dengan diazepam. pengelolaan hipertensi akut dan pencegahan kejang pada wanita dengan pre-eklampsia.Pada tahun 2002. sekitar 63.Temuan dari tinjauan Cochrane baru-baru ini[ 10 ] juga mendukung penggunaan magnesium sulfat sebagai 3 . seperti yang ditunjukkan dalam dua studi klinis besar.000 perempuan meninggal setiap tahun dari PE / E yang menyumbang sekitar 9% dari kematian ibu di Asia dan Afrika dan sekitar seperempat dari kematian ibu di Amerika Latin dan Karibia[ 1 . atau pencegahan terulangnya kejang pada wanita eklampsia.PE / E adalah salah satu penyebab paling umum dari morbiditas maternal dan perinatal dan kematian di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah[ 3 ].Manajemen yang komprehensif dari penyakit termasuk pemantauan waspada wanita dan janin.Pada tahun 1995.8% dari seluruh kehamilan di seluruh dunia[ 1 . 3 . sidang Magpie melaporkan bahwa wanita dengan berat pre-eklampsia diberikan magnesium sulfat memiliki risiko 58% lebih rendah terkena eklampsia dibandingkan dengan kelompok plasebo[ 9 ].

terutama dalam lingkungan klinis di mana kapasitas untuk pemantauan pasien terbatas.obat pilihan. dan penetralan segera magnesium yang diinginkan.Meskipun mekanisme yang tepat tindakan tidak jelas. magnesium sulfat tampaknya memiliki situs perifer tindakan pada sambungan neuromuskuler dan tidak melewati sawar darah otak utuh[ 11 ]. untuk mencegah tingkat beracun. keterlambatan dalam pemberian dosis berikutnya atau penangguhan terapi magnesium sulfat. kemerahan. kalsium glukonat dapat diberikan untuk melawan efek dari kadar magnesium yang jauh di atas kisaran terapeutik[ 13 ]. oliguria kurang dari 30 cc per jam digunakan sebagai penentu untuk menahan dosis dijadwalkan. Meskipun bukti kuat untuk efektivitas magnesium sulfat keprihatinan telah diungkapkan tentang keamanan administrasi dan penggunaan. atau dapat menghambat terapi mempertahankan atas timeline 4 . 13 ].Pritchard [ 12 ].Keprihatinan ini dapat menghambat inisiasi pengobatan untuk semua wanita dengan kebutuhan yang ditunjukkan.Jika toksisitas serius diduga. mual dan muntah. laju pernapasan dan output urin[ 14 ]. dan iritasi di tempat suntikan. dan bukan efek buruk dari magnesium sulfat digunakan.Manajemen yang khas dari efek samping yang lebih serius termasuk pemantauan memuncak.Oliguria merupakan elemen dari proses penyakit [mengurangi clearance oleh ginjal].Efek samping yang lebih serius jarang terjadi tetapi termasuk hilangnya refleks patela (biasanya terjadi pada konsentrasi serum dari 8 -10 mEq / L) dan depresi pernafasan (> 13 mEq / L)[ 11 . Magnesium sulfat dikaitkan dengan beberapa efek samping ringan seperti perasaan hangat. kelemahan otot. pusing.Karena magnesium dibersihkan oleh ginjal. mengantuk. Pemantauan rutin dari seorang wanita yang menjalani terapi sulfat magnesium meliputi penilaian sederhana dari status neurologis (tingkat kewaspadaan dan patela refleks).

Metode Pertanyaan penelitian Kami melakukan peninjauan integratif literatur untuk menjawab pertanyaan penelitian berikut tentang hasil klinis.Bagi wanita yang menjalani terapi dengan magnesium sulfat untuk berat pre-eklampsia atau eklampsia: · Apa insiden diketahui efek samping dari absen patela refleks dan depresi pernafasan? · Dengan frekuensi apa yang digunakan oleh penyedia laporan kalsium glukonat untuk melawan efek dari magnesium sulfat dalam menanggapi efek samping terdeteksi? · Seberapa sering dosis magnesium sulfat dilewati atau ditunda dalam menanggapi perkembangan efek samping? 5 . setelah pengobatan telah dimulai[ 15 . Tujuan dari kajian ini adalah untuk menentukan apakah literatur yang diterbitkan dari negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah mendukung kekhawatiran tentang keamanan penggunaan magnesium sulfat.direkomendasikan didirikan untuk rejimen tertentu. 16 ]. ketika magnesium sulfat diberikan benar sesuai dengan salah satu dari tiga rejimen yang umum digunakan. atau modifikasi dari salah satu dari tiga rejimen. dan frekuensi kebutuhan untuk intervensi sebagai akibat dari reaksi-reaksi tersebut.Tinjauan tersebut mengidentifikasi frekuensi efek samping yang parah ketika obat ini digunakan sesuai dengan protokol yang direkomendasikan.

juga tidak membuat keputusan mengenai kualitas studi yang asli. Embase.Untuk PubMed. pre-eklampsia dan eklampsia. pre-eklampsia. Artikel pertama disaring oleh review dari judul.Daftar referensi dalam artikel jurnal yang relevan juga dicari. eklampsia. EPH. 18 ].Artikel terpilih selanjutnya disaring oleh review abstrak.Tidak ada batasan bahasa yang ditegakkan. tetani nifas juga digunakan sebagai istilah pencarian dalam kombinasi dengan MESH istilah pencarian. Istilah sulfamag. MgSO4. Pencarian literatur MEDLINE [via PubMed].Artikel-artikel yang dipilih akhir dibacakan dan data yang diinginkan diringkas.Istilah pencarian yang sama digunakan untuk Embase.Searches terbatas pada tahun 1980 sampai Februari 2012.Ulasan ini tidak berusaha untuk reanalyze atau menggabungkan data primer. preeklampsia. Kehamilan Toksemia. sulmetine. dan The Cochrane Library yang mencari studi yang relevan. 6 . sulmetin. EPH Complex. magnesium sulfat. EPH Gestosis. judul subjek medis [MESH] yang digunakan adalah magnesium sulfat.· Berapa banyak ibu kematian wanita dengan berat pre-eklampsia dan eklampsia telah dilaporkan dikaitkan dengan toksisitas magnesium sulfat bukan dari manifestasi dari penyakit yang mendasarinya? Penggunaan kajian integratif memperluas berbagai desain penelitian yang dapat dimasukkan dalam kriteria inklusi review ini[ 17 . dan memungkinkan penggabungan baik informasi kualitatif dan kuantitatif. Hipertensi Edema Proteinuria Gestosis.Kriteria inklusi adalah: · Magnesium sulfat digunakan untuk mengelola pre-eklampsia atau eklampsia dalam studi klinis prospektif.

Untuk studi yang memenuhi syarat. mencapai review kedua 100%. EFK. satu reviewer (LH) dilakukan ekstraksi data. atau sebagai kelompok pengobatan dalam uji komparatif.Bentuknya mencerminkan terminologi dan definisi yang muncul dalam berbagai laporan (misalnya. yang termasuk baik ringan dan berat manifestasi). Informasi tentang masing-masing efek samping kepentingan tertentu kami tidak hadir dalam setiap penelitian yang diterbitkan. · Studi termasuk rekaman dari kejadian efek samping yang merugikan akibat penggunaan magnesium sulfat (refleks patela lamban atau tidak ada atau depresi pernapasan).Semua jenis studi klinis dimasukkan.Data yang dimasukkan ke dalam Microsoft Excel [Microsoft Corporation] untuk analisis.Perbedaan diselesaikan melalui konsultasi dengan resensi keempat (JMS). dan data tentang kejadian hasil tercatat 7 .· Penelitian dilakukan di negara berpenghasilan rendah dan menengah[ 19 ]. eklampsia dekat itu kembali dikategorikan sebagai pre-eclampsia. telah dilakukan di negara-negara berpenghasilan tinggi (di mana pengobatan dan pemantauan pendekatan mungkin berbeda) atau tidak secara khusus mencatat kejadian efek samping yang berkaitan dengan magnesium sulfat digunakan. eklampsia segera). Suatu bentuk ekstraksi data spesifik dirancang untuk penelitian. dan mungkin termasuk laporan oliguria atau penggunaan kalsium glukonat.Data diekstraksi hanya untuk wanita yang menerima magnesium sulfat sebagai intervensi terapeutik dalam studi prospektif observasional. dan JF independen diulang ekstraksi data pada sampel secara acak ditugaskan studi.RL. dan data kemudian recoded untuk memenuhi definisi klinis yang diterima secara umum (misalnya. Studi dikeluarkan jika mereka ulasan rekam medis.

Pemilihan penelitian termasuk dalam kajian. hal itu tidak terjadi. 15 tidak mencatat kejadian efek samping.Dari 30 studi yang dikeluarkan. Gambar 1. 24 dilibatkan dalam analisis akhir (Gambar1 ).Kami membuat asumsi dalam protokol ekstraksi kami bahwa jika efek samping tidak dilaporkan. dan sepuluh studi tidak dapat ditemukan meskipun mencari beberapa perpustakaan dan menghubungi penulis jika memungkinkan. Hasil Dari 54 studi klinis yang dilakukan di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah diidentifikasi.Oleh karena itu. denominator untuk kejadian efek samping yang diberikan adalah penjumlahan dari semua mata pelajaran dalam studi ditinjau.hanya bila khusus disebutkan dalam sebuah artikel. 8 . lima yang tersedia sebagai konferensi hanya abstrak.

Tabel 1. baik terbuka atau dibutakan (Tabel1 ).Sebuah studi kasus kontrol tunggal diidentifikasi.Kebanyakan penelitian secara acak terkontrol di mana rejimen magnesium sulfat dibandingkan terhadap rejimen obat lain. atau lain rejimen magnesium sulfat.Uji kohort prospektif biasanya melibatkan hanya satu magnesium sulfat rejimen.Penelitian terakhir yang ditinjau meliputi percobaan acak dan non-acak. Karakteristik studi dan rejimen yang digunakan 9 .

Ini termasuk terkena patella tendon refleks. semua kematian ibu dan kematian ibu dianggap karena 10 .Tiga kelompok menerima standar rejimen Zuspan[ 33 ] dan lima kelompok menerima satu dari enam Zuspan diubah rejimen. oliguria kurang dari 30cc per jam. Tabel 2.Dalam tiga kelompok.Dalam 24 studi.Dua kelompok menerima rejimen Dhaka[ 41 ] dan satu rejimen Dhaka dimodifikasi. pemberian kalsium glukonat untuk toksisitas dirasakan. yang terdiri dari total 9556 perempuan. 4 dan 5 menunjukkan jumlah perempuan yang terdaftar dalam magnesium sulfat kelompok perlakuan. dan tujuh hasil dari bunga.Para wanita dalam kelompok ini menerima satu dari tiga rejimen umum magnesium sulfat (Tabel2 ) atau modifikasi dari salah satu rejimen standar. keputusan untuk melewati atau menunda pemberian dosis dijadwalkan berikutnya. beberapa wanita menerima baik Zuspan atau salah satu dari enam rejimen Zuspan dimodifikasi. kami mengidentifikasi 34 kelompok mata pelajaran berbeda yang diberikan magnesium sulfat. dan dalam tiga kelompok mata pelajaran perempuan menerima baik Pritchard atau Zuspan rejimen. Rejimen magnesium sulfat yang paling umum digunakan dalam studi Tabel 3.Secara total 16 rejimen magnesium sulfat yang berbeda yang digunakan dalam 24 penelitian.Sebelas kelompok mata pelajaran menerima rejimen baku Pritchard[ 12 ] dan enam kelompok menerima satu dari enam rejimen Pritchard dimodifikasi berbeda. depresi pernafasan (baik lamban atau tidak) kurang dari 16 pernapasan per menit.

Tingkat insiden yang dihitung secara keseluruhan untuk hasil yang menarik dalam semua wanita 9556 disajikan pada Tabel6. Pendaftaran dan hasil dalam studi menggunakan Pritchard atau rejimen Pritchard dimodifikasi 11 . Tabel 3.magnesium sulfat toksisitas.

atau rejimen Dhaka 12 . Pendaftaran dan hasil dalam studi menggunakan Pritchard atau Zuspan.Tabel 4. Pendaftaran dan hasil dalam studi menggunakan Zuspan atau rejimen Zuspan dimodifikasi Tabel 5.

Insiden keseluruhan di antara semua wanita 9556 agregat adalah 1. 42 ].Insiden tertinggi (7. dengan kejadian berkisar 0-8.3%. dengan tingkat kejadian berkisar 0-57%.6%.Tabel 6.2% untuk 5055 mata pelajaran dalam sidang Magpie[ 9 ]. kejadian depresi pernapasan kurang dari 1%[ 28 .7% dan 8. sementara kejadian itu hanya 1. 29 .Tiga studi yang mengandung kurang dari 60 wanita di setiap kelompok mata pelajaran mencatat insiden berkisar antara 35% 57%[ 28 .Insiden keseluruhan di antara semua wanita 9556 adalah 1.2%) dilaporkan untuk dua kelompok magnesium sulfat di Eklampsia Collaborative Percobaan yang termasuk total 841 subyek[ 8 ]. tingkat hasil keseluruhan untuk semua studi di 9556 subyek Insiden yang terkena patela refleks Absen patela refleks secara khusus dilaporkan untuk 20 kelompok mata pelajaran.2%. 13 . Kejadian depresi pernapasan Depresi pernapasan secara khusus dilaporkan untuk 25 kelompok mata pelajaran. 29 . 42 ].Dalam tiga studi yang melaporkan insiden yang sangat tinggi tidak ada refleks patella.

Hasil ini dilaporkan untuk 22 kelompok mata pelajaran.Ulangi pemberian magnesium sulfat itu diabaikan atau ditunda pada 348 perempuan dari total 9556 di semua percobaan. 29 .2%. bukan empat jam. tetapi dalam beberapa studi.Tingkat tertinggi berkisar 20-65% dilaporkan dalam studi di mana kelompok mata pelajaran yang lebih kecil dari 70[ 21 . untuk tingkat 3.Sebagian besar peristiwa (n = 14) terjadi dalam sidang Magpie[ 9 ]. sedangkan studi terbesar dalam 5055 wanita melaporkan tingkat 3.Frekuensi dengan mana dosis magnesium sulfat dilewati atau ditunda The skipping atau penundaan dari dosis magnesium sulfat biasanya dilakukan di hadapan efek samping (disebutkan di atas).Obat itu diberikan hanya 17 kali.Dalam sebuah penelitian. Kematian ibu disebabkan magnesium sulfat Hanya ada satu kematian ibu yang disebabkan oleh penulis penelitian penggunaan magnesium sulfat dalam 24 studi[ 28 ].Para penulis melaporkan bahwa kematian itu disebabkan oleh depresi pernafasan parah dan tingkat magnesium serum wanita dilaporkan pada 24 mEq / L. Frekuensi penggunaan kalsium glukonat Penggunaan kalsium glukonat hanya dilaporkan untuk 12 dari 34 kelompok mata pelajaran.7%[ 9 ]. 42 ]. juga dilakukan setelah penyedia atau keinginan pasien. sehingga tingkat keseluruhan antara 9556 wanita kurang dari 0. kalsium glukonat diberikan kepada seorang wanita setelah kesalahan dosis yang mengakibatkan pemberian 4 g magnesium sulfat dalam satu jam.6%. jauh di atas batas terapi untuk pencegahan kejang eklampsia. 14 . dengan tingkat berkisar 0-65%. 28 .

Beberapa dokter menyamakan ini dengan toksisitas yang akan datang meskipun informasi yang menunjukkan bahwa kadar serum mana depresi neurologis terlihat (4-7 mEq / L) secara substansial lebih rendah dari tingkat serum yang berkaitan dengan efek samping terkait toksisitas refleks patela absen (> 10 mEq / L).Obat tersebut saat ini muncul pada 50% dari daftar obat esensial dari 89 negara[ 44 ] dan baru-baru ini dimasukkan sebagai salah satu dari 13 komoditas penting dalam Komisi PBB tentang Obat Esensial untuk Kesehatan Ibu dan Anak[ 45 ]. seperti kehangatan. Meskipun konsensus global tentang efektivitas dan keamanannya.Diskusi Terapi magnesium sulfat untuk pengobatan eklampsia dikutip sebagai salah satu dari 56 intervensi berbasis bukti penting yang bersama-sama berpotensi menghilangkan kematian sebelum waktunya dari 358.Kekhawatiran tentang efek samping kadang-kadang mengakibatkan keengganan untuk menggunakan magnesium sulfat tanpa ketersediaan kalsium glukonat penangkal.6 juta anak-anak di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah[ 43 ].Kekhawatiran telah dikemukakan tentang kedua efek samping diantisipasi obat.000 perempuan dan 7. dokter di banyak negara terus menunjukkan keengganan untuk menggunakan obat dalam manajemen mereka perempuan dengan berat pre-eklampsia atau eklampsia. depresi pernafasan (> 13 mEq / L) atau jantung (25 mEq / L) disfungsi[ 46 ]. termasuk refleks patela absen dan depresi pernafasan yang dapat menyebabkan depresi jantung dan kematian.Keengganan ini juga memberikan kontribusi terhadap kegigihan 15 . biasanya dinyatakan sebagai refleks berkurang dan mengantuk. Efek farmakologi dari obat ini kecil hingga sedang depresi neurologis. mengantuk dan depresi neurologis. atau kemampuan untuk mengukur kadar magnesium serum. serta efek samping yang berkaitan dengan potensi toksisitas obat.

bahkan jika tidak secara khusus dicatat dalam metode penelitian.Temuan itu review sistematis. hanya menggunakan subset dari studi di mana masing-masing secara khusus 16 . beberapa studi melaporkan pada salah satu atau lebih dari hasil yang sama. Kami membuat asumsi dalam protokol ekstraksi kami bahwa jika efek samping atau peristiwa tidak melaporkan hal itu tidak terjadi.Ulasan integratif ini menyediakan ringkasan dari kejadian efek samping dan berusaha untuk memperjelas profil keamanan magnesium sulfat bila digunakan untuk pencegahan atau pengobatan kejang eklampsia.4 dan5) secara khusus disebutkan dalam metode bagian dari berbagai artikel di kisaran 38% (penggunaan kalsium glukonat) 75% (depresi pernapasan). 48 .Lima hasil (Tabel3 . kejang berulang dan morbiditas utama. 20 . dan bahwa penggunaan obat di antara pasien dengan eklampsia dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah kematian ibu.Temuan dari kajian integratif ini meningkatkan apa yang diketahui tentang insiden dan keparahan efek samping saat obat digunakan dengan tepat. yang meliputi studi dari negara-negara baik maju dan berkembang menunjukkan bahwa penggunaan magnesium sulfat untuk preeklampsia mengurangi risiko untuk perkembangan penyakit. dan membahas masalah keamanan obat.Selain itu. dalam dosis yang dianjurkan dan sesuai dengan protokol standar untuk administrasi dan pemantauan obat[ 13 . McDonald et al.Dalam kepentingan meninjau potensi bias dalam pendekatan metodologis kami dihitung kejadian efek samping / hasil.penggunaan diazepam atau litik koktail. untuk tujuan menunjukkan. yang dikenal untuk menjadi rendah dalam efektivitas dan tanpa penangkal klinis.Ulasan klinis lain dan studi toksikologi juga menunjukkan bahwa obat ini aman untuk digunakan. 49 ].[ 47 ] baru-baru ini melakukan peninjauan secara sistematis terhadap hasil ibu dan bayi setelah terapi sulfat magnesium.

sekitar 1%[ 9 ].Hal ini 17 . tetapi beberapa dosis dilewati karena provider atau keinginan pasien. Dalam studi Magpie yang memiliki kelompok studi terbesar dari lebih dari 5000 subyek. 42 ]. hanya satu subjek dilaporkan sebagai mengalami depresi pernafasan.Kami mengakui bahwa asumsi kita bahwa peristiwa itu sendiri tidak terjadi (bukan yang hanya tidak dilaporkan) mungkin telah mengakibatkan meremehkan kejadian sebenarnya dari efek samping tertentu.Percobaan ini juga melaporkan bahwa 187 subjek melewatkan dosis tetapi lebih dari 60% dari mereka subyek (n = 114).Dengan demikian.3%.6% dan kejadian depresi pernafasan adalah 1. kejadian terkena patela refleks (lamban atau tidak) tidak melebihi 1. satu karena oliguria dan 14 karena provider atau keinginan pasien atau efek samping lainnya [ Komunikasi pribadi Bracken. Persepsi relatif lebih umum efek samping dan frekuensi yang lebih tinggi dari dosis dilewati antara studi dengan populasi yang lebih kecil berbeda dengan frekuensi yang lebih rendah dari dosis dilewati antara studi dengan populasi yang lebih besar. 11 Juli 2012]. Di semua studi di mana terjadinya efek samping dilaporkan. manifestasi dari penyakit dan bukan karena magnesium sulfat.Dalam studi oleh Mundle[ 31 ].melaporkan. 29 .Meskipun dalam empat kelompok belajar jumlahnya kurang dari 150 subyek ada dilaporkan insiden terkena patela refleks hingga 57%. kejadian dihitung setiap efek samping / hasil dalam subset ini lebih tinggi. kejadian dua efek samping adalah kira-kira sama. dosis itu dilewati karena oliguria atau gagal ginjal. total 25 wanita dalam dua kelompok telah dijadwalkan dosis magnesium dipotong. gejala yang lebih serius yang diamati dengan konsentrasi serum yang lebih tinggi dari magnesium[ 28 .Ini sama tiga studi juga melaporkan frekuensi tertinggi dari dosis dilompati. 30-60%. keterbatasan penelitian ini. 10 karena tanda-tanda toksisitas (refleks tendon biasanya depresi).

Di negaranegara ini.Mengingat bahwa studi ditinjau adalah uji klinis prospektif dari magnesium sulfat.Ini akan membutuhkan 555 perempuan untuk diperlakukan untuk mengalami satu situasi di mana administrasi kalsium glukonat akan diperlukan (Tabel7 ).Oleh karena itu kami juga menganggap bahwa penggunaan rendah mencerminkan kebutuhan jarang untuk digunakan sebagai penangkal magnesium daripada karena tidak tersedianya nya[ 50 . dirasakan bahwa dosis yang lebih rendah dibenarkan berdasarkan ukuran 18 . Tabel 7. Perkiraan dampak klinis Hampir setengah dari penelitian dilakukan di India dan Bangladesh dan banyak regimen standar ini dibandingkan dengan regimen dosis yang lebih rendah. itu hadir sebagai bagian dari pelaksanaan penelitian bijaksana. 51 ].menunjukkan bahwa dengan peningkatan penggunaan obat dan pengalaman yang datang dengan mengelola sejumlah besar perempuan magnesium dokter menjadi lebih terampil dalam mengevaluasi pasien dan memahami respon normal terhadap obat tersebut. pengulas berasumsi bahwa bahkan jika ketersediaan kalsium glukonat tidak secara eksplisit dinyatakan oleh penulis. Kalsium glukonat digunakan sangat jarang terjadi.

Studi memang menunjukkan bahwa dosis rendah mungkin sama sama efektifnya dengan regimen standar dalam mencegah serangan untuk wanita dengan berat pre-eklampsia[ 21 .000 per tahun. 28 . Kekurangan kronis petugas kesehatan untuk memberikan pengamatan satu-ke-satu dan dukungan perempuan sering dikutip sebagai penghalang untuk penyediaan perawatan yang berkualitas.Dua studi menunjukkan bahwa regimen dosis yang lebih rendah kurang efektif bila digunakan untuk pengobatan wanita yang memiliki eklampsia[ 28 . 50 . 42 ]. dan dengan asumsi tingkat PE / E dari 5%. kekhawatiran tambahan terus diekspresikan tentang dampak pada sistem kesehatan dan layanan. di sebuah rumah sakit yang melakukan pengiriman 5.Pendekatan pengobatan mungkin berbeda dalam pengaturan yang lebih tinggi-sumber daya (misalnya.54 ]. penggunaan pompa infus intravena.Hal ini untuk alasan ini bahwa penelitian laporan dikecualikan kami yang dilakukan di negaranegara berpenghasilan tinggi. 16 . dan tanpa kesalahan pengobatan.Namun.yang lebih kecil (berat badan lebih rendah) perempuan.Pengalihan tugas (task berbagi) antara berbagai kader profesional dan kurang terampil dapat berkontribusi pada pemecahan masalah tenaga kerja kesehatan[ 15 . ketika magnesium sulfat diresepkan sebagai terapi. Namun. 29 ]. dengan resultan sedikit efek samping.57 ]. 24 . jika kekhawatiran tentang toksisitas obat dapat dikesampingkan.Kekhawatiran tertentu disajikan lebih sering oleh administrator perawatan kesehatan dan penyedia layanan yang bertugas di pengaturan sumber daya rendah[ 52 . 55 . bukan pemberian intramuskular). kasus refleks patela terkena akan mengalami sekali setiap tiga bulan dan kasus depresi pernapasan hanya kurang dari sekali setiap 19 . dan rasio pasien / staf yang lebih rendah biasanya memungkinkan pemantauan pasien lebih waspada dalam pengaturan ini. di bawah penggunaan normal dari rejimen magnesium sulfat untuk wanita dengan PE / E.

Berdasarkan kejadian dua efek samping.empat bulan.Namun.72% wanita agregat).[ 59 ]).80-10. diidentifikasi melalui 20 .39. dan karena itu pemantauan tidak harus menciptakan permintaan yang tinggi pada saat tenaga kesehatan. terjadinya oliguria sangat prediktif risiko kematian ibu (RR 5. 95% CI 1.Studi yang berkorelasi kadar magnesium serum dengan indikator klinis menyimpulkan bahwa pengukuran ini harus dibatasi pada kasus-kasus di mana indikator klinis. Mengukur dan merekam urin harus langsung di sebagian besar negara seperti yang dianjurkan bahwa semua wanita dengan PE / E harus kateter[ 14 ].Data dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa oliguria terjadi dengan beberapa tingkat tinggi frekuensi (4.Nisell et al.[ 58 ] menemukan bahwa pengambilan sampel darah untuk penilaian fungsi ginjal dan 24 koleksi urin jam untuk pengukuran albumin telah sedikit nilai tambah ibu dalam mengantisipasi risiko untuk mengembangkan komplikasi dari pre-eklampsia. 61-77 wanita pre-eklampsia atau eklampsia akan perlu diamati selama pengobatan untuk mengidentifikasi salah satu dampak buruk dari magnesium sulfat.69. membuatnya menjadi peristiwa langka (Tabel7 ). Demikian pula. yang mengarah ke keputusan untuk menunda atau melewatkan dosis (Tabel7 ). mengingat perkembangan patofisiologi dari proses penyakit.Ada juga sedikit dukungan untuk kebutuhan untuk melakukan analisis laboratorium sampel urin. harus ada sedikit kekhawatiran tentang dampak pada sumber daya klinis laboratorium untuk pengukuran kadar magnesium serum.Namun. hasil menunjukkan bahwa dosis akan melewatkan setiap 27 wanita diamati.Penggunaan kalsium glukonat akan diperlukan sekali setiap 27 bulan. mendukung temuan bahwa beberapa dosis dilewati untuk alasan lain selain mengalami efek samping dari pemberian magnesium sulfat.

Skrining dini dan diagnosis penyakit. keterlambatan administrasi ulangi umumnya cukup untuk mengurangi efek.pemantauan pasien waspada. dan magnesium sulfat telah muncul sebagai obat pilihan. harus diatasi dengan temuan dari kajian integratif ini yang menunjukkan insiden rendah efek samping yang paling parah.Pendekatan manajemen telah diuji secara luas. Sementara setiap kematian maternal disesalkan. menunjukkan toksisitas[ 27 . dalam rangka untuk mempromosikan kelangsungan hidup ibu dan bayi baru lahir. dan bahwa ketika efek samping terjadi. berbasis bukti. Kesimpulan Ada yang kuat. kekhawatiran tentang ketidakmampuan untuk memberikan perawatan yang diperlukan untuk wanita yang menjalani terapi sulfat magnesium.Temuan menunjukkan bahwa di semua studi termasuk efek samping yang sering menjadi perhatian penyedia jarang terjadi. pengobatan yang tepat dengan obat terbukti.Dengan demikian. dukungan global untuk identifikasi awal dan pengobatan yang tepat dari perempuan yang mengembangkan pre-eklampsia. dan peningkatan penggunaan sumber daya laboratorium tampaknya tidak berdasar. 21 . dan kewaspadaan yang wajar untuk wanita di bawah perawatan harus diadopsi sebagai kebijakan dan praktek global.Kekhawatiran yang diungkapkan tentang keamanan penggunaan obat ini. 60 ]. kematian ibu secara langsung terkait dengan penggunaan magnesium sulfat yang dilaporkan dalam studi ini adalah sangat jarang. didokumentasikan dalam studi yang menggunakan berbagai rejimen obat standar dan dimodifikasi.

22 . EF-K dan LH melakukan ekstraksi data.Bersaing kepentingan Masing-masing dari co-penulis menyatakan bahwa kita tidak memiliki konflik kepentingan yang diketahui mengenai naskah ini. dan Ms Peggy Gross. JF dan RL memimpin penulisan naskah. Informationist Public Health. untuk bantuan dalam melakukan pencarian literatur yang mendukung ini meninjau. RFL dan SMC mengembangkan ide-ide untuk kertas. Institusi Medis Johns Hopkins.Semua penulis membaca dan menyetujui naskah akhir. RFL dan EF-K melakukan pencarian literatur dan penelaahan terhadap kutipan. Welch Kedokteran Perpustakaan. dengan komentar dan kontribusi dari JMS dan SMC.Kami juga mengakui Ibu Deborah Armbruster dari USAID untuk meninjau dan bimbingan pada versi awal makalah ini. Ucapan Terima Kasih Para penulis ingin mengakui Badan Amerika Serikat untuk Pembangunan Internasional (USAID). Penulis Kontribusi JMS. untuk bantuan dengan tulisan ini. melalui dukungannya terhadap Kesehatan Ibu dan Anak Program Terpadu (mChip).