Etiologi KEP dan Faktor Resiko

Ada beberapa factor yang menyebabkan terjadinya kekurangan energi-protein, diantaranya : 1. Faktor biologi Masukan makanan yang tidak memadai atau ketidak seimbangan antara masukan energi dan protein untuk memenuhi kebutuhan tubuh dalam waktu yang lama. Dapat karena dengan sengaja diberi makanan sedikit (anak yang tidak ikut orang tua sendiri) atau karena tidak nafsu makan desebabkan anak menderita penyakit menahun seperti tuberculosis, batuk rejan yang tidak mendapat pengobatan , dan sebagainya. Pendayagunaan makanan yang tidak benar karena ada gangguan system pencernaan misalnya ada malabsorbsi, seperti malabsorbsi lemak, protein, karbohidrat, dan sebagainya. 2. Faktor sosial Hidup di negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, keadaan sosial dan politik tidak stabil, ataupun adanya pantangan untuk menggunakan makanan tertentu dan sudah berlansung turun-turun dapat menjadi hal yang menyebabkan terjadinya kwashiorkor. 3. Faktor ekonomi Kemiskinan merupakan sumber masalah paling dasar sebagai penyebab ketidaksediaan pangan, tempat tinggal yang padat, kumuh dan tidak sehat, serta ketidakmampuan mengakses fasilitas kesehatan. 4. Dapat juga karena gangguan psikologis. Dewasa ini dengan banyaknya kaum wanita yang bekerja pada umumnya tempat tinggal dan tempat pekerjaan yang jauh menyebabkan mereka sampai dirumah sudah hamper petang sehingga kesempatan berhubungan dengan anak menjadi sedikit. Tidak jarang anak hanya dipercayakan kepada pembantu yang kurang mengerti bagaimana memberikan makanan yang baik dan juga hubungan pribadinya yang kurang memberikan kasih sayang kepada anak, maka tidak jarang bayi/balita yang dibawa kedokter dengan keadaan berat badan tidak sesuai dengan umurnya walaupun belum KEP. Jika keadaan pasien demikian tidak dibawa konsultasi ke dokter/pelayanan kesehatan lainnya keungkinan besar anak jatuh dalam keadaan MEP.

Diare dan muntah menghalangi penyerapan makanan. 11. Infeksi (misalnya diare berat. 4. Anak kembar 6. Penyakit juga menghabiskan sejumlah protein dan kalori yangseharusnya dipakai oleh pertumbuhan. Ibu yang sudah mempunyai lebih dari 5 orang anak. Faktor infeksi dan penyakit lain Infeksi dapat menyebabkan anak tidak merasa lapar dan tidak mau makan. Bayi yang diberi susu buatan 7. campak. Kegagalan mencapai kenaikan berat badan seharusnya.2 kg 2. Lematian ayah atau ibu. Ayah yang tidak mempunyai pekerjaan 9.4. Kematian saudara sekandung sebelumnya 8. Kesehatan ibu yang buruk 3. Berat badan lahir dibawah 2. perceraian orang tua atau bayi di luar nikah. . 5. tuberculosis. batuk rejan) 10. Bayi yang lahir kurang dari 3 tahun setelah bayi terakhir. Penyakit umum yang memperburuk keadaan gizi adalah : Diare Infeksi saluran nafas Tuberculosis Campak Batuk rejan Malaria kronis Infeksi cacing tambang yang berat Infeksi cacing gelang yang berat Faktor-faktor resiko yang terkenan MEP adalah : 1.

. John Stace. Petugas.Yogyakarta : Gajahmada University Press. Penyuluhan Kesehatan. John.. Kesehatan Anak untuk Perawat. 1999.Berikut adalah bagan penyebab kekurangan energi-protein : Dapus : Biddulph. dan Bidan di Desa.

Perawatan Anak Sakit.Ngastiyah. Asuhan Keperawatan Anak : Gangguan Sistem Gastrointestinal dan Hepatobilier. Jakarta : Salemba Medika. 2005. Sodikin. Jakarta : EGC. .

Related Interests