BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Alat ukur merupakan suatu alat yang dapat digunakan oleh manusia untuk membantu dalam proses penentuan parameter. Terdapat berbagai macam alat ukur yang telah ada saat ini. Salah satu alat ukur tersebut ialah alat ukur tinggi untuk mengukur ketinggian suatu objek. Kebanyakan alat ukur tinggi yang digunakan saat ini ialah alat ukur tinggi analog. Alat ukur tinggi badan yang biasa digunakan untuk mengukur tinggi badan ialah dengan menggunakan alat ukur tinggi analog yang penggunaannya secara manual, yaitu dengan membaca tinggi terukur yang tertera di dinding. Seseorang yang akan diukur tinggi badannya memerlukan bantuan orang lain dalam melakukan pengukuran. Hal ini memungkinkan terjadinya kesalahan pengukuran karena faktor kesalahan manusia. Dengan kemajuan teknologi di bidang elektronika, maka pada saat ini dunia elektronika memanfaatkan sistem yang berbasis mikrokontroler. Sistem yang berbasis mikrokontroler telah dinilai sebagai suatu alternatif lain yang memiliki kemampuan yang diperlukan oleh suatu sistem yang rumit. Sehingga sistem yang berbasis mikrokontroler merupakan sistem yang mempunyai efisiensi dan efektivitas yang tinggi. egitu juga dalam perancangan alat ukur tinggi ini, penggunaan mikrokontroler sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari alat ukur tinggi badan tersebut. Dalam memproses data input, mikrokontroler
1

membantu

menyederhanakan

rangkaian

yang

kompleks

karena

dalam

mikrokontroler telah terdapat berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kerumitan dari rangkaian itu sendiri. Dilatarbelakangi kenyataan di atas, di dalam tugas akhir ini dirancang sebuah alat ukur tinggi badan digital yang menggunakan sensor ultrasonik berbasiskan mikrokontroler AT!ega "#$#. Tinggi yang terukur dapat dilihat hasilnya melalui layar %&D. Diharapkan dengan alat ukur tinggi ini akan mengurangi kesalahan pengukuran dan dapat memudahkan untuk mengetahui tinggi badan.

1.2 Tujuan Tugas Akhir Tugas akhir ini bertujuan untuk mengukur tinggi badan dengan menggunakan sensor ultrasonik yang ditampilkan melalui layar %&D dan untuk mengurangi kesalahan manusia dalam pengukuran.

1.3 Identifikasi

asalah

'ada tugas akhir ini penulis merancang dan mengimplementasikan perangkat keras dan perangkat lunak. Sistem perangkat keras terdiri dari subsistem sensor, subsistem pengolahan data, subsistem tampilan, dan subsistem catu daya. Subsistem sensor terdiri dari satu buah sensor ultrasonik untuk mendeteksi adanya objek berupa badan yang akan diukur tingginya. Subsistem pengolahan data menggunakan mikrokontroler produksi AT!(% dengan tipe AT!ega "#$#, mikrokontroler ini dipilih karena beberapa pertimbangan diantaranya )

2

Sistem mikroprosesor " bit berbasis *+S& dengan kecepatan maksimal ,- !H..

Kapabilitas memori flash " K , S*A! sebesar #,/ byte, dan (('*0! sebesar #,/ byte.

• •

AD& internal dengan fidelitas ,1 bit sebanyak " saluran. Komponen ini dipilih karena selain harganya murah juga kemudahan dalam proses pengisian program karena proses pengisian program dapat secara langsung pada mikrokontroler yang sedang terpasang di rangkaian aplikasi.

Subsistem tampilan menggunakan %&D 2Liquid Crystal Display3 karakter / 4 ,- untuk menampilkan tinggi yang terukur. Subsistem catu daya yang dihasilkan adalah # volt D& untuk sensor, mikrokontroler, dan display %&D.

1.! Batasan

asalah

esarnya ruang lingkup penelitian pada bidang ini memerlukan adanya batasan masalah pada tugas akhir ini, meliputi) ,. Sensor ultrasonik digunakan sebagai sensor utama pada perancangan alat ukur tinggi badan. 5arak pancar yang digunakan hanya / cm sampai dengan $11 cm. /. Tinggi yang dapat terukur oleh alat yang telah dirancang adalah /11 cm.

3

$. 0utput tinggi ditampilkan melalui display %&D 2Liquid Crystal Display3 yang sebelumnya telah disimpan6ditulis terlebih dahulu ke dalam mikrokontroler AT!ega "#$# dalam bentuk bahasa &.

1."

et#da Penelitian Adapun metoda penelitian yang telah dilakukan ialah ) ,. Studi literatur mengenai sistem perangkat keras dan perangkat lunak. /. 'erancangan sistem meliputi perancangan perangkat keras dan perangkat lunak. $. *ealisasi perancangan sistem serta integrasi antara perangkat keras dan perangkat lunak. 7. 'engujian dan analisa sistem meliputi pengujian sensor ultrasonik dan pengujian fungsional alat ukur tinggi badan. #. !engambil kesimpulan berdasarkan hasil analisa yang kemudian dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pengembangan tahap selanjutnya.

1.$ %iste&atika Penulisan La'#ran Dalam penulisan laporan tugas akhir ini, penulis membuat sistematika penulisan dengan membagi beberapa bab dan sub bab dengan tujuan agar laporan dapat lebih terarah dan mudah untuk dipahami.

4

Adapun sistematikanya adalah sebagai berikut ) BAB I PENDAHULUAN 'ada bab ini dijelaskan mengenai dasar yang melatar belakangi penulis untuk melakukan tugas akhir, tujuan tugas akhir, pembatasan masalah, metoda penelitian, dan sistematika penulisan laporan.

BAB II

TE()I DA%A) !enjelaskan perancangan tentang khususnya teori8teori teori dasar tentang yang sensor mendukung ultrasonik,

mikrokontroler AT!ega "#$#, %&D 2Liquid Crystal Display3.

BAB III PE)AN*AN+AN DAN I PLE ENTA%I PE)A+N,AT ,E)A% ab ini berisi tentang perancangan dan implementasi perangkat keras dari sistem alat ukur tinggi badan.

BAB I-

PE)AN*AN+AN DAN I PLE ENTA%I PE)AN+,AT LUNA, ab ini berisi tentang perancangan dan implementasi perangkat lunak dari sistem alat ukur tinggi badan.

5

BAB -

PEN+U.IAN DAN ANALI%A ab ini berisi hasil pengujian dan analisa dari sensor yang digunakan serta integrasi sistem secara keseluruhan.

BAB -I

,E%I PULAN DAN TINDA, LAN.UT erisi tentang kesimpulan yang diambil dari hasil pengujian dan analisa serta rencana tindak lanjut untuk pengembangan

selanjutnya.

6

Related Interests