BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Gaya hidup modern saat ini yang semuanya serba praktis dan kemajuan teknologi yang pesat seringkali membuat kita mengonsumsi makan yang praktis penyajiannya. Hal ini juga disebabkan karena padatnya kegiatan dan kesibukan kita. Fast food pun menjadi makanan yang dipilih karena penyajianya yang praktis dan sekaligus memiliki rasa yang enak menurut banyak orang. Masyarakat perkotaan jaman sekarang apalagi anak-anak muda pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya fast food. Bila mendengar istilah fast food maka pikiran kita langsung mengarah ke makanan seperti burger, pizza, fried chicken, french fries, dan sebagainya. Makanan-makan seperti itu dapat kita temukan di mall-mall, plaza, dan sebagainya. Dan sepertinya telah membudaya dan menjadi santapan elit terutama bagi anak muda perkotaan. Siapa sih yang nggak merasa wah dan “gaul” jika lunch atau dinner di McDonalds atau KFC atau Pizza Hut? Wow nggak ada yang nolak. Selain rasanya yang nikmat, suasana restonya juga menyenangkan dan bergengsi. Tapi tahukah kita apa dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari mengonsumsi makanan yang „„gaul‟‟ ini?. Oleh karena itu dalam makalah ini akan dibahas apa saja dampak negatif dari mengonsumsi fast food agar pembaca dapat lebih berhati-hati lagi dalam memilih makanan.

1

2 Rumusan Masalah 1. untuk mendapatkan bahan dalam pembuatan makalah.4 Manfaat Penulisan Manfaat dari penulisan ini adalah dapat menambah pengetahuan mengenai Fast Food dan dampak negatifnya bagi kesehatan.1. 1. Apa itu Fast Food? 2. Agar dapat memperoleh informasi tentang apa itu Fast Food 2.5 Metode Penulisan Adapun metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode studi kepustakaan yaitu dengan mempelajari buku-buku yang ada juga mencari informasi di internet. Agar dapat mengetahui apa saja dampak negatif dari mengkonsumsi Fast Food bagi kesehatan 1.3 Tujuan 1. Apa dampak negatif mengonsumsi Fast Food bagi kesehatan? 1. 2 .

nugget. mie instan. Makanan tersebut umumnya diproduksi oleh industri pengolahan pangan dengan teknologi tinggi dan mengandung berbagai zat aditif untuk mengawetkan dan memberikan cita rasa bagi produk tersebut. terutama di snack bar atau rumah makan. Bertram (1975) mendefinisikan fast food sebagai makanan yang dapat disiapkan dan dikonsumsi dalam waktu yang singkat. atau juga corn flakes sebagai makanan untuk sarapan. 3 . Makanan siap saji yang dimaksud adalah jenis makanan yang dikemas.. Oxford dictionary mendefinisikan fast food sebagai makanan yang dapat diolah dan disajikan dalam waktu yang singkat dan mudah dalam hitungan beberapa menit. mudah disajikan. atau diolah dengan cara sederhana. Makanan siap saji biasanya berupa lauk pauk dalam kemasan. Makanan siap saji yang beredar saat ini tercatat 500 – 600 jenis.1 Pengertian Fast Food Fast food sering disebut sebagai makanan siap saji.BAB II PEMBAHASAN 2. praktis.

Zat yang sangat sering di gunakan untuk hal ini adalah penyedap rasa (mono sodium glutamate). Di samping itu.  Zat Aditif. dan hampir tidak tersedia pilihan fast food dengan kadar lemak yang dikurangi. Zat ini diperuntukkan agar mutu dan kestabilan makanan tetap terjaga. termasuk kolesterol yang mencapai 70% serta hanya sedikit mengandung serat yang justru sangat dibutuhkan oleh tubuh. jumlah kalori dari fast food lebih tinggi dari makanan yang dimasak sendiri di rumah. pengawet seperti BHA. K-nitrit dll. pemutif dan pematang tepung (aseton peroksida)dan sekustran (asam fosfat). minuman dan makanan penutup. 4 .  Lemak yang tinggi.zat yang Terkandung dalam Fast Food Beberapa jenis fast food kaya akan minyak dan mentega. Berikut ini adalah zat-zat yang tidak baik yang terkandung dalam berbagai macam fast food. fast food juga cenderung hanya mengandung sedikit sayur dan buah.  Kalori yang tinggi. kentang goreng. Jumlah kalori yang seharusnya dikonsumsi dalam sehari bisa dipenuhi hanya dengan sekali makan di fast food outlet dengan mengonsumsi makanan seperti burger.2 Zat.2. anti kempal.  Mengandung protein hewaninya yang cukup kaya. Menurut peneliti.

520 mg natrium.275 mg natrium!. dampak yang bisa ditimbulkan zat berbahaya ini sifatnya jangka panjang dan akan menyerang manusia akibat rusaknya fungsi hati. Berikut ini akan diuraikan apa saja dampak negatif dari zat-zat yang ada dalam fast food jika masuk ke dalam tubuh kita. Natrium yang berlebihan. 2. dan Texas Fried Chicken (Texas) 2.080 mg.3 Dampak Negatif Mengonsumsi Fast Food bagi Kesehatan Zat-zat yang terkandung dalam fast food dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita.469 mg. 5 . dan McDonald‟s 1. Hati merupakan organ yang berguna menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh termasuk zat adiktif dalam pengawet makanan. KFC 1. Berarti kita setidaknya telah menyantap 2. Padahal konsumsi natrium yang disarankan dikonsumsi dalam sehari tdk lebih dari 2. Menurut hasil penelitian Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga IPB Bogor.  Zat adiktif yang biasa terkandung dalam pegawet maupun pewarna makanan jika dikonsumsi secara terus menerus ternyata bisa mengakibatkan kerusakan hati baik sorosis hingga kanker hati. California Fried Chicken (CFC) 1. seporsi fried chicken bagian dada dari Kentucky Fried Chicken (KFC) mengandung 2.530 mg natrium. Celakanya. Texas 1. Jika dinikmati bersama seporsi kentang goring. CFC 650 mg.000 mg.460 mg.220 mg.

anti oksidan di dalam makanan diberikan agar kandungan di dalam makanan tersebut tidak cepat hilang seperti vitamin. mati rasa di bagian belakang leher.  Protein hewaninya yang cukup „kaya‟ bisa menyebabkan terhambatnya penyerapan kalsium di dalam tubuh. kanker serta diabetes. detak jantung yang cepat. gangguan tidur dan mual-mual. stress dan tegang pada kulit wajah.  Kemudian BHA. rasa lemah/cepat lelah dan lain-lain. penyedap. Ini akan menimbulkan efek ketagihan bagi yang mengkonsumsinya. Memang kita tidak langsung merasakan dampak ini ketika mengkonsumsi makanan cepat saji yang menggunakan MSG. sakit kepala. Bahkan beberapa orang ada yang mengalami reaksi alergi berupa gatal. Tidak hanya itu saja MSG juga dapat memicu hipertensi. Jika jumlah racun tersebut semakin banyak dan bertumpuk secara otomatis akan mempengaruhi kinerja hati sehinnga mengakibatkan kerusakan. Ini sering digunakan pada lemak dan minyak. dada terasa sakit. 6 . pemanis buatan maupun zat kimia lainnya. BHA. pada ambang batas tertentu karena tubuh tidak sanggup lagi menahan zat ini maka dampak diatas akan menyerang kita. mual dan panas.  Dampak dari penggunaan MSG menurut laporan Federation of the American Society for Experimental Biologi adalah rasa terbakar di bagian leher. asma. Jika penyerapan kalsium terjadi maka kondisi ini dapat merangsang cepatnya terjadi osteoporosis. kelumpuhan serta penurunan kecerdasan. Tapi. 12 gram MSG per hari dapat menimbulkan gangguan lambung.pewarna.

Tingginya jumlah lemak penjenuhan akan menyebabkan kanker.. Kolesterol dapat masuk kedalam darah dan menyumbat pembuluh darah. susu. Dengan menurunnya fungsi otot jantung resiko seranagan jantung pun meningkat. Kolesterol sendiri didapat dengan dua cara. ikan ayam. Salah satu pembuluh darah yang dapat disumbat adalah pembuluh darah arteri koroner pada jantung. Kandungan kolesterol dan kalori yang cukup tinggi juga dapat menyebabkan kegemukan dan berbagai gangguan metabolisme dan jantung. terutama kanker usus dan kanker payudara. Ada banyak kolesterol dalam daging. mentega. telur. Jika arteri ini tersumbat maka dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Lambat dalam menanggapi rangsangan dan lambat dalam berpikir dapat terjadi karena melambatnya penghantaran rangsangan saraf. kita akan terus makan tanpa sadar 7 . makan fast food berlebih dapat memicu terjadinya perubahan psikologis yang bisa menghentikan kerja hormon-hormon dalam mengirim sinyal kenyang. dan keju. Jika dikonsumsi berlebihan. Menurut para pakar biologi. Hal ini dapat menebabkan penurunan fungsi otot jantung dan melambatnya proses penghantaran impuls oleh saraf. dapat menutup pembuluh darah yang membawa darah kaya oksigen yang seharusnya mengalir ke seluruh tubuh. yaitu oleh tubuh sendiri dan ada juga yang berasal dari produk hewan yang kita makan.  Kekurangan kalium akan terjadi apabila asupan natrium berlebihan. Karena itu.

akan secara terusmenerus dikeluarkan oleh sel. menurut Schwartz. masalah akan timbul pada mereka yang kelebihan berat badan. Dan selanjutnya. Dengan begitu. BAB III 8 . Leptin misalnya. Sinyal ini selanjutnya akan dibaca oleh area di otak yang mengatur mengenai kebiasaan makan yaitu hypothalamus. Dalam kondisi normal. akan kebal terhadap leptin. seperti dikutip situs womenfitness. Mereka yang obesitas. Pada akhirnya. frekuensi dan jumlah makan kita akan berlebih. setiap penurunan jumlah leptin dibaca sebagai isyarat lapar. Kadar leptin dalam darah mengindikasikan status persediaan lemak tubuh. "Otak akan kehilangan kemampuan dalam merespon hormon-hormon ini jika lemak tubuh meningkat. jumlah lemak yang berlebih akan dianggap normal oleh hypothalamus." tutur Schwartz. Hypatalamus akan semakin tidak sensitif seiring dengan semakin banyaknya lemak yang terdapat dalam tubuh. hormon-hormon ini mengontrol proses makan dan berat badan. dan menjadikan ini sebagai panduan dalam menjaga kestabilan persediaan. Menurut endocrinologist dari University of Washington di Seattle Michael Schwartz.bahwa kita sudah kenyang.

Penyakit. Dan usahakan jangan mengonsumsi fast food lebih dari satu macam. seperti fried chicken bersama french fries atau burger bersama french fries. tapi nantinya bagi akan 9 . perubahan psikologis juga dapat terjadi karena berlebihan mengonsumsi fast food. ataupun perubahan psikologis tidak akan langsung kita rasakan saat kita mengonsumsi fast food. Tidak hanya itu. Cukup satu macam saja.lemak. gangguan.2 Saran Bijaklah dalam memilih makanan. Banyak jenis fast food hanya mengandung sedikit bahan sayur dan buah yang justru dibutuhkan oleh tubuh. Dampak mungkin tidak terlalu terasa pada saat itu juga. Sudah banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli yang memmbuktikan hal ini.1 Kesimpulan Dalam fast food terkandung banyak sekali zat-zat yang berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Jika kita terpaksa memilih makan cepat saji maka perhatikanlah dulu kandungan dari makanan tersebut. Bukan hanya penyakit yang dapat ditimbulkan tapi juga ganguan fungsi persafan yang dapat menyebabkan kita lambat dalam berpikir ataupun bertindak. Tapi itu semua akan terjadi bila kita sering mengonsumsinya. protein hewani dan zat-zat kimia berbahaya yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. 3. Fast food mengandung banyak sekali kalori.PENUTUP 3.

Hindarilah makanan cepat saji.sangat berpengaruh. kita mewariskan penyakit untuk anak cucu kita. kita menimbun zat aditif di dalam kita. DAFTAR PUSTAKA 10 . Bagaimana tidak.

Wied Harry.com/2012/08/bahaya-fast-food-bagi-tubuh.http://how-yourblog.blogspot.php/read/2009/07/11/ 1385/5/Makanan-Cepat-Saji-Picu-Osteoporosis 11 .mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index. Healthy Fast Food.kompasiana. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama Anggota IKAPI http://www.com/makanan/2011/06/29/waspada-fast-food/ Apriadji.html http://kesehatan. 2007.

Related Interests