PENULISAN KATA

Kata Turunan 1. termakan. sebar luaskan . maka awalan atau akhiran diletakkan serangkai dengan kata yang langsung mengikuti atau mendahuluinya. perumusan Jika bentuk dasarnya berupa gabungan kata. sisipan. Misal: berterima kasih. 2. Kata yang mendapatkan imbuhan (awalan. bertanggung jawab. akhiran) ditulis serangkai dengan bentuk dasarnya Misal: berdiskusi.

swadana. !.3. maka kedua duanya ditulis serangkai. menggarisbawahi Jika salah satu unsur gabungan kata hanya dipakai dalam k"mbinasi. maka gabungan kata itu ditulis serangkai. dasawarsa. Jika bentuk dasar berupa gabungan kata yang mendapatkan awalan dan akhiran. di antara kedua unsur diberikan tanda hubung ( ). Misal: non %r"pa. menyebarluaskan. adipati. Misal: pertanggungjawaban. Jika bentuk terikat diikuti "leh kata yang huru$ awalnya adalah huru$ kapital. kilometer. purnatugas. . Misal: mahasiswa. #. trimanunggal. pan &$rika. antarsiswa.

meja meja. alat alat. m"bil m"bil.Bentuk Ulang 'enulisan bentuk ulang se(ara lengkap adalah dengan menggunakan tanda hubung ( ) Misal: buku buku. .

Misal: mata kuliah. )abungan kata. rumah sakit.Gabungan Kata 1. (u(i tangan. )abungan kata yang biasa disebut kata majemuk atau istilah khusus. termasuk istilah khusus. m"del linear. 2. buku sejarah-lama. orang-tua muda . kambing hitam. penulisan unsur unsurnya dipisah. Misal: *'' mahasiswa-baru. yang mungkin dapat menimbulkan kesalahan pengertian dapat ditulis dengan tanda hubung untuk menegaskan pertalian di antara unsur yang bersangkutan.

3. daripada. barangkali. . kepada. Misal: belasungkawa. segitiga. ka(amata. )abungan kata berikut ini ditulis serangkai. "lahraga.

&ntara hidupmu dan hidupku jangan kausamakan. dan –nya ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya+ -ku. sudah kauambil semua. .Kata Ganti ku-. -mu. kau-. kau-. -mu. -mu. dan -nya Kata ganti ku-. dan –nya ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya. Misal: *egala yang kupunya.

dari .andung. kepada dan daripada.Kata Depan di.epan di. misalnya. . Misal: di Jakarta. dan dari Kata . ke(uali di dalam gabungan kata yang sudah la-im dianggap sebagai satu kata. ke. ke Jayapura. dan dari ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya. ke.

'artikel pun ditulis terpisah dengan kata di depannya Misal: /a pun mengalami nasib yang sama.PARTIKEL 1. walaupun. Misal: simaklah. maupun. Masyarakat pun sudah tidak per(aya lagi kepadanya 00Ke(uali kata adapun. meskipun. sekalipun. biarpun. 2. apakah. ditulis serangkai . kendatipun. bagaimanapun. 'artikel –lah dan –kah ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya. andaipun. kemanakah.

333 per meter. 'artikel per yang berarti mulai dan tiap ditulis terpisah dari kata yang mendahului atau mengikutinya. Per Juni 2313. harga tiket pesawat naik 134.3. Misal: 1arga tanahnya dijual 2p133. .

'7 . *. Misal: M. M..15. Misal: M'2. 1. *. M&. 66. sapaan. 'd. gelar.. *ingkatan nama resmi lembaga pemerintahan dan ketatanegaraan. ). atau pangkat diikuti dengan tanda titik. jabatan. 2. 66. "rganisasi. Singkatan adalah bentuk yang dipendekkan yang terdiri atas satu huruf atau lebih *ingkatan nama "rang. *lamet.. &. serta nama d"kumen resmi yang terdiri atas huru$ awal kata ditulis dengan huru$ kapital tidak diikuti tanda titik.SINGKATAN DAN AKRONIM 1..

sda. (untuk perhatian).n. 00Kecuali: a.. dsb..d.3. Misal: dll.. *ingkatan umum yang terdiri atas tiga huru$ atau lebih diikuti satu tanda titik. (sampai dengan) . (untuk beliau).b. 8th....a. s. u.. d. u. dst.p.

timbangan. 2p (rupiah). . kg (kil"gram) . singkatan satuan ukuran. 9ambang kimia.!."lt ampere). Misal: 757 (trinitr"t"luen). k:& (kil". l (liter). takaran. dan mata uang tidak diikuti tanda titik.

Misal: Menk"kesra (Menteri 'erek"n"mian dan Kesejahteraaan 2akyat) Menp"ra (Menteri 'emuda dan <lahraga) .&5 (. Misal: *7&5 (*ek"lah 7inggi &kuntansi 5egara) .Akronim adalah singkatan yang berupa gabungan huruf awal. 2.adan &kreditasi 5asi"nal) &kr"nim nama diri yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huru$ dan suku kata dari deret kata ditulis dengan huru$ kapital pada bagian awalnya. &kr"nim nama diri yang berupa gabungan huru$ awal dari deret kata ditulis seluruhnya dengan huru$ kapital. gabungan suku kata. ataupun gabungan huruf dan suku kata dari deret kata yang diperlakukan sebagai kata 1.

suku kata. &kr"nim bukan nama diri yang berupa gabungan huru$. ataupun gabungan huru$ dan suku kata dari deret kata seluruhnya ditulis dengan huru$ ke(il Misal: rudal (peluru kendali) luber (langsung umum bebas rahasia) tilang (bukti pelanggaran) rapim (rapat pimpinan) .3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful