You are on page 1of 3

Data Pribadi Nama Lengkap Tempat, Tanggal Lahir E-mail Anak keIstri Jumlah Anak Prestasi

: Fauzan Rachmansyah : Jakarta, 17 Januari 1985 : fauzan@kalimilk.com : Dua dari tiga bersaudara : Azzahra Maria : Dua : - Juara 1 Wirausaha Muda “Kategori Boga” Bank Mandiri. - “Susu Modern Pertama” dari Kementrian Koperasi Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. - Young and Cool Products dari Majalah BWA.

Pendidikan Terakhir Saat ini fauzan masih berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta. Aktivitas - CEO PT Farbis IND & PT Kalimilk Indonesia. Sejarah Perjuangan Fauzan berasal dari keluarga yang cukup, ibunya berkerja di sebuah bank swasta, ayahnya juga berkerja di swasta, tetapi pada tahun 1998 saat ia duduk di bangku SD terjadi krisis moneter, ayah dan ibunya keluar dari pekerjaannya. Keadaan ekonomi keluarganya saat itu sangat tidak bagus, kemudian ayahnya sakit kanker dan jantung, akhirnya sampai meninggal pada 2004. Lebih dari sekitar 5 tahun itu keluarga fauzan hidup tanpa pemasukan, sementara ibunya harus menghidupi 3 orang anak. Hal itu membuat fauzan memutar otak untuk berusaha, apapun yang bisa dia lakukan dia akan lakukan. Jadi dari SD fauzan sudah menjual seragam sepak bola ke teman-temannya dan membuka warung di rumah. Saat usia SMP dan SMA, lelaki kelahiran 17 Januari 1985 ini terjerat narkoba. Setelah direhabilitasi, ia diperintahkan pindah lingkungan oleh ayahnya, agar tidak kembali lagi ke narkoba. Ia pun hijrah ke Yogyakarta selulusnya dari SMA, tahun 2003. Di sana, ia harus berjuang agar tetap hidup, sementara ia harus

Tahun 2011. seperti coklat.kuliah di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. satu di Jl. penjual spare part kendaraan bahkan menjadi sopir truk. disediakan juga menu makanan-makanan ringan. Dari pekerjaan itu.000. Titik balik hidupnya mulai terlihat saat ia ditawari seorang keluarga untuk menjalankan bisnis jejaring dari penjualan pulsa. Padahal. Tanggapan para tamu selalu “susunya enak. Buktinya. roti bakar. strawberry. dan sampai awal 2010 jumlah sapi sudah mencapai 52 ekor. mocca. Fauzan selalu menyajikan susu segar dari sapi-sapinya. Bandingkan dengan produk olahan susu lainnya yang sudah lebih dulu ada baru lebih dari dua ribu. Di situ mulai ada ide beternak sapi perah.hingga Rp. Hidupnya memang berat. istrinya menambahkan rasa buah seperti anggur. caramel. green tea. jambu. Produk Produk utama Kalimilk ini memang susu murni dengan berbagai varian rasa. satu di kawasan Nologaten. diantaranya menjadi penjual sepatu. Berdasarkan dua kondisi tersebut. animo masyarakat untuk menikmati susu segar di Kalimilk sangatlah tinggi. jeruk. Padahal. Berbagai pekerjaan ia lakukan agar tetap hidup.8. apalagi setelah ayahnya meninggal dunia tahun 2004. Ia sangat aktif berinteraksi dengan para penggemar dan followersnya yang disebutnya NENENers. dll. dan sebagainya. Ukuran gelasnya pun dibedakan menjadi 2. ia mendapatkan penghasilan cukup besar yang ditabungnya untuk membeli tanah. kenapa nggak dijual saja?” Di sisi lain. Fauzan sangat cerdas dalam memanfaatkan sosial media untuk bisnisnya. Lempongsari Raya. risoles keju. seperti sandwich. awal Januari 2011. ada dua kedai yang dibuka. omset Kalimilk dari kedua kedai itu mencapai 1. Ia pun merasa terpanggil untuk membuat kehidupan para peternak sapi perah itu menjadi lebih baik.-. Menu susu di Kalimilk ini ada yang ice dan ada yang hot. Terkadang. dll. Kalimilk singkatan dari Kaliurang Milk. belakang Ambarukmo Plaza. kemeja keliling.” Ungkap Fauzan. yaitu ukuran medium dan ukuran gajah alias jumbo. ia akan melebarkan sayap ke kota-kota lain di Indonesia dan memiliki rencana agar produknya dapat dibeli di hypermarket modern. . dan dibangun rumah. Sleman. Lebih dari seribu liter susu segar dihabiskan setiap harinya. Harga makanan dan minuman yang dijual berkisar Rp. ia juga mendengar para peternak sapi perah yang mengeluh harga susu di pasaran terlalu rendah dibandingkan harga pakan sapi. Sebagai anak muda di era internet. Selain susu. Setelah dibuka. Rencananya.. sedangkan Kaliurang sendiri adalah tempat peternakan sapi-sapi yang menjadi suplier Kalimilk.1 miliar setahun. dan brand dunia Nestle hanya 15 ribuan. per April 2013 akun Twitter resmi Kalimilk memiliki hampir 28 ribu followers.000. “Tahun 2007 sudah bisa beli tanah. durian.15. kemudian menikah. Fauzan pun diganjar penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2011. Setiap kali ada tamu atau kerabat yang datang ke rumahnya. Fauzan membuka tempat nongkrong anak muda untuk minum susu sapi bernama Kalimilk. cookies. Kalimilk juga layanan delivery ordery.

dimana fauzan berharap Kalimilk bisa selalu melayani masyarakat INDONESIA untuk bisa rutin dan gemar minum susu agar tercipta masyarakat yang kuat. banyak orang seperti itu akhirnya sulit untuk maju. Sehingga akhirnya ia jadi tahu bagaimana mengolah susu dengan baik. Dan semua itu harus memiliki dasar yang sama. disiplin itu kalau tidak berlandaskan Al Qur’an dan Sunnah itu bisa diartikan berbeda beda.Kunci atau Rahasia Kesuksesan Ada sebuah hadits qudsi yang fauzan pernah baca mengatakan “Berjalanlah dengan apa yang kamu ketahui. Sedangkan moto kalimilk adalah “Dari Jogja Untuk Indonesia Menuju Dunia”.terimakasih ----- . bukan karena kecerdasan dirinya. Didalam artikel lain Fauzan menyampaikan moto hidupnya. Dan kita menyadari bahwa bahagia bukan tujuan dari hidup tetapi cara untuk menjalani hidup”. memiliki keyakinan yang sama. karena sikap tanggungjawab. sebenarnya satu kalimat saja yang bisa muncul. Fauzan juga mengatakan didalam sebuah artikel ketika ia diwawancarai. ikhlas adalah 1/3 nya dan berhasil adalah AKIBATNYA”. Tapi dengan keyakinan kita pada Allah. cuma itu saja yang bisa muncul. Ketika kita bergantung pada Allah itu kita diharuskan untuk maju di dunia ini. menjaga kedisiplinan. Dan sebagai bakti untuk negara dan akan berusaha mengekspansi ke seluruh penjuru dunia. kita bisa melakukan apapun dengan Allah”. Jadi disini kita memiliki taklim mingguan untuk para karyawan. Ketika bergantung pada Allah banyak orang mengartikan pasif tidak melakukan apa apa. tanggungjawab. laa haula walaa quwwata illaa billaah. padahal bukan. Jadi Fauzan menjalani saja beternak sapi seperti yang ia tahu. Didalam artikel tersebut juga fauzan menyampaikan arti kesuksesan menurutnya yaitu. maka Aku akan memberi tahu apa yang kamu tidak tahu”. pergerakan adalah jantungnya. sehat dan cerdas. “Banyak orang mengartikan sabar itu dalam bentuk pasif. Dalam artikel tersebut juga fauzan memberitahukan cara dia menghadapi 120 karyawannya. Tapi memang ada orang dalam bisnis itu logika yang di kedepankan. dengan begitu kita punya frekwensi yang sama. membawa kebaikan dan manfaat. hanya setetes dari air di lautan. orang bisa apa apa dilakukan dulu oleh pikirannya. kejujuran dan kemauan untuk belajar. padahal sebenarnya sabar itu men-switch sikap yang negatif menjadi positif. Padahal sebenarnya ketika orang sudah meraih kesuksesannnya pun. pengorbanan adalah jalannya. padahal Allah memberikan ilmu kepada kita itu tidak banyak. ”Niat adalah awal kehidupan. Bagi saya karyawan itu selayaknya diperlakukan sebagai sahabat atau teman. ----. “Ketika kita tahu bahwa dunia ini adalah perjalanan sementara sebagai bekal untuk kehidupan selanjutnya. Banyak orang bilang apa apa harus dibuktikan terlebih dahulu. tapi kita juga harus bisa seperti orang tua. bukan karena kerja keras dirinya.