2.3.2.

Posisi dan Pola Kerja Perawat dalam melakukan pekerjaan sehari-hari yaitu dalam memberikan perawatan pada pasien terutama dalam hal mengangkat, memindahkan, mendorong atau menarik pasien agar diposisikan dalam kondisi tirah baring. Selain itu perawat banyak melakukan aktivitas dalam berdiri atau berjalan dalam jangka waktu yang cukup lama. erputarnya tulang belakang di saat tubuh sedang membungkuk merupakan !aktor penyebab nyeri punggung bawah yang rentan. iasanya resiko dari pekerjaan adalah berhubungan dengan gangguan pada punggung bawah yang kemungkinan bisa berkorelasi dengan stabilitas muskuloskletal dari spine atau tulang belakang. "ktivitas pemindahan barang secara manual dengan posisi tubuh membungkuk yang kaku yang dilakukan secara berulang-ulang merupakan penyebab terjadinya cedera punggung. "ktivitas kerja tersebut secara tidak langsung akan membahayakan kesehatan perawat terlebih bagi perawat perempuan. #isiko keluhan otot pada perempuan akan lebih besar jika dibandingkan dengan laki-laki. $al ini dikarenakan secara !isiologis , kemampuan otot perempuan memang lebih rendah daripada laki-laki. %&arwaka, 2''() Perawat dalam melaksanakan pekerjaannya tersebut kerap kali terjadi penggunaan posisi tubuh yang salah. $al ini karena pengetahuan perawat masih kurang terhadap posisi ergonomi untuk kesehatan keselamatan kerja yang benar. *enurut #isyanto %2''+), posisi yang tidak alamiah atau tidak ergonomis akan menimbulkan kontraksi otot secara isometris %melawan tahanan) pada otot-otot utama yang terlibat dalam pekerjaan. "khirnya beban kerja bertumpu di daerah pingggang dan menyebabkan otot pinggang sebagai penahanan beban utama akan mudah mengalami kelelahan dan selanjutnya akan terjadi nyeri pada otot sekitar pinggang atau punggung bawah. *enurut ,hlan.-, 2''. dalam penelitiannya yang berjudul “Pengaruh Back Exercise Pada Nyeri Punggung Bawah Pengaruh Back Exercise Pada Nyeri Punggung Bawah” disebutkan dengan posisi yang membungkuk sangat membebani struktur jaringan lunak vertebra lumbal %diskus invertebralis, ligament dan otot). #angsangan nyeri pada

Pada nyeri punggung bawah muskuloskletal rangsangan bisa dari tekanan maupun tarikan pada ligamentum longitudinal anterior atau posterior. sendi. Kontraksi otot punggung membutuhkan energi dan menghasilkan sisa-sisa metabolisme yang merupakan stimulus nyeri. 1yeri punggung bawah muskuloskletal yang terjadi di masyarakat hampir selalu terjadi oleh karena kesalahan gerakan. /icontohkannya duduk dengan posisi membungkuk sambil membawa beban 0' kg pada kedua lengannya. $al ini akan meningkatkan rasa nyeri dan keadaan ini merupakan vicious circle. makin kuat aktivitas re!leks terhadap otot-otot tersebut sehingga menimbulkan hipertonus. yang menunjukkan adanya akti!as terhadap serabut syara! pembawa rangsang nyeri %nociceptor). Kondisi ini akan diperburuk lagi dengan adanya iskemia local sebagai akibat dari kontraksi otot yang kuat dan terus menerus atau mikrosirkulasi yag tidak adekuat sebagai akibat deregulasi sistem simpatik 2nput serabut a!!erent dari organ visceral. Selain hal tersebut re!leks akan menimbulkan kontraksi yang tidak disadari dan dapat menimbulkan rasa nyeri. "kibat kesalahan dari kesalahan gerak dan postur adalah kelelahan otot dan kerusakan jaringan %tissue damage) yang ditandai dengan nyeri. misalnya withdramal re!leks yang merupakan mekanisme survival dari organisme. #angsangan dari otak yang berupa stress atau emosi juga dapat merangsang meningkatkan re!leks otot-otot postural. otot-otot atau in!uls dari otak yang turun ke spinal dapat mempengaruhi rangsangan dari alpha dan gamma motor neuron yang berakibat kekakuan otot. . Kontraksi otot punggung membutuhkan energy dan menghasilkan sisa-sisa metabolisme yang merupakan stimulus nyeri. melalui nociceptor terstimulasi.daerah punggung akan menimbulkan re!leks kontraksi otot punggung. #e!leks itu sendiri sebenarnya berman!aat bagi tubuh kita. beban yang diterima pada spinal atau strukur jaringan lunak disekitarnya terutama diskus invertebralis adalah sebesar 3''1. #angsangan nyeri pada daerah punggung akan menimbulkan re!leks kontraksi otot punggung. 1yeri sering juga berasal dari sendi !aset. kulit. misalnya peningkatan input nociceptive dari kapsul sendi dapat meningkatkan re!leks yang dapat merangsang beberapa otot di sekitar persendian.

Surakarta6 712 " P#8SS. dkk. . Ergonomi &n#uk Keselama#an' Keseha#an Kerja dan Produk#ivi#as./a!tar Pustaka . 2''+. 2''. #isyanto..hlan. -. 2''(. 5ogyakarta. &arwaka. Penelitian 3Pengaruh Back Exercise Pada Nyeri Punggung Bawah4. Surakarta. Pengaruh Lamanya Posisi Kerja Terhada Keluhan !u"yek#i$ Low Back Pain Pada Pengemudi Bus Ko#a di Terminal %iwangan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful