[ sun hodos - edisi 1 - april 2009 ] 33

GAYA HIDUP

Alkitab Masa Kini
“Iihh..., kok di gereja malah maen handphone sih?” “Ga kok, ini lagi baca Alkitab tau..!”
DIALOG di atas lumrah terjadi belakangan ini, menandai kemunculan aplikasi Alkitab Digital yang dapat di install dalam sebuah perangkat ‘gadget’. Alkitab versi digital atau elektronik adalah program berisi teks Alkitab yang dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti pembacaan dan pencarian ayat, konkordansi, referensi silang, dan lainnya. Bentuknya dapat berupa program yang dapat diaktifkan secara online (terhubung ke internet) atau berupa software yang dapat diunduh lalu diinstall untuk komputer rumahan (PC), laptop atau yang berukuran lebih kecil untuk gadget seperti Ponsel (Handphone) dan PDA sehingga dapat dibawa kemanapun. Alkitab Digital dapat diinstall pada ponsel dan PDA selama perangkat tersebut mendukung sistem Java (J2ME). Sedangkan untuk perangkat PC rasanya tidak ada masalah, semua bisa. Sistem ini sudah diakomodir oleh sebagian besar perangkat terbaru, khususnya keluaran tahun 2005 keatas. Untuk kepentingan penyebaran dan kemudahan, Alkitab Digital tersedia dalam beragam versi dan bahasa dunia. Selain itu, terdapat juga fasilitas untuk membuat ayat-ayat favorit, mengganti huruf, ukuran, warna, bahkan untuk berkirim SMS. Alkitab Digital cocok digunakan saat sedang melakukan riset, mempersiapkan bahan khotbah atau tulisan dari Alkitab. Proses pencarian ayat atau kisah cerita menjadi lebih cepat dan mudah. Lalu sejauh mana tren ini mengancam keberadaan Alkitab versi cetak? Rasanya tidak perlu dikuatirkan, karena masing-masing memiliki keistimewaan dan jatahnya sendiri. Bentuk kertas cetak maupun digital, yang penting sejauh mana orang tertarik untuk memahami isi Alkitab. Dan lebih daripada itu, keduanya berperan penting dalam proses penyebaran firman Tuhan. Setuju bukan?

BIBLE DIGITAL

- Randy Sihombing

Beberapa situs software Alkitab
http://www.compactbyte.com/s60bible/ http://gobible.jolon.org/ http://www.onlinebible.net/ http://www.holybibleproject.net/ http://www.einjil.com/ http://www.phoneybible.co.uk/

Singkat waktu, terobosan teknologi ini telah membuat banyak orang ‘jatuh hati’. Terciptalah tren baru dalam komunitas Kristiani yang melek teknologi. Bahkan yang gaptek--gagap teknologi--pun jadi latah kepingin melek, dan ini termasuk kita bukan? Kini, semakin banyak orang Kristen yang mempunyai dan memanfaatkan Alkitab Digital ketika mempelajari Firman Tuhan. Kecenderungan ini diimbangi dengan makin menjamurnya situs yang menyediakan Alkitab Digital. Keberhasilan Alkitab Digital menciptakan tren di masyarakat Kristen tentunya mudah dimaklumi. Baca Alkitab di rumah, kantor, atau dimanapun dengan Ponsel. Alkitab Digital menawarkan beragam kelebihan yang tidak mungkin diperoleh oleh Alkitab konvensional, yaitu lebih cepat dan lebih praktis. Kita cukup mengetik nama kitab, pasal, dan ayat yang ingin dicari, lalu klik OK, muncullah ayat tersebut di layar. Segi positif lain, Alkitab Digital mudah disebarluaskan. Software Alkitab dapat dikirim ke kerabat lewat bluetooth atau lewat internet.

Versi bahasa yang tersedia
English - Afrikaans - Arabic - Bulgarian - Chinese - Danish - Dutch - Finnish - French - German - Hungarian - Indonesian - Norwegian - Portuguese - Romani (Gypsy) - Romanian - Russian - Spanish - Swedish - Tagalog (Filipino) - Ukrainian - Vietnamese - Albanian - Armenian - Basque - Breton (NT) - Burmese - Cebuano - Chamorro (portions) - Croatian Czech - Dari - Esperanto – Estonian - Farsi - Georgian - Greek - Haitian Creole - Hebrew (OT) - Hindi - Icelandic - Japanese Kabyle - Kekchi - Korean - Latin (Vulgate) - Latvian - Lithuanian - Malayalam - Manx Gaelic (portions) - Maori - Mizo - Nepali - Paite - Polish - Potawatomi (portions) - Serbian - Shuar - Slovak - Slovenian - Swahili - Uma - Tamajaq (portions) - Tamil - Thai - Turkish - Wolof – Xhosa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful