You are on page 1of 22

Askep Hidrosepalus

Di susun O L E H Kelompok 11: Nova fitriani Chairunnisa Fadhlina M. ani !en"asuh : #ahma$ati% &KM

'kademi Kepera$atan (a)al *hafur &i"li +ahun ',aran -.1/0-.11

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................... DAFTAR ISI .................................................................................................. BAB I PENDAHULUAN .............................................................................. A.Latar Belakang .......................................................................... B.Tujuan ....................................................................................... BAB II TINJAUAN PUSTAKAN ................................................................ A. Konsep Dasar Medis (LP).............................................................. 1.Pengertian.................................................................................. 2.Etiologi...................................................................................... 3. a!"aran Klinis........................................................................ #.Pato$isiologi............................................................................... %.Ko!plikasi................................................................................. &.Penatalaksanaan......................................................................... '.Prognosis................................................................................... B. Konsep Dasar Asu(an.................................................................... ). Kesi!pulan ...................................................................................

DAFTAR PUSTAKA .....................................................................................

Akhirya semoga makalah ini berman#aat bagi penulis khususnya dan bagi pemba%a umumnya. Sebagai manusia penulis menyadari bah!a penulisan makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Dengan adanya kendala dan keterbatasan yaang di miliki penulis maka penulis berusaha semaksimal mungkin untuk menyusun makalah dengan sebaik$baiknya. Dimana makalah ini sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas epera!atan anak ". Penulis menyadari sepenuhnya bah!a selama menyusun makalah ini penulis banyak menemui kesulitan di karenakan keterbatasan res#erensi dan keterbatasan penulis sendiri. Amin.ember -.Kata Pengantar Puji syukur penulis panjatkan kehadiran ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya serta memberikan perlindungan dan kesehatan sehingga penulis dapat menyusun makalah dengan judul “Askep Hidrosepalus ”. )) +o. Dalam kesempatan ini tidak lupa penyusun mengu%apkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini& di antaranya kepada pengasuh 'ahma!ati& S ( dan ka!an$ka!an kelompok )).)/ Penyusun . *leh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak demi perbaikan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

1umlah %airan bisa men%apai )&2 liter bahkan ada sampai 2 liter& sehingga tekanan intrakranial sangat tinggi. BAB II .3 pada / bulan pertama.. Angka kejadian hidrose#alus kira$kira /.. 3 yang di temui sejak lahir& dan 2.ital dan resiko terjadi dekubitus. Apabila hidrose#alus berlanjut setelah lahir dan tetap hidup akan menjadi masalah pediatri sosial. 4rekuensi hidrose#alus ini utero -5-. (elatih mahasis!a menyusun paper dalam upaya lebih meningkatkan pengetahuan dan kreati#itas mahasis!a.BAB I PENDAHULUAN 1. Tujuan Penulisan ). Hidrose#alus sering di jumpai sebagai kelainan konginetal namun bisa pula oleh sebab postnatal. Pasien hidrose#alus memerlukan pera!atan khusus dan benar karena pada anak yang mengalami hidrose#alus ada kerusakan sara# yang menimbulkan kelainan neurologis berupa gangguan kesadaran sampai pada gangguan pusat . B. Agar mahasis!a lebih memahami dan mendalami pokok bahasan khususnya tentang H"D'*S64AL7S. bayi& dan kira$kira )-3 dari semua kelainan konginetal. -. Hidrose#alus sering menyebabkan distosia persalinan.1 Latar Belakang Hidrose#alus adalah penumpukan 0SS sehingga menekan jaringan otak.

b. 1.TINJAUAN PUSTAKA A. Stenosis aku anduktus s"l1il)#eru!akan !en"e$a$ "ang ter$an"ak &/+4 .Hidrose#alus adalah keadaan patologik otak yang mengakibatkan bertambahnya %airan %erebrospinalis di dalam kepala 80SS9 dengan atau pernah dengan tekanan intrakranial yang meninggi sehingga terdapat ruangan tempat mengalirnya 0SS 8+gastiyah& )::.Akuanduktus da!at #eru!akan saluran "ang $untu sa#a sekali atau a$nor#al iala le$i se#!it dari "ang $iasa.&Ngasti"a )*++. *.)Kelainan bawaan Kelainan $a3aan "ang $erkaitan dengan idrose!alus #eli!uti 2 1.+5(. 6. S!ina $ifida dan krantu# $ifida)kelainan $iasan"a $er u$ungan dengan s"ndro# arnoid % iari aki$at tertarikn"a #edulla s!inalis dengan #edulla o$longata dan sere$ellu# letakn"a le$i renda dan #enutu!i fora#en #agnu# se ungga ter0adi !en"u#$atan se$agian atau total./(.Konsep Dasar Medis 1.Hidrosefalus iala keadaan !atologis otak "ang #engaki$atkan $erta#$a n"a %airan %ere$ros!inalis &'SS( dengan atau !erna dengan tekanan intra%ranial "ang #eninggi se ingga terda!at !ele$aran ruangan te#!at #engalirn"a 'SS. Pen"e$a$ !en"u#$atan untuk aliran 'SS "ang sering terda!at !ada $a"i iala 2 1. S"ndo# Dand"47alker)#eru!akan atresia %ongenital fora#en lus ia dan #agendi dengan aki$at idrose!alus o$struksif dengan !ele$aran s"ste# 1entrikel teruta#a . Etiologi Hidrose!alus ter0adi $ila terda!at !en"u#$atan aliran 'SS !ada sala satu te#!at antara te#!at !e#$entukan 'SS dala# s"ste# 1entrikel dan te#!at a$sor$si dala# ruang su$arak noid)aki$at !en"u#$atan ter0adi dilatasi ruangan 'SS di antaran"a.9 %.-1. Pengertian a.U#u#n"a ge0ala idrose!alus terli at se0ak la ir atau !rogresif dengan %e!at !ada $ulan4$ulan !erta#a setela la ir.Hidrose#alus merupakan suatu keadaan patologik otak yang mengakibatkan bertambahnya %airan %erebrospinalis sehingga terdapat pelebaran ruangan tempat mengalirnya %airan %erebrospinal.

Le$i $an"ak idrose!alus terda!at !ada !as%a #eningitis. 4.Pe#$esaran ke!ala da!at ter0adi $e$era!a #inggu sa#!ai $e$era!a $ulan setela se#$u dari #eningitis.) Neoplasma Hidrose!alus ole o$struksi #ekanik "ang da!at ter0adi di setia! te#!at aliran 'SS..)Infeksi Aki$at infeksi da!at ter0adi !erlekatan #eningen se ingga da!at ter0adi o$literasi ruangan su$ arak noid.) Perdara an Tela $an"ak di$uktikan $a 3a !erdara an se$elu# dan sesuda la ir dala# otak da!at #en"e$a$kan fi$rosis le!to#enungen teruta#a !ada daera $asal otak selain !en"u#$atan "ang ter0adi aki$at organisasi dari daera itu sendiri.ena di kulit kepala 2.Pele$aran 1entrikel !ada 1ase akut #eningitis !irilenta ter0adi $ila aliran 'SS terganggu ole o$struksi #ekanik eksudat !urulen di akuanduktus s"l1ilatau sisterna $asalis.a#$aran Klinis <ejala yang nampak dapat berupa 8+gastiyah& )::.:(. .= Depkes=)::>9 ). . Kista arak noid)da!at ter0adi %ongenital teta!i da!at 0uga ti#$ul aki$at trau#a sekunder suatu e#ato#. 9.1entrikel I8 "ang da!at sede#ikian $esarn"a ingga #eru!akan suatu kista "ang $esar di daera fosa !osterior. epala bayi terlihat lebih besar bila dibandingkan dengan tubuh ?. 7bun$ubun besar melebar atau tidak menutup pada !aktunya teraba tegang dan mengkilat dengan perebaran . 3. &Ngasti"a )*++. T" yang meninggi5 muntah& nyeri kepala& edema pupil sara# otak "" -.-1.Pengo$atann"a ditu0ukan ke!ada !en"e$a$n"a dan a!a$ila tu#or tidak diangkat&tidak da!at dio!erasi()#aka da!at dilakukan tindakan !aliatif dengan #engalirkan 'SS #elalui saluran $uatan atau !irau. Pada bayi biasanya disertai pembesaran tengkorak /. Ano#ali !e#$ulu dara 2. Sutura tengkorak belum menutup dan teraba melebar . 6.

kanak Pembesaran kepala tidak bermakna& tetapi nyeri kepala sebagai mani#estasi hipertensi intrakranial.ena di sisi samping kepala tampak melebar dan berkelok. 4ontanella terbuka dan tegang& sutura masih terbuka bebas. Aola mata terdorong ke ba!ah oleh tekanan dan penipisan tulang suborbita >. .@. Dapat disertai keluhan penglihatan ganda 8diplopia9 dan jarang diikuti penurunan . B.ital A. erusakan sara# yang memberi gejala kelainan neurologis berupa gangguan kesadaran motorik atau kejang$kejang& kadang$kadang gangguan pusat ... Terdapat sunset sign pada bayi 8pada mata yang kelihatan hitam$hitamnya& kelopak mata tertarik ke atas9 . Lokasi nyeri kepala tidak khas. Sklera mata tampak di atas iris :. %m& dan pertumbuhan ukuran lingkar kepala terbesar adalah selama tahun pertama kehidupan. Pergerakan mata yang tidak teratur dan nistagmus tak jarang terdapat ). Bena$. Se%ara umum gejala yang paling umum terjadi pada pasien$pasien hidrose#alus di ba!ah usia dua tahun adalah pembesaran abnormal yang progresi# dari ukuran kepala.Hidrosefalus terjadi pada akhir masa kanak. Tulang$tulang kepala menjadi sangat tipis. ranium terdistensi dalam semua arah& tetapi terutama pada daerah #rontal. Lingkaran kepala neonatus biasanya adalah /2$?.isus. Tampak dorsum nasi lebih besar dari biasa.Hidrosefalus terjadi pada masa neonates (eliputi pembesaran kepala abnormal& gambaran tetap hidrose#alus kongenital dan pada masa bayi.

*. Patofisiologi .

kerusakan otak ?. erusakan jaringan sara# . Pembesaran kepala /. Proses aliran darah terganggu /. 6kstremitas mengalami kelemahan& inkoordinasi& sensibilitas kulit menurun @.Ko#!likasi ). 4isik dan intelegent kurang dari normal& gangguan penglihatan >. Peningkatan T" -. 6mboli otak 2. erusakan otak /. (eningitis& . Shunt tidak ber#ungsi dengan baik akibat obstruksi mekanik . *. Penatalaksanaan Tu0uan !engo$atan untuk #engurangi idrose!alus)#engenai ko#!likasi) #engatasi efek idrose!alus atau gangguan !erke#$angan.Non Pe#$eda an 2Pe#$erian a%eta<ola#ide dan isosor$ide atau furose#ide #engurangi !roduksi %airan sere$ros!inal..?9 ).entrikulitis& abses otak ?. Peningkatan T" -.ena ka.. ematian omplikasi Hidro%e#alus menurut Prasetio 8-.a superior @. Penatalaksanaan terdiri dari 2 1.entrikularis& abses abdomen 2. *bstruksi . "n#eksi5 septisemia& in#eksi luka ne#ritis& meningitis& .. Pe#$eda an 2 Pengangkatan !en"e$a$ o$struksi #isaln"a neo!las#a)kista tau e#ato# !e#asangan skunt "ang $ertu0uan untuk #engalirkan %airan sere$ros!inal "ang $erle$i an dari 1entrikel ruang ekstra %rania)#isaln"a ke rongga %ranil)ke rongga !eritoneu#)atriu# kanan dan rongga !leural. .

=$ser1asi adan"a #anifestasi idrosefalus a. b.AAA """ Pembahasan A.       Tegang Tidak $erden"aut Dilatasi 1ena kulit ke!ala Peregangan sutura Tanda #a%e3en&$un"i >%ra%ked !ot?( !ada !erkusi Peni!isan tulang teng)orak. o o o Pe#$esaran frontal atau Bossing De!resi #ata Tanda setting sun &skera terli at di atas iris(. !en"ana As# an Keperawatan 1. .$a%i m#da Pertu#$u an ke!ala dengan ke%e!atan "ang tidak nor#al)!enon0olan fontanel &k ususn"a anterior( kadang tan!a !e#$esaran ke!ala.$a%i lan&#t.Pengka0ian Da!at ri3a"at kese atan)k ususn"a #ngenai %edera ke!ala atau infeksi)k ususn"a untuk $ukti4$ukti !er$aikan relo#ening !engukuran lingkar oksi!itofrintal.

o o o o Sakit ke!ala !ada saat $angun)#e#$aik setela #unta dan !ostur tegak. Pa!il oede#a Stra$is#us Tanda4tanda saluran ekstra#idal)#isto#ografi A@I) ekoensefalografi) transi#ulasi fungsi 1entrikel. Diagnosa Keperawatan . 2. o ". Da!at #enun0ukkan al4 al $erikut 2 o o o Peru$a an tingkat kesadaran =!istotonus&seringkali $ersifat ekstre#( S!astritas ekstre#itas $a3a Kasus4kasus !ara 2    d.o Pu!il la#$at dala#$eres!onsi dan dengan res!on "ang tidak sa#a ter ada! %a a"a.$a%i 'm#m. @es!ons nor#al tidak terli at.Masa Kanak(kanak. Sulit #engisa! dan #akan Aenangis #elengking)singkat dan $ernada tinggi Kesulitan kardro!ul#onal.      Peka rangsang Letagi Ba"i #enangis $ila diangkat atau dia"un dan dia#$il $ila di$iarkan $er$aring Ker0a reflek dini $a"i #eneta!.

(Pasien tidak #engala#i !eningkatan tekanan intrakranial.@esiko tinggi kekurangan !e#enu an nutrisi $er u$ungan dengan #ual)#unta dan anoreksia. 6. Kerusakan Intregitas kulit BHD area tekanan !aral"lis DB12 @esiko tinggi %edera $er u$ungan dengan !enigkatan tekanan nitra krania&TIK( )#&#an* @esiko tinggi %edera $er u$ungan dengan !enigkatan tekanan nitra krania&TIK( da!at teratasi dengan kriteria asil2 1. DB62 .( Pasien tidak #enun0ukkan $ukti4$ukti infeksi. )#&#an* @esioko tinggi infeksi $er u$ungan dengan siste# drainase #ekanis)!rosedur $eda da!at teratasi dengankriteria asil2 1. DB92 Kerusakan Intregitas kulit $er u$ungan dengan area tekanan !aral"lis )#&#an* .@esiko tinggi infeksi BHD siste# drainase #ekanis)!rosedur $eda . @esiko tinggi %edera BHD !eningkatan tekanan nitra kranial&TIK( *. @esiko tinggi kekurangan !e#enu an nutrisi BHD #ual)#unta dan anoreksia.(Tidak #engala#i kekurangan nutrisi *. )#&#an* @esiko tinggi kekurangan !e#enu an nutrisi $er u$ungan dengan #ual)#unta dan anoreksia da!at teratasi dengan kriteria asil2 1.(Pasien tidak #engala#i %edera DB*2 @esioko tinggi infeksi $er u$ungan dengan siste# drainase #ekanis)!rosedur $eda . 9. *.1.(Tidak ada ge0ala4ge0ala "ang #en"e$a$kan !asien kekuranngan nutrisi.(Asu!an nutrisi "ang di !erlukan !asien ter!enu i 6.

DB12 @esiko tinggi %edera $er u$ungan dengan !enigkatan tekanan nitra krania&TIK( Inter+ensi 1. 6. *..(Tidak ter0adin"a kerusakan integritas kulit.menjelaskan kepada orang tua kenapa anaknya harus tidur dalam posisi berbaring datar.Jaga agar anak teta! $er$aring datar -.=$ser1asi dengan %er#at adan"a tanda4tanda !eningkatan TIK !asionalisasi 1.) menganjurkan kepada orang tua supaya mempertahan kan posisi anaknya tidur dalam posisi berbaring datar.. Untuk #e#$antu #en%ega ko#!likasi karena !enurunan %airan intrakranial "ang terlalu %e!at. -./ melakukan tindakan sesuai dengan saran dokter ).? memantau perkembangan klien setelah diberikan tindakan. .? memastikan anak tidak tidur dalam keadaan semi #o!ler ./ memantau setiap ) jam sekali untuk memastikan anak tetap tidur dalam keadaan berbaring datar.Kerusakan integritas kulit $er u$ugan dengan area tekanan !aral"lis da!at teratasi dengan kriteria asil2 1.Untuk #en%ega keterla#$atan tindakan Implementasi ).melakukan kolaborasi dengan dokter apabila terdapat tanda$tanda peningkatan T" ). -. *. -.(klien #e#!erta ankan intregitas kulit.) melakukan penga!asan untuk menghindari peningkatan T" ).

/.ena di . Karena !rosedur akan #e#!engaru i sisi I8 /.) (emastikan in#us tidak dipasang pada intra../ memantau keadaan klien setelah dilakukannnya pemasangan in#us di intra .ena . 6.ena kulit kepala /. Hindari !e#asangan infus intra1ena di 1ena kulit ke!ala $ila Pe#$eda an dilakukan.ena /.melakukan pemasangan in#us di intra .

.) mengkaji apakah terdapat tanda$tanda 0SS pada anak atau tidak./ menganjurkan kepada keluarga untuk tidak meninggalkan anak sendirian ).memantau keadaan klien setelah diberikan antibiotik. 6.itas kejang. ). 6.) melakukan pera!atan luka . Ka0i anak untuk tanda4 tanda infeksi 'SS "ang #en%aku! tanda4tanda 1ital) #unta )!enurunan res!onsitas) akti1itas ke0ang. ter0adin"a -. -..DB*2 @esioko tinggi infeksi $er u$ungan dengan siste# drainase #ekanis)!rosedur $eda Inter+ensi 1.Berikan !era3atan luka sesuai dengan ketentuan.o$ser1asi adan"a /. !asionalisasi ).itas kejang. ). *.? melakukan kolaborasi dengan dokter apabila klien mengalami muntah& penurunan responsitas akti.@ memantau keadaan klien setelah diberikan tindakan. Aen%ega infeksi. -.Berikan anti$iotik sesuai dengan rese!. *. ). 9.2 (elakukan tindakan sesuai dengan saran dokter ).memantau keadaan anak apakah terjadi muntah& penurunan responsitas dan akti. Untuk #enanggulangi infeksi.) (emberikan antibiotik kepada klien sesuai resep. Implementasi )./ membandingkan keadaan klien sesudah dan sebeluum diberikan antibiotik. Untuk #eli at a!aka ter0adi infeksi agar da!at dilakukan !engo$atan.

untuk #engeta ui tanda infla#si lokal sesuai dengan prosedur. /.. ?.mengkaji apakah terjadi perubahan luka setelah diberikan pera!atan.) mengkaji apakah terdapat kemerahan atau bengkak pada klien ?. ?.2 memantau perkembangan pasien setelah diberikan tindakan. DC/5 @esiko tinggi kekurangan !e#enu an nutrisi $er u$ungan dengan #ual)#unta dan anoreksia. .ke#era an atau $engkak 9./ melakukan tindakan seuai dengan saran dokter ?..melakukan kolaborasi dengan dokter apabila terdapat tanda$tanda pembengkakan untuk melakukan tindakan selanjutnya.

6.ti#$ang $erat $adan anak tia! ari -. 9./ melakukan kolaborasi dengan dokter apabila pasien selalu muntah.) memantau pemasukan dan pengeluaran %airan pada anak )..membandingkan setiap pemasukan dan pengeluaran hari ini dan kemaren.Intervensi 1. ).) men%atat dalam sehari berapa kali pasien muntah /.. -.untuk memenuhi %airan tubuh /..untuk mendeteksi kehilangan %airan Implementasi ). Rasionalisasi ). *.menilai apakah terjadi perubahan berat badan hari ini dan kemaren. Kola$orasi !e#$erian %airan !arenteral. 6. Aunta da!at #eru!akan tanda !enaikan tekanan intrakranial /.) menimbang berat badan anak setiap hari -. ?.2 mengkji apakah terjaadi perubahan berat badan setelah melakukan tindakan. -.Aonitor intake dan out!ut !ada anak. . Berat $adan "ang $erta#$a atau $erkurang #enun0ukan status idrasi dan nutrisi anak. -./ (emastikan pemasukan dan pengeluaran tetap seimbang.? melakukan tindakan sesuai dengaan saran dokter -.men%atat #rekuensi setiap kali pasien muntah./ melakukan kolaborasi dengan dokter apabila terjadi penurunan berat badan.%atat frekuensi dan 0u#la #unta .

/ memastikan di saat melakukan masase tidak menekan daerah yang merah.?.) melakukan kolaborasi untuk pemberian %airan parenteral ?. Kerusakan Intregitas kulit $er u$ungan dengan area tekanan !aral"lis Intervensi 1.Untuk #erangsang sirkulasi dan #en%ega kekeringan.Aasase kulit dengan le#$ut #enggunakan lision) indari daera tertekan "ang #era . .melakukan tindakan sesuai dengan prosedur..menghindari daerah yang merah ketika melakukan masase ). *.untuk #en%ega iiritasi !ada kulit. Rasionalisasi 1. Jaga alat tenun teta! *. ?.. Implementasi ). ?.) melakukan masase pada kulit dengan lembut menggunakan lision )./ memantau perkembangan pasien setelah memberikan %airan se%ara parenteral.

.. -.kering $ersi dan $e$as dari li!atan -. Lindungi li!atan kulit dan !er#ukaan "ang $ergesekan.) memastikan alat tenun dalam keadaan kering dan bersih serta bebas dari lipatan. /. Untuk #en%ega ekskroliasi.) menganjurkan kepada keluarga untuk memakai alat tenun yang kainnya lembut. .+al#asi DB12 @esiko tinggi %edera $er u$ungan dengan !enigkatan tekanan nitra krania&TIK( ./ menganjurkan kepada keluarga untuk menjaga alat tenun agar bebas dari lipatan. -. -.menganjurkan kepada keluarga untuk menjaga lipataan kulit pasien agar tidak bergesekan dengan benda yang kasar. /.? menganjurkan kkepada keluarga untuk selalu mempertahankan alat tenun dalam keadaan bersih dan kering. 6.menganjurkan kepada keluaarga untuk menjaga alat tenun dalam keadaaan bersih dan kering. /.

Pasien tidak #engala#i %edera DB*2 @esioko tinggi infeksi $er u$ungan dengan siste# drainase #ekanis)!rosedur $eda .tidak lagi terda!at tanda4tanda kerusukan integritas kulit.pasien tidak terkena in#eksi setelah pembedahan b. a.integritas kulit !asien ke#$ali nor#al. Kesimp#lan . %. DB92 Kerusakan Intregitas kulit $er u$ungan dengan area tekanan !aral"lis a. Pasien tidak lagi #engala#i !eningkatan tekanan intrakranial.!asien tidak lagi #engala#i #ual) #unta dan anoreksia. $. $. a. !asien tidak lagi #engala#i kekurangan nutrisi.a.nutrisi !asien ter%uku!i $. tidak terdapat tanda$tanda in#eksi nasokomial pada pasien DC/5 @esiko tinggi kekurangan !e#enu an nutrisi $er u$ungan dengan #ual)#unta dan anoreksia.

')Jakarta . Hidrose#alus di bedakan atas dua tipe yaitu 5 ).Hidrose#alus 8kepala$air& istilah yang berasal dari bahasa Dunani5 EhydroE yang berarti air dan E%ephalusE yang berarti kepala= sehingga kondisi ini sering dikenal dengan Ekepala airE9 adalah penyakit yang terjadi akibat gangguan aliran %airan di dalam otak 8%airan serebro spinal atau 0SS9./)Ke!era3atan Pediatri%.7ong Dona)1.ital.9 Hidrose#alus omunikas Daftar Pustaka L.. <angguan itu menyebabkan %airan tersebut bertambah banyak yang selanjutnya akan menekan jaringan otak di sekitarnya& khususnya pusat$pusat sara# yang . Hidrose#alus adalah suatu keadaan patologis otak yang mengakibatkan bertambahnya %airan serebrospinalis& disebabkan baik oleh produksi yang berlebihan maupun gangguan absorpsi& dengan atau pernah disertai tekanan intrakanial yang meninggi sehingga terjadi pelebaran ruangan$ruangan tempat aliran %airan serebrospinalis.E.9Hidrose#alus *bstrukti# -.

Pera3atan Anak sakit)E.')Jakarta. Staf Penga0at Il#u Kese atan Anak CKUI)*++*)Il#u Kese atan Anak Info Aedi%e)Jakarta.Ngasti"a )1. .:.. Sur"adi)*++1Da<E)Asu an Ke!era3atan Pada Anak Edisi 1)PT Ca0ar InterPrata#a)Jakarta.