CARA MEMBUAT ES TEH LEMON Ketika siang hari yang terik, minum minuman dingin mungkin salah satu

hal yang bisa membuat tubuh kita kembali segar. Bagi kita orang Indonesia, salah satu minuman dingin yang paling poluler adalah es teh. Cuman kalau tiap hari minum es teh rasanya bosan juga yah. Kalau lagi bosan sama es teh yang biasa saja, kenapa nggak kita coba buat saja es lemon tea! Cara membuat es lemon tea nggak terlalu susah loh, cukup memanfaatkan bahan-bahan yang ada dirumah dan kita pun sudah bisa mendapatkan minuman yang akan menyegarkan kembali tubuh kita. Ok, berikut ini resep cara membuat es lemon tea :

Bahan yang Perlu Disiapkan :
    

Air mineral kurang lebih 500 ml Teh celup sebanyak 3 kantong (bisa ditambahkan kalau ingin lebih pekat) Air perasan jeruk lemon (dari 2 buah jeruk lemon) Gula pasir kurang lebih 250 gram atau 3/4 cangkir Es batu secukupnya

Bahan Pelengkap :
 

Beberapa helai daun mint Jeruk lemon atau jeruk nipis yang dipotong melintang tipis-tipis

Cara Membuat :
 

Masak air hingga mendidih untuk meyeduh teh celup yang telah disediakan. Tidak perlu dimasak seluruhnya karena memakan waktu lama. Cukup 200 ml air saja yang didihkan. Seduh teh celup yang telah disediakan ke dalam air yang telah kita didihkan tadi. Pastikan menyeduh hingga cukup pekat agar setelah ditambahkan perasan jeruk lemon warnanya tidak menjadi pucat. Setelah cukup pekat tambahkan sisa air mineral yang telah disediakan tadi. Masukkan gula pasir dan perasan air jeruk lemon kemudian aduk hingga rata. Setelah rata dinginkan terlebih dahulu sebelum disajikan dan beri es batu secukupnya.

Tips Penyajian :

Untuk mempercantik tampilan, Anda bisa menambahkan potongan jeruk lemon sebagai hiasan di bibir gelas. Anda juga bisa menambahkan daun mint untuk mempercantik tampilah es lemon tea Anda sekaligus menambahkan cita rasanya. Tentunya kita sangat menyukai untuk menambahkan es batu ke dalam lemon tea kita. Namun apabila ditambahkan terlalu banyak rasa dari lemon tea kita akan hambar ketika es batu sudah mencair. Untuk mengatasi hal ini, situs resepkomplit.com memberikan

sedikit triknya yaitu sebelum disajikan, ambil sedikit lemon tea yang telah kita buat untuk dijadikan es batu. Dengan demikian meskipun telah mencair, es batu yang kita buat dari lemon tea tersebut tidak menjadikan sajian kita hambar. Perlu diketahui bahwa teh bersifat basa dan lemon bersifat asam. Apabila digabungkan maka kedua bahan tersebut akan saling menetralkan sehingga warna dari teh tersebut akan menjadi pudar. Untuk menyiasati hal tersebut sebisa mungkin agar menyeduh teh sedikit lebih pekat dari biasanya sehingga ketika air perasan lemon ditambahkan maka warnanya tidak terlalu pudar.

Mudah bukan cara membuat es teh lemon sendiri? Selamat mencoba!