BEDAH UROLOGI UNSRI

1. Seorang anak umur 6 tahun. Kepala penisnya bengkak. Didapatkan preputium tertarik ke belakang dan tidak dapat dikembalikan ke depan. Apa diagnosis pada kasus ini? a. Paraphimosis b. Phimosis c. Epispadi d. Hipospadia 2. Seorang laki-laki jatuh dari pohon. Selangkangan terbentur balok kayu. Dari saluran kencing keluar darah. Daerah perineum tampak hematoma. Tampak darah pada ostium uretra eksterna. Apa diagnosis pada kasus ini. a. Trauma ureter b. Trauma ginjal c. Trauma buli d. Trauma uretra e. Trauma 3. Seorang laki-laki mengeluh nyeri pada daerah pinggang kiri. Nyeri menjalar hingga kemaluan. BAB warna merah. Sudut costovertebra nyeri ketok positif. Apa kemungkinan diagnosis? a. Batu ureter distal kiri b. Pielonefritis 4. Seorang laki-laki. Mengeluh susah kencing. 3 bulan lalu ada riwayat menggunakan kateter karena pengambilan batu pada ginjal kiri. Sekarang saat memasang kateter gagal. Apa tindakan yang dilakukan? a. Pungsi suprapubik b. Cistotomi 5. Laki-laki. Kalau ejakulasi sedikit. Setiap ejakulasi terasa hangat pada perut bagian bawah. Ada riwayat operasi pada perut. Apa kemungkinan diagnosis? a. Ejakulasi retrograde 6. Anak-anak main bola tiba-tiba nyeri pada testis pada auskultasi tidak terdengar peristaltic. a. Torsio testis b. Epididimo-orchitis 7. Anak tiba-tiba terbangun di malam hari dengan keluhan nyeri testis sejak 2 jam lalu dibawa ke IGD. Auskultasi tidak terdengar peristaltic. a. Torsio testis b. Epidemoorchitis c. Hernia 8. Anak naik sepeda, trauma di selangkangan, ga bisa kencing. Hematoma pada testis dan butterfly hematoma. a. Torsio testis b. Rupture uretra anterior c. Rupture uretra posterior 9. Ereksi terus menerus. Diagnosis apa? a. Priapismus 10. Nyeri hilang timbul, hematuria didapatkan mual muntah. Ureum 50. Rontgen batu ureter kanan uk 3mm. dulu sering ga bisa kencing dan dipasang kateter. Terapi? a. Operasi batu ginjal b. Pasang kateter urin c. Pungsi suprapubik

11. Pengambilan sampel urin untuk ISK. a. Midstream

Batu ureter b.b. Maka tindakan kita? a. a. c. Soal diatas. Kateter b. Analgetik c. datang dengan keluhan nyeri yang muncul mendadak. . Struvit b. kurang minum. Oleh ibunya dikatakan bahwa skrotum anaknya tidak simetris. Sirkumsisi b. Pancaran langsung Pungsi suprapubik 12. Diagnosis? a. nyeri saat BAK di muara uretra. Pada RT teraba prostat licin simetris uk 7mm. Kateter 13. Rujuk utk uretrografi b. Ga bisa kencing. Antibiotic topical d. Magnesium 17. Nyeri hilang timbul di pinggang sampai selangkangan. b. Batu apa yg mungkin? a. . Darah (+) di meatus uretra eksterna. Nyeri dirasakan pada pinggang kanan dan menjalar ke perut bagian bawah. Sudah dipasang kateter ga bisa. d. Penderita juga merasa ingin buang air kecil dan besar. Ga pules saat berkemih. e. Urethritis UNAIR 1. Obat d. Penanganan awal? a. Transuretra reseksi of prostat b. pada pemeriksaan rontgen didapat batu radio opak. Laki-laki. Kalsium oksalat d. Inj morfin 15 mg lalu rujuk ke bedah urologi c. BAK ada darah. Penderita sehari-harinya bekerja di kantoran dan duduk terus. maka penanganannya? a. Rujuk urologi 16. Pungsi suprapubik d. Pasien trauma dengan buli-buli penuh. Pasang kateter c. Urat c. Tatalaksana? a. . 18. c. 15. Pada pemeriksaan fisik tidakteraba testis kanan. As. Anak laki-laki. Soal diatas. Anak laki-laku berusia 3 bulan datang ke tempat praktek bersama ibunya. Diagnosa anda: Pielonefritis akut a. Pungsi suprapubik 14. Besok pagi. Prostatektomi perineal c. 2. terapi yang tepat? a. tidak bisa BAK kulit penis tidak bisa ditarik. Pungsi suprapubik b. Diagnosa anda: Kriptorkismus bilateral Kriptorkismus unilateral Ektopik testis Refraktil Hernia Pria berusia 35 tahun. Ga bisa kencing kencing terputus. Pielonefritis c.

setelah dilakukan penyuntikan pasien merasa pusing. . d..parapimosis b.. a. Nyeri menjalar ke bawah samapai ke paha dan buah zakar. c. Seorang laki-laki usia 20tahun datang ke UGD dengan keluhan nyeri pada buah zakar sebelah kiri. 8. Diagnosa pasien tersebut? Epispodia Hipospadia c. a. Pada pemeriksaan palpasi abdomen didaptkan nyeri ketok costovertebra. Pada pemeriksaan didapatkan prehn sign (+). Oleh dokter dilakukan pemberian anastesi lokal dengan memberikan suntikan lidokain 2% 100mg dan aderanalin 0. e. varikokel e. Anak laki2 usia 6th di bawa ke poliklinik oleh ibunya dengan ujung penis yang menggelembung. 4. Ejakulasi retrogade c. Pemeriksaan penunjang apakah yang anda usulkan? Urin lengkap Kultur urin USG . pucat. d. Diagnosa pasien tersebut? a. b. c. c. berdebar. Seorang wanita. Pemeriksaan fisikd ditemukan frenulum penis trtarik kebelakang dan tidak bisa dikembalikan kedepan.2 mg.priapismus e. Ejakulasi premature 6. Pielonefritis kronis Batu ureter kanan Batu pielum . Pasientinggal tidak serumah dengan istrinya dengan alasan pekerjaan. Apakah diagnosa pasien ini? a.tumor penis Fimosis Parafimosis Laki2 usia 30 th mengeluh ejakulasi dini setiap kali berhubungan dengan istrinya. b. Nyeri timbul tiba-tiba pada pagi hari saat bangun tidur. a. Riwayat pernah operasi di perutnya. c. pemeriksaan ditemukan nyeri tekan di daerah pempiform +. Pasien mengaku jarang minum air putih... e.. e. Pada pemeriksaan fisik didapatkan ginjal kanan membesar. Sudah menikah selama 1 th dan belum mempunyai keturunan. Delayed ejaculation b. b. Bertemu 3-4minggu.. d. 5. Kencing penderita menetes. usa 35 tahun datang dengan keluhan tidak dapat buang air kecil.. 3.b..orchitis 7. Seorang laki-laki datang berobat ke anda karena mengeluh nyeri hilang timbul pada pinggang kanan.. d.torsio testis c. Menurut saudara kemungkinan yang terjadi adalah disebabkan oleh: Alergi lidokain Alergi adrenalin Intoksikasi lidokain a. Disfungsi ereksi d.. b.epididimitis d. c. Menurut saudara diagnosa yang paling mungkin adalah: Pyelonefritis Batu vesika urinaria Batu ureter dextra Batu urethra Batu pyelum Seorang akan laki-laki dengan berat badan 60kg akan menjalani operasi lipoma yang berasa pada punggungnya.

Operasi batu c.. Diagnosis yang mungkin adalah a. Setelah pemeriksaan dokter menganjurkan rawat inap dan setelah usg terdapat batu pada ureter kiri. Pasien laki 15 tahun. Diagnosea pasien: Pielonefritis Vesikolitiasis Sistitis BDK ISK a. Pasang kateter b. 14. Pada pemeriksaan didapatkan hidronefrosis.. d.. f. e.. 10. Ada jejas pada daerah pubis... Pasien laki umur 14 tahun tiba tiba nyeri pada scrotum saat main bola.. Intoksikasi adrenalin Syok neurogenik Seorang akan laki-laki dengan berat badan 60kg akan menjalani operasi lipoma yang berasa pada punggungnya. 11. Didapatkan nyeri tekan pada suprapubik.. bakteri (+).2 mg. e. Hidrokel akut b. Pasien suka mengkonsumsi susu yang tinggi kalsium untuk osteoporosisnya dan suka menahan kencing. Apa yang pertama kali akan anda lakukan pada keadaan tersebut: Permberian infus RL Mengamankan jalan nafas Melakukan pijat jantung Pemberian nafas buatan Merujuk pasien Pasien datang ke RS dengan keluhan nyeri pinggang kanan dirasakan selama 3 hari. Pasien ingin dipasang kateter. d. Sistostomi . leukosit 1-3/lp eritrosit 0-1/lp. c. Edukasi apa yang diberikan pada pasien… Banyak minum Kurangi minum Banyak istirahat Kurangi makanan berlemak Kurangi makanan daging Banyak makan buah Pasien datang ke RS dengan keluhan nyeri saat BAK.5. orchiepididimitis d. mengeluh nyeri pada scrotum setelah bangun tidur. 15. leukosit 5/lp. e. c. b. Pasien datang dengan keluham susah kencing. d. Diagnosa yang paling mungkin a. protein (+).. Tindakan yg dilakukan a. a. e. b. Oleh dokter dilakukan pemberian anastesi lokal dengan memberikan suntikan lidokain 2% 100mg dan aderanalin 0. Hidrokel akut b. Torsio testis c.d. Hernia inguinalis e. 12. eritrosit 4-6/lp. a. temp 37. b.. Pada pemeriksaan di dapatkan nyeri ketok CVA dan tidak ada nyeri tekan suprapubik. setelah dilakukan penyuntikan pasien merasa pusing. pucat. Terasa hangat. Torsio testis c.. berdebar.. Pasien habis kecelakaam sepeda motor. Tramsluminasi -. Terlihat darah pada uretra. Orchiepididimitis d. Dari urine. Nyeri menjalar hingga perut bawah.. 9.. Tindakan yang dilakukan a. c. 13. Pasang kateter b. TTV dbn. nadi 100. TTV: TD 120/80. Pada pemeriksaan lab: nitrit +. bising usus -.

Batu ureter distal kiri d. d. Diagnose…. pipis tdk lancar. Pada foto terlihat bayangan radioopaq. Supir angkot jarang minum. Batu buli 18. cr 0. Hipospadia Epispadia Phimosis Paraphimosis Lupa Anak laki-laku berusia 3 bulan datang ke tempat praktek bersama ibunya. Pasien datang dengan keluhan jatuh dari pohon dan pada bagian selangkangan terkena balok kayu.c. c. Nyeri hilang timbul dan dirasakan menjalar hingga ke kandung kemaluan disertai mual. Apa komposisi tersering dari batu ini? A. b. b. Pada pemeriksaan didapatkan nyeri costovetebral angle kiri.9. 21. a. c. e. a. pada pemeriksaan didapatkan adanya jejas/ hematom pada perineum dan didapatkan meatal bleading keluar dari OUE. Dari sedimen urin didapatkan ureum 24. Doxasozin 17. Uretrograf 16. Trauma buli b. Batu ginjal kiri b. Batu uretra e. d. Oleh ibunya dikatakan bahwa skrotum anaknya tidak simetris. Batu pyelum kiri c. leukosit 2030/lpd. menetes. Ca oksalat C. eritrosit penuh / lpd. Lupa . e. Pasien laki – laki datang dengan keluhan nyeri pinggang kiri sejak 2 hari lalu. Pada colok dubur teraba lunak.pole atas teraba. Fentolamin c. Diagnosis : a. Pada pemeriksaan fisik tidakteraba testis kanan. Nyeri pinggang kanan. a. Obat apa yg diberikan utk pasien ini? a. Trauma ginjal e. Anak laki – laki datang dengan keluhan kulit pada penis tertarik keatas dan tidak dapat dikembalikan lagi. Laki2 70 thn. Diagnosa anda: Kriptorkismus bilateral Kriptorkismus unilateral Ektopik testis Refraktil Hernia Anak laki-laku berusia 3 bulan datang ke tempat praktek bersama ibunya. Struvit D. Pada pemeriksaan fisik tidakteraba testis kanan. Trauma ureter c. c. Diagnose a. Oleh ibunya dikatakan bahwa skrotum anaknya tidak simetris. Urat B. Trauma uretra d. b. Beri analgetik d. Alkaloid ergot b. e. d. Trauma ap lupa 19. Cystein E. Diagnosa anda: Kriptorkismus bilateral Kriptorkismus unilateral Ektopik testis Refraktil Hernia 22. 20.

Kriptokismus unilateral b. Pemeriksaan fisik : skrotum kanan bengkak. epididimitis d. Pasien mengeluh sering kencing tetapi tidak puas dan terasa nyeri. lupa 2. Laki-laki 12 tahun dating dengan keluhan keluar darah dari penis setelah kecelakaan 1 jam yang lalu. Diagnosis? a. Pasien mengaku jarang minum air putih dan punya kebiasaan sering menahan kencing. Diagnosis klinis yang paling tepat adalah : a. auskultasi skrotum (-). nyeri ketok regio flank kanan positif. Diagnosis yang paling mungkin adalah : a. darah keluar dari penis. SOLO 1. Dari PF didapatkan nyeri tekan suprapubik. kemeraha. Batu saluran kemih c.UDAYANA 1. pasang kateter uretra b. pelvis asimetris. Uretritis e. torsio testis c. Testis letak ektopik d. Hernia inguinalis Seorang wanita 27 th datang ke puskesmas dengan keluhan sering buang air kecil. sejak 2 hari terakhir mengaku kencing menetes. leukosit (+2). langsung rujuk ke spesialis urologi 3. Lab : epitel transisional (+3). Laki-laki 12 tahun dengan keluhan nyeri skrotum kanan sat main bola. rupture uretra anterior c. 3. rujuk untuk uretrogram c. Kriptokismus bilateral c. rupture uretra posterior Pasien laki-laki 20 tahun mengalami KLL dating dengan keluhan tidak bisa kencing. Pemeriksaan fisik : perineal hematom. Darah rutin b. Seorang anak laki-lai berusia 2 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan skrotum yang besar sebelah. Dirasakan nyeri dan panas di sekitar kemaluan saat kencing. rujuk untuk uretrogram eskresi d. hernia inguinalis b. orchitis e. Penanganan pertama? a. ginjal kanan teraba membesar. Dari PF didapatkan TD 100/80 HR 90x/menit RR 20x/menit. Dari pemeriksaan fisik didapatkan pada skrotum kiri tidak teraba testis. Pemeriksaan penunjang apa yang sebaiknya dilakukan ? a. Cystitis b. nitrit (+3). Diagnosis? a. Pasien merasa ingin kencing. Pemeriksaan fisik : butterfly appearance perineal. Urin rutin 2. Testis retraktil e. . Glomerulonefritis Seorang laki-laki 50 tahun datang ke RSUD dengan keluhan susah kencing. darah keluar melalui meatus eksternal. pasang kateter suprapubik e. rupture buli d. rupture testis b. Pyelonefritis d.

. 12.. Uretrosistografi d... Epididimoorkitis 15. disertai mual dan muntah. Cystografi b. Pria 25 tahun setelah bangun tidur mengeluh nyeri pada testis kanan... IVP c.. Diagnosis anak tsb. Pria 58 tahun datang ke IGD dengan keluhan nyeri pinggang kanan bawah sejak 3 hari yang lalu. Pemeriksaan urine lengkap didapatkan Ca Oksalat (+++). Pemeriksaan fisik didapatkan nyeri ketok costovertebra kanan (+). Paraphimosis d.c. . Cystografi d.. Pemeriksaan fisik tampak preputium menutupi dan melekat pada glans penis hingga orifisium uretra externa. c. Kultur urin d. Hidrokel b. Vital sign normal. b.? a. Pemeriksaan penunjang lainnya yang diperlukan. Keluhan dirasakan setelah mengangkat benda berat. 4. kemerahan dan nyeri. Anak laki-laki usia 8 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan sulit BAK sejak 1 hari yang lalu.. . Diagnosis. BNO b. d. Nyeri berkurang jika skrotum diangkat. Tidak ada demam.. Pemeriksaan penunjang yang diperlukan.. Pasien juga menderita sakit kelenjar parotis sejak 5 hari yang lalu. e. Torsio testis d.. Pemeriksaan fisik didapatkan darah keluar dari uretra dan skrotum membesar..? a. Torsio testis b. Phimosis c.. Pria 20 tahun datang ke poli dengan keluhan bengkak pada kantung dan buah zakar sebelah kanan sejak 3 hari yang lalu. Pasien jarang minum. Hernia scrotalis e.? a.? Hipospadia Epispodia Hidrokel Phimosis Paraphimosis a. BNO e. Tumor testis c. USG ginjal e. Tiap BAK tidak lampias.. USG 14. Pada pemeriksaan fisik ditemukan Kher’s sign (+).? a. Pria usia 35 tahun datang ke IGD karena keluar darah dari saluran kencingnya setelah mengalami kecelakaan sepeda motor. Uretrografi c. . Pemeriksaan fisik ditemukan skrotum dan testis kanan bengkak. e... Retrograde pielografi 13. Uretrografi e.. Diagnosis.

Keesokan harinya pasien kencing berdarah. Rujuk urolog Soal kurang lebih sama dengan no. a. Trauma uretra d. Penyebab ? a.. Keluar darah dr kelamin. Paraphimosis d. jatuh dr pohon. b. b. Pada pmx fisik terdapat jejas di simfisis pubis. Diagnosa yang mungkin pada pasien tersebut adalah Ruptur buli Ruptur uretra anterior Ruptur uretra posterior Ruptur testis Laki laki 70 tahun.. setelah digali anamnesis diapatkan pasien baru saja mengalami trauma yang mengenai selangkangan. kemerahan. b. Apa diagnosis pasien tersebut Pielonefritis akut Glomerulonefritis akut Batu ureter Sistitis Ulkus gaster Seorang laki-laki usia 10 tahun datang ke IGD malam2 dengan keluhan nyeri skrotum. c. Pasang kateter suprapubik b. 13. Pasien mengaku merasakan nyeri timbul secara tiba-tiba dan terbangun dari tidurnya karena nyeri pada skrotumnya. Torsio testis b. Trauma VU e. Diagnosis. e. Orchitis 1. Tindakan yang dilakukan adalah a. Terkena balok kayu pd selangkangan. Trauma ureter c. Pasang kateter uretra c. Diagnosis yang mungkin pada pasien ini adalah Torsio testis Epididimo-orchitis Hidrokel Varicocel Strangulasi hernia a. Terdapat meatal bleeding dr orifisium uretra externa. c. Seorang laki laki mengeluhkan nyeri pada perut kirinya sepanjang malam. 5. a. 3. Saat ini pasien mengeluh ingin kencing. Trauma ginjal 4.? a. d. Pada pemeriksaan fisik ditemukan NKCV kiri (+). c. Seorang laki-laki datang ke IGD dengan keluhan susah kencing. Nyeri bersifat hilang timbul. buterfly appearance. Pmx fisik vital sign dbn.16. Pria 20 tahun mengeluhkan glans penis terdapat suatu kelainan yaitu preputium dapat ditarik tetapi tidak dapat dikembalikan seperti semula. 2. darah pada meatus uretra eksternus. e. Trauma testis b. d. nyeri tekan skrotum. Phimosis c. d. ..

…. Penarikan preputium 7. 2. 5. a.. …. Antibiotic oral empiric b. Sistitis d. fenoksibenzolamin b. Dx pasien ini adalah? a. IVFD 2 line : RL cepat 3 liter b. Hematom pd perineum. Alkaloid Ergot c. BAK menetes. Keluhan disertai dengan nyeri pada ujung kemaluan. mengeluh sulit BAK sejak 3 hari yang lalu. Preputium tidak bisa ditarik. Merujuk ke spesialis urologi c. Yobohimin e. . TD 90/60. Sirkumsisi c. Glomerulonefritis b. Dilakukan Px Fisik: prostat membesar. Apakah yang harus dilakukan sebagai dokter? a. pengobatan yang tepat a. … e. … Seorang anak laki-laki 5 tahun dibawa ke PKM dengan keluhan tidak bisa pipis. nyeri pinggang -. 4. nadi 120 cepat lemah. Pengobatan yang diberikan pada pasien? a. Analgesik sistemik e. Fentolamin Pria 40 tahun dengan keluhan nyeri buang air kecil. IVFD 2 line : D5% cepat 3 liter c. Pemasangan korset pinggang Laki2 nyeri hebat pd zakar kiri.6. Dexametason IV d. tersendat –sendat. Saat berkemih sering tapi sedikit-sedikit leukosit (+) bakteri (+). Laki laki. Merujuk untuk dilakukan kateter d. nyeri suprapubik. batas atas masih teraba. Antibiotic + analgesic c. Orchitis b. ketok ginjal -. 70 tahun. Prostatitis e. UB 1. Antibiotik Topikal d. Dtg ke IGD tidak sadar. jatuh dr pohon. Uretritis c. Laki-laki. Pada kateter. Penatalaksanaan ? a. Doksazolin d. 3. – Wanita. Antibiotik IV e. tampak gross hematuri. Antipiretik d. e. simfisis pubis dan penis terasa nyeri. Tanda phren (+) a. mengeluh susah kencing. Tindakan yang harus dilakukan adalah . Merujuk untuk dilakukan uretrografi b. mulai td pagi. Observasi b. akral dingin. Epididimitis Pasien umur 9 tahun.

. Batu uretra Anak laki-laki mengeluh nyeri di skrotum mendadak 1 jam sebelum masuk rumah sakit. Batu ginjal kiri c. Cr 0. Pasang kateter VU e. Rujuk untuk uretrografi c. keluar darah dari meatus uretra externus. Px berusia 20 tahun kecelakaan. Rujuk spesialis urologi d.. Apa yang dilakukan? a. b. Batu buli-buli e. Pasang kateter supra pubik Pasien nyeri perut menjalar ke skrotum. Eritrosit seluruh lapang pandang. Diagnosis pasien ini a) Torsio testis b) Epididimoorchitis c) Hidrocele d) ? e) ? . jejas pada symphisis pubis.6. . 7. Nyeri sampai ke perut.9. Ur 24 mg/dl. Batu prelo d. Leukosit? a. Batu ureter dstal kiri b. 8. nyeri ketok ginjal.