BAB I PENDAHULUAN A.

Latar belakang

Sekarang, bandar udara bukan hanya tempat untuk naik dan turun pesawat. Dalam perkembangannya, berbagai fasilitas ditambahkan seperti toko-toko, restoran, pusat kebugaran, dan butik-butik merek ternama apalagi di bandarabandara baru.

Kegunaan bandar udara selain sebagai terminal lalu lintas manusia / penumpang juga sebagai terminal lalu lintas barang. Untuk itu, di sejumlah bandar udara yg berstatus bandar udara internasional ditempatkan petugas bea dan cukai. Di indonesia bandar udara yang berstatus bandar udara internasional antara lain Kuala Namu (Deliserdang), Soekarno-Hatta (Cengkareng), Djuanda (Surabaya), Sepinggan (Balikpapan), Hasanudin (Makassar) dan masih banyak lagi.

B. Rumusan masalah Apa pengertian Bandar udara? Apa sistem-sistem andar udara? Apa yang dimaksdu dengan sistem kelayakan Bandar udara? Apa fungsi dari Bandar udara?

1|Page

keberangkatan dan pergerakan pesawat 2. 2|Page . SISTEM-SISTEM BANDAR UDARA a) Sistem Pesawat Udara: Sistem Pesawat Udara mengambil bagian yang penting dari sistem bandara. PENGERTIAN BANDAR UDARA Bandar udara (disingkat: bandara) atau pelabuhan udara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. hangar (tempat penyimpanan atau perbaikan pesawat udara) biasanya dimiliki oleh bandara – bandara besar. misalnya Sukarno Hata dan Juanda Airport International. Bagian – bagian dari sistem pesawat udara diantaranya maintenance pesawat. instalasi dan peralatan) yang diperuntukkan baik secara keseluruhan atau sebagian untuk kedatangan. Bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landas pacu namun bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain. Menurut Annex 14 dari ICAO (International Civil Aviation Organization): Bandar udara adalah area tertentu di daratan atau perairan (termasuk bangunan. ahli – ahli maintenance. komponenkomponen pesawat. baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya.BAB II PEMBAHASAN 1. karena tanpa pesawat udara operasional bandara tidak akan berjalan.

sistem terminal dibagi menjadi dua bagian besar yaitu terminal keberangkatan dan terminal kedatangan. komunikasi antar pesawat udara dengan bagian control tower dibandara menggunakan radar. 3|Page . keberangkatan pesawat. d) Sistem Hangar : Sistem Hangar hanya dimiliki oleh bandara – bandara berstatus internasional dan bandara – bandara yang besar. cancel pesawat.b) Sistem Kelayakan Bandara: Sistem Kelayakan Bandara adalah sistem yang paling utama dalam sistem bandara. sistem komunikasi diantaranya penyediaan telpon umum dan informasi – informasi mengenai jadwal kedatangan pesawat. Hangar merupakan bangunan yang digunakan untuk menyimpan pesawat yang memerlukan penanganan maintenance baik inspeksi kecil ataupun overhaul. biasanya standar kelayakan ditetapkan dan diatur dalam undang-undang dan dibuat oleh pemerintah . e) Sistem Terminal Bandara: Sitem Terminal Bandara adalah bagian yang menghubungkan sisi darat dan sisi udara pada bandara. karena diperlukan lahan yang luas untuk membangun sebuah hangar dan perlengkapan – perlengkapan lain yang menunjang. c) Sistem Komunikasi Bandara: Sistem Komunikasi Bandara menyangkut penyediaan alat komunikasi dibandara. sistem ini mencakup semua sarana dan prasarana yang terdapat di bandara akan kelayakannya. karena apabila sistem kelayakan tidak terpenuhi maka bandara tidak dapat dioperasikan. sistem navigasi. delay pesawat.

sistem parkir pengunjung . Bagian dari sistem ini adalah Air Traffic Control. dan keramahtamahan dari petugas- 4|Page . penyediaan alat – alat elektronika sampai sistem navigasi yang menggunakan peralatan elektronika dan membutuhkan aliran listrik. sistem airport tax. sistem pemantauan penerbangan. penyediaan fasilitas – fasilitas di bandara seperti kursi. AC. g) Sistem Jaringan Transportasi: Sistem Jaringan Transportasi merupakan hubungan antara bandara yang satu dengan bandara yang lain baik domestic maupun internasional. i) Sistem Operasional Bandara: Sistem Operasional Bandara sangat penting dalam memajukan bandara dan kelangsungan bandara. Navigasi. sistem pemarkiran pesawat. Air Movement Control. Bagian – bagian dari sistem operasional bandara adalah: sistem komunikasi. h) Sistem Lalulintas Bandara: Sistem Lalulintas Bandara adalah sistem yang mengatur arus kedatangan dan keberangkatan pesawat agar tidak terjadi kecelakaan/ tabrakan pesawat udara baik pada saat di landasan atau diuadara. sistem konsesi. Sistem ini dilengkapi dengan alat navigasi dan radar yang terhubung langsung pada pesawat-pesawat udara yang akan landing atau take-off dari dan ke bandara tersebut. ATM. sistem tempat reklame. sistem navigasi.f) Sistem Eleektronika Dan Listrik: Sistem Elektronika dan Listrik biasanya merupakan salah satu hal penting didalam bandara. dan pas bandara. Sistem penanganan penumpang dibandara dilakukan oleh pihak bandara dan airline. sistem penangan penumpang. Radar. sistem penyimpanan pesawat.

3.petugas yang ada dibandara dan menyediakan kotak saran untuk pengguna bandara apabila ada keluhan atau saran untuk bandara tersebut dari semua aspek (fasilitas atau petugas) j) Sistem Keamanan Bandara: Sistem Keamanan di bandara adalah bagian yang terpenting di bandara karena apabila keamanan tidak diutamakan maka keselamatan penerbangan akan terganggu.Quarantine) untuk bandar udara internasional. Sisi Udara (airside) Sisi Darat (Land Side)  Terminal bandar udara atau concourse adalah pusat urusan penumpang yang datang atau pergi. Sistem keamanan pemeriksaan penumpang oleh security dan alat pendeteksi logam serta xray untuk barang – barang yang dibawa penumpang. penumpang masuk ke pesawat melalui garbarata atau avio bridge. Di bandar udara besar. SISTEM BANDAR UDARA Yaitu dibagi menjadi 2 bagian: 1. counter check-in. penumpang naik ke pesawat melalui tangga (pax step) yang bisa dipindah-pindah. Sisi darat (landside) 2. Custom . Di dalamnya terdapat pemindai bagasi sinar X.Inmigration . dan ruang tunggu (boarding lounge) serta berbagai fasilitas untuk kenyamanan penumpang. 5|Page . (CIQ. Di bandar udara kecil.

Konstruksi apron umumnya beton bertulang. sedangkan taxiway menghubungkan apron dan runway. Pada bandar udara yang ramai. misal melayani Twin Otter. termasuk taksi.800 meter dan lebar 30 meter. Fokker-28. landasan cukup dari rumput ataupun tanah diperkeras (stabilisasi). Bandar udara international terdapat lebih dari satu landasan untuk antisipasi ramainya lalu lintas. dlsb. Panjangnya landas pacu biasanya tergantung dari besarnya pesawat yang dilayani. Pesawat yang dilayani adalah jet sedang seperti Fokker-100. Cessna. Panjang landasan perintis umumnya 1. Tetuko 234. dlsb. DC-10. adalah tempat penumpang naik-turun dari kendaraan darat ke dalam bangunan terminal  Parkir kendaraan. Curb. Pesawat yang dilayani adalah jenis turbo-prop atau jet kecil seperti Fokker-27. dengan panjang 1.200 meter dengan lebar 20 meter. umumnya dengan konstruksi beton dengan panjang 3. 6|Page . untuk parkir para penumpang dan pengantar/penjemput.600 meter dan lebar 45-60 meter. pesawat kecil berbaling-baling dua (umumnya cukup 600-800 meter saja). Sedangkan untuk bandar udara yang agak ramai dipakai konstruksi aspal. Hercules.  Apron atau tempat parkir pesawat yang dekat dengan terminal building. Sisi Udara (Air Side)  Runway atau landas pacu yang mutlak diperlukan pesawat. B-747. Untuk bandar udara perintis yang melayani pesawat kecil. dll. karena memikul beban besar yang statis dari pesawat.

sistem tanda/ signal di bandara.  Juga ada fuel service untuk mengisi bahan bakar avtur.  Karena dalam bandar udara sering terjadi kecelakaan. karena apabila sistem kelayakan tidak tercapai maka bandara tidak dapat dioperasikan. tabung pemadam kebakaran. maka disediakan unit penanggulangan kecelakaan (air rescue service) berupa peleton penolong dan pemadam kebakaran. terdapat Air Traffic Controller. ambulans. 7|Page . dan peralatan penolong lainnya. berupa menara khusus pemantau yang dilengkapi radio control dan radar. Untuk keamanan dan pengaturan. mobil pemadam kebakaran. sistem ini mencakup semua sarana dan prasarana yang terdapat di bandara akan kelayakannya. biasanya standar kelayakan ditetapkan dan diatur dalam undang-undang dan dibuat oleh pemerintah . IDENTIFIKASI SISTEM KELAYAKAN BANDARA Sistem Kelayakan Bandara adalah sistem yang paling utama dalam sistem bandara. sistem terminal. sistem perijinan sistem komunikasi dibandara. sistem kelayakan tersebut meliputi sistem keamanan. sistem kebersihan. 4.

8|Page . Melakukan kajian (review) peraturan-peraturan penerbangan yang berlaku. Mengumpulkan data-data operasional terutama data lalulintas pesawat.5. menurut ukuran pesawat udara yang diberangkatkan. Pemda. baik nasional maupun internasional (ICAO. 6. FAA dll) 5. FUNGSI BANDAR UDARA Bandar udara berfungsi sebagai pengubah aliran muatan yang berkelanjutan menjadi bergelombang. KEBUTUHAN SEBUAH BANDAR UDARA Langkah awal dalam mempersiapkan rancangan induk sebuah bandara adalah 1. Perusahaan penerbangan dan stakeholder lainnya) 3. berdasarkan atas jadwal yang telah ditetapkan. penumpang. barang dan pos yang diangkut dengan pesawat 4. tiba di bandar udara secara berkelanjutan (continuous). Muatan yang dikirim diangkut truk dan para calon penumpang dengan angkutan jalan raya atau kereta api. pengumpulan data dari fasilitas lapangan terbang yang sudah ada dan usaha-usaha merancang pada areal yang luas 2. Konsultasi dengan pihak-pihak terkait (Ditjenud. aktivitas ekonomi dan tata guna lahan sebagai dasar pertimbangan dalam melakukan peramalan fasilitas apa saja yang dibutuhkan dan besarannya. kemudian diubah dalam kelompok-kelompok atau himpunan (batches) muatan pesawat udara. Pengumpulan data sosio ekonomi (jumlah penduduk.

Inmigration .BAB III PENUTUP KESIMPULAN Bandar udara (disingkat: bandara) atau pelabuhan udara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. Terminal bandar udara atau concourse adalah pusat urusan penumpang yang datang atau pergi. biasanya standar kelayakan ditetapkan dan diatur dalam undang-undang dan dibuat oleh pemerintah. Di dalamnya terdapat pemindai bagasi sinar X. Sistem Kelayakan Bandara adalah sistem yang paling utama dalam sistem bandara. karena apabila sistem kelayakan tidak tercapai maka bandara tidak dapat dioperasikan. 9|Page . baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya. Custom . (CIQ. Bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landas pacu namun bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain. dan ruang tunggu (boarding lounge) serta berbagai fasilitas untuk kenyamanan penumpang. counter check-in. sistem ini mencakup semua sarana dan prasarana yang terdapat di bandara akan kelayakannya.Quarantine) untuk bandar udara internasional.

wordpress.net/artikel/9udK7Tf5BII4oDXb 10 | P a g e .scribd.Dafatar Pustaka http://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_udara http://bayibebek.com/2010/02/06/sistem-bandara/ http://www.gloopic.com/doc/83003472/Bandar-udara http://www.