Membuat Mekanik Robot sistem Roda Sederhana

8:50 PM Yuli Aprianto Elektronik » Teknologi

Bagi kita yang masih awam tentang robot, biasanya mengalami kesulitan saat mencoba membuat robot, mekipun yang kita buat adalah robot sederhana. Terutama saat kita sampai pada pembuatan mekanik atau penggerak robot tersebut. Seperti pengalaman saya saat membuat mekanik robot ini, untuk mendapatkan gear box standar untuk robot sederhana di tempat saya sangat sulit sekali. Oleh karena itu karena percobaan saya telah berhasil dan semoga bisa membantu sobat yang kesulitan seperti saya dulu, kali ini saya akan mencoba berbagi sedikit pengalaman pembuatan mekanik robot sederhana. Mekanik yang akan kita buat di sini adalah jenis mekanik sistem roda. Jadi hanya bisa diaplikasikan untuk robot yang bergerak menggunakan roda. Sebagai contoh adalah line follower, pemadam api, robot sensor jarak, dan jenis robot sederhana lainnya yang berjalan dengan roda. Kalau dalam praktek ini digunakan untuk robot dengan sensor jarak atau halangan memakai sistem pantulan cahaya Infra Merah. Oke langsung saja ke mekanik robotnya. Di sini saya menggunakan mekanik dari gear box mainan mobil anakanak. Untuk bisa digunakan dengan motor, maka kita terlebih dahulu harus merubah rangkaian gearbox dan menambahkan sedikit komponen di dalamnya. Sebagai garis besarnya, mekanik robot sederhana ini hanya dibuat dari gearbox mobil mainan anak-anak dan motor dari "joystick getar" seperti gambar di bawah ini:

Mekanik robot sistim roda

Gambar di atas adalah sebuah motor dari Joystick getar yang telah di tambah dengan karet dari "kapstand mekanik tape kaset pita". Motor yang masih belum dimodifikasi seperti gambar di bawah ini:

Gambar di bawah adalah modifikasi dari gearbox mainan mobil anak-anak. Kita membutuhkan 2 buah gearbox untuk membuat mekanik robot ini. Yang mana kedua gearbox itu digabungkan menjadi satu antara sisi kanan dan kiri (untuk roda kanan dan kiri masing-masing 1 buah gear box).

Gambar di bawah ini adalah pemasangan motor pada gear box. Kita hanya menggunakan lem bakar yang untuk menyatukannya. Sobat bisa memperkuatnya dengan lem yang lain yang lebih kuat untuk metal atau plastik.

Untuk menghubungkan antara As motor dengan rangkaian gearbox digunakan karet penghubung (karet gelang khusus untuk mekanik). Sobat bisa memakai "streng" pada mekanik tape pita kaset. Tetapi di sini saya tidak memakai "streng", melainkan hanya menggunakan "puly" yang saling dilekatkan (antara "puly" As motor dan "puly" yang telah ditambahkan pada rangkaian gearbox.

Gambar di atas dan di bawah adalah contoh pemasangan pada casing robot sederhana. Hampir semua pemasangan di sini saya memakai lem untuk melekatkan bagian-bagiannya. Intinya kita harus kreatif saat membuat mekanik ini. Sobat bisa memodifikasi penggeraknya dengan "streng" atau dengan sistem "puly" saja. Tergantung mana yang lebih mudah untuk sobat lakukan.

Untuk melihat hasil dari Mekanik robot sederhana ini sobat bisa menuju ke halaman: Robot sederhana (sensor jarak tanpa program)

Spider Robot Bagus

Spider robot adalah robot yang berbentuk laba-laba, robot yang tergolong kompleks ini kini bisa anda buat sendiri dengan menggunakan teknik kit assembly DIY (Do it Your Selft). Dengan kit ini anda bisa membuat robot hexapod yang kompleks sekaligus melatih keterampilan mechanical engineering. Semoga bermanfaat sobat.

2. Alat Penghisap Debu Otomatis
6:30 PM Yuli Aprianto Robot Unik 1

Menyapu dan mengepel rumah adalah salah satu rutinitas yang wajib dikerjakan di rumah. Dengan robot teknologi terbaru kita tak perlu repot lagi untuk mengerjakan kedua pekerjaan tersebut, karena sekarang sudah ada Alat Penghisap Debu Otomatis yang dapat melakukan tugas menyapu dan mengepel sendiri. Terlebih jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga. Tak cukup hanya sekali, terkadang lantai rumah harus dibersihkan beberapa kali dalam sehari karena debu yang selalu saja menempel. Alat Penghisap Debu Otomatis ini merupakan gadget robot berfitur hi-techdan ramah lingkungan. Dengan Robot otomatis ini Anda bisa menyelesaikan pekerjaan rumah tangga lebih cepat. Penghisap debu biasa masih harus dioperasikan secara manual, tapi tidak untuk alat yang satu ini. Robot pembantu rumah tangga ini mampu bekerja secara otomatis dengan sensitivitas tinggi dalam mendeteksi debu di tiap sudut rumah. Alat Penghisap Debu Otomatis berupa robot ini telah dilengkapi juga dengan remote control jika Anda ingin mengendalikannya sambil melakukan aktifitas lain. Praktis bukan? Robot pembersih lantai ini dirancang dengan kantong penampung debu volume 1 liter, kantong ekstra besar untuk menyedot semua debu di rumah Anda. Tidak hanya menyapu dan mengepel, robot pembersih lantai terbaru ini juga mampu mensterilkan bakteri

dengan sinar UV yang terpasang pada bagian bawahnya. Jadi Anda bisa tenang membiarkan si kecil bermain dan tiduran di lantai.

Dengan dilengkapi sensor infrared, Robot gadget ini mampu mengenali adanya tangga, sehingga bisa segera menghindar agar tidak terjatuh. Jika menabrak sesuatu, maka akan mundur serta berbalik arah dengan sendirinya. Nah, biar tidak merusak perabot rumah yang ditabraknya, alat ini juga sudah memiliki bamper peredam. Robot rumah tangga otomatis ini bisa membebaskan diri saat terjepit di bawah furniture atau masuk ke lorong buntu. Begitu gesit dan pintar. Jika baterainya hampir habis, gadget ini akan menghampiri charger-nya dan mengisi energisecara otomatis. Debu yang dikeluarkan dari vacuum cleaner robot ini tak akan mencemari udara pernapasan orang-orang di sekitar karena sudah melewati proses penyaringan oleh kedua filternya . Beli Alat Penghisap Debu Robot Otomatis ini

Terkait tentang Robot Unik 1 :
 
Alat Penghisap Debu Otomatis Robot Pembersih Lantai

Email This BlogThis! Share to Twitter Share to Facebook

4.

CARA MEMBUAT ROBOT SECARA SEDERHANA
Update Sabtu, 29 Juni 2013 at 11.27. by Tips dan Trik Dalam topik Edukasi,Teknologi

Untuk bahasan kali ini kita akan membagikan sedikit info bagaimana cara membuat robot dengan mudah dan sederhana. Disini anda diajarkan membuat robot menggunakan bahan-bahan yang sangat mudah dan sederhana. Berikut adalah cara pembuatannya:

1.

Langkah pertama yang harus diambil adalah menyiapkan semua bahan. Yaitu tempat batter dengan ukuran 2 battre. Ini dapat diperoleh dari toko elektronik dengan harga Rp.1000,- . Bahan yang kedua adalah SPDT Switch/Mikro sebanyak 2 buah, barang ini dapat dibeli seharga Rp.1500,- pada toko elektronik. Sediakan juga klip kertas secara cukup. Jika anda ingin menggunakan konektor terminal kabel ada juga dapat mempersiapkannya. Jangan lupa siapkan juga dinamo motor mainan sebanyak 2 buah, anda juga bisa mendapatkan ini dari mainan yang telah rusak seperti yang ada pada tamiya, yang pasti anda harus memastikan bahwa dynamo tersebut masih berfungsi.

2.

Anda perlu meletakkan kedua SPDT Switch pada atas tempat batter, lalu anda dapat merekatkannya dengan menggunakan lem power. Setelah itu buat kaki SPDT Switch yang paling atas kedua-keduanya

agar saling meyentuh dan kemudian anda solder. Lalu buat kaki tengah keduanya kita sambung menggunakan kawat dan lalu di solder. Jangan lupa tempelkan kedua dynamo ke samping tempat battre dengan menggunakan lem bakar atau lem power. 3. Hubungkalah kaki yang paling bawah SPDT Switch yang kiri dengan bagian kiri kaki dynamo, begitu juga untuk bagian kanan menggunakan kawat dan disolder. 4. Sambungkanlah bagian belakang tempat battre dengan kabel dengan cara di solder. Perlu diingat pastikan tidak mensolder terlalu lama karena dapat merusak tempat battre. Lalu kabel merah sambungkan ke kaki bagian atas SPDT Switch dan kabel hitam ke kaki bagian tengah SPDT Switch dan solder. 5. Langkah kelima cara membuat roda untuk bagian belakang menggunakan klip. Caranya luruskan dahulu klik

dengan tang dan masukkan pada lubang butiran. Dan setelah itu tempelkan pada belakang tempat battre menggunakan lem. 6. Buat anthena menggunakan klip kertas. Caranya luruskan klip itu dengan tang lalu lekukkan perlahan dan setelah itu masukkan klip ke dalam konektor terminal dan jepit perlahan agar kenacang. Seteleh itu masukkan ke besi SPDT Switch. 7. Buatlah badan dengan tutup botol plastik, tutup itu bisa juga dicat sesuai dengan yang anda inginkan.

3.
Cara Mudah Membuat Robot Sederhana - Kali ini kita akan share cara sederhana untuk membuat robot yaitu cara membuat robot dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana, cara cepat membuat robot dengan menggunakan alat-alat yang ada & cara membuat robot dengan limbah-limbah elektronik disekitar kita.

Okel langsung saja, bahan dan alat-alat yang perlu dipersiapkan adalah: 1. 2. 3. 4. 5. Tempat Battre ukuran 2 battre (Battre Holder) 1 buah, bisa dibeli di toko elektronik dengan harga Rp. 1000 SPDT Switch/Micro Switch 2 buah, bisa dibeli di toko elektronik dengan harga Rp. 1500 (2 buah Rp. 3000) Klip kertas secukupnya Konektor terminal kabel (bisa juga tidak menggunakannya) Dinamo (motor) mainan 2 buah, bisa kita dapatkan dari mainan yang rusak sepertimini 4WD (tamiya). Tapi dengan catatan dinamotor tersebut masih berfungsi/berputar/tidak rusak.

Langkah Pertama: Letakan kedua SPDT Switch di atas tempat battre, kemudian dilem menggunakan lem power (1).  Setelah itu kaki SPDT Switch paling atas kedua-duanya saling menyentuh kemudian kita solder.  Berikutnya kaki tengah kedua-duanya kita sambung dengan kawat lalu di solder.  Tempelkan kedua dinamo pada samping tempat battre menggunakan lem power atau lem bakar, menempelkannya agak miring. Lihat gambar dibawah ini:

Langkah Kedua: Hubungkan kaki paling bawah SPDT Switch kiri dengan kaki dinamo bagian kiri, begitu juga dengan bagian kanan dengan menggunakan kawat lalu disolder:  Setelah itu hubungkan kaki dinamo bagian kiri dengan kaki dinamo bagian kanan menggunakan kabel Lihat gambar dibawah ini:

Langkah Ketiga: Sambungkan kabel dari dinamo kebagian belakang tempat battre dengan cara di solder, jangan terlalu lama menyoldernya karena akan mengakibatkan plastik tempat battre meleleh, lakukan dengan cepat  Setelah itu sambungkan kabel merah tempat battre ke kaki atas SPDT Switch dan kabel hitam tempat battre ke kaki tengah SPDT Switch dengan cara di solder

Lihat gambar berikut:

Langkah Keempat: Buat roda bagian belakang dengan menggunakan klip caranya klip diluruskan kemudian dilipat menggunakan tang dan masukan klip tersebut kedalam lubang butiran kemudian tempelkan dibagian belakang tempat battre dengan menggunakan lem. Lihat gambar:

Langkah Kelima: Buat antena dengan menggunakan klip kertas, caranya klip tersebut kita luruskan dengan tang, setelah lurus kita lengkungkan perlahan-lahan. Setelah itu kita masukan klip yang sudah dilengkungkan kedalam konektor terminal jepit dengan tang agar kencang  Masukan kedalam besi SPDT Switch  Bisa juga tidak memakai konektor terminal langsung di lem klip kertasnya ke SPDT menggunakan lempower

Lihat gambar berikut:

Langkah ke enam: Buat badan robot dengan menggunakan tutup botol plastik, bisa di cat tutup botol plastik tersebut sesuai dengan warnanya (misalkan kumbang). Lihat gambar berikut ini:

Langkah Ketujuh:

Selesai.. Mudahkan, memang mudah asalkan ada kemauan. Sekarang ayo kita mainkan pasti sangat menyenangkan, robot akan berjalan dan ketika antena menyentuh dinding atau penghalang maka robot kumbang tersebut akan membelokan arahnya, menghindari penghalang tersebut. Wuih, seru robotnya bisa bermanuver